Kamis, 07 Mei 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Kamis, 23/06/2011 18:29
Padang, NU Online
Kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) harus jauhkan berbagai perilaku menyimpang yang marak di kalangan pelajar dan remaja di Indonesia. Diantaranya perilaku terlibat narkoba, seks bebas, tawuran, tindak kekerasan dan terjerumus pada aliran  yang menyimpang dari ajaran Islam.

Pembina IPNU Kota Padang Bagindo Armaidi Tanjung, S.Sos menyebutkan hal itu saat membuka Latihan Kader Muda (Latmud) IPNU Kota Padang, Kamis (23/6/2011) di aula PWNU Sumbar jalan Ciliwung No. 10 Padang. Ikut memberikan sambutan Ketua KNPI Kota Padang Nisfan Jumadil, SH, dan Ketua PC IPNU Kota Padang Pebriyaldi.
Kamis, 23/06/2011 17:16
Magelang, NU Online
Sekitar 70 ulama dan santri Pondok Pesantren Entrepreneur di Meteseh, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Rabu malam menggelar doa untuk almarhumah Ruyati yang dihukum pancung di Saudi Arabia.

Mereka menggelar doa di halaman pondok pesantren dengan penerangan lilin. Acara tersebut digelar bersamaan dengan penutupan pesantren entrepreneur ke-4 di pondok tersebut.
Kamis, 23/06/2011 16:05
Jakarta, NU Online
Komunitas NU terus tumbuh dan berkembang di seluruh dunia. Satu yang kini dalam proses pembentukan adalah Pengurus Cabang Istimewa Amerika Serikat (PCI NU) yang digagas oleh warga NU yang kini tinggal disana.

Dalam proses ini, Rabu (22/6) hadir bersilaturrahmi ke PBNU Sumanto Al Kurtubi dan Ahmad Munjid untuk mendiskusikan langkah-langkah dan peran yang harus dijalankan oleh PCI NU AS.
Kamis, 23/06/2011 14:28
Blora, NU Online
Mengisi liburan sekolah, tak harus dengan hura-hura, berwisata, atau hal yang sifatnya santai. Alangkah baik jika liburan diisi dengan sesuatu yang bermanfaat. Pasalanya, selain bisa menambah pengetahuan (wawasan), juga bisa menambah teman.

Hal ini nampaknya yang mengilhami jajaran pengurus Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) menggelar Pendidikan dan Pelatihan Pertama (Diklatama) Corp Brigade Pembangunan (CBP), 19-22 Juni. “ini tidak sekedar rancangan program kerja. Lebih dari itu, kami ingin memberikan sesuatu yang bermanfaat bagi adik-adik generasi muda di Blora ini,” ujar M. Faishol Najdib Ketua IPNU Blora.
Kamis, 23/06/2011 13:02
HALAQAH ASWAJA
Pamekasan, NU Online
Halaqah bertema "Mengukuhkan Ideologi Aswaja An-Nahdliyyah sebagai Benteng Negara Kesatuan Republik Indonesia" yang digelar Pimpinan Cabang Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) Nahdlatul Ulama Pamekasan, Senin (1/06) di Aula PCNU Pamekasan memetakan beragam ideologi keagamaan yang berkembang di tengah-tengah masyarakat.

Temuan itu berdasarkan curah gagasan antara Lakpesdam Pamekasan bersama perwakilan Majlis Wakil Cabang (MWC) NU di 1 Kecamatan, Badan Otonom NU, Lembaga dan Lajnah di bawah naungan NU, serta kalangan aktivis Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang dan Komisariat di Pamekasan.
Kamis, 23/06/2011 11:57
Tangerang, NU Online
Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Kota Tangerang Selatan terus mengawal berbagai kebijakan di bidang pendidikan, terutama terkait dengan persoalan biaya pendidikan. Biaya pendidikan yang mahal menjadi momok bagi masyarakat menengah ke bawah, apalagi kawasan Tangerang Selatan yang masih dihuni mayoritas masyarakat yang secara ekonomi lemah.

Abdullah Mas'ud, Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif Nahdlatul Ulama (NU) Kota tengerang Selatan, menyampaikan hal tersebut usai bertemu dengan Wali Kota Tangsel Airin Rachmi Diany di kantor Wali Kota, Kamis (23/6).
Kamis, 23/06/2011 10:03
Kediri, NU Online
Katib Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), KH Kafabihi Mahrus menegaskan, semangat dakwah di kalangan nahdliyin perlu digelorakan kembali. Pasalnya, intensitas dan kreatifitas dakwah di kalangan nahdliyin kini jauh tertinggal dengan aliran-aliran di luar ahlussunnah wal jamaah. Hal itu beliau sampaikan saat memberi pembekalan kepada sedikitnya 1000 santri Pondok Pesantren Lirboyo, Kediri yang akan diterjunkan berdakwah saat Ramadhan tiba, Rabu (22/06) malam.

“Beragam aliran di luar ahlussunnah wal jamaah kian intens menyebarkan paham mereka. Anehnya, semangat dakwah kita justru terkesan drop. Kita justru kalah dengan kaum Jaulah yang gigih berdakwah hingga ke pelosok daerah,” tegas kiai yang akrab disapa Gus Kafa tersebut.
Kamis, 23/06/2011 09:25
Demak, NU Online
Kepengurusan Ikatan Santri dan Alumni Salafiyah Syafi’iyyah Sukorejo Situbondo ( IKSASS ) Rayon Raden Fatah Jawa Tengah periode 2011 – 2016 kemaren Ahad malam senin , 20 Juni 2011 secara Resmi dilantik oleh KH R. Ahmad Fawa’id As’ad Pengasuh Pondok pesantren Salafiyyah Syafi’iyyah Asembagus Sukorejo Situbondo Jawa Timur.

Menurut Ketua IKSASS Nur Wahid, Kegiatan pelantikan ini dirangkai dengan sarasehan bersama para sesepuh alumni. Sedangkan maksud diadakannya sarasehan adalah untuk mencari jalan terbaik dan pembenahan organisasi ke depan dengan berbagai problema yang ada sekaligus untuk memenuhi kebutuhan umat.
Kamis, 23/06/2011 09:04
Kendal, NU Online
Pengurus Cabang Fatayat NU Kendal akan mengadakan pelatihan computer dan internet. Pelatihan akan dilaksanakan Sabtu-Ahad (25-26/6) besok, bertempat di SMK Negeri 2 Kendal, jalan Mangga Raya Purin Kendal.Peserta tiap PAC (kecamatan) satu orang bisa dari unsur ketua maupun sekretaris. Disyaratkan calon peserta sudah menguasai computer dasar Microsoft word dan Microsoft Excel.

Dalam pelatihan tersebut peserta akan mendapat materi Microsoft word dan Microsoft excel dari para nara sumber yang berkompeten.Sedangkan untuk internet peserta akan mendapat materi pengetahuan dasar internet, cara browsing,searching, email, chatting dengan yahoo messenger. Sesuai dengan jadwal pada sesi akhir peserta diminta praktek bagaimana mencari berita di internet,  membuat email dan facebook.
Kamis, 23/06/2011 08:36
Tegal, NU Online
Menteri tenaga kerja dan transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar memuji ketertiban Fatayat dalam menjalankan kemitraan. Sehingga dia merasa senang untuk terus menjalin kerja sama dalam upaya meningkatkan pemberdayaan kualitas Sumber Daya Manusia.

Tanpa segan dia mengucapkan terima  kasih kepada Fatayat NU yang telah menjalin kerjasama dalam mensinerjika program kementerian tenaga kerja dan transmigrasi. “Kami menjalin dengan berbagai lembaga tapi saya nilai Fatayat paling tertib,” ungkap menteri saat mengisi seminar nasional Harlah Fatayat NU ke-61 di Hotel Bahari In, Selasa sore (21/6).
Kamis, 23/06/2011 07:11
Cianjur, NU Online
Sekitar 150 santri perwakilan beberapa pondok pesantren di Kabupaten Cianjur, Rabu (22/6), mengikuti Pendidikan Pendahuluan Bela Negara (PPBN) tingkat Korem 061/Suryakancana di Pondok Pesantren Al-Ma'shum Mardiyah Galudra Cugenang Cianjur. Kegiatan ini merupakan kedua kalinya dilaksanakan di tingkat Korem 061/Suryakancana dengan tujuan sebagai upaya meningkatkan semangat nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta kemampuan awal bela negara.

Upacara pembukaan kegiatan yang akan berlangsung selama tiga hari tersebut dipimpin langsung Komandan Korem (Danrem) 061/Suryakancana Kolonel Kav Kustanto Widiatmoko. "Membela dan mempertahankan negara merupakan hak sekaligus kewajiban setiap warga negara sesuai dengan amanat UUD 1945 pasal 30 tentang bela negara. Keikutsertaan warga negara dalam upaya bela negara, di antaranya dilaksanakan melalui pendidikan kewarganegaraan seperti PPBN ini,” ujarnya.
Kamis, 23/06/2011 05:59
Tegal, NU Online
Menteri tenaga kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar beserta rombongan menyambangi SMA NU Kota Tegal. Kunjungan ini sekaligus bertemu dengan para guru dilingkungan Lembaga Pendidikan Maarif NU dan ulama Kota Tegal. Kunjungan yang diserta Wali Kota Tegal H Ikhmal Jaya SE diterima langsung Kepala SMA NU Kota Tegal H Maskuri Bunyamin. Muhaimin mendoakan semoga SMA NU Kota Tegal tambah maju, sarana dan prasarananya bagus serta siswanya berprestasi. Dia juga berjanji akan meneruskan permasalahan pendidikan kepada Moh Nuh selaku menteri pendidikan nasional. Antara lain untuk lebih memperhatikan sekolah-sekolah di bawah naungan LP Maarif NU.
Rabu, 22/06/2011 17:32
Jakarta, NU Online
Pemerintah Australia menawarkan sebanyak 400 beasiswa strata dua dan strata tiga untuk seluruh warga Indonesia, kata Duta Besar Australia untuk Indonesia Greg Moriarty.

"Beasiswa Australian Development Scholarship (ADS) itu bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia di Indonesia dalam jangka panjang," katanya dalam siaran pers yang dikirim Kedutaan Besar (Kedubes) Australia, Selasa.
Rabu, 22/06/2011 17:27
Pandeglang, NU Online
Opini disclaimer yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terhadap Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) terus dikritisi para aktivis dan mahasiswa. Bahkan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) juga ikut turut andil dalam mengritisi pemerintah kabupaten Pandeglang.

Ketua GP Ansor Pandeglang Tb Nuruzaman mengatakan, bila Pemkab Pandeglang sudah tidak mampu menyelenggarakan pemerintah hingga akhirnya mendapatkan predikat disclaimer dua kali sebaiknya dengan legowo menggabungkan diri dengan Kabupaten Lebak lantaran kabupaten tersebut letaknya paling dekat dan saat ini dianggap lebih maju dibandingkan Pandeglang.
Rabu, 22/06/2011 16:22
Serang, NU Online
Dengan dasar rasa keperhatinan atas kondisi pesantren salafiyah yang berada di Propinsi Banten tidak mendapatkan perhatian dari pemerintah, maka sejumlah kiai dan Ulama Banten mendeklarasikan terbentuknya "Majlis Pesantren Safiyah" (MPS).

Dalam deklarasinya, para santri dan kiai melakukan istighosah atau doa bersama untuk keselamatan bangsa dan negara dari ancaman bencana dan marabahaya serta untuk meningkatkan persatuan dan silahturahmi.
Rabu, 22/06/2011 16:07
Serang, NU Online
Masih ingat dengan Sukriyah, wanita usia 37, penderita kanker payudara selama dua tahun ini. Beberapa hari terakhir ini PC. IPNU Kota Serang berkunjung ke rumahnya yakni, di Kampung Ulanica Kelurahan Karundang, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang, Prov Banten, dengan harapan bisa meringankan beban hidupnya serta memberikan bantuan yang telah terkumpul dari aksi penggalangan dana peduli Sukriyah.
 
Menurut Ketua PC IPNU Kota Serang Akbarudin, Sukriyah yang menderita kanker payudara sejak dua tahun yang lalu, saat ini memang membutuhkan biaya hidup pendaping dan biaya sekolah ke empat anaknya, apalagi suaminya hanya seorang tukang ojeg.
Ubudiyah
Sabtu, 18/04/2015 06:06
Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam...
Kamis, 16/04/2015 05:58
Orang mati tidak mungkin bisa kembali lagi. Sebagaimana tidak mungkinnya orang mati menambah amal sebagai revisi atas amal yang telah diperbuatnya selama...
Syariah
Jumat, 01/05/2015 04:01
Ikan dalam keadaan hidup-hidup maupun bangkainya, dihukumkan halal. Bagi yang hobi, ikan bisa diolah dengan pelbagai macam cara dan aneka bumbu. Ikan bisa...
Senin, 20/04/2015 20:03
Pada prinsipnya puasa sunah dianjurkan untuk dilaksanakan sebanyak mungkin mengingat puasa sarat keutamaan lahir dan batin. Karenanya agama Islam tidak akan...
Hikmah
Jumat, 17/04/2015 09:01
Jasad Syekh Abu Bakr Asy-Syibli memang terkubur dalam tanah sejak tahun 946 silam. Tapi nasihat santri Imam Junaid al-Baghdadi ini seakan terus mengalir...
Jumat, 10/04/2015 09:01
Menyayangi anak adalah sifat dan naluri yang dimiliki setiap orang tua. Tetapi, kasih sayang semacam apakah yang paling hakiki? Apakah dengan memanjakannya...
Taushiyah
Selasa, 28/04/2015 09:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Saat membaca kembali makalah-makalah yang dikirimkan kepada sejumlah penerbitan, disampaikan dalam sekian buah seminar dan...
Senin, 13/04/2015 07:05
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun terakhir ini kita saksikan pergulatan yang hebat di kalangan berbagai kelompok Islam di Tanah Air. Banyak muncul...
Khotbah
Kamis, 09/04/2015 10:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam membangun pola hidup sederhana ( إقامة المجتمع المقتصد - Iqamatul mujtama’ al-muqtashid) baik sederhana dalam pola berpikir, dalam tindakan dan tingkah laku. Sesungguhnya kehidupan yang sederhana diawali dari tindakan yang sederhana. Tindakan yang sederhana diawali dari ucapan yang sederhana, dan ucapan yang sederhana bersumber dari pola pikir yang sederhana. Dan pola pikir sederhana adalah memikirkan sesuatu yang bermanfaat, dan menjauhkan diri dari sesuatu yang dinilai tidak perlu.   
Kamis, 19/03/2015 11:00
KHOTBAH JUMAT
Bahkan dalam kitab Qomi’uth Thughyan diceritakan, Ada orang yang berlumur dosa, namun kemudian Allah melebur dosa-dosanya. Baginda Nabi bertanya kepada malaikat Jibril “sebab apa gerangan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?” Jibril menjawab karena ia menyenangkan putranya dengan ia memberikan buah tangan ketika pulang dari bepergian 
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel

Menuju Muktamar

01 Agustus 2015

Hari Lagi
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefMei 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::