Rabu, 01 April 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Rabu, 27/04/2011 11:59
Jakarta, NU Online
Ketua Umum PB PMII, Addin Jauharudin menyatakan, seluruh jajarannya menolak ideologisasi negara Islam, sekaligus menentang dengan tegas segala bentuk kekerasan atas nama agama.

Ia mengatakan hal itu di Jakarta, Selasa, terkait munculnya anasir-anasir kontra konstitusional berbaju `Negara Islam Indonesia` (NII) dan gerakan-gerakan radikal atas nama agama belakangan ini.
Rabu, 27/04/2011 11:03
Jepara, NU Online
Gerakan Negara Islam Indonesia (NII) yang merebak di Malang Jawa Timur dengan aksi penculikan maupun pencucian otak kepada sejumlah mahasiswa mendapatkan komentar dari Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jepara. Hal itu dikemukakan Abdul Khalik, ketua PC PMII Jepara saat ditemui NU Online di sekretariat PMII, Jalan KM Sukri No.139 Potroyudan, Selasa (26/4).

Menurutnya, PMII sebagai basis gerakan kampus akan menjadi lebih ideal jika berpartisipasi dalam memonitoring gerakan-gerakan ekstrim. Sebab, kampus menurutnya merupakan target utama operasi gerakan radikal tersebut.
Rabu, 27/04/2011 10:07
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai perlu undang-undang antiterorisme lebih tajam yang memberikan kewenangan aparat menangkap pihak yang dicurigai sebagai kelompok teroris.

"Kalau menunggu bom meledak dulu baru bisa menangkap, bisa meledak negara ini," kata Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siroj, di kantor PBNU, di Jakarta, Selasa (26/4).
Rabu, 27/04/2011 08:47
Cilacap, NU Online
Pengajian kitab-kitab keislaman atau kitab kuning di masjid-masjid dan mushalla perlu dibangkitkan kembali agar merebaknya aliran sesat atau aliran-aliran yang sempalan dapat dicegah. Program ini merupakan terobosan untuk memperbaiki akhlak umat. Selain itu, dengan program ini diharapkan agar masyarakat paham ajaran agamanya secara benar.

Demikian disampaikan Kepala KUA Cilacap Selatan Zen Muzayyin yang mengaku prihatin terhadap maraknya aliran sesat di tengah masyarakat. Pihaknya berharap pengajian majlis taklim malam Selasa yang di adakan oleh Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Cilacap Selatan terus diadakan agar dapat mencegah masuknya paham ajaran sesat dan mencegah rusaknya akhlak generasi muda.
Rabu, 27/04/2011 07:37
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menilai radikalisme di Indonesia sudah pada tingkatan "lampu merah" atau sangat membahayakan sehingga negara harus berani menindak tegas.

"Ini sudah `lampu merah`, sudah `emergency`. Negara harus tegas, segera ambil tindakan," kata Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj kepada wartawan di kantor PBNU, Jakarta, Selasa (26/4).
Rabu, 27/04/2011 06:24
Bandar Lampung, NU Online
Pimpinan Pusat Muslimat Nahdlatul Ulama (MNU) menggelar Sosialisasi dan Advokasi Desa Siaga dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Bandar Lampung selama tiga hari, Ahad-Selasa (24-26/4) kemarin.

Kegiatan yang dirangkai Peningkatan Kapasitas Da'iyah terlaksana atas kerjasama Muslimat NU dengan Pusat Promosi Kesehatan Kemenkes RI dan Dinas Nakertrans Pemerintah Provinsi Lampung.
Selasa, 26/04/2011 20:20
Jombang, NU Online
Tiga mantan jenderal siap mendampingi Gerakan Pemuda Ansor Jombang guna mewaspadai bangkitnya gerakan NII (Negara Islam Indonesia). Tiga petinggi militer itu adalah Letjen (purn) Kiki Syahnarki Mayjen (purn) Soeherda dan Mayjen (Purn) Sutoyo.

Ketua GP Ansor Jombang, Sholahul Am Notobuono mengatakan, Ansor memiliki kontribusi besar atas perjuangan bangsa. Kelahiran Gerakan Pemuda Ansor diwarnai oleh semangat perjuangan, nasionalisme, dan kepahlawanan.
Selasa, 26/04/2011 19:16
Jombang, NU Online
”Menulis itu gampang”. Demikianlah kata-kata pertama yang disampaikan dalam pelatihan Jurnalistik yang digelar oleh NU Jombang Online bekerja sama dengan IPNU-IPPNU Cabang Jombang pada Ahad (24/04/11).

Kata pembuka yang cukup memberikan cerah pikiran untuk memulai menulis tersebut disampaikan oleh Muslimin Abdilla, fasilitator pelatihan. Lebih lanjut dia mengatakan bahwa, Jika kita akan memulai menulis, dengan perasaan dan pikiran: ”menulis itu sulit”, maka kita akan betul-betul kesulitan dalam memulai menulis. Namun jika sebelum menulis dipikiran kita dicamkan: ”menulis itu gampang”, maka hambatan pertama dalam menulis sudah kita atasi.
Selasa, 26/04/2011 18:18
HARLAH GP ANSOR
Demak, NU Online
NU itu besar, Ansor berada didalamnya, diakui maupun tidak di Indonesia kebanyakan amaliah maupun ubudiyahnya adalah ahlussunnah wal jama’ah, maka dari itulah kita harus percaya diri dan anggap saja kelompok kecil lain (faham ekstrim yang saling mengkafirkan) itu tidak ada namun tetap waspada.

Banyak pengamat dan akademisi dari negara negara Islam di dunia ini memprediksi bahkan menjadi kenyataan bahwa pusat Islam didunia ini adalah negara Indonesia atau boleh dibilang Islam di Indonesia ya NU, dikarenakan warga NU pinter mengambil hati orang lain dan berakhlaq mulia (Islam rahmatan lil alamin).
Selasa, 26/04/2011 17:02
Jakarta, NU Online
Peringatan hari buruh Internasional yang jatuh pada tanggal 1 Mei atau dikenal sebagai Mayday seringkali menimbulkan ketakutan banyak fihak karena terjadinya pemogokan dan kekerasan di sejumlah tempat.

Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi), yang merupakan organisasi buruh dibawah NU tidak ingin memperingati hari buruh tersebut dengan hal yang sama, tetapi memperjuangkan nasib buruh dengan cara yang berbeda dan bersifat lebih diplomatis.
Selasa, 26/04/2011 16:01
Semarang, NU Online
Bagi Yusroh, Ketua PC Fatayat NU Semarang, hari lahir Fatayat NU yang ke-61 patut disyukuri dengan rasa gembira. Yusroh yang lama mengabdi jadi guru ini ingin mengajak para pemudi NU mengambil ibroh (pelajaran baik) dari sosok 3 pahlawan Islam.

Yaitu pertama, RA Kartini yang menginspirasi lahirnya Tafsir dan Terjemah Al-Qur'an pertama di Nusantara, dengan permintaannya kepada Kiai Soleh Darat untuk menulis Tafsir Al-Qur’an sebagai kado perkawinannya.
Selasa, 26/04/2011 15:22
REMBUG NASIONAL LPP NU
Jakarta, NU Online
Nuklir yang sempat menjadi simbol kemajuan suatu bangsa tiba-tiba menjadi teknologi yang menakutkan. Keamanan teknologi nuklir mutakhir tidak terbukti dengan kasus ledakan Nuklir Fukushima Jepang.

"Ada sekelompok orang yang menganggap NU tidak mengerti soal Nuklir karena itu tidak perlu didengar atau cukup ikut saja. Soal Nuklir bagi NU bukan soal 'paham nuklir' tapi soal ketidak percayaan kemampuan pengelolaan, soal ketidakpercayaan profesionalitas para pengelola," kata Ketua PBNU Prof. Dr. M. Maksum saat hadir dalam Rembug Nasional Lembaga Pengembangan Pertanian Nahdlatul Ulama di Hotel Santika (22-25/4/11).
Selasa, 26/04/2011 14:54
Sumedang, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumedang telah me-launching situs resmi dengan alamat http://sumedang.nu.or.id di SMK Ma'arif NU Sumedang, Senin malam (25/4).  Launching ini dihadiri oleh seluruh jajaran pengurus PCNU beserta pengurus lembaga-lajnah dan banom NU di Sumedang.

Ribuan jamaah dan santri juga turut memeriahkan launching pertama situs resmi PCNU Sumedang ini. Launching (peluncuran) ini secara khusus dihadiri redaktur NU Online Syaifullah untuk menjelaskan secara langsung mekanisme pengelolaan website. Kemudian dilanjutkan dengan melakukan klik pertama situs resmi NU Sumedang. Para jamaah pun bertepuk meriah kala menyaksikan untuk pertama kalinya tampilan situs di screen layar lebar.
Selasa, 26/04/2011 14:07
Sumedang, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan bagi warga Nahdliyyin. Salah satu strateginya adalah dengan memperbanyak jalur komunikasi antarpengurus di semua tingkatan termasuk antarpengurus dengan warga Nahdliyyin.

PBNU berkeyakinan pola tersebut akan mempermudah arus informasi yang dibutuhkan masyarakat. Hal ini ditegaskan Sulthan Fatoni, Ketua Lajnah Ta'lif wan Nasr Pengurus Besar Nahdlatul Ulama saat memberikan sambutan pada Peresmian 'Sumedang NU Online' dan Halaqah Aswaja yang diselenggarakan di Komplek Pendidikan Maarif NU Kabupaten Sumedang, 25 April 2011.
Selasa, 26/04/2011 14:05
Tegal, NU Online
Setelah melalui tahap pemilihan akhirnya Tarodi berhasil ditetapkan menjadi ketua pimpinan Ranting gerakan pemuda Ansor Desa Harjosari Lor, dalam sidang pemilihan ketua pada Rapat Anggota yang di pimpin PAC. Ansor Kecamatan Adiwerna Ropii, yang di tampatkan di MDA. Darul Asor, Sabtu (23/4) malam.
Selasa, 26/04/2011 13:33
HARLAH GP ANSOR
Tegal, NU Online
Gerakan pemuda (GP) Ansor Kabupaten Tegal gelar Refleksi Hari Lahir (Harlah) ke-77 yang di tempatkan di Gedung PCNU Kabupaten Tegal, jalan Ahmad Yani Procot, Slawi, Ahad (24/4) malam, bertepatan dengan 21 Jumadil Awal 1432 H.

Kegiatan tersebut dihadiri ratusan peserta yang merupakan perwakilan dari Pengurus Cabang, Pengurus Anak Cabang se Kabupaten Tegal. Turut hadir juga ketua Tanfidzuyah PCNU Kabupaten Tegal H Ahmad Wasy’ari, MM, Anggota DPR RI Fraksi PKB Bahrudin Nasori, SSi, MM, Wakil Ketua DPRD Kabupaten Tegal Ahmad Firdaus, SE.
Ubudiyah
Ahad, 22/03/2015 22:05
Bagi pekerja kantoran atau pelajar, Senin menjadi hari menjenuhkan. Senin merupakan hari mereka mengawali aktivitas setelah libur. Senin pagi yang padat...
Kamis, 19/03/2015 13:00
Ini seperti orang yang sedang sakit, berkonsultasi kepada dokter tentang penyakitnya, kemudian setelah diberi petunjuk dan arahan dari dokter malah...
Syariah
Jumat, 27/03/2015 01:04
Dua pekan sebelum hari raya Idul Adha, pasar hewan dadakan bermunculan di tepi jalan raya. Sepekan menjelang hari H, pasar hewan itu makin ramai baik oleh...
Jumat, 20/03/2015 06:00
Mengenai hal ini ada keterangan lanjutan yang berhubungan dengan  musallam alaih  yaitu pihak yang diberi salam. Apabila yang diberi salam adalah...
Hikmah
Jumat, 27/03/2015 16:03
Pada masa Malik bin Dinar, hidup seorang pemuda. Dahulu pemuda tersebut, seorang penyembah api. Namun setelah ia mendapat hidayah untuk masuk Islam, ia pun...
Selasa, 24/03/2015 12:01
Istilah “bahlul” rasanya cukup akrab di telinga kita. Kata tersebut biasa digunakan untuk menyebut orang yang bodoh, tolol, atau sejenisnya....
Taushiyah
Kamis, 26/03/2015 07:12
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Dalam mengatasi kemiskinan, dakwah setidaknya bisa ditempuh melalui dua jalan. Pertama, memberi motivasi kepada kaum muslimin yang...
Kamis, 12/03/2015 13:10
Oleh Abdurrahman Wahid Selama ini orang menganggap bahwa Marxisme-Leninisme atau lebih mudahnya komunisme, berada dalam hubungan diametral dengan Islam....
Khotbah
Kamis, 19/03/2015 11:00
KHOTBAH JUMAT
Bahkan dalam kitab Qomi’uth Thughyan diceritakan, Ada orang yang berlumur dosa, namun kemudian Allah melebur dosa-dosanya. Baginda Nabi bertanya kepada malaikat Jibril “sebab apa gerangan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?” Jibril menjawab karena ia menyenangkan putranya dengan ia memberikan buah tangan ketika pulang dari bepergian 
Kamis, 05/03/2015 12:53
KHOTBAH JUMAT
Imam Syafi'i berkata bahwa bentuk jahiliyah pada masa pra Islam ada dua, pertama mereka yang mengaku punya kitab (ahlul kitab) namun mereka telah mengubah sebagian besar hukum-hukumnya, serta mencampurkan kebernaran dengan kepalsuan. Kedua, adalah orang-orang yang mengingkari Allah. Dengan tangannya sendiri dibuatnya batu dan kayu menjadi patung lalu disembahnya.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::