IMG-LOGO
Tokoh

Kiai Asnawi Caringin, Ulama Pendekar dari Banten

Sabtu 1 Desember 2018 2:0 WIB
Bagikan:
Kiai Asnawi Caringin, Ulama Pendekar dari Banten
Nama lengkapnya adalah KH Tubagus Muhammad Asnawi. Ia adalah seorang ulama karismatik dan pendekar yang lahir di kampung Caringin Banten pada tahun 1850 M. Ia dikenal sebagai ulama yang gigih menentang penjajahan Belanda. Ia mengorganisir para jawara Banten untuk menentang penjajahan. 

Asnawi lahir dari pasangan Abdurrahman dan Ratu Sabi’ah. Dari pihak ayah nasabnya bersambung ke Sultan Banten, sedangkan dari pihak ke Sultan Agung Mataram. Sejak usia 9 tahun, Asnawi sudah dikirim ayahnya untuk menuntut ilmu di tanah suci Mekkah. 

Di sana ia berguru kepada Syekh Nawawi Al-Bantani bersama santri-santri asal Indonesia semisal Kiai Cholil Bangkalan, Hadratusysyekh Hasyim Asy’ari, dan lain-lain.  Selain belajar ilmu-ilmu agama, ia juga belajar tarekat kepada Syekh Abdul Karim Tanara, ulama Banten yang bermukim di Makkah.  

Setelah mengaji bertahun-tahun di tanah suci, Asnawi pulang ke kampung halamannya pada tahun 1870. Untuk mengamalkan dan menyebarkan ilmunya, ia mendirikan pesantren di kampung tersebut. Pesantren tersebut dikenal dengan ilmu fiqih, tasawuf, dan ilmu beladiri. 

Ketika gunung krakatau meletus, ia beserta keluarganya selamat dengan mengungsi ke kampung Muruy, Menes. Sayang seluruh pesantrennya di kampung Caringin hancur lebur. Ketika  kembali lagi ke kampung halaman dari pengungsian, ia membangun ulang pesantrennya. Serta mendirikan masjid yang diberi nama masjid Agung Assalafi, atau menurut sumber lain Salafiah. 

Arsitektur Masjid Salfiah merupakan campuran dari unsur lokal dan luar. Unsur lokal terlihat dari atapnya. Sementara unsur luar terlihat dari bentuk jendela dan pintu dengan ukuran relatif besar. Juga pilar-pilar yang mengelilingi masjid.  Konon kayu untuk masjid tersebut dibawa oleh Asnawi dari Kalimantan. Sebelumnya, kayu tersebut tidak bisa ditebang. Kalaupun bisa ditebang, pohon tersebut muncul kembali. Setelah berdoa, pohon itu bisa dtebang dan dibawanya ke Caringin. Masjid tersebut masih berdiri sampai sekarang.  

Pada tahun 1925, ia mengerahkan santri-santrinya untuk turut membangun jalan antara Labuan dan Carita. Karena memimpin pemberontakan pada tahun 1926, ia dan keluarganya dipenjara pemerintah kolonial Belanda. Mula-mula dipenjara di Tanahabang Jakarta, kemudian Cianjur.  Selama di pengasingan, ia tetap berdakwah dan mengajarkan tarekat ke masyarakat Cianjur.  Sementara anaknya, KH Mohammad Hadi dan menantunya, KH Akhmad Khatib yang juga ikut memberontak dibuang ke Digul hulu, Papua sekarang.

Kecintaannya akan perjuangannya terhadap ilmu agama melalui pesantren, penjara tidak membuatnnya jera. Dari dalam penjara, Asnawi meminta dua orang cucunya yang kakak beradik, yaitu KH Tubagus Muhammad Muslih dan KH Tubagus Ahmad Maemun untuk membangun dan meneruskan kembali pesantren Caringin.  Pada tahun 1930 berdirilah madrasah Masyarkul Anwar yang terletak di di depan Masjid Salafiah. 

Pada tahun 1931, KH Tubagus Muhammad Asnawi bebas dari penjara. Kemudian pada tahun 1937, ia wafat. Jenazahnya dikebumikan di Masjid Salafiah. Makamnya hingga sekarang tidak pernah sepi dari para peziarah. (Abdullah Alawi)

Sumber: Ensiklopedi Sunda dan Ensiklopedi NU

Tags:
Bagikan:
Jumat 30 November 2018 7:0 WIB
Syekh Ahmad Khatib Sambas Mempertemukan Dua Tarekat
Syekh Ahmad Khatib Sambas Mempertemukan Dua Tarekat
Ahmad Khatib Sambas dilahirkan di daerah Kampung Asam, Sambas, Kalimantan Barat. Tanggal lahirnya tidak diketahui, tapi sebagian sumber menyebutkan pada bulan shafar 1217 H bertepatan dengan tahun 1803 M. Ayahnya Abdul Ghaffar bin Abdullah bin Muhammad bin Jalaluddin. 

Masa kecil, Ahmad khatib Sambas diasuh pamannya yang terkenal sangat alim dan wara’ di wilayah tersebut. Ahmad Khatib Sambas menghabiskan masa remajanya untuk mempelajari ilmu-ilmu agama, ia berguru dari satu guru-ke guru lainnya di wilayah kesultanan Sambas. Salah satu gurunya yang terkenal di wilayah tersebut adalah, H. Nuruddin Musthafa, Imam Masjid Jami’ Kesultanan Sambas.

Kemudian ia meneruskan pendidikannya ke Timur Tengah, khususnya ke Makkah. Kemudian memutuskan untuk menetap di Makkah sampai wafat pada tahun 1875 M. Di sana ia berguru di antaranya kepada Syekh Daud bin Abdullah Al-Fathani  yang dikenal sebagai guru besar Tarekat Syatariyah. 

Kemudian ia berguru juga kepada Syekh Syamsuddin, guru besar Tarekat Qadiriyah. Sedangkan kepada Syekh Sulaiman Effendi, guru besar Tarekat Naqsyabandiyah yang berpusat di Jabal Abu Qubais. 

Selain yang disebutkan di atas, terdapat juga sejumlah nama yang juga menjadi guru-guru Khatib Sambas, seperti Syaikh Muhammad Salih Rays, seorang mufti bermadzhab Syafi’i, Syeikh Umar bin Abd al-Rasul al-Attar, juga mufti bermadzhab Syafi’I (w. 1249 H/833/4 M), dan Syeikh ‘Abd al-Hafiz ‘Ajami (w. 1235 H/1819/20 M).

Ia juga menghadiri pelajaran yang diberikan oleh Syeikh Bisri al-Jabarti, Sayyid Ahmad Marzuki, seorang mufti bermadzhab Maliki, Abd Allah (Ibnu Muhammad) al-Mirghani (w 1273 H/1856/7 M), seorang mufti bermadzhab Hanafi serta Usman ibn Hasan al-Dimyati (w 1849 M). 

Pendiri Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah (TQN)
Dalam bidang tarekat, ia menggabungkan kedua tarekat yang didapat dari gurunya yang mengajarkan Qodiriyah dan Naqsyabandiyah. Kemudian dikenal dengan Tarekat Qodiriyah wa Naqsyabandiyah (TQN). 

Semasa hidupnya, Syekh Ahmad Khatib Sambas mengangkat banyak khalifah (wakil), namun posisi pewaris utamanya setelah beliau meninggal dipegang oleh Syekh Abdul Karim Banten.  Dua wakil penting lainnya adalah Syekh Thalhah Kalisapu Cirebon dan Syekh Ahmad Hasbullah Ibn Muhammad Madura. 

Pada awalnya semuanya mengakui otoritas Syekh Abdul Karim, namun setelah Syekh Abdul Karim meninggal, tidak ada lagi kepemimpinan pusat, dan karenanya TQN menjadi terbagi dengan otoritas sendiri-sendiri.

Syekh Thalhah mengembangkan kemursyidan sendiri di Jawa Barat. Penerusnya yang paling penting adalah Syekh Abdullah Mubarrok Ibn Nur Muhammad atau “Abah Sepuh” dari Suryalaya (Tasikmalaya) yang dilanjutkan putranya yaitu Syekh Ahmad Shohibul Wafa’ Taj Al-Arifin yang dikenal Abah Anom. Khalifah lain di Jawa Barat adalah KH Tubagus Abdullah Falak atau yang dikenal Abah Falak di daerah Pagentongan, Bogor. 

Di Jawa Tengah adalah KH Muslih Abdurrahman (Mbah Muslih), yang menerima ijazah TQN dari KH Ibrahim al-Brumbungi, seorang khalifah dari Syekh Abdul Karim, melalui Mbah Abd Rahman Menur.

Sedangkan di Jawa Timur TQN berkembang pesat di Rejoso Jombang, melalui jalur Syekh Ahmad Hasbullah Madura, terutama di pesantren yang didirikan KH Romli Tamim, dan kemudian diteruskan KH Musta’in Romly yang sempat menjadi Ketua Jam’iyyah Ahli Thoriqoh al-Mu’tabaroh al-Nahdliyyah (JATMAN). 

Ia juga dikenal sebagai cendekiawan ulung terutama di bidang ilmu agama, seperti Qur’an, hadits, fiqih, kalam, dan, tentu saja, tasawuf. Ia tidak meninggalkan banyak karya tulis. Cuma satu kitab yang disandarkan kepadanya Fathul Arifin. Kitab tersebut didiktekan dan ditulis oleh salah seorang muridnya, Muhammad Ismail bin Abdurrahim Al-Bali. Kitab yang yang  selesai ditulis 1872 tersebut berisi ajaran dalam TQN. (Abdullah Alawi)

Kamis 29 November 2018 23:15 WIB
Riwayat Hidup dan Perjuangan Ajengan KH Anwar Musaddad
Riwayat Hidup dan Perjuangan Ajengan KH Anwar Musaddad
KH Anwar Musaddad lahir 3 April tahun 1910 M. Sejak berusia 4 tahun, ia telah menjadi yatim. Ia bersama adik-adiknya dibesarkan oleh ibunya, Siti Marfu’ah, seorang wiraswasta pengusaha batik Garutan dan dodol Garut “Kuraesin”. Pada waktu usia sekolah, ia masuk HIS (setingkat SD) Kristen karena sebagai pribumi yang bukan anak pegawai negeri (ambtenar) dan bukan dari kalangan bangsawan (menak), ia tidak dapat masuk HIS Negeri. Kemudian masuk MULO (setingkat SMP) di Kristelijk di Garut, dan AMS (setingkat SMA) Kristelijk di Sukabumi.  

Setelah menamatkan sekolah menengah, ia kemudian belajar di Pesantren Darussalam Wanaraja, Garut, selama dua tahun. Pada tahun 1930, ia menimba ilmu ke Mekkah selama 11 tahun di Madrasah Al-Falah.

Di Makkah, ia memuntut ilmu kepada para ulama terkenal Mekkah masa itu. Antara lain Sayyid Alwi al Maliki, Syekh Umar Hamdan, Sayyid Amin Qubti, Syekh Janan Toyyib (Mufgi Tanah Haram asal Minang), Syekh Abdul Muqoddasi (Mufti Tanah Haram asal Solo). 

Pulang ke tanah air, masa berakhirnya penjajahan Belanda. Pada masa penjajahan Jepang, ia diangkat menjadi kepala Kantor Urusan Agama Priangan. Pada masa revolusi kemerdekaan (1945-1949), bersama KH Yusuf Taujiri dan KH Mustofa Kamil, ia memimpin pasukan Hizbullah, melawan agresi Belanda yang ingin kembali menjajah RI. Sempat ditangkap Belanda (1948) dan mendekam di penjara.Baru dibebaskan setelah pengakuan kedaulatan (1950).   

Pesantren Cipari, tempat Anwar Musaddad menutut ilmu sebelum berangkat ke Mekkah, adalah sebuah pesantren multifungsi. Selain mendidik para santri menyelami ilmu-ilmu agama Islam, untuk mencapai taraf tafaquh fiddin (ahli agama), juga menggembleng para santri untuk mencintai tanah air dan siap melawan penjajah. 

Pada tahun 1953, ia mendapat tugas dari Menteri Agama KH Fakih Usman untuk mendirikan Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAIN) di Yogyakarta, yang menjadi cikal-bakal Institut Agama Islam Negeri (IAIN), yang kini berkembang menjadi Universitas Islam Negeri (UIN). Ia diangkat menjadi guru besar dalam bidang Ushuluddin di IAIN Yogyakarta dan menjadi fakultas tersebut pada tahun 1962-1967.

Dalam Dies Natalis IAIN Al-Jami’ah ke-5 ia menyampaikan pidato berjudul Peranan Agama dalam Menyelesaikan Revolusi. Kemudian di tahun 1967, ia ditugaskan merintis IAIN Sunan Gunung Djati Bandung. Ia kemudian menjadi rektor pertamanya hingga tahun 1974.  

Di bidang politik, Anwar Musaddad menjadi anggota parlemen (DPR) dari Partai Nahdlatul Ulama (NU) hasil pemilihan umum tahun 1955. Menjadi anggota DPR-GR 1960-1971. Kiprahnya di NU ia pernah menjadi Wakil Rais ‘Am PBNU pada Muktamar NU di Semarang (1980). 

Di bidang pendidikan, untuk mengggembleng sumberdaya manusia yang lengkap sempurna, ketika menjadi Rektor IAIN Sunan Gunung Jati, Anwar Musaddad juga mendirikan Sekolah Persiapan IAIN (SP IAIN) di Garut, Cipasung Tasikmalaya, Cilendek Bogor, Ciparay Bandung, Majalengka.Tujuannya, agar jumlah mahasiswa IAIN meningkat. Tujuan lainnya, sebagai perwujudan obsesi Anwar Musaddad “mengulamakan intelektual” dan “mengintelktualkan ulama”. 

Sejak tahun 1976, Anwar Musaddad tinggal di Garut dengan mendirikan Pesantren Al-Musaddadiyah yang mengelola pendidikan tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Kiai yang terkenal sebagai ahli perbandingan agama, khususnya kristologi ini wafat pada tahun 2000 dalam usia 91 tahun.  (Abdullah Alawi)


Rabu 28 November 2018 21:0 WIB
KH Tobroni Mutaad, Karisma dan Istiqamahnya Mengajar Santri
KH Tobroni Mutaad, Karisma dan Istiqamahnya Mengajar Santri
KH Tobroni Mutaad merupakan sosok kiai yang sangat karismatik. Langkah kakinya saja mampu membangunkan para santrinya. Khazmi Aziz, salah satu putranya, bercerita kepada penulis bahwa saban sebelum Subuh, ia mendengar langkah kaki ayahnya itu menaiki tangga menuju kamarnya dan kamar para santri. Sentuhan telapak kakinya dengan anak tangga semacam ketuk pintu yang mampu membuatnya tergeragap bangun dari lelapnya.

Penulis juga merasakan betul karismanya. Setiap kali Kiai Oni, sapaan akrabnya, terlihat keluar dari ruang guru menuju kelas, semua siswa langsung merapikan diri duduk di kursi masing-masing dengan kitab Kifayatul Akhyar di mejanya terbuka sesuai dengan batas yang bakal dia baca. Jika ada seorang siswa yang lupa membawa kitab wajib itu, ia akan langsung datang ke kelas lain dan meminjam ke rekannya. Tidak ada seorang pun yang berani leyeh-leyeh berkeliaran di luar. Saat pelajarannya dimulai, tak ada suara selain suaranya, kecuali ledakan tawa akibat guyon yang kerap kali dilontarkannya. Ya, Kiai Oni mengajar fiqih di Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putra Buntet Pesantren.

Kerapian siswa ini bukan sebuah ketakutan ataupun kekhawatiran akan menerima kemarahannya jika berlaku melanggar. Kiai Oni tidak pernah terlihat marah kepada siswa dan santrinya. Pernah suatu kali menghukum beberapa santri yang tidak dapat menghafal saat mengaji di rumahnya. Penulis melihat bahwa ia meminta izin ikhlasnya para santri itu tangannya disabet dengan sapu lidi.

“Saya tidak berniat menyabet kamu nih. Saya hanya niat menyabet setan yang mengganggumu,” katanya dengan sangat lembut.

Ia pun tak menyabetkannya dengan keras. Pelan. Dan hanya sekali ia arahkan ke telapak tangan santrinya yang terbuka. Para santri tidak merasa kesakitan dan mereka pun dalam beberapa menit kemudian mampu menghafalkannya.
Kiai sangat patuh kepada orang tuanya. Ceritanya, ia sudah menabung untuk membiayai pendidikannya kuliah. Ya, ia sudah bekerja dengan menjahit pakaian untuk membiayai kehidupannya. Namun, saat memohon izin kepada orang tuanya, ia tidak diperbolehkan. Tak butuh alasan, ia langsung mengubur impiannya itu. Ia manut atas keinginan orangtuanya.

Semenjak remaja, kata Wawan Shofwani, putra sulungnya, Kiai Oni sudah menerima pembuatan baju, menjahit pakaian. Kepandaiannya menjahit baju itu didapat dari ibunya yang juga ahli menjahit. Pembuatan baju itu juga masih ia lakukan sampai memiliki anak. Wawan masih ingat bahwa ayahnya itu pernah memberikannya baju baru hasil jahitannya sendiri.

Pendalaman ilmu agamanya dimulai dari tempat kelahirannya di Pondok Buntet Pesantren. Kiai yang pernah menjadi imam dan khatib Jumat Masjid Agung Buntet Pesantren itu mengaji kepada para kiai di Buntet Pesantren. Selain itu, ia melanjutkan studinya di Pondok Pesantren Sarang, Rembang.

Seusia Nabi saat berpulang, KH Tobroni Mutaad juga dipanggil-Nya. Ya, masyarakat Buntet Pesantren harus rela melepas kepulangan kiainya di usianya yang ke-63 tahun itu meskipun dengan sangat berat hati.

Istiqamah dan Disiplin
Seluruh masyarakat Buntet Pesantren bersaksi bahwa Kiai Oni adalah orang yang istiqamah dalam mengajarkan pengetahuannya. Mulai bakda Maghrib hingga setengah dua dini hari, ia mengajar beberapa kelompok santri. Tidak hanya mereka yang tinggal di pondok yang ia asuh, Pondok Pesantren Al-Izzah, tetapi juga para santri yang tinggal di pondok-pondok lain. Mereka memohon izin ke pengasuhnya masing-masing untuk dapat mengaji kepada Kiai Oni.

“Beliau adalah salah seorang kiai yang bertahun-tahun istiqomah mengajar mengaji,” kata KH Aris Ni’matullah, Kepala Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MANU) Putri Buntet Pesantren.

Bahkan, Kiai Imat, sapaan akrabnya, juga mengaku sebagai salah satu muridnya. Kepulangannya ke Rahmatullah merupakan cobaan luar biasa bagi Pondok Buntet Pesantren. Kiai Oni berpulang dengan membawa seluruh ilmunya. Tercabutnya ilmu, terang Kiai Imat, itu dari tercabutnya nyawa ulama, bukan ilmunya hilang begitu saja dari pemiliknya. “Allah tidak akan mencabut ilmu dari dada ulama, melainkan mencabut ulama itu sendiri.”

Sementara itu, KH Ade Nasihul Umam, Kepala MANU Putra, melihat kiai kelahiran September 1955 itu sebagai sosok yang sangat patuh terhadap administrasi. Kelengkapannya dalam menyiapkan pembelajaran patut dijadikan teladan oleh guru-guru muda. Selain itu, ia sangat disiplin dan menghargai waktu. Beberapa hal itu, kata Kiai Ade, mengantarkannya sebagai guru teladan di Pondok Buntet Pesantren.

Di samping itu, Kiai Oni, kata Kiai Ade, juga merupakan orang yang tidak pernah meninggalkan tadarus. Ketua Dewan Khidmat Masjid (DKM) Masjid Agung Buntet Pesantren itu menceritakan bahwa Kiai Oni masih hadir tadarusan di masjid saat Ramadan 1439 H meskipun kondisi fisiknya yang sudah tidak seperti dulu. “Sebelum saya benar-benar tidak bisa, saya akan tetap mengikuti tadarusan,” ujar Kiai Ade menirukan Kiai Oni.

Senada dengan Kiai Ade, Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Buntet Pesantren KH Adib Rofiuddin mengatakan bahwa almarhum merupakan sosok yang patut diteladani oleh para guru. Almarhum, kata Kiai Adib, tidak pernah meninggalkan sekolah apabila tidak ada udzur syar’i. Ia sangat rajin dalam mengajar.

“Yang patut menjadi contoh kepada para guru, sekali lagi kepada para guru, beliau adalah salah satu guru yang sangat disiplin dan sangat menghargai waktu yang telah diberikan untuk mengajar,” tegas Kiai Adib dengan wajah yang penuh gurat kesedihan.

Kiai Adib saat memberikan sambutan penyaksian itu terlihat begitu sedih. Ia sempat menghentikan bicaranya beberapa detik dan terisak saat membaca kalimat tarji’, innalillahi wa inna ilaihi rajiun dan seusai menyebut nama almarhum.

Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) itu juga menyatakan bahwa Kiai Oni adalah sosok ulama yang alim dan amil, mengamalkan ilmunya. Ia tak pernah ghibah, membicarakan keburukan orang lain. Jika ia mendengar keluarganya berlaku demikian, ia sangat marah, katanya.

Kealimannya dan keamilannya itu ditunjukkan dengan hampir seluruh putra-putra para kiai Buntet dididik oleh almarhum, mengaji langsung kepadanya. Tak terkecuali putra-putri Kiai Adib sendiri.

“Ketika salah seorang ulama yang mengamalkan ilmunya meninggal dunia, malaikat turun menghormati, mengagungkan, mengiringi jenazahnya. Seisi dunia makhluknya Allah merasa susah, prihatin dengan meninggalnya seorang ulama,” terang Kiai Adib. (Syakir NF)

IMG
IMG
IMG
1 / 6
2 / 6
3 / 6
4 / 6
5 / 6
6 / 6

Seminar Internasional Bersama Ulama Lebanon
Rapat Pleno PBNU 2018
Imam Besar Masjidil Haram Kunjungi PBNU
Kunjungan Grand Syekh Al-Azhar ke PBNU
Peresmian Perluasan Gedung II PBNU
Peresmian Bank Wakaf Mikro di Banten Oleh Presiden RI
IMG
IMG