Rabu, 01 Oktober 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Kamis, 09/09/2010 17:00
Jakarta, NU Online
Gema Takbir Akbar Nasional yang dipusatkan di Istiqlal itu akan dihadiri oleh Presiden, Wakil Presiden, Menteri-menteri, Dubes dari negara-negara Islam, pimpinan ormas, dan jamaah yang berjumlah sekitar 25.000 orang.

Demikian dinyatakan Ketua Panitia Takbir Akbar Nasional Priyo Budi Santoso. "Kita pusatkan acara Gema Takbir Akbar Nasional di Masjid Istiqlal," ujar Priyo, Kamis (9/9).
Kamis, 09/09/2010 16:03
Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj rencananya akan menjadi khotib pada sholat Idul Fitri yang diselenggarakan oleh Pemda DKI Jakarta yang rencananya akan dilakukan di halaman gedung pemda DKI di Jl. Merdeka Selatan, Jum’at pagi.

Rencananya, ia akan menyampaikan khutbah dengan tema “Bersama Peduli Membangun Indonesia” yang menyampaikan pesan bahwa puasa Ramadhan dan Idul Fitri merupakan momentum untuk membangun gerakan kebangkitan bangsa ke depan, bukan sekedar ritual atau banalitas tahunan bagi umat Islam.
Kamis, 09/09/2010 14:07
Pasuruan, NU Online
Ratusan warga Desa Bakalan, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Pasuruan merayakan lebaran Idul Fitri pada hari Kamis (9/9/2010) ini. perayaan Idul Fitri ini dilakukannya, setelah pagi tadi mereka melakukan sholat Ied secara berjamaah di masjid Al-Ikhlas desa setempat.

Mereka sengaja mengawali sholat Ied, lantaran meyakini jika 1 Syawal 1431 H jatuh pada hari ini, meskipun pemerintah baru akan berlebaran pada Jumat (10/9) besok. Warga pun menolak dianggap menganut aliran tertentu, sebab keputusan ini diambil berdasarkan hisab dan kalender, yang bersumber dari sejumlah kitab.
Kamis, 09/09/2010 12:50
Kupang, NU Online
Kementerian Komunikasi dan Informatika, menyediakan layanan bagi masyarakat di seluruh penjuru Tanah Air untuk mengakses dan menyaksikan hilal secara "online" melalui situs http://hilal.depkominfo.go.id.

Staf dari Pusat Data Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo), Dr Hasyim Gautama, di Kupang Rabu, di sela-sela kegiatan Hilal Rukyat 1 Syawal 1431 Hijriah mengatakan, layanan ini dimaksudkan agar ada ruang bagi siapa saja untuk menyaksikan hilal melalui jasa internet secara online.
Kamis, 09/09/2010 11:22
Bogor, NU Online
Gerakan Pemuda Ansor Nahdlatul Ulama Cabang Kota Bogor membidik generasi muda sebagai sasaran program pengembangan pemberdayaan ekonomi.

Ketua GP Ansor NU Cabang Kota Bogor Zainul Mutaqin kepada NU Online di Bogor, Kamis (9/9) mengatakan, kaum muda perlu mendapatkan sentuhan dalam bidang ekonomi. "Kami menghadapi tantangan yang besar. Banyak anak muda yang kesulitan mencari pekerjaan. Situasi ini merupakan beban besar yang harus segera diatasi agar tidak menimbulkan efek lain," ujar Zainul Mutaqin.
Kamis, 09/09/2010 10:51
Vatikan, NU Online
Dewan Dialog Antar Agama Vatikan, menyatakan keprihatinannya akan adanya hari pembakaran Al-Qur'an. Menurut Dewan tersebut, rencana pembakaran Al-Qur'an di Florida merupakan suatu tindakan yang memalukan dan keterlaluan.

Demikian pernyataan yang dikeluarkan oleh Vatikan, Rabu (8/9). Menurut keterangan itu, setiap agama dengan kitabnya, tempat ibadah dan simbolnya memiliki hak untuk dihormati dan dilindungi.
Kamis, 09/09/2010 09:49
Bekasi, NU Online
Cara unik dilakukan para santri Pondok Pesantren Al-Mizan Bekasi. Bila di tempat lain khataman pengajian (ngaji kitab) biasanya diisi dengan pembacaan Al-Qur'an surat tertentu atau syukuran makan-makan, maka di pesantren Al-Mizan para santri menampilkan pagelaran teater, tari sufi, dan pertunjukan beladiri.

Sekitar 100 santriwan dan santriwati lintas angkatan berbaur bersama dalam penampilan teater yang diawali dengan tarian marawis ala tokoh sufi Jalaluddin Rumi. Bergaya memutarkan tubuh sembari bertasbih, bertahmid, bertakbir, dan bertahlil memuja keagungan Allah Swt.
Kamis, 09/09/2010 08:27
Jakarta, NU Online
Terkait munculnya isu rencana pembakaran Al-Qur'an oleh sekelompok orang di Florida, Amerika Serikat pada 11 September 2010 mendatang terkait peringatan tragedi WTC 9/11, Menteri Agama Suryadharma Ali mengimbau warga Indonesia tidak terprovokasi akan rencana tersebut.

"Mudah-mudahan rencana itu tidak benar, mudah-mudahan itu sebatas isu pada 11 September mendatang. Seandainya benar, saya berharap kepada masyarakat tidak terpancing," ujar Menag usai sidang Itsbat penetapan 1 Syawal 1431 Hijriyah di kantornya kawasan Lapangan Banteng, Jakarta, Rabu (8/9).
Kamis, 09/09/2010 07:21
Jakarta, NU Online
Nahdlatul Ulama, dalam hal ini Pucuk Pimpinan Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) siap melakukan dialog dengan berbagai unsur masyarakat Islam lainnya untuk membuat standar baku bagi penanggalan Islam. Diharapkan upaya untuk menyepakati pembakuan penanggalan Islam ini dapat meniadakan perselisihan yang sering terjadi dalam penentuan Idul Fitri dan Idul Adha.

Demikian dinyatakan oleh Ketua LFNU KH Ghozali Masruri dalam sidang Isbath Penentuan Awal Syawal di kantor Kementerian Agama Jakarta, Rabu (8/9). Menurut Ghozali, NU tidak pernah menutup pintu dialog dengan siapa pun, termasuk dalam metode penanggalan Islam.
Kamis, 09/09/2010 05:22
New York, NU Online
Imam Amerika yang memimpin rencana pembangunan masjid dan pusat masyarakat Muslim di dekat Ground Zero, atau lokasi serangan teroris 11 September 2001 di Manhattan, New York, mengatakan bahwa proyek pembangunan itu akan terus dijalankan.

Ia juga menyinggung soal dukungan dari Presiden AS Barack Obama dan Walikota New York Michael Bloomberg, dengan mengatakan bahwa pernyataan kedua pemimpin itu memberi “pesan yang kuat mengenai apa yang dijunjung tinggi oleh Amerika.”
Kamis, 09/09/2010 04:41
Jakarta, NU Online
Puluhan orang dari Lembaga Wartawan Kristen (Lemwaka) melakukan unjuk rasa mengecam rencana pembakaran Al Quran di Amerika Serikat, atas dasar kepedulian antarumat beragama.

"Aksi ini adalah keprihatinan kami atas rencana pembakaran Al Quran di AS pada 11 September yang direncanakan oleh pendeta Terry Jones dari Gereja Gainesville, Florida, AS," kata Bendahara Lemwaka, Binsar Sirait, di Jakarta, Rabu.
Kamis, 09/09/2010 03:21
Bogor, NU Online
Pondok Pesantren Al-Asriyah Nurul Iman, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mendapatkan jatah beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat.

Pengasuh Ponpes Al-Asriyah Nurul Iman, Habib Saggaf bin Mahdi, Selasa, di Bogor mengatakan, program beasiswa tersebut merupakan kepedulian Amerika Serikat terhadap keberadaan lembaga pesantren.
Rabu, 08/09/2010 21:07
Tripoli, NU Online
Sejak hari kedua hingga 27 bulan Ramadhan Libya dimeriahkan dengan acara Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) XXII, Musabaqoh yang dimotori oleh Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Libya. Senin malam (o6/09), perlombaan Musabaqoh tersebut
ditutup secara resmi.

Dalam kesempatan itu, satu dari kader Nahdliyin yang saat ini menjabat sebagai staf Lajnah ‘Ilam PCINU Libya, Faisal Hakim Nasution berhasil meraih kejuaraan lomba hafal hadits dengan predikat mumtaz  seperti dilaporkan oleh kontributor NU Online di Libya M Syahirul Alim.
Rabu, 08/09/2010 19:57
Brebes, NU Online
Tradisi lebaran berupa mudik, semakin menambah warna ritual perayaan lebaran 1431 Hijriyah. Tak terkecuali bagi pemudik dari arah Jakarta yang memasuki Pantura Brebes memadati jalan ibarat ritme biji-biji tasbeh yang bergerak terus mengagungkan Asmaul Husnah. Ada Istighfar, Tasbih, Takbir hingga Takmid menghiasi dada para pemudik. Sepanjang perjalananan Mereka berdoa, dengan satu pengharapan, selamat sampai di rumah induk, kampoeng halaman.

Untuk sekadar memberikan arah, bantuan pertolongan, tempat berteduh dan informasi perjalanan, Gerakan Pemuda Ansor mendirikan Posko Mudik Balik Lebaran. “Ini murni gerakan pemuda Ansor memberikan pertolongan kepada para pemudik yang tengah dilanda kegalauan, agar tenteram,” ujar Ketua Cabang GP Ansor Kabupaten Brebes H Agus Mudarik Khaelani Al Khafid di sela monitoring Posko Mudik Lebaran Ansor, Rabu (8/9).
Rabu, 08/09/2010 19:21
PENENTUAN AWAL SYAWAL 1431 H
Jakarta, NU Online
Hasil keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengenai Idul Fitri jatuh pada hari Jum’at 10 September 2010 mengingat tak satupun tim perukyat NU di 21 lokasi yang melihat hilal.

Hal ini sama dengan keputusan Sidang Isbath Idul Fitri 1431 H. Kementerian Agama Republik Indonesia menetapkan bahwa awal Syawal (Hari Raya Idul Fitri) jatuh pada hari Jum'at, 10 September 2010 M. Keputusan ini dikarenakan pada tanggal 29 Ramadhan, posisi hilal (bulan baru) masih berada di bawah ufuk, antara minus 2 derajat 31 menit hingga 1 derajat 59 menit.
Rabu, 08/09/2010 18:49
PENENTUAN AWAL SYAWAL 1431 H
Jakarta, NU Online
Untuk menentukan datangnya bulan Syawal, Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama (LFNU) menurunkan tim di 21 lokasi di seluruh Indonesia, dari Papua sampai Aceh. Dari laporan yang masuk ke PBNU di Jakarta, tak ada satupun lokasi pengamatan yang terlihat bulan.

Meskipun demikian, keputusan tentang hari raya belum akan diumumkan oleh PBNU sampai Sidang Isbats di Kementerian Agama selesai dilaksanakan.
Ubudiyah
Jumat, 26/09/2014 15:00
Allah swt memiliki tiga waktu istimewa yang masing-masing berisi sepuluh hari dalam tiap tahunnya yang dibahasakan dengan stalsta a’syaratin ( sepuluh...
Jumat, 19/09/2014 16:00
Setelah melaksanakan haji dan pulang ke rumahnya, Jama’ah haji biasanya mengadakan tasyakuran yang disebt walimatul naqi’ah yaitu walimah yang...
Syariah
Jumat, 26/09/2014 17:00
Sungguh tulisan ini tidak bermaksud menggampangkan ( tasahul ) dalam urusan waktu shalat. Hanya ingin nengatakan dan memberikan penjelasan bagi mereka yang...
Kamis, 25/09/2014 17:13
Sehubungan dengan soal mandi junub hadits pendek yang terkenal adalah al-mau minal ma’i , bahwa wajibnya mandi (main air) itu disebabkan karena keluar...
Hikmah
Jumat, 26/09/2014 10:04
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW.
Jumat, 19/09/2014 13:00
Berikut ini adalah cerita tentang dua orang dengan kondisi yang kontras: seorang laki-laki kaya raya dan perempuan papa. Dalam keseharian pun, keduanya...
Taushiyah
Kamis, 25/09/2014 10:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid --Para santri yakin bahwa kekuasaan menjatuhkan azab dan memberikan pahala atas sebuah perbuatan, berada di tangan Allah Swt....
Kamis, 18/09/2014 11:04
KH MA Sahal Mahfudh --Isu krisis ulama fiqih sering membuat kita berpikir, meski hal itu hanya sebagai sinyalemen. Di satu pihak, sinyalemen itu sebagai...
Khotbah
Jumat, 26/09/2014 07:41
KHOTBAH JUMAT
“Tidak ada hari yang paling disukai oleh Allah swt,  dimana Dia disembah pada hari itu kecuali, sepuluh hari bulan Dzul Hijjah. Puasa satu hari di dalamnya sama halnya dengan puasa satu tahun. Ibadah, shalat malam sekali pada malamnya seperti shalat malam selama satu tahun pula”.
Jumat, 05/09/2014 07:06
KHOTBAH JUMAT
Dalam konteks kondisi iman yang selalu fluktuatif, maka ketiga treatmen ini sangatlah bermanfaat untuk selalu diingat. Pertama, merasa takut kepada Allah swt secara lahir maupun bathin. Kedua, hidup dengan sederhana. Dan ketiga, tetap berlaku adil baik dalam keadaan longgar maupun dalam kondisi emosi.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::