Wujudkan Kemandirian, NU Pacarpeluk Rintis Produksi Batako

Wujudkan Kemandirian, NU Pacarpeluk Rintis Produksi Batako
Usaha pembuatan batako oleh PRNU Pacarpeluk, Jombang
Usaha pembuatan batako oleh PRNU Pacarpeluk, Jombang
Jombang, NU Online
Melalui Koperasi Serba Usaha (KSU) Kelompok Usaha Bersama (KUBe), Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang, Jawa Timur telah banyak melakukan terobosan usaha guna menghidupi jamaah dan jam'iyah NU setempat.

Setelah sukses produksi kaus, sandal, sepatu, almamater NU, beragam kue dan usaha tanam semangka, kini PRNU ini merintis usaha pembuatan batako serta penjualannya. 

"Koperasi ini kini memiliki unit usaha baru yang dikembangkan oleh anggotanya, yaitu produksi dan penjualan batako," kata Ketua PRNU Pacarpeluk Nine Adien Maulana, Kamis (8/11).

Karena keberadaan unit usaha tersebut masih dibilang baru, semua pengerjaannya dilakukan secara manual atau tradisional, namun tak menutup kemungkinan seiring melihat perkembangannya usaha ini juga dikembangkan dengan batuan alat-alat teknologi.

Salah seorang guru di Jombang ini membeberkan, batako yang diproduksinya berukuran panjang 30 cm, lebar 15 cm dan tebal 8.5 cm. Ukuran ini menurutnya tak jauh berbeda dengan bata-bata pada umumnya yang dijual di Jombang. 

"Membeli produk yang dikelola PRNU Pacarpeluk, berarti sudah ikut berkontribusi menghidupi NU dan warga NU, karena hasilnya bukan untuk keperluan pribadi pengurus, akan tetapi untuk jam'iyah dan jamaah. Sementara harga jual di tempat Rp 3.000, perbiji," ucapnya.

Bagi siapapun yang hendak dan membeli batako dari hasil usaha pengurus NU ini, bisa langsung mendatangi tempat produksi, yakni di Dusun Peluk, Desa Pacarpeluk, Megaluh. 

"Atau bisa juga bisa menghubungi kami di 0856 5534 0317," pungkasnya. (Syamsul Arifin/Muiz)

BNI Mobile