Warta

1.707 Warga Ikut Miliki Rumah Sakit NU Jombang

Sab, 10 Maret 2012 | 00:14 WIB

Jombang, NU Online
Sebanyak 1.707 warga resmi ikut menjadi pemilik Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Jombang yang terletak di Jalan KH Hasyim Asyari, Mojosongo, Diwek, Jombang. Mereka menguasai 35 persen dari total  saham RS NU, yang nilainya mencapai Rp 4,2 Miliar.

Jumlah itu diketahui setelah pihak RSNU menyerahkan resmi bukti kepemilikan saham yang dijual kepada warga NU yang ikut membeli. Penyerahan itu dilakukan oleh ketua PCNU, KH Isrofil Amar bersama jajaran Komisaris PT RSNU, Jumat (9/3) kemarin. <>

"Total saham yang dijual kepada warga NU sebanyak 35 persen, sisanya 65 persen  menjadi milik NU secara kelembagaan,"ujar Hamid Bisri Kabag TU RSNU.  

Dkatakannya, secara keseluruhan saham yang dijual sebanyak 276.902 lembar dengan rincian 99 ribu dibeli warga NU dan 188 ribu menjadi milik NU secara kelembagaan.

"Sebenanrnya yang berminat membeli secara besar banyak. Tapi memang dibatasi. Hal ini memberikesempatan kepada warga NU yang juga ingin menjadi pemilik meski satu dua lembar," ujarnya seraya mengatakan untuk perorangan dibatasi membeli paling banyak 1000 lembar.

Mantan sekretaris PCNU yang kini dipercaya sebagai Kabag TU RSNU ini menambahkan, secara keseluruhan, dikatakan, aset RSNU bernilai lebih dari RP 26 Milyar. Aset itu berupa tanah, bangunan, dan peralatan medis. 

"Untuk Bangunan mendapat bantuan dari Pemprop Jatim, 10 Miliar, alkes dengan nilai Rp 5 Miliar dari Menkes, dan tanah bantuan pemkab Jombang dan jamaah NU," imbuhnya.

RS milik warga NU ini rencananya bakal diresmikan Gibernur Jawa Timur Soekarwo, Sabtu (10/3) ini bersama pengurus PBNU, Menteri Kesehatan.


Redaktur     : A. Khoirul Anam
Kontributor : Muslim Abdurrahman