Jumat, 01 Agustus 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 29/06/2010 19:53
Jombang, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH. Said Aqil Siradj meminta agar warga NU membendung adanya radikalisasi atas nama agama.

Hal itu diungkapannya saat acara Haflah Kubro (ulang tahun) ke-185  Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tambak Beras, Jombang, Sabtu (26/6) malam.
Selasa, 29/06/2010 18:28
Demak, NU Online
Meski bagi masayarakat Muslim secara umum, makan di masjid Demak tidak kontroversial, namun bagi masyarakat tertentu di Demak, makam-makam di masjid Agung Demak tetap dianggap kontroversial.

Salah satu contoh makam yang kontroversial adalah makam Syekh Siti Jenar. Makam tokoh terakhir ini masih simpang siur keberadaannya. Bahkan sebagai catatan sejarah atau legenda pun, tokoh ini masih memunculkan kontroversi di tengah masyarakat.
Selasa, 29/06/2010 17:16
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyatakan sepakat jika Tentara Nasional Indonesia (TNI) kembali mendapatkan hak pilih dalam pemilihan umum. Namun perlu dipertimbangkan apakah sudah tepat jika TNI saat ini diberikan kembali hak pilihnya.

“Apakah sudah tepat kalau saat ini TNI diberi hak pilih? Apakah trauma masyarakat selama 32 tahun Orde Baru itu sudah hilang? Apakah masyarakat sudah percaya bahwa TNI tidak sekedar menjadi alat penguasa, bukan alat negara,” kata Said Aqil menjawab pertanyaan wartawan di kantor PBNU Jakarta, Selasa (29/6).
Selasa, 29/06/2010 16:50
Jakarta, NU Online
Pimpinan Wilayah Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi DKI Jakarta bekerjasama dengan SMA Jakarta Raya Yusufiyah menggelar kompetisi Futsal antar SLTP dan SLTA Se-DKI Jakarta. Acara bertempat di Green Futsal, Jl. Bambu Apus Raya Kec. Cipayung, Jakarta Timur, Senin, (28/6).

Hadir dalam acara tersebut, para tokoh dan pejabat pemerintahan DKI Jakarta, diantaranya, Pengurus Wilayah NU DKI Jakarta Drs Ma’mun Al Ayyubi, para pengurus IPNU Pusat, Badan Narkotika Nasional (BNN) RI, Kepala sekolah SMA Jakarta Raya Yusufiyah dan segenap pengurus PW IPNU DKI Jakarta.
Selasa, 29/06/2010 16:28
PENGAJIAN FIKHUNNISA
Jakarta, NU Online
Adopsi atau pengangkatan anak dapat dipandang sebagai salah satu solusi dalam menjamin anak-anak yatim (biologis atau sosial) agar mendapatkan haknya dengan baik, namun demikian adopsi juga dapat melhairkan dampak seperti kejahatan anak.

Dari sudut pandang Islam, adopsi dapat melahirkan beberapa dampak terkait dengan pernikahan dan waris sehingga Islam memberikan beberapa tuntunan agar niat baik seseorang dalam melakukan adopsi dapat berdampak baik pula bagi orang tua angkat, anak angkat maupun lingkungannya.
Selasa, 29/06/2010 15:34
Bandung, NU Online
Jumlah kaum Muslimin Kabupaten Bandung yang mendaftar haji sudah mencapai 7.398 orang, padahal kuota haji hanya 2.424 orang. Akibatnya kuota haji Kab. Bandung sudah penuh sampai tahun 2012 bahkan 200 orang masuk ke kuota tahun 2013.

"Kuota haji Kabupaten Bandung sudah dipisahkan dengan Kabupaten Bandung Barat (KBB) dari sebelumnya disatukan," kata Kasi Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kab. Bandung, H. Dede Suherman, saat pembukaan manasik massal jemaah calon haji (calhaj) Kab. Bandung di Masjid Agung al-Fathu, Selasa (29/6).
Selasa, 29/06/2010 14:39
Ngawi, NU Online
Puluhan massa Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Ngawi menggelar aksi demonstrasi di perempatan Kartonyono, kemarin (28/6). Mereka mengecam kebijakan pemerintah yang menaikan Tarif Dasar Listrik (TDL). Kebijakan itu dinilai sarat bermuatan politis. Tanpa memperhatikan segi ekonomi masyarakat yang kian mengalami keterpurukan.

Aksi unjuk rasa dimulai dari markas PMII yang berpusat di Desa Klitik Geneng. Massa bergerak sekitar pukul 09.30 dengan konvoi menggunakan sepeda motor. Aksi selanjutnya diteruskan dengan berorasi di perempatan Kartoyono. ''Kenaikan TDL hanya menguntungkan kantong-kantong pejabat. Bukan demi kepentingan masyarakat kecil,'' terang Ketua PC PMII Ngawi Husaini Amarm, Selasa (29/6) .
Selasa, 29/06/2010 13:27
Blitar, NU Online
Untuk mengisi liburan sekolah sebagian siswa dan keluarga berziarah ke makam Makam Bung Karno di Kelurahan Bendogerit Kecamatan Sananwetan Kota Blitar.

Menurut keterangan Suwanto salah satu juru kunci makam Bung Karno, memasuki musim liburan sekolah jumlah pengunjung makam meningkat. Jumlah pengunjung didominasi oleh pelajar yang memanfaatkan masa liburan.
Selasa, 29/06/2010 12:56
Pekalongan, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Pekalongan meminta kepada pengelola Madrasah Diniyah harus bisa mandiri dalam setiap kali menyelenggarakan kegiatan, terutama kegiatan-kegiatan yang bersifat masal seperti silaturrohim siswa santri madrasah diniyah dan pondok pesantren se Kota Pekalongan yang dihelat setiap tahun.

"Saya merasa sedih dan gembira melihat kegiatan yang digagas forum komunikasi madrasah diniyah. Sedih karena setiap menggelar kegiatan yang menjadi persoalan selalu masalah dana dan gembira karena kegiatan ini bisa berjalan meski panitia masih bingung untuk menutupi kekurangan dana," ujar H. Ahmad Rofiq BA Ketua PCNU Kota Pekalongan saat memberikan sambutan dihadapan guru dan pengasuh pondok pesantren se Kota Pekalongan Senin (28/6) di Pondok Pesantren Al Mubarok Medono.
Selasa, 29/06/2010 12:02
Jakarta, NU Online
Organisasi sosial keagamaan Nahdlatul Ulama (NU) telahberusia 87 tahun berdasarkan penanggalan hijriyah. Hari ini, Senin (29/6) bertepatan dengan 16 Rajab 1431 H yang dicatat sebagai tanggal pendirian NU.

NU dilahirkan pada 16 Rajab 1344 bertepatan dengan 31 Januari 1926. Menurut Ketua Lajnah Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), NU didirikan oleh sejumlah kiai tepat pada hari Ahad Pon.&
Selasa, 29/06/2010 11:46
Jakarta, NU Online
Tim kecil Panja BPIH Komisi VIII DPR RI menggelar rapat internal untuk melanjutkan pembahasan komponen Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun 1431H/2010M. Setelah dua kali mengadakan pembahasan di masa reses, belum ada titik temu mengenai harga sewa pemondokan di Mekkah. DPR menginginkan plafon sewa pemondokan di Mekkah sebesar 2.500 riyal sedangkan pemerintah tetap pada harga 3.000 riyal.

"Kita ingin menurunkannya dari angka 3.000 riyal, kita mendorong terus tapi belum bisa kita sampaikan sekarang. Yang jelas kita menginginkan pembahasan ini bisa segera tuntas, makanya reses-reses tetap laksanakan. Memang pemerintah menawar setelah reses makanya kita paksa besok," kata Ketua Komisi VIII Abdul Kadir Karding kepada di Jakarta, Selasa (29/6).
Selasa, 29/06/2010 10:58
Pekanbaru, NU Online
Kabar gembira bagi masyarakat Mandau dan daerah sekitarnya. Dalam waktu dekat, di daerah ini akan didirikan Madrasah Bertaraf Internasional (MBI). Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Riau, Asyari Nur MM menyatakan hal itu usai menggelar pertemuan untuk segera merealisasi sekolah agama tersebut.

Gedung MBI rencananya akan dibangun bulan Agustus 2010 di atas lahan sekitar 30 hektare di Km 14 jalan Lintas Duri, Dumai, milik PT CPI yang diserahterimakan Pemkab Bengkalis. MBI terdiri dari Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN), Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN). Pembangunan fasilitas MBI memakai sharing dana dari pemerimtah pusat dan Pemkab Bengkalis.
Selasa, 29/06/2010 09:55
ISLAH PARPOL BERBASIS NU
Jakarta, NU Online
Islah atau rekonsiliasi di tubuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) akan menjadi anugerah terindah di hari ulang tahunnya yang ke-12 pada 23 Juli 2010 ini. Hal ini diungkap fungsionaris DPP PKB Helmy Faisal Zaini dalam acara Deklarasi Rekonsiliasi PKB di ruang pertemuan kantor PBNU, Jl Kramat Raya, Jakarta, Senin (28/6).

“Proses rekonsiliasi terus berjalan dan membuahkan hasil yang positif dan menjadi anugerah terindah di Harlah XII PKB yang harus disyukuri. InsyaAllah, kami yakin, 2014 PKB akan kembali menjadi kekuatan besar yang akan mampu berbuat banyak bagi masyakarat, khususnya warga nadhliyyin,” tutur Helmy Faisal.
Selasa, 29/06/2010 07:32
Pekalongan, NU Online
Lembaga keuangan mikro syari'ah BMT SM NU Kota Pekalongan terus mengembangkan sayapnya. Kepercayaan yang dibangun sejak lima tahun lalu terus tumbuh dan berkembang. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan dan permintaan warga nahdliyyin di beberapa daerah, Pengelola Baitul Maal Wat Tamwil Syirkah Muawanah Nahdlatul Ulama (BMT SM NU) Pekalongan pada bulan Juni 2010 ini telah membuka dua kantor baru.

Pembukaan dua kantor baru diharapkan mampu menenuhi kebutuhan dan jangkauan layanan yang selama ini masih menggunakan kurir untuk simpan maupun ambil dana. Satu kantor cabang di Kecamatan warungasem Kabupaten Batang dan satu kantor kas di Komplek pendidikan YKPI Comal Kabupaten Pemalang.
Selasa, 29/06/2010 06:46
Tegal, NU Online
Perhelatan yang cukup damai dan akhirnya menghantarkan KH. Tohir terpilih menjadi rais syuriyah menggantikan KH Cholidin dan Ustadz Somadi Masyhuri terpilih menjadi ketua tanfidziyah Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Kedung Banteng masa Khidmat 2010-2015. Konferensi ini diadakan di MDA Assomadiyah Desa Karanganyar Kecamatan Kedung Banteng, Kabupaten Tegal, Ahad (27/6).

Terpilihnya KH. Tohir setelah PCNU Kabupaten Tegal H. Nurotib, M.Pd.  yang bertindak menjadi pimpinan sidang menetapkannya. Pada tahap pencalonan sebenarnya sudah ada 2 bakal calon diantaranya KH. Cholidin yang memperoleh 4 Suara dan KH. Tohir 6 suara, tetapi dalam tahap pencalonan KH. Tohir Memperolah suara lebih unggul yaitu 7 suara dan KH. Cholidin  hanya mengantongi 3 Suara. Dari jumlah 10 suara diperebutkan.
Senin, 28/06/2010 21:29
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj menyatakan, NU tidak menginginkan adanya konflik antar warga masyarakat yang mengatasnamakan agama. Pihaknya selalu mengimbau masyarakat untuk hidup rukun dan saling menghormati pemeluk agama lain.

Hal tersebut disampaikannya di hadapan rombongan Forum Komunikasi Antar Umat Beragama Jakarta Timur saat berkunjung ke kantro PBNU, Jakarta, Senin (28). Forum ini beranggotakan warga Katholik.
Ubudiyah
Kamis, 31/07/2014 10:11
Tidak diragukan lagi bahwasanya dalam syariat Islam, selain puasa wajib di bulan Ramadhan, kaum muslim pun diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa sunah...
Selasa, 29/07/2014 16:30
Inilah salah satu tradisi umat muslim Indonesia yang searah dengan sunnah Rasulullah saw, yaitu bersilaturrahim mengunjungi orang tua, famili, keluarga dan...
Syariah
Selasa, 29/07/2014 18:05
Berbeda dengan zikir yang bisa dilakukan kapan saja, zakat Fitrah memiliki waktu-waktunya sendiri. Artinya, zikir tanpa mengenal waktu tetap dinilai ibadah...
Ahad, 27/07/2014 07:08
Hukum shalat id, baik idul fitri maupun idul adha adalah sunnah muakkadah dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Hukum ini berlaku untuk...
Hikmah
Jumat, 01/08/2014 07:06
Mungkin pernah terbetik di dalam benak kita, kenapa kita yang seorang muslim hidupnya jauh lebih sengsara, ketimbang mereka yang hidup di dalam kekafiran....
Rabu, 30/07/2014 17:19
Ramadhan dapat diibaratkan sebagai lahan yang subur untuk banyak menanam amal kebaikan. Kita diberi banyak kesempatan dan kemudahan untuk melaksanakan ibadah...
Taushiyah
Senin, 28/07/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam terbitan perdana sebuah jurnal ilmiah bulanan Nahdlatul Ulama, yang diterbitkan pada 1928 dan bertahan sampai tahun 60-an,...
Senin, 28/07/2014 10:00
KH MUSTOFA BISRI
Nabi Muhammad SAW pernah ditanya istri Nabi, Aisyah, mengenai doa apa yang mesti dibaca saat Lailatul Qadar, Nabi Menjawab, “Allahumma innaka...
Khotbah
Jumat, 25/07/2014 21:00
KHOTBAH IDUL FITRI (1)
Takbir adalah membesarkan Allah dan mengecilkan selain Allah. Ketika kita berpuasa, Takbir kita cerminkan dengan mengecilkan pengaruh hawa nafsu dan mengagungkan kebesaran Allah didalam sanubari kita. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita mengecilkan seluruh pembicaraan manusia dan membesarkan kalam Allah. Ketika kita Tarawih dan Qiyamullail, kita kecilkan seluruh urusan dunia dan hanya membesarkan perintah Allah SWT. Mengapa kita harus bertakbir terus menerus?
Kamis, 24/07/2014 04:01
Rukun Islam itu ada lima hal. Membaca syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat, berpuasa dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Kelima rukun Islam tersebut bersifat positif (syatrul iktisab), kecuali puasa. Karena sesungguhnya perintah puasa adalah bersifat negative (syatrul ijtinab), yaitu perintah untuk meninggalkan sesuatu (makan, minum, menahan nafsu dan lain-lain). Artinya, apabila syahadat harus diucapkan, shalat harus dikerjakan, zakat harus ditunaikan, haji harus dilaksanakan, maka  puasa harus menahan segala hal yang membatalkannya.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefAgustus 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
::::Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak masyarakat menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah melalui LAZISNU. Rekening zakat: BCA 6340161473 MANDIRI 1230004838951. Infaq: BCA 6340161481 MANDIRI 1230004838977 :::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Transaksi pembelian di Toko NU Online untuk sementara ditutup per 24 Juli-13 Agustus 2014::::