Kamis, 02 Oktober 2014
Language :
Find us on:
Nasional 
NU NTB Dirikan Universitas
Jumat, 15/03/2013 07:04

Jakarta, NU Online 
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) sedang menyelesaikan proses pendirian Universitas Nahdlatul Ulama (UNU). PWNU menargetkan 2013 ini aktivitas pendidikan sudah bisa berjalan.

“Ada 12 program studi yang sudah kami rencanakan ada di UNU kami nanti,” kata pembina tim pendiri, Prof Mansur Ma’shum, di sela kunjungannya ke gedung PBNU, Jakarta, terkait sejumlah urusan administrasi pendirian kampus, Kamis (14/3). 

Beberapa program studi tersebut, jelas Mansur, antara lain farmasi, teknik lingkungan, sistem informasi, kebidanan, pendidikan guru sekolah dasar (PGSD), serta pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi (PJKR), dan pendidikan seni drama, tari dan musik (PSDTM). 

“Dalam MKDU (mata kuliah dasar umum, red) akan kami isi antara lain materi ke-NU-an. Hal itu untuk menunjukkan karakter khas universitas,” ujar Mustasyar PWNU NTB ini.

Mansur menerangkan, proses rintisan pendirian kampus yang akan diberi nama “UNU Mataram” ini dimulai sejak tahun 2012. Tepatnya, setelah konferensi wilayah (konferwil) PWNU NTB akhir Agustus lalu dan menetapkan TGH A Taqiuddin Mansur sebagai ketua tanfidziyahnya. 

Menurut Taqiuddin, pendirian UNU Mataram adalah di antara prioritas program kerja yang ia canangkan. Di NTB kehadiran kampus berbasis NU dinilai cukup mendesak.

“Ini sifatnya niscaya. Kalau bahasa ushul fiqihnya dlaruriyat (primer), bukan hajiyat (sekunder) lagi. Sebab penduduk NU di NTB termasuk terbesar untuk kawasan Indonesia bagian timur,” paparnya.   

Penulis Mahbib Khoiron

Komentar(0 komentar)
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::