Sabtu, 01 November 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Rabu, 20/10/2010 19:16
Jember, NU Online
Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) menggelar aksi unjukrasa di halaman kantor DPRD Jember, Rabu (20/10). Selain membawa poster yang bernada mengecam kegagalan pemerintahan SBY, mereka juga membawa dua sangkar burung yang  di dalamnya diisi tulisan “suara rakyat”. 

Menurut salah seorang korlap aksi, Sukri, itu menandakan bahwa selama  Indonesia dipimpin SBY, suara rakyat dikurung layaknya burung. "Bendera  setengah tiang untuk setahun pemerintahan SBY jilid kedua," teriak Sukri.
Rabu, 20/10/2010 18:31
GLOBAL PEACE FESTIVAL
Jakarta, NU Online
Setelah dibuka secara resmi, Selassa (19/10) di gedung PBNU dihadapan akuntan dan jajaran pengurus PBNU serta Global Peace Festival (GPF) Indonesia, hari ini, koin tersebut mulai dihitung.

Sebuah mesin penghitung koin didatangkan ke PBNU untuk memisahkan dan menghitung koin tersebut, sayangnya mesin yang dimiliki oleh sebuah perusahaan tersebut kurang akurat memilah-milah koin sehingga ada beberapa yang masih tercampur.
Rabu, 20/10/2010 17:33
Jakarta, NU Online
Eksistensi media sekarang ini tidak terlepas dari ketergantungan modal yang kuat. Modal yang besar akan menjadikan kelangsungan semua media juga media Islam itu juga kuat. Karena itu sulit jika hanya dengan semangat idealisme atau ideologi, sebuah media akan bertahan tanpa dibarengi dengan orientasi bisnis, yang akan menghidupi media itu sendiri.

Ada beberapa perbandingan sederhana terhadap kelangsungan media Islam tersebut. Misalnya majalah Panji Masyarakat, Umat, Sabili dan lain-lain. Panji dan Ummat sudah tutup. Tinggal Sabili, yang mungkin mengalami kesulitan dana. Demikian pula media Islam yang lain. “Jadi, tanpa modal yang kuat sulit akan berkembang sekarang ini,”kata mantan wartawan Majalah Ummat Ahmad Baso di Jakarta, Rabu.
Rabu, 20/10/2010 16:30
Batam, NU Online
Ditengah kesibukannya yang luar biasa padatnya, KH Said Aqil Sirajd menyempatkan diri untuk menghadiri halal bihalal dan halaqah nasional di Batam yang diadakan PW GP Ansor NU Kepri, PMII, dan IPNU, Senin (18/10).

Tema sangat menarik yakni “Menjadikan NU Insipirasi Penyelesaian Masalah dalam Konteks Kebangsaan dan Kebhinekaan” tidak membuat narasumber vakum dalam memberikan orasi ilmiahnya. Susunan penyampaikan kalimat yang apik, runtut, jelas, lugas diserta humor yang segar membuat peserta tidak bosan.
Rabu, 20/10/2010 15:34
Ottawa, NU Online
Penduduk Calgary telah memillih walikota Muslim pertama di Kanada, seorang akademisi bernama Naheed Nenshi, menurut hasil pemungutan suara yang diumumkan Selasa.

Profesor lulusan bisnis Harvard yang berusia 38 tahun itu memperoleh hampir 40 persen dukungan dari 72.000 pemilih, mengungguli kandidat favorit veteran yang konservatif dan seorang pembaca berita lokal, sebagaimana dikutip dari AFP.
Rabu, 20/10/2010 14:15
Hamburg, NU Online
Hamburg segera menjadi negara bagian di Jerman yang kali pertama mengakui Islam sebagai sebuah komunitas agama dan memberikan penduduk Muslim hak-hak hukum yang sama dengan umat Kristen dan yahudi ketika berurusan dengan birokrasi setempat.

Empat tahun perundingan yang berjalan secara rahasia tentang pembangunan masjid, pembukaan komplek kuburan Muslim, dan pelajaran Islam di sekolah umum, kini hampir mendekati kata sepakat. Perundingan itu segera tuntas di tengah-tengah isu integrasi imigran Muslim di Jerman yang dianggap telah gagal.
Rabu, 20/10/2010 13:03
Batang, NU Online
Dalam rangka memperingati 40 tahun eksistensi Nahdlatul Ulama di Kecamatan Bawang, Kabupaten Batang, Jawa Tengah, pengurus Majlis Wakil Cabang NU Bawang menggelar halaqoh bertajuk “Kebangkitan MWC NU Bawang”. Halaqoh telah dilaksanakan di aula lantai II MA Sunan Kalijaga Bawang, Minggu (3/20).

Ketua Panitia Halaqoh, Munir Malik, mengatakan bahwa halaqoh hari lahir NU di Bawang penting dilaksanakan, agar generasi muda NU betul-betul menginternalisasi nilai-nilai jama’ah, nilai-nilai sejarah, nilai-nilai agama, dalam berorganisasi.
Rabu, 20/10/2010 13:00
LIPUTAN HAJI
Madinah, NU Online
Jamaah haji yang telah berziarah ke Makam Rasulullah SAW dan menyelesaikan Arbain di Masjid Nabawi untuk kemudian bergerak menuju Makkah menunaikan ibadah haji, diharapkan telah mengenakan pakaian Ihrom sejak dari pondokan. Pengenaan pakaian Ihrom sejak dari pondokan atau hotel ini dilakukan untuk menghindari keruwetan dan kekacauan selama mengambil Miqot di Birr Ali.

Himbauan ini disampaikan oleh Kepala Daerah Kerja Madinah (Kadaker) M. Subakin di Kantor Misi Haji Indonesia, kawasan al-Mustaroh Madinah, Rabu (20/10). Menurut Subakin, Himbauan ini dikatakannya untuk melancarkan perjalanan jamaah haji.
Rabu, 20/10/2010 11:18
SERBA SERBI TANAH SUCI
Madinah, NU Online
Setelah terkubur selama kurang lebih empat puluh tahun sejak dikebumikan pada tahun ketiga Hijriyah, jenazah para pahlawan (syuhada) Perang Uhud mendadak muncul kembali ke permukaan. Karena bencana alam berupa banjir bandang, makam-makam para pahlawan ini terkuak dan jasad mereka tergeletak di atas tanah.

Jasad-jasad yang masih utuh dan berbau harum ini kemudian dikebumikan kembali di tempat yang lebih tinggi. Darah segar masih mengalir pada jasad-jasad para pahlawan Perang Uhud ini ketika ditemukan oleh warga seusai banjir surut.
Rabu, 20/10/2010 10:47
Jombang, NU Online
Makam KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang ada di kompleks Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang berhasil menyabet Anugerah Wisata Nusantara (AWN). Penghargaan itu akan diberikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Sabtu lusa.

Kepastian itu dikatakan oleh Kepala Disporabudpar (Dinas Pemuda Olahraga Budaya dan Pariwisata) Jombang, Suyoto. Ia mengatakan, Pemkab Jombang sudah menerima undangan dari provinsi untuk menghadiri acara AWN. Kebetulan, dalam undangan itu, Kabupaten Jombang yang notabene mengajukan wisata religi makam Gus Dur sebagai unggulan masuk dalam daftar 10 besar wisata di Jawa Timur.
Rabu, 20/10/2010 09:42
Medan, NU Online
Pihak kepolisian menyampaikan permintaan maaf atas terjadinya insiden pemukulan terhadap kader Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) oleh aparat kepolisian saat berunjukrasa menuntut PT Inalum diambilalih di Kantor Gubsu, Jalan Diponegoro, Medan, Rabu (13/10/2010) lalu.

Permintaan maaf tersebut disampaikan Wakapolresta Medan AKBP Andreas Kusnaedi didampingi Kasat Intel AKP Ahyan saat menerima kedatangan pengurus PKC PMII Sumut dan PC PMII Medan di Ruang Tamu Kapolresta, Jalan M Said, Medan, Senin (18/10/2010).
Rabu, 20/10/2010 08:38
Tegal, NU Online
Sekelompok orang yang mengatasnamakan jamaah tabligh atau yang lebih di kenal dengan nama Jaula membuat resah warga NU di Slaranglor, Tegal, Jawa Tengah. Pasalnya, kedatangan mereka tidak diinginkan oleh masyarakat, selain itu mereka juga tidak mendapatkan izin untuk berdakwah.

Menurut penuturan warga Slaranglor, jamaah Jaula  datang pada hari Kamis lalu sekitar pukul 10.00 WIB, dengan menggunakan mobil. Mereka berjumlah 11 orang yang dipimpin oleh soerang Amir dari Yogjakarta. Mereka datang dan menempati Mushola Baiturahman. Padahal Mushola tersebut selama ini dijaga warga NU. Melihat hal tersebut maka sejumlah warga merasa keberatan.
Rabu, 20/10/2010 07:38
Padang, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Sumatera Barat menyatakan siap untuk melakukan kerjasama pengembangan Pondok Pesantren Madinah Al Munawarah Buya Naska Padang. Pengembangan ini dimaksudkan untuk mempercepatan langkah-langkah strategis Pesantren Madinah Al Munawarah Buya Naska sebagaimana yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Hal itu terungkap dalam kunjungan PWNU Sumbar ke Pesantren Madinah Al Munawarah Buya Naska, Selasa (19/10), di jalan komplek Andalas Makmur Kelurahan Kubu Dalam Parak Karakah Kecamatan Padang Timur Padang.
Rabu, 20/10/2010 05:28
Jombang, NU Online
Pelaksanaan prinsip pluralisme yang menghargai keberagaman antar masyarakat sejauh ini belum sampai pada tahap pemerataan kesejahteraan masyarakat. Demikian diungkapkan KH Zaimuddin Wijaya As’ad, Wakil Rektor Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) Jombang.

“Salah satu ganjalan yang membuat persaudaraan antar umat itu terganjal adalah ketika ada satu komunitas umat tertentu yang lebih tinggi status ekonominya dibanding umat yang lain,” tutur pria yang akrab disapa Gus Zu’em ini.
Rabu, 20/10/2010 03:48
JAM’IYAH TAREKAT
Brebes, NU Online
Kesuksesan seseorang tidak hanya dengan lantunan doa belaka tetapi harus diimbangi dengan ikhtiar. Demikian juga dengan ikhtiar tanpa doa bagai berlari di padang pasir tanpa mendapatkan air. Keseimbangan antara doa dan usaha ibarat dua sisi mata uang yang tak terpisahkan.

“Meski sudah kita mengerti, tapi manusia kadang lalai dan banyak yang mementingkan kehidupan duniawi belaka,” ujar Pengasuh Pondok Pesantren Buntet Cirebon Dr KH Moh Abas bin Fuad Hasyim saat menyampaikan tausiyah pada pengajian akbar Selasa Kliwon Jam’iyyah Ahlith Thoriqoh Al Mu’tabaroh An Nahdliyyah di Dukuh Penjalin Banyu Siandong Larangan Brebes, Selasa (19/10).
Selasa, 19/10/2010 21:18
SERBA-SERBI TANAH SUCI
Madinah, NU Online
Sejak masa pemerintahan Dinasti Umawiyyah dengan pusat pemerintahan di Damaskus, Suriah, makam Baqi' yang menampung lebih dari 10.000 sahabat, telah mengalami beberapa kali perbaikan dan perluasan. Hingga pada masa Abdul Aziz dari keluarga Saud berkuasa di hijaz yang memerintahkan untuk meruntuhkan kubah-kubah (cungkup/jawa) di makam Baqi' pada tahun 1344 H. /1925 M. Tentu kita ingat, peristiwa ini melatarbelakangi dibentuknya Komite Hijaz oleh para ulama Jawa, yang kemudian disebut-sebut sebagai Embrio berdirinya Nahdlatul Ulama. Perluasan terakhir, seperti kondisinya saat ini, dilakukan oleh Raja Fahd bin Abdul Azis.

Dengan kondisi dan peraturan penguasa sekarang, jamaah perempuan tidak diperkenankan untuk memasuki area pemakaman Baqi. Karenanya, semua pengiring perempuan hanya dapat mengantarkan jenazah, suami, ibu, anak atau saudara-saudara mereka hanya sampai depan pintu gerbang. Bahkan sebenarnya mereka sudah tertahan sejak sebelum memasuki pintu gerbang. Bila ada perempuan yang mencoba nekad masuk areal makam, maka mereka akan berhadapan dengan askar/penjaga.
&
Ubudiyah
Selasa, 28/10/2014 14:00
Keutamaan bulan Muharram tidaklah perlu disangsikan lagi. Namun keutamaan itu harus diisi dengan berbagai amalan-amalan yang berbobot, sehingga keutamaan itu...
Kamis, 23/10/2014 11:03
Jumat besok bertepatan dengan tanggal 24 Oktober 2014 adalah hari terakhir bulan Dzul Hijjah, sekligus juga hari penutup tahun 1435 H. Melangkah-sambut tahun...
Syariah
Selasa, 21/10/2014 13:00
Pada umumnya orang memahami bahwa shalat tahajjud dan shalat hajat adalah dua shalat berbeda yang biasa dilakukan pada malam hari. Sehingga seseorang yang...
Rabu, 08/10/2014 15:05
Apa hubungan gerhana bulan ( khusuf ) dan keadilan sosial? Gerhana merupakan peristiwa alam, salah satu bentuk kuasa Allah. Tetapi Rasulullah SAW sendiri...
Hikmah
Ahad, 19/10/2014 11:24
Dirinya sungguh tak menyangka bakal sembuh dengan cara istimewa. Semula orang laki-laki ini sehari-hari diliputi gelap karena kondisi matanya yang sama...
Jumat, 26/09/2014 10:04
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW.
Taushiyah
Sabtu, 01/11/2014 10:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Bagi umat Islam, ijtihad adalah suatu kebutuhan dasar, bukan saja ketika Nabi sudah tiada, tapi bahkan ketika Nabi masih hidup....
Jumat, 24/10/2014 20:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Adalah fenomena baru dan masih menimbulkan berbagai pertanyaan, jika masalah perpajakan dikaitkan dengan peranan kiai atau ulama....
Khotbah
Kamis, 30/10/2014 14:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam salah satu taushiyahnya Sayyidul Auliya Syaikh Abdul Qadir al-Jailani pernah membagi jenis manusia dalam empat bagian besar. pertama; mereka yang hati dan lisannya mati. Kedua, mereka yang mati hatinya namun lisannya bercerita. ketiga mereka yang kelu lidahnya, tetapi hayat hatinya. dan terakhir mereka yang berilmu dan berkarya sesuai ilmunya. 
Kamis, 23/10/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Barang siapa di pagi hari telah mengadukan kesulitannya kepada sesama (mahkluk/manusia), maka ia telah mengadukan Tuhannya. Dan barang siapa merasa  sedih dengan kondisi duniawinya di waktu pagi, maka dia telah membenci Tuhannya. Dan barang siapa merendahkan diri di hadapan orang kaya karena hartanya sungguh telah lenyap dua pertiga agamanya.    
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefNovember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30      
::::Ikuti siaran lagsung Munas-Konbes NU 2014 di radio.nu.or.id :::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::