Sabtu, 25 Oktober 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 12/10/2010 07:35
Jakarta, NU Online
Konflik bernuansa agama bukanlah watak domestik bangsa Indonesia, melainkan akibat pengaruh konflik global antara Barat dan Timur setelah perang dingin, demikian Presiden World Conference on Religions for Peace (WCRP) KH Hasyim Muzadi dalam Konferensi Transformasi Asia Pasifik di Jakarta, Senin.

"Perang terhadap terorisme mengakibatkan tersebarnya teroris, antara lain ke Indonesia, dan melawan Barat dari Indonesia," kata Sekretaris Jenderal International Conference of Islamic Scholars (ICIS) tersebut.
Senin, 11/10/2010 22:53
SERBA SERBI TANAH SUCI
Madinah, NU Online
Sebagai tempat yang dikunjungi oleh jamaah dari seluruh penjuru dunia, Masjid Nabawi memiliki salah satu keistimewaan tersendiri dibandingkan dengan masjid-masjid lainnya. Selain masalah fadhilah (keutamaan-keutamaan) yang telah disabdakan oleh Rasulullah SAW melalui hadits-haditsnya, Masjid Nabawi hingga kini memiliki daya tarik yang bagus bagi jamaah haji. Salah satunya adalah keragaman jamaah yang beribadah di sana.

Dari keragaman jamaah ini, Masjid Nabawi menciptakan suasana tersendiri yang tidak dapat ditemukan di Masjid-masjid lainnya. Salah satunya adalah banyaknya Majlis-majlis pengajian seusai sholat maktubah (sholat fardlu), terutama pada waktu antara sholat maghrib dan isya'.
Senin, 11/10/2010 18:43
Medan, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) meminta pelepasan lahan PTPN II lebih kurang seluas 5.000 hektare, dikaji ulang. Sebab diduga hanya sebagian kecil lahan yang diditribusikan kepada masyarakat penggarap, sementara sisanya dinikmati orang-orang tertentu.

Hal tersebut disampaikan Ketua PKC PMII Sumatera Utara A Jabidi Ritonga kepada wartawan di Emerald Garden Hotel, Jalan KL Yos Sudarso, Medan, Senin (11/10/2010), menyikapi kondisi keuangan PTPN II dalam beberapa tahun terakhir selalu merugi.
Senin, 11/10/2010 17:33
LIPUTAN HAJI
Medan, NU Online
Menteri Agama (Menag), Suryadharma Ali, mengatakan bahwa jamaah haji Indonesia yang berangkat ke tanah suci Makkah harus melaksanakan ibadah haji secara baik, serta jangan hanya berbelanja dan membeli oleh-oleh.

"Jamaah haji yang berangkat ke Mekkah itu, harus lebih mengutamakan dulu ibadah dari pada berbelanja," katanya dalam sambutannya ketika memberangkatkan sebanyak 454 jamaah haji asal Labuhan Batu yang tergabung pada kelompok terbang (Kloter) I Sumatera Utara di Asrama Haji Pangkalan Masyur Medan, Senin (11/10).
Senin, 11/10/2010 15:47
Karimun, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Provinsi Kepulauan Riau menegaskan rencana demonstrasi atas kasus ijazah Bupati Karimun adalah aksi damai dan bukan untuk aksi berbuat onar.

"Tidak ada niat kami untuk berbuat rusuh, apalagi sampai mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. Aksi kami adalah aksi damai," kata `caretaker` Ketua PMII Kepri Hendriyanto, ketika dihubungi dari Tanjung Balai Karimun, Ahad.
Senin, 11/10/2010 15:27
TAUSIYAH HAJI 1431 H
Jakarta, NU Online
Dalam rangka pelaksanaan ibadah haji tahun 1431 H, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyampaikan tausiyah kepada warga NU yang akan berangkat haji.

Berikut pesan-pesan yang disampaikan oleh KH Said Aqil Siradj kepada Nahdliyyin yang akan menunaikan rukun Islam yang kelima ini.
Senin, 11/10/2010 14:18
Jakarta, NU Online
Setelah kalah dalam pemilu 2009 lalu, Partai Golkar kini sedang menyusun strategi untuk memenangkan pemilu 2014. Salah satu strategi yang dilakukan Golkar adalah dengan mendekati massa NU dan Muhammadiyah. Pendekatan ini diharapkan dapat membawa keuntungan politis demi pemenangan Pemilu 2014 mendatang.

Demikian dinyatakan Ketua DPP Partai Golkar, Priyo Budi Santoso di Jakarta, Senin (11/10). "Selama ini hubungan kita dengan Muhammadiyah dan NU sangat baik. Kami akan merekatkan hubungan tersebut supaya makin akrab," kata Priyo.
Senin, 11/10/2010 13:16
KUNJUNGAN PBNU KE LEBANON (3-Habis)
Beirut, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj melantik Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Lebanon masa khidmat 2010-2012 di hadapan para pejabat KBRI Beirut dan masyarakat Indonesia di Lebanon, Selasa (5/10) lalu.

Dalam taushiyahnya, ketua umum menegaskan bahwa dimanapun berada, warga NU, terlebih para pengurusnya, harus senantiasa menjalankan ajaran Islam ahlussunnah wal-jamah (Aswaja), tawadhu’ dan taat pada guru maupun kiai, serta setia pada Pancasila dan NKRI.
Senin, 11/10/2010 12:24
Padang, NU Online
Ulama Sumatera Barat, Gusrizal Gazahar, mengingatkan kepada masyarakat khususnya umat Islam yang tengah melangsungkan pernikahan pada hari ini (10-10-2010 atau tanggal yang serupa semisal 9-9-2009 dan 11-11-2011) agar hati-hati dalam memaknainya, karena hal itu dapat menjerumuskan seseorang dalam kurafat yang menjurus pada kesyirikan.

"Dalam Islam tidak ada pengkhususan tentang hari pernikahan, apalagi memaknai hari dan tanggal tertentu dengan keistimewaan tertentu," katanya, di Padang, Ahad.
Senin, 11/10/2010 11:18
Surabaya, NU Online
Mantan sekjen DPP PKB yang kini menjabat Ketua PBNU, H. Saifullah Yusuf berharap PKB segera islah sehingga tidak ada lagi dua kepenguruan PKB di berbagai tingkatan. Harapan ini disampaikan menyusul diresmikannya kantor baru DPW PKB Jatim.

Kantor ini diresmikan oleh Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar, di Jalan Ketintang Madya 153-155, Surabaya, Ahad (10/10) kemarin.
Senin, 11/10/2010 11:09
Pati, NU Online
Peringatan HUT Ke-61 Pesantren Raudlatul Ulum dan Haul Ke-32 Almaghfurlah KH. Suyuthi Abdul Qodir Guyangan, Pati menghadirkan berbagai  acara, diantaranya reuni akbar, parade rebana, karnaval, tahtim Alquran, binadhor, dan pengajian akbar.

Reuni Akbar yang dihadiri oleh Ikatan Alumni Madrasah Aliyah Raudlatul Ulum (Ikamaru), Ikamaru Jakarta, Ikamaru Yogyakarta, Ikamaru Semarang, Ikamaru Mesir, dan lainnya.
Senin, 11/10/2010 10:20
Tripoli, NU Online
Setelah mengunjungi Lebanon dan bertemu sejumlah tokoh berpengaruh di sana, Ketua umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU ) KH Said Aqil Sirajd kembali mengunjungi Libya sejak Sabtu (9/10 ). Kunjungan ini merupakan yanjg kedua kalinya semenjak ia terpilih sebagai ketua umum PBNU.

Kang said, demikian sapaan akrabnya mengunjungi Libya untuk menghadiri rangkaian rapat triwulan Dewan Tafidziyah Word Islamic Call Council ( WICC ) yang berkedudukan di ibukota Tripoli.
Senin, 11/10/2010 09:32
KUNJUNGAN PBNU KE LEBANON (2)
Beirut, NU Online
Dua tokoh besar Sunni dan Syiah bertemu di Lebanon. KH Dr Said Aqil Siradj, ketua umum PBNU, organisasi Islam Sunni terbesar di dunia dan Sekjen Hezbollah, Sayyed Hassan Nasrallah, tokoh Syiah paling berpengaruh dan disegani Barat, melakukan pertemuan membahas persatuan umat Islam.

Pertemuan yang dilakukan di suatu tempat rahasia di Lebanon tersebut dihadiri oleh pejabat Liga Ulama Lebanon, Seikh Maher Mizhar dan Seikh Ali Damoush pada hari Senin, 4 Oktober 2010.
Senin, 11/10/2010 08:23
Jakarta, NU Online
Setelah kemarin Wakil Ketua Umum PBNU, H As'ad Said Ali, kini giliran salah satu Ketua PBNU, H Arvin Hakim Thoha, menolak bahwa PBNU memiliki hubungan dengan acara konferensi pers yang digelar oleh Gerakan Indonesia Bersih, di Gedung PBNU, lantai 8, Ahad (10/10).

"Masyarakat atau siapapun harus memahami bahwa acara di Gedung PBNU tidak selalu diselenggarakan orang NU atau PBNU. Seperti kemarin, PBNU tidak tahu menahu dengan Gerakan Indonesia Bersih yang jumpa pers di Gedung PBNU. Karena siapa saja orang bisa memakai gedung ini," kata Arvin.
Senin, 11/10/2010 07:24
SERBA SERBI TANAH SUCI
Madinah, NU Online
Jamaah Haji Thailand yang berangsung-angsur memadati kawasan masjid Nabawi Madinah memiliki cara unik untuk berziarah ke Makam Rasulullah SAW. Karena pengelola Masjid Nabawi Madinah melarang jamaah untuk berdoa di depan Makam Rasulullah SAW, dan hanya memperbolehkan jamaah laki-laki untuk sekedar lewat sembari mengucapkan salam, maka Jamaah haji Thailand memiliki cara yang cukup unik.

Jamaah haji Thailand berkumpul di halaman Masjid Nabawi di sisi yang bersebelahan dengan lokasi Makam Baki'. Lokasi halaman di sisi ini, juga tepat berseberangan dengan Roudhoh dan Makam Rasulullah SAW. Mereka berkumpul bersama-sama antara jamaah pria dan wanita kemudian berdiri sambil berdoa bersama-sama.
Senin, 11/10/2010 06:31
KUNJUNGAN PBNU KE LEBANON (1)
Beirut, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil SiraDj didampingi wakilnya KH As'ad Said Ali pekan lalu melakukan kunjungan ke Markas atau kamp pasukan TNI yang tergabung dalam pasukan perdamaian PBB (UNIFIL) di Lebanon Selatan.

Dalam kunjungan yang diikuti juga oleh ketua Pengurus Cabang Istimewa (PCI) NU Lebanon dan difasilitasi oleh KBRI Beirut itu, PBNU menyerahkan seribu mushaf Al-Quran sebagai sumbangan NU kepada para anggota Kontingen Garuda. Secara simbolis, Said Aqil menyerahkannya kepada Dansatgas Indobatt, Kolonel Andi yang disaksikan oleh wakil Komandan UNIFIL wilayah Timur, Letkol. Surowahadi.
Ubudiyah
Kamis, 23/10/2014 11:03
Jumat besok bertepatan dengan tanggal 24 Oktober 2014 adalah hari terakhir bulan Dzul Hijjah, sekligus juga hari penutup tahun 1435 H. Melangkah-sambut tahun...
Rabu, 22/10/2014 06:00
Dalam berbagai literatur fiqih dan buku-buku tuntunan shalat banyak ditemukan amalan dan do’a-do’a keseharian. Dari yang bersifat umum hingga...
Syariah
Selasa, 21/10/2014 13:00
Pada umumnya orang memahami bahwa shalat tahajjud dan shalat hajat adalah dua shalat berbeda yang biasa dilakukan pada malam hari. Sehingga seseorang yang...
Rabu, 08/10/2014 15:05
Apa hubungan gerhana bulan ( khusuf ) dan keadilan sosial? Gerhana merupakan peristiwa alam, salah satu bentuk kuasa Allah. Tetapi Rasulullah SAW sendiri...
Hikmah
Ahad, 19/10/2014 11:24
Dirinya sungguh tak menyangka bakal sembuh dengan cara istimewa. Semula orang laki-laki ini sehari-hari diliputi gelap karena kondisi matanya yang sama...
Jumat, 26/09/2014 10:04
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW.
Taushiyah
Jumat, 24/10/2014 20:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Adalah fenomena baru dan masih menimbulkan berbagai pertanyaan, jika masalah perpajakan dikaitkan dengan peranan kiai atau ulama....
Senin, 20/10/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam perjalanan ke gedung TVRI saat subuh awal Februari 2003, penulis mendengar siaran sebuah radio swasta Jakarta yang...
Khotbah
Kamis, 23/10/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Barang siapa di pagi hari telah mengadukan kesulitannya kepada sesama (mahkluk/manusia), maka ia telah mengadukan Tuhannya. Dan barang siapa merasa  sedih dengan kondisi duniawinya di waktu pagi, maka dia telah membenci Tuhannya. Dan barang siapa merendahkan diri di hadapan orang kaya karena hartanya sungguh telah lenyap dua pertiga agamanya.    
Sabtu, 04/10/2014 09:08
KHOTBAH IDUL ADHA
Pada hari dan bulan ini umat Islam dari seluruh penjuru dunia disyariatkan menjalankan 2 ibadah disamping ibadah yang rutin dilaksanakan setiap hari. Pertama ibadah haji dan, kedua ibadah kurban. Ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu. Yang kedua, ibadah kurban. Ibadah ini berhukum sunnah ‘ain bagi individu dan sunnah kifayah bagi anggota keluarga.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefOktober 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::