Kamis, 23 Oktober 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Jumat, 12/02/2010 10:17
Nashville, NU Online
Teror sebagian warga Amerika terhadap umat Islam masih berlanjut. Setidaknya hal ini dibuktikan dengan aksi vandalisme di salah satu masjid di Nashville, Texas, Amerika Serikat (AS). Kemarin, jendela masjid tersebut dipenuhi coretan yang antara lain bertuliskan 'Muslims Go Home'

Polisi setempat menyatakan bahwa aksi vandalisme di masjid Al Farooq itu merupakan bentuk kebencian. Salaad Nur, mengungkapkan bahwa pelaku vandalisme itu tak hanya mencorat-coret masjid. Kata dia, pelaku juga meninggalkan secarik pesan yang berisi eskpresi kebencian dan ancaman.
Jumat, 12/02/2010 09:01
Teheran, NU Online
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyerang Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Kamis, dengan mengatakan jika timpalannya itu telah kehilangan peluang dan melayani kepentingan Israel.

"Sayangnya, harapan untuk perubahan (pada kebijakan AS) adalah sebuah proses perubahan cepat menuju keputusasaan," katanya seperti dikutip AFP.
Jumat, 12/02/2010 08:31
Sumenep, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, Madura, Jawa Timur mengharamkan perayaan Hari Kasih Sayang ("Valentine Day") yang lazim dilakukan kaum muda sekarang.

"Kegiatan tersebut lebih mengarah pada hura-hura yang sifatnya kurang bermanfaat dan sebagian sudah mengarah pada perbuatan maksiat. Kegiatan seperti itu sudah layak diharamkan. Kami mengimbau kaum muda Islam jangan merayakannya," kata Ketua PCNU Sumenep, K.H. Abdullah Cholil di Sumenep, Kamis (11/2).
Jumat, 12/02/2010 07:43
Pamekasan, NU Online
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengimbau umat Islam tidak merayakan hari Valentine, yang selama ini biasa dirayakan oleh sebagian warga di wilayah tersebut.

Larangan perayaan hari Valentine ini disampaikan Ketua MUI Cabang Pamekasan, KH Lailurrahman, Kamis (11/2), menyusul banyaknya penyalahgunaan tentang perayaan hari Valentine oleh kaum remaja dan pemuda."Di samping itu, hari Valentine bukan tradisi umat Islam," katanya
Jumat, 12/02/2010 06:21
Teheran, NU Online
Pasukan keamanan Iran terlibat bentrokan dengan para pendukung oposisi , Kamis ketika massa berkumpul di Teheran tengah untuk memperingati ulang tahun ke-31 revolusi Islam, seperti diberitakan Reuters.

Televisi pemerintah menayangkan gambar ratusan ribu orang , beberapa diantara mereka membawa bendera-bendera Iran dan foto-foto Pemimpin Tertinggi Ayatollah Ali Khamenei, bergerak ke Taman Azadi di Teheran tengah.
Jumat, 12/02/2010 05:30
Tegal, NU Online
Setelah satu tahun lamanya Pengurus Cabang Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kab. Tegal berkhidmat, pada Ahad (7/2) kemarin digelar kegiatan Laporan Tahunan yang di pusatkan di Gedung PC. NU Kabupaten Tegal lantai 2.

Molornya acara merupakan pusat keluhan bagi peserta dan memunculkan hujan protes bagi Panitia, diantaranya adalah Yuli (19) dari PAC. Jatinegara. Dia menyoal panitia yang mengundang acara pukul 08.00 WIB tapi sampai pukul 09.00 belum ada satu panitia pun datang.
Jumat, 12/02/2010 04:22
Tegal, NU Online
Wafatnya tokoh Nahdlatul Ulama (NU) KH Abdurahman Wahid atau yang lebih akrab dipanggil Gus Dur merupakan berita lara bagi warga NU (Nahliyin). Warga Nahliyin di berbagai tempat telah mendoakan Gus Dur sejak tersiar berita Gus Dur meninggal.

Sebagaimana dalam tradisi NU, juga ada peringatan mengenang 40 hari meninggalnya almarhum. NU Online mencoba menelusuri kegiatan peringatan 40 hari wafatnya Gus Dur di beberapa tempat pada Ahad (7/2) malam.
Kamis, 11/02/2010 22:30
Teheran, NU Online
Ratusan ribu warga Iran menggelar aksi demonstrasi di Teheran, Iran untuk menandai 31 tahun peringatan revolusi Islam di negeri itu. Pasukan keamanan Iran diberitakan bentrok dengan para pendukung oposisi dalam aksi ini.

Dalam aksi demo besar-besaran ini, pasukan keamanan Iran melepaskan tembakan dan gas air mata ke para pendukung pemimpin oposisi Mirhossein Mousavi.
Kamis, 11/02/2010 20:17
Surabaya, NU Online
Fungsionaris Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Lily Chadijah Wahid mengusulkan adanya Muktamar Akbar PKB sebagai ajang rekonsiliasi atau islah. Muktamar ini dihadiri oleh para pengurus PKB dari dua kubu yang sedang berseteru, sementara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dihadirkan sebagai mediator.

Demikian disampaikan adik kandung Gus Dur itu dalam acara silaturrahim di kantor Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Surabaya, Rabu (10/2) kemarin. Silaturrahim ini mengambil tema “Mencari Alternatif Terbaik Keutuhan Saluran Potensi Siyasi Warga NU”.
Kamis, 11/02/2010 18:28
Surabaya, NU Online
Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, Rabu (10/2) kemarin di Surabaya menggelar acara silaturrahim dengan tema “Mencari Alternatif Terbaik Keutuhan Saluran Potensi Siyasi Warga NU”. Salah satu usulan yang mengemuka adalah perlunya islah atau rekonsliasi di antara partai-partai yang berbasis NU.

Silaturrahim ini dihadiri Rais Syuriyah PWNU Jatim KH Miftachul Akhyar, Ketua Tanfidziyah PWNU Jatim KH Hasan Mutawakkil Allallah. Selain itu, hadir pula salah seorang deklarator PKB KH A Muchith Muzadi. Bahkan beberapa kiai yang selama ini dikenal aktif dalam Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) pun hadir.
Kamis, 11/02/2010 17:37
Jakarta, NU Online
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) memandang tidak ada koalisi antar parpol pendukung SBY-Boediono. Sama dengan Golkar yang menilai tidak berkoalisi dengan Partai Demokrat, PPP pun hanya berkoalisi dengan SBY-Boediono.

"Sejauh yang saya ketahui, tidak ada koalisi antar parpol," kata Ketua DPP PPP Lukman Hakim Saifuddin di Hotel Sultan, Jakarta, Kamis (11/2). Menurut Lukman, koalisi hanya dibentuk untuk kepentingan pilpres. Tidak ada koalisi dibentuk sebelum pileg yang digelar 9 April tahun lalu.
Kamis, 11/02/2010 16:48
Selama ini ada kesan bahwa NU bukan lagi organisasinya anggota, tetapi organisasi para pengurus. Anggapan itu terjadi karena banyak fungsionaris organisasi yang tidak berkhidmat pada umat, tetapi hanya menggunakan organisasi untuk memenuhi kepentingannya sendiri. Kalaupun ada perilaku sejumlah orang yang seperti itu tetapi kehadiran NU sebagai organisasi milik warga, milk umat tidak bias dipungkiri. Bisa kita saksikan setiap menjelang ada kegiatan besar baik Harlah, Munas Alim Ulama apalagi Muktamar, hampir seluruh warga nahdliyin baik yang pengurus, para ulama, para warga biasa hingga para simpatisannya berpikir keras, bersuara pentingnya perbaikan dan penataan NU untuk mengantisipasi masa depan yang lebih baik.
   
Setahun menjelang muktamar berbagai pemikiran ke-NU-an telah bermunculan, baik melalui diskusi-diskusi, seminar hingga lokakarya, hal itu terjadi di semua tingkatan, mulai anak cabang di kecamatan, di level cabang, wilayah hingga pengurus besar. Semuanya peduli terhadap masa depan NU, mereka berpikir dan bertindak tanpa disuruh dan tentu saja tidak bisa dilarang, tetapi semuanya sepakat untuk tetap mempertahankan kebesaran NU. Semuanya itu menunjukkan bahwa komitmen warga NU terhadap NU masih sangat besar. Memang perkembangan ini sempat menggusarkan beberapa pengurus NU, tetapi perkembangan ini sebenarnya sangat positif untuk mengukur komitmen mereka pada organisasi ini.
Kamis, 11/02/2010 16:33
Jakarta, NU Online
Ketua Lajnah Falakiyah PBNU KH A. Ghazalie Masroeri menyatakan, perbedaan hitungan hisab dalam penentuan tanggal 1 Rabiul Awal 1431 H tahun ini menunjukkan bahwa hisab tidak dapat dijadikan dasar penyatuan penetapan awal bulan Qomariyah atau Hijriyah.

“Ada lebih dari 20 manhaj (metode) hisab berkembang di Indonesia, dan perbedaan hitungan hisab selalu ada. Maka hisab tidak bisa dijadikan dasar, namun hanya sebagai pemandu pelaksanaan rukyatul hilal,” katanya kepada NU Online di Jakarta, Kamis (11/2).
Kamis, 11/02/2010 15:42
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Pandangan bahwa ketua umum PBNU atau para ketua NU di tingkat daerah harus memiliki pesantren sebagai pembuktian bahwa orang tersebut memiliki kekuatan keilmuan dalam memimpin NU yang telah berjalan selama sekian tahun perlu dirubah.

Para pemimpin NU seperti KH Idham Cholid dan KH Ali Yafie awalnya tidak memiliki pesantren, tetapi mendapat kritikan dari para kiai lainnya sehingga akhirnya juga mendirikan lembaga pendidikan Islam. Ini semakin memperkuat keyakinan pemimpin tertinggi NU harus memiliki pesantren.
Kamis, 11/02/2010 14:53
Edinbureg, NU Online
Setelah empat tahun mendekam dibalik jeruji besi, seorang mahasiswa Muslim, 24 tahun, dilepaskan dari dakwaan merencanakan aksi bom bunuh diri. Pernyataan resmi dari pengadilan menyatakan bahwa hakim sidang telah menuntun juri pada intepretasi salah.

"Saya tidak pernah bermaksud melakukan segala bentuk aksi terorisme. Saya akui saya bodoh dan banyak bicara. Namun, saya tak pernah berencana untuk menyakiti, apalagi membunuh orang di mana pun,"ujar si mahasiswa, Mohammed Atif Siddique.
Kamis, 11/02/2010 13:36
Malang, NU Online
Diperbolehkannya siswi mengggunakan kerudung (jilbab) dalam foto STTB (surat tanda tamat belajar) belum tersosialisasikan dengan baik di wilayah Kabupaten Malang. Surat Edaran Mandikdasmen Depdiknas SE 1177/C/PP/2002 itu dianggap tidak ada. Akibatnya, SMK Muhammadiyah Pagak Malang diadukan wali muridnya ke DPRD Kabupaten Malang.

Sekretaris Komisi B DPRD Bidang Kesra Dwi Hari Cahyono mengungkapkan, sekolah melarang siswi berpose menggunakan kerudung. Untuk foto ijazah, mereka harus menanggalkan kerudungnya. Bila mereka menolak, maka sekolah tidak bersedia memasang foto mereka di STTB.
Ubudiyah
Kamis, 23/10/2014 11:03
Jumat besok bertepatan dengan tanggal 24 Oktober 2014 adalah hari terakhir bulan Dzul Hijjah, sekligus juga hari penutup tahun 1435 H. Melangkah-sambut tahun...
Rabu, 22/10/2014 06:00
Dalam berbagai literatur fiqih dan buku-buku tuntunan shalat banyak ditemukan amalan dan do’a-do’a keseharian. Dari yang bersifat umum hingga...
Syariah
Selasa, 21/10/2014 13:00
Pada umumnya orang memahami bahwa shalat tahajjud dan shalat hajat adalah dua shalat berbeda yang biasa dilakukan pada malam hari. Sehingga seseorang yang...
Rabu, 08/10/2014 15:05
Apa hubungan gerhana bulan ( khusuf ) dan keadilan sosial? Gerhana merupakan peristiwa alam, salah satu bentuk kuasa Allah. Tetapi Rasulullah SAW sendiri...
Hikmah
Ahad, 19/10/2014 11:24
Dirinya sungguh tak menyangka bakal sembuh dengan cara istimewa. Semula orang laki-laki ini sehari-hari diliputi gelap karena kondisi matanya yang sama...
Jumat, 26/09/2014 10:04
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW.
Taushiyah
Senin, 20/10/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam perjalanan ke gedung TVRI saat subuh awal Februari 2003, penulis mendengar siaran sebuah radio swasta Jakarta yang...
Sabtu, 11/10/2014 10:01
Keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup -bahkan seluruh aspek kehidupan manusia- merupakan kunci kesejahteraan. Stabilitas hidup memerlukan...
Khotbah
Kamis, 23/10/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Barang siapa di pagi hari telah mengadukan kesulitannya kepada sesama (mahkluk/manusia), maka ia telah mengadukan Tuhannya. Dan barang siapa merasa  sedih dengan kondisi duniawinya di waktu pagi, maka dia telah membenci Tuhannya. Dan barang siapa merendahkan diri di hadapan orang kaya karena hartanya sungguh telah lenyap dua pertiga agamanya.    
Sabtu, 04/10/2014 09:08
KHOTBAH IDUL ADHA
Pada hari dan bulan ini umat Islam dari seluruh penjuru dunia disyariatkan menjalankan 2 ibadah disamping ibadah yang rutin dilaksanakan setiap hari. Pertama ibadah haji dan, kedua ibadah kurban. Ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu. Yang kedua, ibadah kurban. Ibadah ini berhukum sunnah ‘ain bagi individu dan sunnah kifayah bagi anggota keluarga.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefOktober 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::