Senin, 01 September 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Ahad, 01/08/2010 19:39
Jember, NU Online
KH Muchit Muzadi (Mbah Muchit) bukan hanya tokoh NU, tapi juga guru bangsa yang patut menjadi panutan. Dengan pengetahuannya yang luas soal sejarah NU dan perjalanan bangsa ini, Mbah Muchit kerap menjadi referensi sejumlah pemikrian, terutama terkait dengan persoalan ke-Indonesia-an dan ke-NU-an. Tidak hanya itu, Mbah Muchit juga merupakan sosok yang bersahaja dan demokratis.

Hal tersebut diungkapkan Prof DR Ayu Sutarto MA saat peluncuran bukunya berjudul “Indonesia di Mata Seorang Kiai NU” di aula Fakultas Satra Universitas Jember, Ahad (1/8).
Ahad, 01/08/2010 16:16
Kudus, NU Online
Satu lagi kader NU menyatakan diri siap memimpin Gerakan Pemuda Ansor NU (GP Ansor NU). Nusron Wahid, mantan Ketua Umum Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) menyatakan dirinya tidak akan surut atau mundur dari pencalonan Ketua Umum GP Ansor NU. "Siapa pun kawan yang akan maju. Saya tetap akan maju, karena semakin banyak kader, berarti kompetisi akan berlangsung semakin baik dan sehat," kata Nusron kepada NU Online di Kudus, Ahad (1/8).
Ahad, 01/08/2010 15:27
HAUL KIAI
Jember, NU Online
KH Muhammad Shiddiq adalah sosok ulama yang ikhlas dan berilmu. Keteladanannya patut menjadi contoh bagi umat Islam. Dengan keikhlasan yang tinggi, Mbah Shiddiq benar-benar muncul sebagai ulama yang patut dikenang sepanjang zaman.

Hal tersebut dikemukakan Habib Taufiq dari Pasuruan saat memberikan taushiyah dalam acara Haul Mbah Shiddiq yang ke-78 di Pondok Pesantren As-Shiddiqi Putera, Jember, Ahad (1/8). Menurutnya, Mbah Shiddiq yang menjadi sesepuh sejumlah tokoh nasional itu, merupakan tipe ulama langka jika dibandingkan dengan zaman sekarang. “Sekarang sulit mencari ulama seperti beliau,” tukasnya.
Ahad, 01/08/2010 14:42
Purwokerto, NU Online
Kegiatan Peringatan HUT Kemerdekaan ke-65 Republik Indonesia Tahun 2010 tingkat Kabupaten Banyumas, cenderung berbeda dibanding tahun-tahun sebelumnya. Hal ini dilakukan karena puncak acara HUT Proklamasi jatuh bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan 1431 H.   "Kegiatan peringatan HUT RI yang kita gelar tahun ini, kita pilih kegiatan yang tidak akan mengganggu kekhusyukan umat Islam dalam melaksanakan ibadah puasa. Disamping itu, kita juga menyelenggarakan kegiatan bersifat Islami, seperti lomba qosidah, lomba bedug, kaligrafi, pengajian akbar yang bertepatan dengan malam Nuzulul Qur'an," kata Kabag Humas dan Protokol Setda Kabupaten Banyumas, Agus Nur Hadie, Sabtu (31/7).
Ahad, 01/08/2010 12:45
Jakarta, NU Online
Para Anggota DPR RI menolak penggunaan fatwa haram bagi para anggotanya yang membolos dan dinilai memakan gaji buta."Saya tak sarankan itu, ini institusi politik, berbeda, saya kira tidak perlu," kata Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso di Jakarta, Sabtu (31/7). Sedangkan Sekretaris Fraksi PPP di DPR, M Romahurmuziy mengatakan, fatwa tidak diperlukan karena tidak pada tempatnya. "Inikan politik praktis, dan ini saya kira bisa diatasi, kalau ada fatwa harusnya bukan hanya institusi politik saja, tapi semuanya, kalau difatwa bisa semua yang bolos kena, tidak hanya para politisi, kan tidak pas juga," katanya.
Ahad, 01/08/2010 11:03
Bangkalan, NU Online
Menteri Agama Suryadharma Ali menyatakan, ajaran Ahmadiyah sesat karena menyimpang dari Al-Qur'an dan tidak mempercayai Nabi Muhammad SAW sebagai nabi terakhir.   Pernyataan ini disampaikan Suryadharma Ali di Madura, Jawa Timur, Sabtu (31/7, saat peresmian gedung Madrasah Aliyah Al-Hamidiyah, Desa Senasen, Kecamatan Konang, Kabupaten Bangkalan.  
Ahad, 01/08/2010 09:17
JELANG RAMADHAN
Jakarta, NU Online
Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1431 H dan mempererat tali silaturahmi, jajaran Polsek Metro Cengkareng dan Polres Jakarta Barat, menggelar lomba Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ), Sabtu (31/7). Lomba yang digelar di ruang serbaguna kantor Walikota Jakarta Barat ini diikuti oleh 100 peserta dari usia anak-anak hingga dewasa. Rencananya, lomba ini akan berakhir hingga Minggu (1/8) besok. Ketua Panitia Lomba MTQ, Yusri al-Bima, mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai ajang ukhuwah Islamiah. Selain itu juga dapat dijadikan bukti dakwah untuk memahami Al-Quran sebagai petunjuk, tuntunan dan pedoman hidup dalam kehidupan sehari-sehari. Kegiatan ini juga untuk meningkatkan pemahaman dan penghayatan Al-Quran serta untuk menghidupkan amaliyah dan dakwah.
Ahad, 01/08/2010 07:40
Jakarta, NU Online
Ambang batas parlemen atau parliamentary threshold yang terus diwacanakan lebih dari 2,5% terus menuai kritik. Bahkan jika persentasenya terlalu tinggi dinilai dapat menyuburkan oligarki politik, meski sistem ini efektif bagi penyederhanaan partai.   "Penerapan parliamentary threshold yang lebih tinggi dari 2,5 persen dapat menyuburkan oligarki politik dan bisa menutup ruang politik bagi warga negara yang tidak terakomodasi aspirasinya dalam struktur politik formal," tutur Wakil Sekretaris Jenderal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhammad Hanif Dhakiri, di Jakarta, Sabtu (31/7).  
Sabtu, 31/07/2010 17:22
Garut, NU Online
Pesantren Ramah Anak di Kabupaten Garut akan diuji coba pada Agustus 2010 oleh Unicef Divisi Perlindungan Anak dengan mengunjungi dan melihat langsung perkembangan program beberapa pesantren yang sudah menjalin kerja sama.

Project Oficcer Apep Iwan Gunamaw, didampingi Koordinator Bidang Advokasi dan Jaringan Ruslan Affandi, melalui surat elektronik kepada Antara, Sabtu (31/7/2010), mengatakan, pesantren ramah anak merupakan program kampanye antikekerasan terhadap anak.
Sabtu, 31/07/2010 16:18
JELANG RAMADHAN
Jakarta, NU Online
Bulan suci Ramadhan kian dekat. Berkah bulan itu pun mulai dirasakan penjual mukena dengan meningkatnya umat muslim yang berburu pakaian penutup aurat itu untuk persiapan shalat tarawih atau pun shalat ied mendatang.

Omzet seorang pedangan pun mencapai Rp 5 juta perhari. "Biasanya ya cuma RP 2 sampai 3 juta. Alhamdulillah mau bulan puasa pendapatan naik sampai Rp 5 juta per hari," ujar Amdanis, penjual mukena di Blok A Pusat Grosir Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (31/7).
Sabtu, 31/07/2010 15:08
Jakarta, NU Online
Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ma`ruf Amin meminta pemerintah dan lembaga yang berwenang untuk segera menata ulang acara-acara infotainment setelah munculnya banyak keresahan masyarakat dan fatwa haram MUI.

"Kita harapkan semacam tindak lanjut segera ditata ulang masalah infotainment ini," katanya di Jakarta, Jumat.
Sabtu, 31/07/2010 14:03
Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj masyarakatAustralia meningkatkan pemahamannya tentang kondisi Indonesia karena Indonesia memiliki keragaman yang luar biasa.

Hal ini disampaikan ketika menerima Rodd McGibbon, asisten direktur jenderal National Assesment Australia di gedung PBNU, Jum’at (30/7).
Sabtu, 31/07/2010 13:04
Jakarta, NU Online
Ketua Bidang Fatwa Majelis Ulama KH Ma`ruf Amin mengatakan, pemberian fatwa haram bagi anggota DPR yang membolos rapat-rapat di lembaga tersebut dimungkinkan.

"Itu (fatwa haram) mungkin saja, itu bisa saja, kalau ada permintaan, sepanjang tidak masuk politik praktis, sepanjang menyangkut etika politik dalam rangka untuk kepentingan bangsa. Kalau politik praktis tidak bisa," kata Ma`ruf Amin di Jakarta, Jumat.
Sabtu, 31/07/2010 12:00
Jakarta, NU Online
Situs-situs sejarah merupakan warisan budaya yang harus dilindungi, baik dari sisi fisik maupun fungsinya. Situs-situs sejarah, terutama situs religi merupakan aset yang bernilai spiritual yang tidak semestinya dikomersilkan.

Demikian dinyatakan sejarahwan NU, Iip D. Yahya kepada NU Online di Jakarta, Sabtu (31/7). Menurut Iip, komersialisasi situs sejarah agama bahkan bisa dianggap sebagai penghinaan.
Sabtu, 31/07/2010 11:19
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta Lembaga Penyuluhan dan Bantuan Hukum Nahdlatul Ulama (LPBHNU) untuk menyebarkan informasi yang seluas-luasnya mengenai berbagai produk hukum dan perundang-undangan di Indonesia, terutama terkait dengan pengelolaan energi dan sumber daya alam di Indonesia yang menyangkut hajat hidup orang banyak.

Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj saat memberikan taushiyah dalam diskusi khusus bertajuk “NU dan Blue Print Pengelolaan Energi Nasional” yang diselenggarakan LPBHNU di Jakarta, Jum’at (30/7), mengatakan, masyarakat perlu mengetahui kesimpangsiuran dalam pengelolaan kekayaan alam Indonesaia yang belum mampu menyejahterakan rakyat.
Sabtu, 31/07/2010 10:49
JELANG RAMADHAN
Jakarta, NU Online
Untuk menjaga kekhusyuan umat Islam menjalankan ibadah puasa, 30 tempat hiburan malam di Jakarta Selatan, tidak beroperasi pada satu hari sebelum Ramadhan, selama Ramadhan, Hari Raya Idul Fitri, dan satu hari setelah Hari Raya Idul Fitri. Lokasi tempat hiburan tersebut tersebar di 10 kecamatan di Jakarta Selatan.

Pada tahun sebelumnya 30 tempat hiburan malam tersebut juga dilarang beroperasi. Untuk itu, pihaknya mengimbau kepada stakeholder yang ada di Jakarta Selatan agar mengikuti peraturan tersebut.
Ubudiyah
Kamis, 28/08/2014 07:00
Pada dasarnya Adzan dan iqamat adalah dua hal yang hanya disunnahkan untuk dikumandangkan dalam rangka menyambut shalat lima waktu. Meskipun shalt idul...
Selasa, 26/08/2014 07:00
Pada dasarnya mengangkat tangan ketika berdo’a dan dan mengusap wajah sesudahnya bukanlah sekedar tradisi yang tanpa dasa. Keduanya merupakan sunnah...
Syariah
Rabu, 27/08/2014 12:33
Dalam konteks fiqih, ejakulasi dini biasa disebut dengan istilah ‘idzyauth atau juga adzwath yaitu orang yang air maninya keluar lebih dahulu...
Senin, 25/08/2014 16:00
Seorang istri sebagaimana diterangkan dalam surat Al-Baqarah 223 berlaku sebagai lahan yang boleh ditanami apapun oleh sang suami. Meski demikian, Islam juga...
Hikmah
Jumat, 29/08/2014 11:05
Pada suatu malam Khalifah Umar bin Khattab melakukan “blusukan” dengan ditemani ajudannya. Di tengah-tengah blusukan itu, Umar pun merasakan...
Ahad, 24/08/2014 19:02
Bagi yang akrab dengan dunia tasawuf, nama Fudhail bin ‘Iyadl tentu tidaklah asing. Kezuhudan dan pikiran-pikiran asketisnya dikagumi para ulama...
Taushiyah
Sabtu, 30/08/2014 11:02
Oleh Abdurrahman Wahid Beberapa hari yang lalu penulis artikel ini kedatangan seorang tamu. Ia adalah Mohamed Cherif Ferjani yang mengajar di Universitas...
Selasa, 26/08/2014 20:00
KH MA Sahal Mahfudh Sains ( science ) dalam tulisan ini diartikan sebagai ilmu pengetahuan dalam cakupan yang luas. Bukan dalam batasan satu nilai atau...
Khotbah
Jumat, 22/08/2014 05:24
KHOtBAH JUMAT
Marilah di sisa bulan Syawal yang ada ini, kita giatkan diri kita dan keluarga kita untuk saling bersilaturrahim dengan sanak famili, saudara jauh dan saudara dekat. Walaupun liburan telah usai, tidak berarti kewajiban bersilaturrahim telah usai juga. Karena pada hakikatnya anjuran bersilaturrahim itu tidak terbatas pada waktu tertentu.
Jumat, 25/07/2014 21:00
KHOTBAH IDUL FITRI (1)
Takbir adalah membesarkan Allah dan mengecilkan selain Allah. Ketika kita berpuasa, Takbir kita cerminkan dengan mengecilkan pengaruh hawa nafsu dan mengagungkan kebesaran Allah didalam sanubari kita. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita mengecilkan seluruh pembicaraan manusia dan membesarkan kalam Allah. Ketika kita Tarawih dan Qiyamullail, kita kecilkan seluruh urusan dunia dan hanya membesarkan perintah Allah SWT. Mengapa kita harus bertakbir terus menerus?
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefSeptember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::