Sabtu, 23 Mei 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Rabu, 20/07/2011 12:44
Jakarta, NU Online
Sebanyak 4.851 pasang yang sebagian besar berasal dari masyarakat yang kurang mampu dan belum memiliki surat nikah yang sah secara administrasi melakukan nikah massal di Istora Senayan, Jakarta, Selasa.
   
Pernikahan massal itu dicatat sekaligus memecahkan rekor Museum Rekor-Dunia Indonesia (Muri) dan Royal Record Inggris.
Rabu, 20/07/2011 11:37
HAUL KH DJALAL SUYUTI
Demak, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Demak, Pengurus Lajnah, Lembaga,Banom NU beserta warga sekitar menghadiri haul yang ke 24 Almaghfurlah KH Djalal Suyuti yang digelar sangat sederhana dan dikemas bernuansa refleksi di rumah kediaman Ketua PCNU Demak Ir H Musadad Syarief MT Jl.Sultan Hadiwijoyo no.28 Demak, Senin malam selasa 18/7/2011.

KH Alawy Mas’udi Wakil Rais Syuriyah PCNU Kabupaten Demak saat menyampaikan tausiyah berpesan, agar warga NU bisa mewarisi semangat dan sifat sifat kejuangan mulia KH Djalal Suyuti. Warga NU Demak sudah sewajarnya mengadakan Haul guna kirim do’a dan mengenang jasa Ulama Besar yang sangat peduli dengan NU.
Rabu, 20/07/2011 11:08
Jepara, NU Online
Madrasah Aliyah Nahdlatul Ulama (MA NU) Safinatul Huda Karimunjawa bekerjasama dengan Dejavato Foundation mengadakan Social Work Camp, Sabtu-Kamis (16-28/7) mendatang.

Kegiatan yang berlangsung selama dua pekan tersebut diikuti oleh perwakilan dari beberapa Negara; Korea, Denmark, Belgia, Swiss dan Prancis. Adapun kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Praktik Mengajar, Social Work Camp, Membuat Tempat Sampah dan Studi Budaya.
Rabu, 20/07/2011 10:30
HARLAH NU KE-85
Jakarta, NU Online
“Bapak tahu, besok harlah NU yang ke-85 ?” Mendengar pertanyaan itu, lelaki tua termenung di hadapan gerobaknya. Tangannya yang sedang mengelap piring terhenti, seolah ada kekuatan rahasia yang menolaknya. Dia terdiam.
Rabu, 20/07/2011 09:22
Bandung, NU Online
Beberapa waktu setelah KH. Abdurrahman Wahid meninggal, tak sedikit yang mengkhawatirkan nasib Indonesia yang Bhineka tunggal Ika ini. Saat Gus Dur masih hidup, sebagian besar kelompok minoritas mungkin masih bisa optimis, Gus Dur akan selalu berada di garis depan melindungi dan membela mereka saat mendapat ketidakadilan. Begitupun dengan para aktivis yang selama ini berjuang dalam isu perdamaian dan toleransi. Mereka begitu yakin, sosok Gus Dur punya pengaruh luar biasa ketika ia bersuara dan sosok teguh pendirian membela prinsip keseteraan dan keadilan.
Rabu, 20/07/2011 08:17
Jakarta, NU Online
PBNU telah berhasil mempertamukan faksi-faksi bertikai di Afghanistan. Diantaranya perwakilan kelompok etnis, partai politik, aliran agama, kedaerahan dan LSM. Termasuk pula minoritas Syi’ah dan Taliban moderat, anggota parlemen, Mahkamah Agung, High Peace Council dan ulama. Mereka berjumlah 15 orang. Pertemuan dilangsungkan pada 18-19 Juli lalu di Hotel Borobudur, Jakarta.

Menurut Agus Maftuh Abugabriel salah seorang fasiltaor pertemuan PBNU-Afghnistan, faksi-faksi itu sangat berharap atas i’tikad baik NU mempertemukan mereka. Selama ini selalu menemui jalan buntu.
Selasa, 19/07/2011 20:41
Banten, NU Online
Ketua Umum Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Banten Makmur Masyhar meminta warganya untuk mensukeskan pelaksanaan Pilgub Banten.  “Kami juga berharap warga NU tidak terjebak dalam konflik politis. Siapapun yang mau dipilih itu silahkan, terserah masing-masing,” ujar Masyhar, saat dihubungi via ponselnya, Selasa, (19/7).

Dikatakan Masyhar, dalam pilgub ini NU bersikap netral. Dan tidak ingin terjebak dalam tradisi dukung-mendukung calon tertentu. “Warga NU bebas memilih siapapun. Yang penting, figur  yang dipilih mampu membawa Banten lebih maju ke depan. Dan bisa membawa kemaslahatan bagi umat dan menjadi rahmat untuk semua masyarakat Banten,” paparnya.
Selasa, 19/07/2011 19:59
Slawi, NU Online
Taman Kanak-kanak/Taman Pendidikan Al Qur'an (TK-TPA) Ummahatul Mu'minin Muslimat NU Desa Blubuk Kec Dukuhwaru Kabupaten Tegal, mewisuda 37 santri putra dan putri. Acara berlangsung meriah dan khidmat saat wisuda.

"Semoga, santri yang telah diwisuda dapat meningkatkan kemampuannya serta menjadi anak yang soleh dan solekha, amin,” tutur Ustadz Syamsudin selaku Perwakilan Dewan Ustadz saat memberikan sambutan Wisuda di MDA Miftahul 'Ulum Desa Blubuk Kecamatan Dukuhwaru Selasa (19/7).
Selasa, 19/07/2011 19:57
Jakarta, NU Online
Afghanistan merupakan kawasan lalu lintas kepentingan internasional. Mulai bisnis, agama,  ekonomi dan politik. Sementara di lokal sendiri mereka bertikai pula. Ada aliansi Utara dan Selatan. Ada Taliban moderat dan ekstrem. suni, syiah, dan suku-suku.

“Sebagai saudara seiman, dan ikut mengupayakan perdamaian dunia, PBNU berinisiatif untuk membuka jalan damai mereka yang bertikai. Uapaya itu mendapat tanggapan positif,” jelas Wakil Rais Aam PBNU, K H Musthofa Bisri didampingi Wakil Ketua Tanfidziayah H As’ad Said Ali di gedung PBNU pada Selasa, (19/07).
Selasa, 19/07/2011 17:54
Sejumlah kasus terorisme yang disinyalir dilakukan oleh mantan-mantan veteran perang Afghanistan membuat negara tersebut dianggap sebagai negara penghasil terorisme. Namun dengan tegas hal itu dibantah oleh tokoh Afghanistan yang juga mantan presiden Afghan, Burhanuddin Rabbani. Dalam konferensi pers yang digelar bersama tokoh-tokoh NU di Gedung PBNU, Selasa, 19 Juli 2011, Burhanuddin Rabbani menegaskan bahwa Afghanistan bukanlah negara asal terorisme.
Selasa, 19/07/2011 14:49
Pancor, NTB,  NU Online
Halaqah pimpinan pondok pesantren yang merupakan acara penunjang di Mufakat ke 4 di Pancor berlangsung malam tadi di hotel Lombok Plaza Mataram. Halaqoh dihadiri 120 pimpinan pondok pesantren dan juga dihadiri unsur kementerian agama pusat, wilayah dan daerah serta undangan dari organisasi dan pakar bidang pendidikan Islam.

Halaqah dibuka oleh Dirjen Pendis Kemenag RI Dr H Mohammad Ali. Dalam sambutannya, Mohammad Ali mengatakan ”Pesantren adalah potensi besar. Pesantren sub kultur masyarakat Indonesia sebagai basis penyemaian nilai-nilai spiritual dan etika moral masyarakat Indonesia. Karena pesantren sejatinya adalah sebagai wadah taffaqahu fiddin dan pengembangan potensi santri dalam berbagai bidang," katanya.
Selasa, 19/07/2011 13:43
Lombok, NU Online
Pesantren merupakan tempat mendidik kader-kader bangsa yang ajarannya adalah rahmatan lil alamin. Karena itu, pesantren sama sekali tidak mengajarkan radikalisme yang justeru akan merusak citra pesantren itu sendiri. Hal ini disampaikan Prof. Dr. Muhammad Ali, Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Islam Kemenag RI, pada Khalaqah Pengasuh Pondok Pesantren  se-Indonesia di sela-sela acara Mufakat (Musabaqah Fahmi Kutubit Turats) di Hotel Plaza, Mataram, NTB, Senin malam (18/07)
Selasa, 19/07/2011 12:39
Lombok, NU Online
Ribuan orang menghadiri pembukaan Musabaqah Fahmi Kutubit Turats (Mufakat) ke-4 Tingkat Nasional di Hall utama Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Pondok Pesantren Darunnahdlatain, Pancor, Lombok, NTB, Selasa (19/08).
 
Diawali devile dari 33 propinsi dan satu tuan rumah PPNW Pancor. Dalam pembukaannya, Choirul Fuad Yusuf, Direktur Pendidikan Diniyyah dan Pondok Pesantren, mengatakan bahwa Mufakat yang sebelumnya bernama MQK (Musabaqah Qiraatul Kutub) ini merupakan kelanjutan dari MQK sebelumnya yang pertama kali diadakan di Pondok Pesantren al-Falah Bandung pada 2004. MQK II tahun 2006 diselenggarakan di Pondok Pesantren Lirboyo Kediri dan MQK III tahun 2008 diadakan di Banjarmasin Kalimantan.
 
Selasa, 19/07/2011 10:59
Jakarta, NU Online
Puluhan ribu orang memadati Gelora Bung Karno, Jakarta, tadi siang. Mereka adalah warga nahdliyin yang sedang memperingati hari kelahiran Nahdlatul Ulama ke-85.

Massa datang dari berbagai daerah di Jawa maupun luar Jawa. Sebagian sudah datang di GBK sejak pagi setelah subuh. Ratusan bus maupun mobil pribadi memenuhi tempat-tempat parkir di seputar stadion.
Selasa, 19/07/2011 09:47
Jepara, NU Online
Tafaqquh fiddin (mendalami ilmu agama) menjadi penting jika dibandingkan dengan ikut dalam peperangan. Hal tersebut termaktub dalam kandungan Surat at-Taubah: 122. Meski keduanya sama-sama dihukumi fardu kifayah tetapi tafaqquh fiddin bisa menjadi fardu ain jika penduduk di sebuah perkampungan tidak ada yang mendalami ilmu agama. Demikian pesan taushiyah KH Sya’roni Ahmadi dalam Tahtiman Akhirussanah pondok pesantren “Roudlotul Huda” desa Margoyoso, kecamatan Kalinyamatan, Senin (18/7) kemarin.
Selasa, 19/07/2011 08:01
PERDAMAIAN
Jakarta, NU Online
Kami mendapat pelajaran dari Indonesia, karena di Indonesia, 40 tahun lalu sampai barusan saja itu terjadi konflik yang serupa dengan di Afganistan, itu di Aceh. Dengan melalui perundingan, Aceh kini menjadi damai dan tidak ada masalah lagi dan itu menjadi pelajaran besar bagi Afganistan.”

Demikian diungkapkan Muhammad Muhaqqiq, anggota parlemen dan pimpinan Partai Wahdah Islami Ifghanistan, dalam jumpar pers bersama PBNU di hotel Borobudur, Senin sore (18/7).
Ubudiyah
Jumat, 08/05/2015 20:03
Berhubung bisa masuk ke rongga-rongga tubuh, maka kedudukan air mendapat perhatian cukup penuh dalam Islam. Air berurusan dengan mati dan hidup makhluk...
Sabtu, 18/04/2015 06:06
Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam...
Syariah
Jumat, 01/05/2015 04:01
Ikan dalam keadaan hidup-hidup maupun bangkainya, dihukumkan halal. Bagi yang hobi, ikan bisa diolah dengan pelbagai macam cara dan aneka bumbu. Ikan bisa...
Senin, 20/04/2015 20:03
Pada prinsipnya puasa sunah dianjurkan untuk dilaksanakan sebanyak mungkin mengingat puasa sarat keutamaan lahir dan batin. Karenanya agama Islam tidak akan...
Hikmah
Jumat, 15/05/2015 09:07
Dunia hanya panggung sandiwara, kata banyak orang. Ia permainan belaka, betapapun indahnya kenikmatan alam yang pasti bakal rusak ini. Dunia sekadar jembatan...
Jumat, 17/04/2015 09:01
Jasad Syekh Abu Bakr Asy-Syibli memang terkubur dalam tanah sejak tahun 946 silam. Tapi nasihat santri Imam Junaid al-Baghdadi ini seakan terus mengalir...
Taushiyah
Kamis, 14/05/2015 08:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh AIDS merupakan penyakit yang relatif baru dikenal oleh para ahlinya. Bahaya penyakit ini, seperti banyak dimuat media massa,...
Selasa, 28/04/2015 09:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Saat membaca kembali makalah-makalah yang dikirimkan kepada sejumlah penerbitan, disampaikan dalam sekian buah seminar dan...
Khotbah
Kamis, 09/04/2015 10:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam membangun pola hidup sederhana ( إقامة المجتمع المقتصد - Iqamatul mujtama’ al-muqtashid) baik sederhana dalam pola berpikir, dalam tindakan dan tingkah laku. Sesungguhnya kehidupan yang sederhana diawali dari tindakan yang sederhana. Tindakan yang sederhana diawali dari ucapan yang sederhana, dan ucapan yang sederhana bersumber dari pola pikir yang sederhana. Dan pola pikir sederhana adalah memikirkan sesuatu yang bermanfaat, dan menjauhkan diri dari sesuatu yang dinilai tidak perlu.   
Kamis, 19/03/2015 11:00
KHOTBAH JUMAT
Bahkan dalam kitab Qomi’uth Thughyan diceritakan, Ada orang yang berlumur dosa, namun kemudian Allah melebur dosa-dosanya. Baginda Nabi bertanya kepada malaikat Jibril “sebab apa gerangan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?” Jibril menjawab karena ia menyenangkan putranya dengan ia memberikan buah tangan ketika pulang dari bepergian 
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel

Menuju Muktamar

01 Agustus 2015

Hari Lagi
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefMei 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::