Rabu, 17 September 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 24/08/2010 14:44
Sragen, NU Online
Tak banyak berbeda dibandingkan suasana masjid lain saat Ramadhan, setiap siang di bulan Ramadhan banyak umat Islam yang merebahkan tubuhnya di pelataran Masjid Kauman, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, berlindung dari panasnya hawa di kabupaten tersebut.

Tak hanya warga di sekitar masjid yang berada di sebelah selatan kawasan Pendopo Kabupaten Sragen tersebut, tak sedikit umat Islam yang berasal dari luar Sragen beribadah sembari beristirahat.
Selasa, 24/08/2010 13:38
Jakarta, NU Online
Pengurus Pusat Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffazh (JQH) Nahdlatul Ulama akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Antar Pondok Pesantren VII dan MTQ Internasional I antar lembaga-lembaga Al-Qur’an di Pontianak Kalimantan Timur pada Oktober 2011 mendatang.

Khusus untuk persiapan MTQ Internasional I, PP JQH NU akan mengadakan studi banding ke Mesir pada saat diberlangsungkannya MTQ Internasional di sana, pada 29 Agustus hingga 5 September 2010 mendatang.
Selasa, 24/08/2010 12:28
Pekalongan, NU Online
Ribuan warga Nahdlatul Ulama (Nahdliyin) dan umat Islam di Kota Pekalongan, Batang dan Pemalang tadi malam, Senin (23/8) mengikuti kegiatan shalat tasbih dan shalat hajat yang digelar Pengurus Daerah Jama'ah Al Khidmah Kota Pekalongan.

Acara yang ditempatkan di Masjid Al Jami' Kauman Pekalongan dimulai usai shalat taraweh dengan rangkaian acara diawali dengan sambutan dari Pengurus Yayasan Masjid Al Jami' Kauman, Pengurus Cabang NU Kota Pekalongan, Pengurus Pusat Jama'ah Al Khidmah. Kemudian istghotsah, khotmil qur'an, tahlil, mauidhah hasanah dan baru diakhiri dengan shalat tasbih dan hajat.
Selasa, 24/08/2010 11:23
Ramallah, NU Online
Pemerintah Otonomi Nasional Palestina (PNA), Senin, mengutuk keputusan Israel untuk membongkar dua masjid yang baru dibangun di Tepi Barat Sungai Jordan, dengan dalih kedua tempat ibadah itu "dibangun tanpa izin".

Menteri Urusan Agama Mahmoud Al-Bahash mengatakan kepada radio Voice of Palestina bahwa keputusan Israel untuk membongkar dua masjid di dea Burin, dekat Nablus, dan al-Jalazoon di dekat Ramallah adalah provokatif dan tidak sah.
Selasa, 24/08/2010 10:21
Surabaya, NU Online
Konsul Jenderal Amerika Serikat (Konjen AS) di Surabaya, Kristen F. Bauer, menyatakan bahwa penggagas Hari Pembakaran Al Quran Internasional pada 11 September 2010 hanya sekelompok kecil dari Florida, AS.

"Saya sangat sedih dengan adanya rencana yang mencoba menyakiti atau menyerang satu kelompok, karena hal itu merusak toleransi yang selama ini dikembangkan di negara kami," katanya di Surabaya, Senin malam.
Selasa, 24/08/2010 10:14
Jakarta, NU Online
Santri Pondok Pesantren Ciganjur, Jakarta Selatan, bersama komunitas muda lintas agama LPP Kabar Baik melakukan kunjungan ke GKI Bapos Taman Yasmin Bogor, Ahad (22/8) kemarin. Kunjungan ini merupakan bentuk dukungan terhadap gereja Taman Yasmin yang hingga saat ini masih disegel pemerintah Kota Bogor.

Sekretaris PGI Pdt. Gomar Gultom menyatakan kegembiraan atas dukungan yang diberikan teman-teman lintas agama kepada PGI Taman Yasmin "dengan memberikan dukungan pada jamaah GKI maka secara otomatis mereka juga berusaha memelihara kerukunan dan kesatuan bangsa indonesia," katanya.
Selasa, 24/08/2010 09:13
Jakarta, NU Online
Komisi Pemberantasan Korupsi memiliki wacana untuk mengusulkan kepada pemerintah agar memperketat persyaratan pemberian remisi kepada koruptor.

"Ini masih dalam wacana, yaitu memberikan usulan kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk memperketat persyaratan peroleh remisi," kata Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi di Jakarta, Senin.
Selasa, 24/08/2010 08:01
Rembang, NU Online
Bisnis penukaran uang yang mengambil keuntungan dalam jumlah tertentu yang mulai bermunculan di daerah menjelang Lebaran dapat dikategorikan sebagai bisnis haram. Jika terjadi penukaran uang yang tidak senilai, maka bisnis ini termasuk kategori riba.

Demikian dinyatakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rembang, Jawa Tengah, Zaenudin Ja`far di Rembang, Senin (23/8). "Penukaran uang diperkenankan apabila memiliki nilai yang sama. Misalnya, saya tukar uang pecah Rp. 100.000, maka uang pecahan yang saya terima juga harus senilai Rp. 100.000," kata
Selasa, 24/08/2010 06:40
Riyadh, NU Online
Arab Saudi menggulirkan ide untuk membangun saluran resmi TV dan radio yang akan khusus membahas fatwa ulama. Dalam siarannya, hanya fatwa-fatwa dari ulama terakreditasi dan kredibel untuk mengeluarkan fatwa yang akan menjadi materi siaran.

Saluran ini nantinya juga akan menjalin link dengan lembaga fatwa kredibel lainnya dari luar Saudi. Mereka juga membuka hotline dengan siapapun penontonnya dari seluruh dunia.
Selasa, 24/08/2010 05:36
Rabat, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menyampaikan taushiyah kepada masyarakat Indonesia yang berada di Maroko yang terdiri dari keluarga staf KBRI, para mahasiswa dan pekerja professional di kantor KBRI Rabat, Senin (23/8). Demikian dilaporkan kontributor NU Online Arwani Syaerozi.Said Aqil beserta rombongan tiba di Maroko pada hari Ahad (22/8). Kedatangannya dalam rangka menghadiri undangan dari Raja Maroko untuk memberikan ceramah agama di Durus Hasaniyah, kegiatan pengajian Ramadhan yang diselenggarakan oleh pihak istana dan dihadiri oleh Raja Mohammed VI, putra Mahkota, keluarga besar istana, para duta besar negara-negara s
Selasa, 24/08/2010 01:45
Padang, NU Online
Khalwat Artinya menyendiri, mengasingkan diri dan memencilkan diri. Menyendiri pada satu tempat tertentu, jauh dari keramaian dan orang banyak selama beberapa hari untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui shalat dan amaliah lainnya.

Kalangan sufi Al-Ghazali, misalnya berpendapat bahwa berkhalwat itu meneladani Nabi Muhammad SAW yang pernah melakukan khalwat di Gua Hira', sebelum menerima wahyu pertama dan di Jabal Saur sesudah menjadi rasul. Khalwat Rasulullah di Gua Hira' adalah tafakur, tentang segala makhluk ciptaan Allah SWT.
Senin, 23/08/2010 18:40
BAHTSUL MASA’IL
Jakarta, NU Online
Berbagai persoalan keagamaan terus muncul di tengah-tengah masyarakat, sementara ketersediaan nash baik Al-Qur’an dan Hadits yang memberikan solusi berbagai persoalan cukup terbatas.

Karena itu, menurut Mustasyar PBNU KH Ma’ruf Amin, diperlukan adanya ijtihad atau usaha sungguh-sungguh untuk merumuskan jawaban berbagai persoalan keagamaan yang terus berkembang di masyarakat. Kiai Ma’ruf adalah salah seorang yang tidak setuju dengan pernyataan bahwa pintu ijtihad telah tertutup.
Senin, 23/08/2010 17:58
Jakarta, NU Online
Bekasi merupakan daerah asal berkembangnya timun suri, salah satu makanan favorit yang banyak dikonsumsi pada bulan puasa. Sayangnya, okupasi lahan untuk perumahan membuat budidaya tanaman ini semakin menurun.

Untuk menggairahkan kembali budidaya timur suri, PCNU Bekasi menggelar festival Timun Suri dengan menggelar lomba timun suri paling besar se Bekasi, Ahad kemarin.
Senin, 23/08/2010 17:02
Bahrain, NU Online
Pemuka Islam di New York yang berada di balik rencana pembangunan masjid dekat Ground Zero, Feisal Abdul Rauf akhirnya angkat bicara. Ia mengemukakan masjid yang sempat ditentang warga itu dibangun sebagai simbol kebebasan beragama.

"Saya berharap proyek ini menjadi sebuah pendekatan Islami agar bisa harmonis dan saling pengertian antar agama dan kepercayaan. Deklarasi Kemerdekaan AS saja banyak menggambarkan prinsip-prinsip yang sejalan dengan Islam," ujar Rauf dalam rangkaian turnya di Bahrain, Senin (23/8).
Senin, 23/08/2010 15:43
Padang, NU Online
Dalam ajaran tasawuf, riyadlah berarti latihan kerohanian dengan menjalankan ibadah dan menundukkan keinginan nafsu syahwat. Menurut kalangan penempuh jalan tasawuf, riyadlah dalam arti tersebut pernah dilakukan Nabi Muhammad SAW.

Ketika berkhalwat di Gua Hira' Nabi melatih diri, mengasah jiwa, berzikir, merenung, memperhatikan kejadian alam dan susunannya, serta memperhatikan segala keadaan masyarakat yang penuh kejahilan dan kerusakan dalam berbagai aspek kehidupan.
Senin, 23/08/2010 14:08
London, NU Online
Alunan ayat-ayat suci Al Qur`an mengumandang di ruang serbaguna KJRI Dubai pada Musabaqah Tilawatil Qur`an (MTQ) yang diikuti 14 qariah Nakerwan di penampungan sementara di gedung KJRI Dubai.

MTQ yang diselenggarakan KJRI Dubai merupakan salah satu kegiatan dalam rangka mengisi bulan Ramadhan, ujar Sekretaris Pertama PF Pensosbud Yana Rudiyana dalam keterangan persnya, Senin.
Ubudiyah
Kamis, 11/09/2014 19:03
Doa menempati kedudukan penting dalam keseharian umat Islam. Sejak bangun tidur hingga ketemu tidur lagi. Misalnya, sebelum dan sesudah makan ada doanya....
Kamis, 28/08/2014 07:00
Pada dasarnya Adzan dan iqamat adalah dua hal yang hanya disunnahkan untuk dikumandangkan dalam rangka menyambut shalat lima waktu. Meskipun shalt idul...
Syariah
Rabu, 10/09/2014 07:00
Ibadah haji memerlukan biaya, sarana transportasi dan kesiapan fisik. Haji adalah ibdah fisik ( al-ibadah al-badaniyah ) sekaligus harta ( al-ibadah...
Selasa, 09/09/2014 12:00
Dalam Al-Qur’an telah dijelaskan bahwa seorang muslim diperbolehkan menikahi perempuan merdeka dari kalangan ahli kitab. Pernikahan itu dianggap sah...
Hikmah
Jumat, 05/09/2014 09:45
Siapa yang tidak kenal dengan sosok khalifah ke-5, Umar bin Abdul Aziz yang terkenal dengan sikap adil dan zuhud. Keramat seputar keadilannya ini terekam...
Selasa, 02/09/2014 13:01
Kisah menarik, ketika Rasulullah SAW mendapati 70 orang tawanan, beliau tak langsung memutuskan perihal apa yang akan dilakukan kepada para tawanan itu. Nabi...
Taushiyah
Kamis, 11/09/2014 11:03
Oleh Abdurrahman Wahid Kenyataan politik di bawah kolonialisme Belanda menyadarkan aktivis gerakan Islam dan gerakan nasionalis sebelum masa kemerdekaan....
Ahad, 07/09/2014 10:08
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Berbicara tentang perkembangan madrasah tidak bisa lepas dari perkembangan Islam di Indonesia. Bermula dari keinginan para pemeluk...
Khotbah
Jumat, 05/09/2014 07:06
KHOTBAH JUMAT
Dalam konteks kondisi iman yang selalu fluktuatif, maka ketiga treatmen ini sangatlah bermanfaat untuk selalu diingat. Pertama, merasa takut kepada Allah swt secara lahir maupun bathin. Kedua, hidup dengan sederhana. Dan ketiga, tetap berlaku adil baik dalam keadaan longgar maupun dalam kondisi emosi.
Jumat, 22/08/2014 05:24
KHOtBAH JUMAT
Marilah di sisa bulan Syawal yang ada ini, kita giatkan diri kita dan keluarga kita untuk saling bersilaturrahim dengan sanak famili, saudara jauh dan saudara dekat. Walaupun liburan telah usai, tidak berarti kewajiban bersilaturrahim telah usai juga. Karena pada hakikatnya anjuran bersilaturrahim itu tidak terbatas pada waktu tertentu.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefSeptember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::