Jumat, 21 November 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Ahad, 14/11/2010 09:15
MUSIBAH MERAPI
Semarang, NU Online
Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Jawa Tengah telah mengirimkan bantuan kepada korban Merapi sebanyak dua puluh truk. Bantuan tersebut diserahkan di beberapa tempat pengungsian yakni di Kab Magelang, Klaten, Boyolali, dan Sleman (10/11).

H Mulyani M Noor, ketua LP Maarif NU menjelaskan, “Bantuan tersebut berupa beras, mie instan, gula, susu, roti, pakaian pantas pakai, selimut, obat-obatan, dan kebutuhan sehari-hari. Selain itu juga disalurkan bantuan berupa uang tunai pada pengungsi.”
Ahad, 14/11/2010 07:34
Lumajang, NU Online
Sebuah telur bertuliskan lafadz Allah ditemukan di Lumajang-Jawa Timur oleh Keluarga Hasan (44) warga Desa Ranu Pakis Kecamatan Klakah. Dikarenakan ada tulisan Allah, Istrinya, Siti Wulandari (44) tidak berani memasaknya takut kuwalat.

"Telur ini diperoleh istri saya,”' kata Hasan Guru SMP Negeri 1 Tekung, Sabtu.
Sabtu, 13/11/2010 20:41
LIPUTAN HAJI
Makkah, NU Online
Penduduk musiman (mukimin) yang bekerja dan tinggal di kota-kota sekitar kota Makkah al-Mukarromah juga dapat melaksanakan haji secara resmi. Mereka dapat ikut travel-travel yang dikelola oleh pemerintah Arab Saudi maupun travel-travel yang dikelola masyarakat Indonesia di Arab Saudi.

Melalui travel-travel resmi ini, mukimin dimobilisasi (digerakkan) secara bertahap memasuki Makkah dari berbagai pintu. Setalah menjalankan ibadah Umroh untuk haji, maka mereka segera digeser ke Arofah bersama-sama jamaah haji dari seluruh dunia.
Sabtu, 13/11/2010 18:37
KH SANUSI BACO
Makassar, NU Online
Rais Syuriyah PBNU KH Sanusi Baco, LC mengatakan, perlu membentuk mutfi untuk mengeluarkan keputusan yang mengikat dan menghindari terjadinya khilafiah.

"Tujuan adanya mufti itu, salah satu menghindari adanya khilafiah atau perbedaan penetapan hari raya seperti saat ini," kata Sanusi di Makassar, Sabtu, September.
Sabtu, 13/11/2010 17:30
MUSIBAH MERAPI
Magelang, NU Online
Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia (Lesbumi) Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, bekerja sama dengan grup kesenian tradisional 'Budaya Tunas Muda' Desa Gondangsari, Kecamatan Pakis, menyuguhkan hiburan tarian soreng kepada pengungsi Gunung Merapi di beberapa lokasi, Sabtu (13/11).

Ketua Lesbumi Kabupaten Magelang, Abet Nugroho, di Magelang, Sabtu, mengatakan, para seniman petani yang tergabung di grup itu menyuguhkan hiburan soreng kepada ribuan pengungsi yang menempati penampungan di Lapangan Tembak Akademi Militer (Akmil) Plempungan, Kecamatan Salaman, rumah dinas Ketua DPRD Kabupaten Magelang di Kota Mungkid, dan Balai Desa Gulon, Kecamatan Salam.
Sabtu, 13/11/2010 16:25
Jakarta, NU Online
LAZIS NU kembali menyalurkan zakat produktif kepada 28 pengusaha mikro untuk wilayah Jakarta dengan nilai 25 juta rupiah yang berlokasi di jalan Sukabumi Selatan Jakarta Barat pada Jum’at sore di Masjid As Shiroth 

Ini merupakan bagian dari 70 penerima lainnya di wilayah Serang, Bekasi dan Ciamis, yang akan diserahkan Ahad, 14 November besok. Usaha yang mendapat bantuan diantaranya pedagang bakso, mie ayam, pulsa, gorengan dan lainnya.
Sabtu, 13/11/2010 14:56
LIPUTAN HAJI
Makkah, NU Online
menteri Agama Suryadharma Ali memerintahkan para Petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) untuk mencermati seluruh aktifitas jamaah haji Indonesia. Suryadharma berharap agar tidak ada satu pun jamaah yang tertinggal atau tidak bisa melaksanakan wukuf di Arafah.

Perintah Menteri Agama yang juga sebagai Amirul Haj ini disampaikan dalam acara ta'aruf petugas PPIH di Balai Pertemuan di Jabal Nur, Makkah, Sabtu (13/11) malam. Suryadharma menegaskan Kementerian Agama mempunyai kebijakan semua jamaah haji dalam kondisi apa pun harus bisa melaksanakan wukuf yang merupakan puncak ibadah haji.
Sabtu, 13/11/2010 11:01
Depok, NU Online
Pengurus Cabang ( PC) Muslimat NU Kota Depok mengirimkan bantuan untuk korban bencana merapi di Yogyakarta. Bersama rombongan, mereka mengirimkan susu, pakaian, beras, alat kesehatan dan obat-obatan.

Kegiatan sosial tersebut, merupakan bagian dari program rutin yang dilakukan setiap ada bencana. “Kita hanya ingin melakukan aksi solidaritas antar sesama. Disamping itu, banyak juga warga NU yang terkena dampaknya letusan gunung merapi,” ujar Wakil Ketua PC Muslimat NU Depok Hj. Titi Aisyah pada wartawan, Jum’at (12/11).
Sabtu, 13/11/2010 10:07
Tapanuli, NU Online
Jum’at (12/11), ribuan warga nahdliyin tumpah ruah melayat ke rumah duka Ustadz H. Ahmadi Marhaban, Rais Syuriyah PCNU Tapanuli Tengah. Para pelawat dari unsur pemerintah, tokoh agama tokoh masyarakat dari daerah tapteng/sibolga juga tampak hadir di rumah duka Jl. Perdagangan Lubuk Tuko Kecamatan Pandan Tapanuli Tengah.

Almarhum meninggal dunia pada (11/11) tepatnya pukul 19.00 WIB di RSUD Pandan. Putera Kudus (Jawa Tengah) kelahiran tahun 1960 ini meninggalkan seorang isteri dan 6 orang anak. Banyak kalangan hampir tidak percaya atas berita meninggalnya Ustadz Marhaban, begitu tiba-tiba. Karena sebelumnya beliau masih tampak sehat dan beraktivitas seperti biasa.
Sabtu, 13/11/2010 08:09
LIPUTAN HAJI
Makkah, NU Online
Di tengah-tengah tugasnya untuk melayani jamaah haji Indonesia, puluhan tenaga musiman (Temus) Misi Haji Indonesia dari berbagai negara menggelar Silaturrahim Internasional di Rubath Jawi kawasan Misfalah Makkah, Kamis (11/11).Puluhan temus yang rata-rata adalah para Mahasiswa di berbagai perguruan tinggi Timur tengah ini berkumpul, berdiskusi dan bermusyawarah.

Naib Amirul Haj KH Hasyim Muzadi yang turut hadir dalam Silaturrahim Internasional ini, mengajak para peserta untuk berpikir positif atas kejadian-kejadian yang menimpa bangsa Indonesia. Warga negara Indonesia yang sedang berada di luar negeri hendaknya tidak pesimis dengan berbagai bencana yang sedang melanda Tanah Air.
Sabtu, 13/11/2010 05:03
LIPUTAN HAJI
Makkah, NU Online
Naib Amirul Haj KH Hasyim Muzadi akan didaulat sebagai imam pada Sholat Jenazah bil Ghoib yang digelar oleh Misi Haji Indonesia di padang Arofah mendatang. Sholat Jenazah bil Ghoib ini diperuntukkan bagi para korban berbagai bencana alam yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini.

Demikian dinyatakan oleh Menteri Agama Suryadharma Ali pada acara Ta'aruf Petugas Haji 1431 H di Distrik Jabal Nur Makkah, Jum'at (12/11) malam waktu Arab Saudi. Dalam ceramahnya, Menag juga menyampaikan salam dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada para petugas dan seluruh jamaah haji Indonesia.
Jumat, 12/11/2010 22:03
MUSIBAH MERAPI
Jakarta, NU Online
Dampak letusan Gunung Merapi tidak hanya membuat 87.053 warga Kabupaten Magelang Jateng, harus terdampar di lokasi pengungsian, tapi juga membuat ekonomi lumpuh total dan mereka kesulitan makan.

“Komisi VIII yang sudah hampir seminggu ini di tempat-tempat pengungsian, baru kali ini menemukan ribuan warga yang tidak mengungsi, namun mereka terancam kesulitan makan,”tandas Ketua Komisi VIII DPR RI Abdul Kadir Karding di Jakarta, Jumat (12/11).
Jumat, 12/11/2010 21:03
LIPUTAN HAJI
Makkah, NU Online
Sebanyak 350 petugas Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) diterjunkan untuk membantu kelancaran proses ibadah mabit (bermalam) dan melontar jumroh di Mina. Mereka juga bertugas mengibarkan bendera merah putih agar Calhaj Indonesia tidak tersesat.

"Sebagian ditugasi membawa bendera dan mengibarkan-ngibarkannya untuk membantu jamaah yang kebingungan dan tersesat pulang ke tendanya setelah melempar jumroh,"kata Kasatgas Mina Subakin Abdul Muthalib di markas pemondokan petugas haji Mina di Rusyaifah, Makkah, Jum'at (1
Jumat, 12/11/2010 20:03
HARI RAYA IDUL ADHA
Surabaya, NU Online
Gubernur Jawa Timur Soekarwo menolak permintaan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jatim untuk menetapkan tanggal 16 November 2010 sebagai hari libur untuk memberikan kesempatan kepada warga Muhammadiyah menunaikan shalat Idul Adha.

"Kalau mau shalat Id silakan, tapi setelah itu harus masuk kerja seperti biasa. Mengapa? Karena pemerintah sudah menetapkan Hari Raya Idul Adha jatuh pada Rabu, 17 November, sehingga tidak ada hari libur lebaran selain tanggal tersebut,"tandas Gubernur Jatim Soekarwo di Surabaya, Jumat (12/11).
Jumat, 12/11/2010 19:25
PENGUNGSIAN GEREJA GANJURAN
Jakarta, NU Online
Pemanfaatan masjid, gereja, wihara, pura, klenteng sebagai tempat pengungsian para korban bencana alam semestinya dilihat sebagai keinginan para pengelolanya  untuk menolong  maupun berbuat kebaikan. Tujuan baik itu tidak sepatutnya dicurigai sebagai upaya mengubah keyakinan agama para pengungsi. Sebaliknya, sudah semestinya diapresiasi sebagai bentuk kepedulian umat
Jumat, 12/11/2010 19:06
SILATURRAHIM INTERNASIONAL
Makkah, NU Online
Nahdlatul Ulama (NU) yang lahir pada tahun 1926 M dengan lambang bola bumi yang dilingkari tambang dan bintang-bintang. Hal ini dapat dibuktikan dengan kelahiran bangsa Indonesia melalui proklamasi pada tanggal 17 Agustus 1945 M.

Demikian dinyatakan sesepuh Nahdlatul Ulama KH Maimun Zubair ketika memberikan tausiyah dalam acara Silaturrahim Internasional ke-11 Nahdlatul Ulama Luar Negeri tahun 2010 M/1431 H di Rubath Jawa Distrik Misfalah Makkah, Kamis (11/11). Menurut Mbah Maimun -sapaan akrab KH Maimun Zubair, kelahiran bangsa Indonesia sesuai dengan isyarat pada lambang-lambang NU.
Ubudiyah
Kamis, 20/11/2014 21:03
Kalimat “Inna lillahi wa Inna Ilaihi Roji’un” mesti melompat lebih dulu sebelum bertanya apa sebab tetangga wafat. Kalimat itu seperti...
Selasa, 18/11/2014 11:00
Diantara salah satu hal yang harus diimani seorang mukmin adalah keberadaan malaikat yang memiliki berbagai tugas dari Allah swt. Baik yang berhubungan...
Syariah
Selasa, 11/11/2014 07:00
Diantara materi Bahtsul Masail dalam Musyawarah Nasional Alim Ulama yang diselenggarakan oleh Pengurus Besar Nahdlatul Ulama pada tanggal satu dan dua...
Kamis, 06/11/2014 13:00
Setelah Khilafah Turki Utsmani berakhir pada 3 Maret 1924, beberapa kalangan menilai peran Islam dalam pentas politik global selama lebih dari 13 abad juga...
Hikmah
Jumat, 21/11/2014 09:01
Khalifah II Dinasti Abbasiyah, Abu Ja’far al-Mansur, hari itu benar-benar sedang jengkel. Seekor lalat terus mendekati wajahnya. Usaha untuk...
Sabtu, 15/11/2014 08:12
Hatim Al-Asham merupakan salah seorang ulama besar yang wafat di Baghdad, Irak tahun 852 M atau 237 H. Terdapat sebuah kisah penuh hikmah yang mendasari kata...
Taushiyah
Senin, 17/11/2014 11:01
Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar yang membentuk watak dan perilaku secara sistematis, terencana dan terarah. Sedangkan sosial, secara ensiklopedis...
Sabtu, 01/11/2014 10:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Bagi umat Islam, ijtihad adalah suatu kebutuhan dasar, bukan saja ketika Nabi sudah tiada, tapi bahkan ketika Nabi masih hidup....
Khotbah
Jumat, 14/11/2014 07:38
KHOTBAH JUMAT
Bekerjalah kamu dan jadikanlah alat tenunmu (bila engkau penenun) sebagai tasbih. Jadikanlah kapakmu (bila tukang kayu) sebagai tasbih dan jadikanlah jarumnu (bila engkau penjahit) sebagai tasbih, dan jadikanlah perjalananmu (bila engkau pedagang) sebagai tasbih.
Kamis, 30/10/2014 14:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam salah satu taushiyahnya Sayyidul Auliya Syaikh Abdul Qadir al-Jailani pernah membagi jenis manusia dalam empat bagian besar. pertama; mereka yang hati dan lisannya mati. Kedua, mereka yang mati hatinya namun lisannya bercerita. ketiga mereka yang kelu lidahnya, tetapi hayat hatinya. dan terakhir mereka yang berilmu dan berkarya sesuai ilmunya. 
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefNovember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30      
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::