Senin, 21 April 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Jumat, 19/06/2009 09:14
Moskow, NU Online
Rusia mengharapkan Presiden Amerika Serikat S Barack Obama tidak akan mengikuti rencana pendahulunya untuk mengerahkan senjata di angkasa, tapi Moskow siap untuk menanggapi dengan pantas terhadap langkah seperti itu, seorang jenderal senior Rusia mengatakan.

Rusia, yang sedang merundingkan dengan AS perjanjian baru untuk mengekang senjata nuklir guna menggantikan Perjanjian Pengurangan Senjata Strategis (START-1) yang akan berakhir Desember, menentang "pengerahan senjata di angkasa".
Jumat, 19/06/2009 08:08
Jakarta, NU Online
Calon wakil presiden pendamping Jusuf Kalla, Wiranto yang juga mantan calon presiden tahun 2004, akan bertemu dengan mantan cawapresnya Sholahuddin Wahid atau Gus Solah.

Menurut rencana, pertemuan tersebut akan dilakukan pada hari ini (19/6), di Pondok pesantren Tebu Ireng, Jombang, Jawa Timur.
Jumat, 19/06/2009 07:46
Jakarta, NU Online
Pemimpin Tarekat Syattariyah KH M Sofyan al-Mursyid menyatakan ketertarikannya kepada pasangan Megawati-Prabowo Subianto. Menurutnya pasangan ini selalu mengedepankan ekonomi kerakyatan.

Sebagai wujud dukungannya, dikatakannya, 270 kiai di dalamnya bergabung dengan Front Persatuan Pendukung Prabowo (F-PPP). Mereka juga siap menggalang dukungan massa untuk Prabowo.
Jumat, 19/06/2009 07:13
Brebes, NU Online
Rendahnya Angka Partisipasi Kasar (APK) dalam penuntasan pendidikan wajib belajar 9 tahun di  Kabupaten Brebes, menjadi keprihatinan Perhimpunan Masyarakat Pesantren Indonesia (PMPI). Terbukti setelah  para Santri Intelektual melakukan Program Sarjana Pemuda Penggerak Wajib Belajar 9 Tahun (SP2WB) mendapatkan data akurat tentang rendahnya APK di Brebes.

Rendahnya APK, terkait dengan berbagai persoalan klasik yang masih membelenggu disejumlah daerah. Seperti tingginya anak anak usia wajib belajar yang tidak sekolah, putus sekolah, kondisi sekolah, kondisi sosial budaya, pekerjaan orang tua dan faktor ekonomi.
Jumat, 19/06/2009 05:43
Brebes, NU Online
H M. Pujiono Cahyo Widianto alias Syekh Puji, pengusaha kaya yang sempat menggegerkan media massa karena menikahi gadis di bawah umur diundang menjadi narasumber dalam acara Workshop Wirausaha di Aula Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes, Kamis (18/6) sore kemarin.

Workshop yang digelar sebuah lembaga pendidikan Brebes School itu diikuti para pelajar, mahasiswa, wirausahawan muda, event organizer, penganggur, guru swasta, GP Ansor, IPNU-IPPNU, PMII, HMI  dan berbagai elemen masyarakat.
Jumat, 19/06/2009 03:58
Surabaya, NU Online
Kuota haji untuk jemaah calon haji (JCH) Jawa Timur (Jatim) sudah habis hingga tahun 2013, bahkan porsi haji untuk tahun 2014 sudah terisi 50 persen lebih.

Besarnya animo masyarakat Jatim membuat JCH setempat yang saat ini mendaftarkan diri harus antre hingga empat tahun untuk berangkat ke Tanah Suci.
Kamis, 18/06/2009 21:26
Jakarta, NU Online
Semua partai koalisi SBY-Boediono dianggap tidak banyak berperan di panggung pertarungan Pilpres 2009. Namun demikian, PKB tidak mau disebut sebagai partai penggembira koalisi Partai Demokrat.

PKB selalu optimal dalam memberikan dukungan kepada SBY-Boediono, sejak dideklarasikan sampai sekarang ini. Karena itu yang dilihat jangan hanya yang di panggung atau di media saja, tapi di belakang panggung itu siapa saja?
Kamis, 18/06/2009 20:46
Brebes, NU Online
Kongres Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri NU di Pesantren Al Hikmah, Brebes, Jawa Tengah, baru akan digelar Sabtu (20/6) nanti. Namun, sebagian peserta sudah berdatangan. Mereka umumnya merupakan peserta utusan dari pimpinan wilayah IPNU dan IPPNU dari luar Jawa.

Keterangan Panitia Pelaksana lokal, sebagian besar peserta telah hadir, datang Kalimantan, Sulawesi dan Papua. Sedangkan dari Jawa yang telah hadir kebanyakan dari daerah Jawa Timur.
Kamis, 18/06/2009 20:00
Jakarta, NU Online
Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Indria Samego, menyatakan khawatir terhadap kualitas anggota legislatif periode mendatang, karena 70 persen di antaranya adalah orang yang baru terjun ke dunia politik.

"Sekitar 70 persen anggota legislatif hasil Pemilu April 2009 yang akan duduk di Senayan adalah orang baru dari berbagai latar belakang yang berbeda dan belum memiliki pengalaman di dunia politik," kata Indria pada acara membedah visi ekonomi, politik dan budaya capres Indonesia 2009 di Jakarta, Kamis.
Kamis, 18/06/2009 19:20
Bojonegoro, NU Online
Pupus sudah perjuangan DPC PKNU Kabupaten Bojonegoro untuk mendapatkan sisa kursi terakhir di Dapil II (Kanor, Sumberrejo, Sukosewu dan Balen).

Sebab, lewat sidang panjang di Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta, gugatan PKNU Bojonegoro kandas dan dimenangkan oleh tergugat, dalam hal ini adalah KPU Kabupaten (KPUK) Bojonegoro.
Kamis, 18/06/2009 19:06
Cirebon, NU Online
Duta Besar (Dubes) Jepang untuk Indonesia, Kojiro Shiojiri, mengunjungi Pondok Pesantren Buntet Cirebon. Selain berdialog dengan para kiayi dan pengajar, ia juga secara khusus mengunjungi makam Endang Arifin yang meninggal setahun lalu di Jepang.

"Saya ke sini (Pondok Pesantren Buntet) untuk mengadakan dialog dengan para pengasuh pondok pesantren, terutama tentang sistem pengajaran," katanya kepada wartawan usai pertemuan dengan dengan para pengasuh pondok pesantrean Buntet, Kamis (18/6).
Kamis, 18/06/2009 16:30
Canberra, NU Online
Ternyata Islam telah tiba di Australia sejak abad ke-16 dan 17 M, sebelum permukiman Eropa hadir. Pengunjung pertama yang singgah di benua itu adalah Muslim yang berasal dari Indonesia timur.

Bilal Cleland, dalam bukunya berjudul The Muslim in Australia A Brief History, mengungkapkan, nelayan dan pedagang Muslim asal Makassar sudah melego jangkar di pesisir utara Australia Barat dan Australia Utara sekitar 1650 M. Ketika itu, orang Makassar telah menjalin hubungan dagang dengan penduduk asli.
Kamis, 18/06/2009 15:21
Kairo, NU Online
Negara-negara Arab terdiam dan tak memberikan komentar terhadap perkembangan politik di Iran. Sejumlah negara Arab yang selama ini menentang pengaruh Iran di kawasan Teluk, juga memilih untuk diam.

''Negara Arab tak ingin terlihat menentang Iran. Ini bagian dari pola bersikap manis pada Iran dan mendorong AS atau pihak lain terlihat tak bersahabat pada Iran,'' kata Paul Salem, Direktur Carnegie Middle East Center, Beirut, Lebanon.
Kamis, 18/06/2009 14:20
Sumenep, NU Online
Sebanyak 106 santri Pondok Pesantren (Ponpes) Al Amien, Desa Prenduan, Kecamatan Pragan, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, tidak tercatat sebagai pemilih dalam Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2009.

Sekretaris Yayasan Al Amien, Slamet Fiddin, Kamis, menjelaskan, beberapa waktu lalu, pihaknya secara resmi mengirimkan surat kepada KPU agar ratusan santrinya tersebut dimasukkan ke dalam daftar pemilih tetap (DPT) pilpres.
Kamis, 18/06/2009 13:02
Banda Aceh, NU Online
Wakil Bupati Aceh Tengah Djauhar Ali menyatakan, Al-Qur'an agar membumi di daerahnya, karena kitab suci itu merupakan pedoman bagi manusia dalam menjalani agamanya, apalagi di Provinsi Aceh telah diberlakukan syariat Islam.

Ketika membuka seminar nasional  "Al-Qur'an dalam dinamika kehidupan masyarakat" di Takengon, Rabu (17/6), ia menyatakan, terkait dengan itu, Pemkab Aceh Tengah telah melakukan wajib baca Al-Qur'an bagi murid SD/MI.
Kamis, 18/06/2009 12:02
Tokyo, NU Online
Ternyata bukan hanya di Indonesia, adanya kesadaran gender dalam permasalahan transportasi massal. Untuk menghindari terjadinya pelecehan seksual, di Indonesia, pernah beberapa kali dicoba penggunaan gerbong kereta api dan busway khusus wanita. Namun di Jepang justru sebaliknya.

Meski termasuk dalam jajaran negara sekuler, namun banyak wanita Jepang berkonsentrasi penuh menghindari pelecehan seksual seperti perabaan, ketika berada di kereta. Beberapa perempuan, dengan ekstrem meminta pria benar-benar diangkut dalam kereta tersendiri dan tidak campur dengan perempuan.
Ubudiyah
Sabtu, 19/04/2014 16:00
Diantara empat hukum dalam Islam, semuanya memiliki konsekwensi masing-masing kecuali mubah. Pahala diperuntukkan mereka yang menjalankan hukum wajib dan...
Selasa, 15/04/2014 15:00
Dunia dan segala macam isinya diciptakan oleh Allah swt untuk manusia, termasuk juga malam dan siang. Sebagian besar manusia mefungsikan siang untuk mencari...
Syariah
Ahad, 20/04/2014 05:00
Dalam hadits Bukhari, Abu Daud dan Al-Wadhihah sebuah cerita menyebutkan bahwa Ali bin Abi Thalib telah melamar seorang putri Abu Jahal bin Hisyam, lalu...
Rabu, 16/04/2014 07:00
Klangenan adalah bahasa jawa asal kata kangen. Klangenan dapat diartikan dengan sesuatu yang bisa menjadikan seseorang merasa kangen kepadanya. Klangenan...
Hikmah
Jumat, 18/04/2014 05:01
Kisah tentang keteguhan seorang wanita yang bernama Masyitah dalam mempertahankan keimanannya ini begitu masyhur. Masyitah adalah seorang pelayan di kerajaan...
Jumat, 11/04/2014 16:01
Suatu ketika Nabi Musa as. mengadu kepada Allah, “Wahai Tuhan! Engkau ciptakan makhluk dan Kau berikan kenikmatan rizki. Kau (pula) yang menjadikan...
Taushiyah
Rabu, 16/04/2014 19:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun yang lampau, seorang ulama dari Pakistan datang pada penulis di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)...
Rabu, 09/04/2014 11:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Keharusan adanya pemimpin pada setiap komunitas sekecil apapun tidak diingkari baik oleh norma sosial mau pun norma agama Islam....
Khotbah
Kamis, 10/04/2014 13:04
"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong seberat dzarroh (atom yang paling kecil)." Lantas ada seseorang yang berkata: Sesungguhnya ada laki-laki yang suka berpakaian indah dan bersandal bagus. Nabi saw bersabda: “sesungguhnya Allah itu Indah dan suka keindahan. Sombong adalah menentang kebenaran dan memandang rendah orang lain (al-Hadits).
Kamis, 27/03/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah Pernah bersabda "Satu waktu nanti akan tiba atas umatku penguasa seperti singa, para menterinya seperti serigala, dan hakim-hakimnya seperti anjing. Sementara itu umat kebanyakan bagaikan kambing. Bagaimana bisa kambing hidup diantara singa, serigala dan anjing?"
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Space Iklan
305 x 100 Pixel
Agenda
PrefApril 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Maaf transaksi pembelian via web toko.nu.or.id belum bisa beroperasi karena ada sistem yang perlu disempurnakan ::::