Rabu, 30 Juli 2014
Language :
Find us on:
Nasional 
1000 HARI GUS DUR
Gus Mus: Sederhana, Gus Dur Tak Punya Dompet
Jumat, 28/09/2012 07:45

Jakarta, NU Online
Wakil Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH A Mustofa Bisri menyatakan, salah satu sikap KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yang patut diteladani bangsa Indonesia adalah kesederhanaan. Kepribadian inilah yang menguatkan Gus Dur secara total melayani masyarakat tanpa menuntut pamrih apapun.

Kiai yang akrab disapa Gus Mus ini menyampaikannya dalam peringatan seribu hari wafatnya Gus Dur di Ciganjur, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Kamis (27/6) malam. Ia didampingi, antara lain, oleh Habib Syech bin Abdul Qodir Assegaf, Prof Dr Quraish Shihab, Mahfud MD, dan puluhan pejabat, kiai dan habaib dari berbagai daerah.

“Di seribu harinya Gus Dur ini saya ajak sampean semua yang mengaku cinta sama Gus Dur, ayo kita lawan gaya hidup berlebih-lebihan di Tanah Air ini dengan gaya hidup sederhana,” pintanya.

Menurutnya, kecintaan kepada dunia telah menyeret banyak orang pada tindak kesalahan, seperti korupsi dan tamak kekuasaan. Sepintas mereka terlihat kaya dan mulia tapi sejatinya mereka sangatlah fakir dan miskin. Padahal, kekayaan Gus Dur justru lahir dari kezuhudannya.

“Gus dur itu kaya sekali. Nggak punya dompet tapi kaya sekali. Karena apa? Karena nggak butuh,” terangnya.

Dijelaskan, kesederhanaan Gus Dur tak sekadar menyangkut materi, tapi juga dalam sikap keberagamaan. Kedalamannya menguasai ilmu-ilmu agama malah membuatnya selalu tenang dan jernih dalam mengambil setiap langkah.

“Jangan berlebih-lebihan, termasuk dalam beragama. Saya ulangi, termasuk dalam beragama!” pesan Pengasuh Pesantren Raudlatut Tholibin Rembang, Jawa Tengah ini.

Sejumlah kelompok agama dinilai terlalu reaksioner dalam menyikapi sejumlah persoalan. “Film nggak cocok kaget, ada Lady Gaga kaget. Berlebih-lebihan itu bikin manusia tak bisa berpikir adil,” tandasnya.

 


Redaktur: A. Khoirul Anam
Penulis   : Mahbib Khoiron

Komentar(10 komentar)
Selasa, 27/11/2012 13:43
Nama: dadang sobari
pnutan umat muslim dunia
assalamualaikum wr,,wbr,,,.SIAPA KIRA NYA YANG JADI PENERUS GUSDUR,,PEMIMPIN YANG ARIF DAN BIJAKSANA AND kepemimpinan nya harus kita jadi contoh,,,,,dan panutan umat seluruh dunia semogs saja indonesia dapat pemimpin seperti beliau di thn 2014 kelak;tks
Jumat, 09/11/2012 03:21
Nama: achmad ichsan
ichsan
benar semua, moga bisa zuhud, sulit sekali zuhud itu. ila hadroti abdurrahman wahid wa usulihi wa furuihi. al fatihah ........
Kamis, 25/10/2012 17:33
Nama: Nelayan Jaring Rajungan
SEPEDA NU ( SEjahtera PEnuh DAmai ala NU )
andai semua orang NU berfikir dan bertindak seperti GUS DUR, bukan suatu kemustahilan INDONESIA juga punya SEPEDA ala NU.
Rabu, 24/10/2012 19:44
Nama: gata
gusdur wali sedoso
kami kagum sosok gusdur menurut saya beliau kyai yang dengan sahabat nabi dan telah dijamin surga.kalo dijawa wali sedoso. yaitu wali ke 10. sakti mandra guna. waktu beliau menjadi presiden jg hebat bisa mensejahterakan rakyat...... sehingga rakyat senang..... segala permasalahan bisa tuntas dan tidak ada kwarga beliau yg miskin... sakti bisa melihat hati smua orang
Kamis, 18/10/2012 10:15
Nama: saprudin
Sederhana
Bagi saya Gusdur adalah pemimpin yang sangat sederhana, saya pernah secara langsung melihat beliau ketika berkunjung ke Situbondo beliau menuju aula tanpa pengawalan sama sekali, sehingga saya sangat terkesan dengan Gusdur terlebih lebih beliau jarang menggunakan sepatu sebagai bukti kesederhanaan Gusdur.
Senin, 15/10/2012 01:37
Nama: maulana
Jujur
Cerita seorang yg baru sy kenal, dia saban hari lewat kdiaman gusdur, dia heran kq mantan presiden tiap pagi duduk diteras,santai minum teh dgn pintu terbuka lebar, pdhl mntn mentri ajj, tk pernah tampak lagi dgn tembok yg tinggi.
Ahad, 14/10/2012 07:56
Nama: abah epp
udah sendirinya sederhana
kaya aku yah, ra ndwe rekening blasss ndwe dompet isine sim karo ktp hahahaha
Sabtu, 13/10/2012 19:18
Nama: Ali Rohadi
Setuju Dech sama Gus Mus
Alhamdulillah di NU masih punya Kiai Seperti Gus Mus, pemikiran beliau menunjukan kedalaman ilmu beliau. sungguh menginspirasi saya. semoga yg saudara2 yg lainya bisa terinspirasi.
Selasa, 09/10/2012 13:37
Nama: imam balong
ganti
pernahkah kita bayangkan, siapa sosok yang patut untuk menggantikan gusdur jadi pemimpin? persiapan tahun 2014
Senin, 08/10/2012 10:52
Nama: Zun
Trenyuh.....
Subhanalloh...... Aku pengen spt beliau2.... tapi kok berat yowwww. Smg Gusti Alloh membimbingku
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefJuli 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
::::Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak masyarakat menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah melalui LAZISNU. Rekening zakat: BCA 6340161473 MANDIRI 1230004838951. Infaq: BCA 6340161481 MANDIRI 1230004838977 :::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Transaksi pembelian di Toko NU Online untuk sementara ditutup per 24 Juli-13 Agustus 2014::::