Jumat, 25 April 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Ahad, 21/06/2009 11:52
Brebes, NU Online
Pimpinan Wilayah (PW) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Sumatera Utara (Sumut) menggugat Pimpinan Pusat terkait tempat penyelenggaraan Kongres. Mereka menilai, Kongres ke-16 kali ini melanggar aturan organisasi.

Alasannya, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IPNU di Samarinda, Kalimantan Timur, pada Agustus 2007 silam, telah memutuskan bahwa Kongres harus diselenggarakan di wilayah Sumatera. Tapi, kenyataannya justru digelar di Brebes, Jawa Tengah.
Ahad, 21/06/2009 11:37
Brebes, NU Online
Masih inget Syekh Puji? Ya. Pengusaha kaya raya asal Semarang yang mendadak jadi selebritis gara-gara menikahi gadis di bawah umur itu membikin heboh peserta Kongres Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPPNU) di Pesantren Al Hikmah 2, Brebes, Jawa Tengah, Ahad (21/6) pagi.

Syeikh Puji mengujungi arena Kongres. Bukan untuk mengikuti perhelatan akbar organisasi santri dan pelajar NU se-Indonesia itu, melainkan bersilaturrahim ke kediaman sang Pengasuh, KH Masruri Abdul Mughni. Pada kesempatan itu, ia yang didampingi istri membawa ribuan jubah untuk dibagikan kepada peserta Kongres.
Ahad, 21/06/2009 11:23
Teheran, NU Online
Dua orang tewas dalam pemboman bunuh diri Sabtu di makam pemimpin revolusi Iran, Ayatollah Ruhollah Khomeini, televisi negara melaporkan.

Press TV, siaran  berbahasa-Inggris milik pemerintah Iran, mengatakan delapan orang juga terluka dalam pemboman itu, yang mungkin untuk meningkatkan kemarahan di antara masyarakat Iran yang memuja-muja pendiri Republik Islam tersebut.
Ahad, 21/06/2009 09:30
Kairo, NU Online
Seorang Muslimah Amerika asal Somalia, Aisha, mengungkapkan kekagumannya terhadap kitab al-Amtsilah at-Tashrifiyyah buah karangan ulama NU asal Jombang, Jawa Timur, KH Muhammad Ma'shum Ali.

Kitab al-Amtsilah at-Tashrifiyyah yang dikenal dengan nama kitab tasrifan itu menguraikan bentuk-bentuk perpindahan kata dalam bahasa Arab (sharaf) dan dijadikan kitab pegangan wajib di pesantren-pesantren NU.
Ahad, 21/06/2009 09:02
Brebes, NU Online
Beberapa pengurus cabang Ikatan Pelajar NU dari daerah Karisidenan Pati, Jawa Tengah menginginkan penertiban aturan Corp Brigadir Pembangunan (CBP). Hal ini disampaikan Ketua PC IPNU Pati, Abdullah Hamid, menanggapi banyaknya anggota CBP yang tak kompak.

“CBP itu seharusnya jadi militernya IPNU dan NU, namun aturannya tidak jelas. Setiap daerah punya seragam dan model pelatihan yang berbeda,” ungkap Hamid pada Sabtu (20/6) di sela-sela agenda Kongres ke-16 IPNU dan ke-15 IPPNU, di Ponpes Al-Hikmah 2, Benda, Sirampog, Brebes.
Ahad, 21/06/2009 08:14
Brebes, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) memuji program beasiswa “Pantas” (Pelajar Binaan Berprestasi) yang dijalankan Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar NU. Karena itu, PBNU berjanji akan mencarikan donatur yang lebih banyak untuk mendanai program itu.

Demikian ditegaskan Ketua Umum PBNU, KH Hasyim Muzadi, dalam pidatonya pada pembukaan Kongres ke-15 IPNU dan Kongres ke-15 IPPNU di Pondok Pesantren Al Hikmah 2, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (20/6) siang kemarin.
Ahad, 21/06/2009 07:15
Semarang, NU Online
Menteri Dalam Negeri Mardiyanto meminta kepada Badan Pengelola Masjid Agung Jawa Tengah (MAJT) supaya mempertahankan MAJT sebagai ikon Jateng, terutama dalam melaksanakan pengembangan budaya Islam. Mardiyanto menyampaikan hal itu saat membuka acara Rapat Kerja Badan Pengelola MAJT di Hotel Semesta, Semarang, Sabtu (20/6).
 
Menurut Mardiyanto, kata budaya sangat luas cangkupannya, sehingga perlu dijadikan orientasi dalam setiap program kerja yang disusun dan dilaksanakan pengurus MAJT. Bangunan yang besar beserta infrastruktur pendukungnya menimbulkan konsekuensi terhadap tingginya biaya pemeliharaan.
Ahad, 21/06/2009 06:23
Batam, NU Online
Universitas Islam Negeri (UIN) dan perguruan tinggi Islam lainnya bisa memberikan sumbangan yang besar dalam proses demokratisasi di Indonesia yang masih dalam tahap transisi.

”Konon demokratisasi kita masih dalam masa transisi, entah sampai kapan transisinya. Nah UIN apalagi dengan berbagai potensi alumninya baik di legislatif, eksekutif maupun akademisi bisa memberikan sumbangan yang besar dalam proses demokratisasi ini,” kata Anggota DPR RI Arif Mudatsir Mandan di sela Rakernas Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta (Ika-Suka) di Batam, Sabtu (20/6).
Ahad, 21/06/2009 04:11
Brebes, NU Online
Batas maksimum usia yang menjadi salah satu syarat menjadi ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dipersoalkan. Sebab, selama ini aturan itu sering kali dilanggar atas dasar kepentingan politik tertentu.

Sekretaris Pimpinan Cabang IPNU Pati, Jawa Tengah, Afroni Baha’uddin, mengatakan hal itu kepada NU Online di sela-sela Kongres ke-16 IPNU dan Kongres ke-15 IPPNU di Pesantren Al Hikmah 2, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (20/6) siang.
Sabtu, 20/06/2009 20:33
Medan, NU Online
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Utara minta kepada Departemen Kesehatan (Depkes) agar pemberian vaksin meningitis kepada calon jemaah haji yang akan berangkat ke tanah Suci Makkah itu harus yang halal dan jangan mengandung lemak babi.

"Pemberian vaksin itu harus sesuai dengan ketentuan dalam ajaran agama Islam dan jangan yang diharamkan," kata Ketua MUI Sumut, Prof Dr. Abdullah Syah, MA, di Medan, Sabtu (20/6).
Sabtu, 20/06/2009 19:49
Jakarta, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) membantah tudingan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) terkait “macetnya” pengkaderan NU di tingkat mahasiswa.

“Penilaian itu tidak tepat. PMII tidak pernah ‘meninggalkan’ kampus. Bagaimana pun, kami tidak pernah lupa bahwa PMII adalah salah satu organisasi pengkaderan NU di tingkat mahasiswa,” ujar Ketua Umum Pengurus Besar PMII, Mohammad Rodli Kaelani, kepada NU Online, di Jakarta, Sabtu (20/6).
Sabtu, 20/06/2009 19:13
Cirebon, NU Online
Calon wakil presiden Prabowo Subianto hari ini menyapa masyarakat Pantura. Kunjungan kali ini diawali dengan menyambangi sejumlah tempat di Kabupaten Cirebon, salah satunya adalah Pesantren Gedongan, Pangenan, Cirebon.

Pendamping Megawati Soekarnoputri ini tiba di Pesantren Gedongan sekira pukul 12.00 WIB. Prabowo tiba dengan mengendarai Toyota Alphard warna hitam B 23 DZ dan mengenakan pakaian khasnya, safari berwarna krem dan peci hitam.
Sabtu, 20/06/2009 18:36
Brebes, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengkritik organisasi Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) yang dinilainya kini tak lagi berfungsi maksimum sebagai sarana pengkaderan NU di tingkat mahasiswa.

“PMII justru lebih banyak di jalanan (baca: aksi unjuk rasa, demonstrasi, dan lain-lain), tidak lagi (beraktivitas) di kampus,” kata Ketua Umum PBNU, KH Hasyim Muzadi.
Sabtu, 20/06/2009 18:28
KONGRES IPNU & IPPNU
Brebes, NU Online
Selama ini, Nahdlatul Ulama (NU) dikenal sebagai komunitas yang mempunyai ciri khas kesederhanaan. Karakter tersebut harus terus dan selalu dipertahankan sampai kapan pun, kata Rais Syuriyah Pengurus Wilayah NU Jawa Tengah, KH Masruri Mughni.

“Kalau tidak sederhana, maka bukan NU,” ujar dia dalam pidatonya pada pembukaan Kongres ke-16 Ikatan Pelajar NU dan Kongres ke-15 Ikatan Pelajar Putri NU di Pondok Pesantren Al Hikmah 2, Brebes, Jawa Tengah, Sabtu (20/6) siang.
Sabtu, 20/06/2009 17:45
Brebes, NU Online
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) diminta lebih memperbanyak mengadakan pelatihan kader. Pelatihan yang dimaksud harus dilakukan mulai dari tingkat pusat hingga tingkat desa.

Permintaan itu disampaikan sesepuh IPNU yang juga Rais Syuriyah Pengurus Wilayah NU Jawa Tengah, KH Masruri Abdul Mughni, dalam pidatonya pada pembukaan Kongres ke-16 IPNU dan Kongres ke-15 IPPNU di Pesantren Al Hikmah 2, Brebes, Jateng, Sabtu (20/6) siang.

Abah Masrur—begitu panggilan akrabnya&a
Sabtu, 20/06/2009 17:26
Medan, NU Online
Sekretaris Tanfidizyah PWNU Sumut Drs. Misran Sihaloho,MSi menegaskan Yayasan Perguruan Nahdlatul Ulama (YPNU) yang berada di Jalan Brigjen HA Manaf Lubis No 2 Medan pengelolaannya saat ini dilakukan oleh PWNU Sumut dengan manajemen baru yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas siswa yang dihasilkan.
 
“YPNU saat ini mengelola jenjang pendidikan berupa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) ,Madrasah Tsanawiyah (MTs), Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Teknologi Informatika (TI), SMK Bisnis Manajemen (BM),” ujar Misran kepada sejumlah wartawan Sabtu (20/6) di Sekretariat PWNU Sumut Jalan Palang Merah No 80 Medan.
Ubudiyah
Rabu, 23/04/2014 08:11
Di daerah pesisir pantai utara pulau Jawa terdapat puji-pujian yang sangat mengharuka. Apalagi jika dilagukan oleh suara orang tua, seolah mereka menghayati...
Sabtu, 19/04/2014 16:00
Diantara empat hukum dalam Islam, semuanya memiliki konsekwensi masing-masing kecuali mubah. Pahala diperuntukkan mereka yang menjalankan hukum wajib dan...
Syariah
Kamis, 24/04/2014 07:00
Dalam kitab  Bughyatul Mustarsyidin  karya Sayyid Abdurrahman bin Muhammad al-hadramy menyatakan bahwa ada tujuh hal yang dimakruhkan dalam shalat....
Ahad, 20/04/2014 05:00
Dalam hadits Bukhari, Abu Daud dan Al-Wadhihah sebuah cerita menyebutkan bahwa Ali bin Abi Thalib telah melamar seorang putri Abu Jahal bin Hisyam, lalu...
Hikmah
Jumat, 18/04/2014 05:01
Kisah tentang keteguhan seorang wanita yang bernama Masyitah dalam mempertahankan keimanannya ini begitu masyhur. Masyitah adalah seorang pelayan di kerajaan...
Jumat, 11/04/2014 16:01
Suatu ketika Nabi Musa as. mengadu kepada Allah, “Wahai Tuhan! Engkau ciptakan makhluk dan Kau berikan kenikmatan rizki. Kau (pula) yang menjadikan...
Taushiyah
Rabu, 23/04/2014 12:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Hampir semua eksponen NU sibuk memasyarakatkan Khittah 26, pada masa antara pasca-Muktamar NU ke-27 sampai dengan Pemilu 1987....
Rabu, 16/04/2014 19:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun yang lampau, seorang ulama dari Pakistan datang pada penulis di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)...
Khotbah
Kamis, 10/04/2014 13:04
"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong seberat dzarroh (atom yang paling kecil)." Lantas ada seseorang yang berkata: Sesungguhnya ada laki-laki yang suka berpakaian indah dan bersandal bagus. Nabi saw bersabda: “sesungguhnya Allah itu Indah dan suka keindahan. Sombong adalah menentang kebenaran dan memandang rendah orang lain (al-Hadits).
Kamis, 27/03/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah Pernah bersabda "Satu waktu nanti akan tiba atas umatku penguasa seperti singa, para menterinya seperti serigala, dan hakim-hakimnya seperti anjing. Sementara itu umat kebanyakan bagaikan kambing. Bagaimana bisa kambing hidup diantara singa, serigala dan anjing?"
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefApril 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Maaf transaksi pembelian via web toko.nu.or.id belum bisa beroperasi karena ada sistem yang perlu disempurnakan ::::