Selasa, 07 Juli 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Kamis, 22/09/2011 19:21
Jakarta, NU Online
Nahdlatul Ulama sebagai salah satu civil society dengan jumlah massa mencapai tujuh puluh juta orang, dengan tegas menyatakan komitmennya terhadap keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Sebaliknya, NU dengan tegas menolak keinginan sejumlah pihak menjadi Indonesia sebagai negara berlandaskan hukum Islam.

Hal ini disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siroj, saat menerima kedatangan romongan dari Hizbut Tahrir Indonesis (HTI), Rabu, 21 September 2011. Dalam kunjungan tersebut, rombongan HTI yang dipimpin ketuanya Ismail Yusanto, menyatakan keinginannya untuk mengembalikan khilafah islamiyah di Indonesia.

"HTI mengakui itu sulit, tapi mereka masih berkeyakinan bisa mengembalikan khilafah islamiyah di Indonesia. NU terhadap keinginan tersebut dengan tegas menolak dan tetap berkomitmen terhadap keutuhan NKRI," tegas Kiai Said di Jakarta, Kamis, 22 September 2011.
Kamis, 22/09/2011 18:35
PBB, NU Online
Presiden Lebanon Michel Sleiman hari Rabu mengumumkan dukungan negaranya bagi upaya Palestina menjadi anggota penuh PBB sebagai sebuah negara.

"Penting untuk menggarisbawahi upaya sah Palestina yang bertujuan memperoleh pengakuan atas negara Palestina dan keanggotaan penuh di PBB," kata Sleiman kepada Majelis Umum PBB, lapor AFP.
Kamis, 22/09/2011 17:49
Surabaya, NU Online
Mendengar ‘keluhan’ Palang Merah Indonesia (PMI) di berbagai daerah tentang semakin menipisnya stok darah, PWNU Jawa Timur bakal menyambut berita itu dengan menggelar donor darah.

Demikian salah satu keputusan rapat bersama antara PWNU dan beberapa PCNU pada Kamis (22/9) siang tadi di lantai dasar Kantor PWNU Jawa Timur, Jl Masjid Al-akbar Timur 9 Surabaya.
Kamis, 22/09/2011 17:35
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siroj menyampaikan duka yang mendalam atas terbunuhnya mantan Presiden Afghanistan Burhanuddin Rabbani akibat bom bunuh diri, Selasa 20 September 2011. Peristiwa tragis itu terjadi di rumah Rabbani, yang terletak di kawasan kantor perwakilan diplomatik yang dijaga ketat di Kabul, Afganistan.

Kang Said, demikian Kiai Said masyhur disapa, menganggap kejadian tersebut justru tidak akan menyelesaikan pertikaian yang hingga saat ini belum menemukan jalan damai.

"Terbunuhnya Burhanuddin Rabbani tidak menyelesaikan masalah di Afghanistan, namun justru menambah masalah baru. Karena efek negatif terbunuhnya Rabbani akan semakin meluas," tegas Kang Said saat menerima kunjungan Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh (LBBP) Afghanistan untuk Republik Indonesia Fazlurrahman Fazil di Kantor PBNU, 22 September 2011.
Kamis, 22/09/2011 16:25
Cilegon, NU Online
Kepala Kepolisian Daerah Banten Brigjen Pol Eko Hadi S mengakui peranan ulama di Banten sangat penting dalam meredam kasus kerusuhan di Cikeusik, Kabupaten Pandeglang, sehingga tidak berlanjut dan memanas.

Ungkapan Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Banten tersebut disampaikan dalam acara halal bihalal Ulama dan Umaro Provinsi Banten, di Cilegon, Rabu malam.
Kamis, 22/09/2011 15:41
Wonosobo, NU Online
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia, yang terdiri dari PMII Cabang Wonosobo, PMII komisariat ahimsa UNSIQ, PMII rayon FITK UNSIQ, PMII rayon FE UNSIQ, PMII rayon fastikom UNSIQ, PMII rayon FBS UNSIQ, PMII rayon FKSP UNSIQ melakukan unjuk rasa turun ke jalan sambil membentangkan spanduk dan poster menolak rencana kenaikan tarif PDAM Wonosobo.
Kamis, 22/09/2011 15:19
Jakarta, NU Online
Dalam rangka meningkatkan peran Rintisan Balai Belajar Bersama (RB3) sebagai fasilitator dalam mengembangkan komunitas belajar masyarakat dengan cara menemukan kembali (reinventing) prinsip-prinsip ruang publik sebagai tempat memecahkan masalah melalui Balai Belajar Bersama, Yayasan Al-Mizan Langensari, Jatiwangi, Majalengka kembali menjalin kerjasama dengan Direktorat Pembinaan Pendidikan Masyarakat Dirjen PAUDNI Kementerian Pendidikan Nasional RI.
Kamis, 22/09/2011 14:36
Bantaeng, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) kabupaten Bantaeng Sulawesi Selatan melaksanakan pelantikan pengurus masa hikmat 2011 – 2016 yang dirangkaikan dengan halal-bihalal pada hari Kamis 22 September 2011, bertepatan dengan 23 Syawal 1432 H di masjid Agung Syekh Abdul Gani Bantaeng.

Acara dihadiri Bupati Bantaeng Prof Dr H Nurdin Abdullah, Wakil Bupati Drs HA Asli Mustajab MSi yang juga menjabat ketua Forum Komunikasi NU Kultural Bantaeng dan unsur Muspida lainnya, Kepala Kantor Kemenag Bantaeng, Rais Syuriyah PWNU Sulsel Anro Gurutta Haji (AGH) Sanusi Baco Lc, Ketua PWNU Sulsel KH Drs Zein Irwanto, Pengurus Cabang NU Bantaeng, badan otonom NU, MWC NU se-Bantaeng serta ratusan warga NU yang memadati masjid agung.
Kamis, 22/09/2011 09:13
Medan, NU Online
Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sumatera Utara H Ashari Tambunan menegaskan, kader NU harus mengambil posisi-posisi strategis. Hal itu disampaikan Ashari pada rapat persiapan halal bihalal Badan Otonom (Banom) NU di RM Famili, Jalan Sisingamangaraja, Medan, Rabu (21/09/2011).

Selain Ketua PWNU Sumut, hadir pada rapat tersebut Ketua LPPNU Sumut Baharuddin Berutu, PW Muslimat NU Sumut Khairani Lubis, Ketua PW GP Ansor Sumut H Fadli Yasir, Ketua Umum PKC Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumut A Jabidi Ritonga, Sekum PKC PMII Sumut Hasan Basri Simanjuntak dan Sekretaris PKC PMII Sumut Darwinsyah Sipahutar.
Kamis, 22/09/2011 08:12
Jakarta, NU Online
Krisis ekonomi dunia jilid II diperkirakan akan segera terjadi, yang ditandai dengan kejadian yang sama di sejumlah negara benua Eropa. Ketua Umum PBNU KH. Said Aqil SIroj mengatakan, krisis apapun, termasuk ekonomi, bisa diatasi melalui perbaikan moral.

Sejumlah negara di benua Eropa yang telah mengalami krisis ekonomi diantaranya Yunani dan Italia, yang secara mengejutkan mengalami penurunan peringkat hutang. Kang Said mengatakan, mengingat Eropa dan tentunya Amreika adalah pusat dari episentrum perekonomian dunia, krisis tersebut bisa saja menjalar ke nagar-negara lain, termasuk Indonesia.

"Krisis yang terjadi di Eropa sekarang hampir sama dengan yang kita alami tahun 1998 lalu. Semua harus waspada, karena bukan tidak mungkin krisis ekonomi bisa kembali terjadi," ungkap Kang Said, demikian Kiai Said masyhur disapa di Jakarta, Rabu, 21 September 2011.
Kamis, 22/09/2011 06:37
Jakarta, NU Online
Aturan-aturan yang ada dalam Islam, baik pada aspek akidah dan syariah, semuanya ditujukan untuk menjunjung, menghormati dan melindungi nilai-nilai kemanusiaan.

“Nabi Muhammad ingin membangun sebuah masyarakat yang beradab didasarkan atas kesamaan dan keadilan,” kata Kiai Said ketika menerima Duta Besar Norwegia untuk IndonesiA Eivind S Homme.

Dikatakan Kiai Said, banyak sekali kisah dalam Al Qur’an yang me
Rabu, 21/09/2011 21:09
Jakarta, NU Online
Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama menghelat halal bihalal Rabu (21/09) di gedung PBNU Lantai 5, Jalan Kramat Raya 164 Jakarta. Acara  silaturahmi antar pengurus dan pelajar se-Jakarta ini ditegaskan kembali desain programatik IPNU untuk menggalakkan kampanye anti kekerasan.

“Bagi kami, halal bihalal ini merupakan momen berharga untuk menegaskan pentingnya mengawal pendidikan anti kekerasan di tingkat pelajar. Salah satu upaya strategisnya adalah meningkatkan kesadaran pelajar untuk menginternalisasi bahaya kekerasan bagi masa depan bangsa,” kata Ahmad Syauqi, ketua umum PP IPNU.
Rabu, 21/09/2011 20:06
Jakarta, NU Online
Sekretaris Jenderal PBNU H Marsudi Syuhud meminta kepada Tifatul Sembiring agar pengambilalihan masjid-masjid NU yang selama ini ditengarai dilakukan oleh para kader PKS dihentikan demi persatuan umat.

“Bagaimana umat kita bisa bersatu kalau di lapisan bawah masih seperti ini,” kata Marsudi saat menerima kunjungan Tifatul Sembiring, Menkominfo yang juga kader PKS di gedung PBNU, Rabu (21/9).
Rabu, 21/09/2011 19:48
Pariaman, NU Online
Kondisi kehidupan berbangsa dan bernegara belakangan ini semakin kehilangan arah dari cita-cita kemerdekaan. Korupsi merajalela, kekerasan, tawuran, anarkis, pergaulan bebas dan carut marut lainnya, sungguh memprihatinkan. Kondisi ini diperparah oleh semakin hilangnya akhlak anak bangsa yang mayoritas menganut agama Islam.
Rabu, 21/09/2011 19:14
KEKERASAN PELAJAR SMA 6 KE WARTAWAN
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH. Said Aqil Siroj, turut angkat bicara mengenai tindak kekerasan yang dilakukan sejumlah pelajar SMA 6 Jakarta terhadap pekerja media. Kang Said, demikian Kiai Said masyhur disapa, menganggap kejadian tersebut sebagai cerminan kegagalan Kementrian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) dalam membangun akhlak pelajar.

Penilaian tersebut disampaikan, salah satunya dengan dasar anggaran pendidikan yang telah ditingkatkan hingga menembus 20 persen dari total APBN, namun belum bisa meningkatkan kualitasnya. Anggaran yang bertambah sudah semestinya menjadikan kualitas pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik, termasuk terhadap perilaku anak didik.

"Kejadian itu jelas sangat saya sayangkan. Tapi yang lebih saya sayangkan, peranan Kemendiknas dalam membangun pelajar yang berakhlak masih belum terlihat hasil nyatanya," ungkap Kang Said di Jakarta, Rabu, 21 September 2011.
Rabu, 21/09/2011 16:24
Pandan, NU Online
Seiring dengan begitu banyaknya permasalahan ummat ditengah maraknya persoalan bangsa. Maka, NU sebagai wadah perjuangan para ulama mesti turut andil membantu menyelesaikan permasalahan bangsa. Untuk itu diperlukan kantor yg memadai sebagai tempat berkumpulnya para ulama untuk mencari solusi penyelesaian masalah berbagai sektor kehidupan yang melanda negeri ini.

Oleh karena itu, sejak 10 tahun yang silam PCNU Tapanuli Tengah telah membangun Kantor PCNU Tapanuli Tengah dengan swadaya warga NU Tapanuli Tengah. Kendati telah lama difungsikan, namun kondisi bangunan masih sangat kurang memadai.
Ubudiyah
Senin, 06/07/2015 07:02
Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallama mengajarkan doa berbuka puasa. Isinya penting untuk mengingatkan bahwa makanan dan minuman yang dikonsumsi untuk...
Senin, 29/06/2015 16:35
Kalau sedang berpuasa, paling enak rebahan di ubin musholla atau masjid. Hawa yang bertiup sungguh adem. Sementara suasananya menenangkan untuk istirahat...
Syariah
Selasa, 07/07/2015 00:29
Ibadah puasa tidak dimaksudkan untuk menghalangi aktivitas harian terlebih lagi aktivitas mencari nafkah dalam memenuhi kebutuhan hidup. Pasalnya, kegiatan...
Jumat, 03/07/2015 21:03
Makan, minum, dan hal lain yang membatalkan puasa, mesti diatur ketika kita memasuki bulan Ramadhan. Pasalnya semua yang dibolehkan siang dan malam di luar...
Hikmah
Senin, 15/06/2015 11:01
Selain memiliki keilmuan yang luar biasa, sahabat Ali bin Abi Thalib merupakan manusia berperikemanusiaan super tinggi pula. Sebab itulah ia tertahbis...
Jumat, 15/05/2015 09:07
Dunia hanya panggung sandiwara, kata banyak orang. Ia permainan belaka, betapapun indahnya kenikmatan alam yang pasti bakal rusak ini. Dunia sekadar jembatan...
Taushiyah
Kamis, 02/07/2015 11:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Pada tahap 25 tahun mendatang, saat bangsa Indonesia memasuki era Pembangunan Jangka Panjang Tahap kedua (PJPT II), akan tiba...
Senin, 15/06/2015 10:30
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Pesantren sebagai lembaga pendidikan dan lembaga sosial keagamaan yang pengasuhnya juga menjadi pemimpin umat dan menjadi sumber...
Khotbah
Kamis, 02/07/2015 09:53
KHOTBAH JUMAT
Pernah datang seorang lelaki kepada Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam, lalu ia bertanya, “Wahai Rosulullah apakah perndapatmu tentang seseorang yang berperang dalam rangka mencari upah dan kemasyhuran/ nama baik, apakah yang ia dapat?”. Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam menjawab, “Ia tidak mendapatkan sesuatu apapun”. Lalu lelaki itupun mengulangi (pertanyaannya) sebanyak tiga kali. Rosulullah Shallallahu alaihi wa sallam tetap menjawab, “Ia tidak mendapatkan sesuatu apapun”, kemudian Beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah Azza wa Jalla tidak akan menerima suatu amal melainkan selama ia ikhlas dan mengharapkan keridloan Allah
Kamis, 25/06/2015 15:30
KHOTBAH JUMAT
Dalam sebuah hadits qudsi Allah menyatakan bahwa urusan pahala puasa adalah urusan pribadi hamba dengan Allah swt. karena hakikat puasa seseorang hanya Allah swt yang tahu bukan kelurga maupun lingkungannya. Bukankah ini berarti selama berpuasa seseorang yakin berada di bawah pengawasan-Nya. Sungguh luar biasa apabila perasaan ini kita terapkan di semua laku kehidupan kita.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefJuli 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
Space Iklan
305 x 150 Pixel
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::