IMG-LOGO
Nasional

Regu Pramuka di Pesantren Ini Raih Juara Pertama Nasional


Rabu 7 November 2018 22:00 WIB
Bagikan:
Regu Pramuka di Pesantren Ini Raih Juara Pertama Nasional
Regu Pramuka Pesantren Nurul Yaqin Ringan-Ringan
Padang Pariaman, NU Online
Santri Pondok Pesantren Nurul Yaqin (PPNY) Ringan Ringan, Pakandangan, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera  Barat tidak hanya mampu berprestasi dalam lomba kitab kuning, juga pramuka tingkat nasional. 

Regu Pramuka PPNY berhasil meraih juara I cabang Tapak Perkemahan pada Perkemahan Pramuka Santri Nusantara (PPSN) di Jambi, akhir Oktober lalu.

Kepala Aliyah Pondok Pesantren Nurul Yaqin Ringan Ringan M Asyraful Anam Tuanku Bagindo menyebutkan, prestasi ini menunjukkan bahwa santri PPNY juga mampu berprestasi tidak hanya di bidang MTQ, MKQ, tapi juga bidang lain seperti kegiatan kepramukaan.

"Kita sangat apresiasi prestasi santri tersebut,” katanya saat ditemui di kantor pesantren, Rabu (7/11). 
Sebelum meraih juara tingkat nasional, regu pramuka Nurul Yaqin tiga bulan sebelumnya berhasil meraih juara I PPSN tingkat Provinsi Sumatera Barat di Kayutanam, Padang Pariaman. 

Prestasi tersebut diraih karena memang rutin latihan. “Sayangnya reward perhatian dari pemerintah daerah masih minim," kata Anam yang juga mantan Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Padang Pariaman ini.

Ketua regu Pramuka Santri Nurul Yaqin Agi Sumardi menambahkan, PPSN berlangsung 23 hingga 29 Oktober di Jambi. Rombongan dari Nurul Yaqin terdiri dari 12 orang. Dua orang pendamping, Nofri Rianto dan Firmansyah. Delapan orang regu pramuka masing-maisng Agi Sumardi, dengan anggota M Emran, Munir M, Zulpahri, Alfiadi, Fadil Surya P, Awisil Qarni dan Jepriantoni. Dua orang cadangan, yakni Dedi Candra dan M Asyarafal Anam.

Menurut Agi Sumardi, penilaian dalam tapak perkemahan adalah kerapian, keindahan dan kebersihan. Bahan-bahan yang digunakan regu pramuka Nurul Yaqin seperti sekam padi, ampas kayu, bambu, ban dan bahan yang dibutuhkan dekorasi kemah dibawa langsung dari Padang Pariaman. “Alhamdulillah, meraih juara tingkat nasional,” katanya.

Kegiatan PPSN ada 12 cabang yang dilombakan. “Di antaranya, tapak perkemahan yang jadi unggulan dalam kegiatan PPSN, teknologi tepat guna, pionering, masakan nusantara, drama, film pendek," kata Agi.

Peserta PPSN yang berasal dari 34 propinsi, kata Agi, sangat bermanfaat bagi santri. Selama PPSN, pengalaman yang dirasakan adalah waktu yang selalu dipenuhi dengan kegiatan. “Tiada waktu berlalu tanpa kegiatan,” katanya.

Menurutnya, PPSN mengajarkan santri lebih disiplin, menumbuhkan kerja sama, bertanggung jawab dan memupuk jiwa kepemimpinan. Juga menumbuhkan semangat saling menghargai dan tolong menolong terhadap sesama.  

“Di arena PPSN, juga ada peserta ditunjuk sebagai camat, rukun tetangga dan lurah. Saya sendiri sempat ditunjuk sebagai ketua RT," tandas Agi Sumardi. (Armaidi Tanjung/Ibnu Nawawi)

Bagikan:
IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Habib Umar bin Hafidz Berkunjung ke PBNU
Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
IMG
IMG