Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Mayoritas Muslim Dunia Mulai Puasa Ramadhan Kamis

Mayoritas Muslim Dunia Mulai Puasa Ramadhan Kamis

Riyadh, NU Online
Mayoritas umat Islam di seluruh dunia akan mulai menjalankan ibadah puasa bulan Ramadhan Kamis
(13/9).

Sejumlah negara sudah mengumumkan secara resmi jatuhnya awal Ramadhan pada hari Selasa kemarin, antara lain Arab Saudi, Bahrain, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar, Yordania dan Mesir.

<>

Muslim Syi‘ah di Iraq dan Libanon juga mengumumkan bahwa awal puasa Ramadhan jatuh pada hari Kamis berdasarkan perhitungan astronomi.

Mufti Sunni di Libanon dan Asosiasi Ulama Muslim Sunni di Iraq menyatakan hari Kamis adalah awal puasa Ramadhan.Pengumuman serupa disampaikan pula oleh Mufti Palestin Muhammad Hussein.

Negara Muslim lainnya yang akan memulai puasa besok antara lain Aljazair, Turki dan Suriah, Malaysia dan Indonesia. Lembaga-lembaga Islam seperti Islamic Religious Council of Singapore (MUIS), lembaga fatwa Tajikistan dan Kazakhstan, komunitas Muslim China juga sudah mengumumkan awal puasa jatuh pada hari Kamis besok.

Di Eropa, Union of Islamic Organisation in France (UOIF), komunitas muslim di Inggris, Kosovo, asosiasi Imam di Belanda, komunitas muslim di Jerman, Austria, Republik Chechnya, Denmark dan Swedia, menetapkan hari Kamis besok sebagai awal bulan Ramadhan, begitu pula komunitas Muslim di Amerika Utara.

Meski demikian ada juga beberapa negara yang menetapkan awal puasa Ramadhan jatuh pada hari Rabu (12/9/2007), antara lain Libya. Sementara Maroko, Sudan dan komunitas Muslim di Filipina baru akan melakukan pengamatan bulan pada hari Rabu ini.

Sedangkan India dan Pakistan kemungkinan akan menjalankan awal Ramadhan pada hari Jum‘at. (Moh Masdum Muharram)

BNI Mobile