NU Lamongan Tertarik KUBe NU Pacarpeluk Berdayakan Petani

NU Lamongan Tertarik KUBe NU Pacarpeluk Berdayakan Petani
Kunjungan NU Lamongan ke NU Pacarpeluk Jombang
Kunjungan NU Lamongan ke NU Pacarpeluk Jombang
Jombang, NU Online
Trobosan yang dilakukan Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Pacarpeluk, Kecamatan Megaluh, Kabupaten Jombang, Jawa Timur mulai dilirik pengurus NU di luar daerah. Salah satunya pendirian Koperasi Usaha Bersama (KUBe) NU Pacarpeluk yang kini sudah memiliki beragam unit usaha dan dirasakan manfaatnya oleh warga NU.
 
Terhadap keberadaan KUBe ini, beberapa pengurus NU Desa Sumberdadi, Kecamatan Mantup, Kabupaten Lamongan tertarik utuk dikembangkan di wilayahnya. Mereka bertekad ingin mendirikan koperasi yang sama di desanya.

"Insyaallah kami juga akan segera mendirikan koperasi di Sumberdadi," kata salah seorang PRNU Sumberdadi, Nur Hadi saat mengunjungi PRNU Pacarpeluk, Jumat (16/11) malam.

Ia meyakini, dengan keberadaan koperasi tersebut, unit-unit usaha warga NU khususnya akan semakin berkembang, dan hasilnya pun diyakini akan kian berkualitas.

Yang menjadi target utamanya adalah para petani di daerahnya. Menurutnya, petani harus semakin berdaya dengan adanya peran koperasi. Peran koperasi adalah sebagai wadah dan alat untuk mengembangkan usahanya. "Dengan lembaga ini saya yakin kita sebagai petani bisa lebih berdaya," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PRNU Pacarpeluk Nine Adien Maulana mengatakan, pemberdayaan pertanian jamaah NU saat ini menjadi tema diskusi yang menarik. Pasalnya, antara PRNU Pacarpeluk dan PRNU Sumberdadi memiliki potensi pertanian yang tak jauh beda. 

"Kalau Pacarpeluk memiliki pertanian padi dan semangka, sedangkan sumberdadi pertanian padi dan tembakau," ucapnya.

Namun demikian, ia tak mengelak, bahwa beragam tantangan dalam mengembangkan pertanian selalu ada, terutama dalam hal permodalan. 

"Permasalahan yang dihadapi para petani di dua desa itu sama, yaitu pemodalan, pemenuhan sarana produksi dan pemasaran. Oleh karena itu kerja sama antar petani melalui pelembagaan resmi (koperasi) menjadi salah satu solusi," imbuhnya. (Syamsul Arifin/Muiz)
BNI Mobile