Home Nasional Keislaman Fragmen Internasional Risalah Redaksi Wawancara Humor Tokoh Opini Khutbah Hikmah Bathsul Masail Pustaka Video Foto Download

Fakta Sejarah di Balik Resolusi Jihad NU

Peran kiai dan santri dalam merebut dan mempertahankan kemerdekaan Republik Indonesia sudah terang benderang. Namun, sejarahnya kadang tak sepenuhnya terungkap. Bahkan, ada pihak-pihak tertentu yang memang sengaja menutupi atau memotong sejarah ini.


Fatwa Resolusi Jihad NU yang dikomandoi KH. Hasyim Asy'ari pada 22 Oktober agar umat Islam bertempur melawan NICA yang membonceng Sekutu kembali menjajah Indonesia adalah salah satu sejarah penting. Peristiwa ini mampu mengobarkan dada pejuang untuk melakukan perlawanan sampai puncaknya terjadi pertempuran 10 November, yang kemudian kita kenal dengan Hari Pahlawan.


Bagaimana kisahnya? Simak pemaparan KH Agus Sunyoto, Sejarawan sekaligus Ketua Lesbumi PBNU dalam video berikut ini. Untuk lebih lengkapnya, disarankan juga membaca buku beliau "Fatwa dan Resolusi Jihad: Sejarah Perang Rakyat Semesta di Surabaya 10 Nopember 1945" (Penerbit: Lesbumi PBNU dan Pustaka Pesantren Nusantara 2017).

 

===

Simak video bermanfaat lainnya di channel Youtube NU Online! Subscribe!

BNI Mobile