Senin, 04 Mei 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Sabtu, 16/10/2010 09:54
Kediri, NU Online
Musim haji tahun 2010 ini membawa berkah tersendiri bagi sejumlah pengusaha konveksi di wilayah Kota Kediri. Mereka kebanjiran pembeli. Produk kerudung dan mukena, laris manis. Sebab, para calon jamaah haji banyak yang membeli kerudung dan mukena dalam jumlah banyak

Pada jamaah memborong peralatan ibadah tersebut sebelum berangkat ke Tanah Suci sebagai sofenir alias kenang-kenangan saat pulang dari menunaikan ibadah haji.
Sabtu, 16/10/2010 09:07
LIPUTAN HAJI
Madinah, NU Online Memasuki hari keempat kedatangan, jumlah jamaah calon haji (calhaj) yang masuk Madinah mencapai 20.138 orang. Dari jumlah itu, 2 jamaah meninggal dunia dan 14 lainnya dirawat di Balai Pengobatan Haji Indonesia (BPHI). Dua calhaj yang meninggal yakni Sudarmin bin Adam (55) asal Banda Aceh dan Mutaminah binti H Sueb embarkasi Bekasi kloter 6.
Sabtu, 16/10/2010 08:28
Lamongan, NU Online
Iwan Fals, Penyanyi pop legendaris yang punya jutaan fans fanatik berlabel OI (Orang Indonesia) kembali menyapa penggemarnya di Lamongan. Setidaknya dalam enam bulan ini dia telah dua kali bertandang ke kota soto.

Namun pada kunjungan kali ada nuansa berbeda dari sebelumnya. Kali ini merupakan road show spiritual pelantun lagu ‘Bento’ ini bersama Group Musik Ki Ageng Ganjur pimpinan Dr. Al-Zastrow ke beberapa pondok pesantren.
Sabtu, 16/10/2010 07:20
Malang, NU Online
Orang tua atau wali santri cenderung kasihan jika anaknya belajar di pondok pesantren yang tidak mempunyai sekolah formal. Ini yang menjadi salah satu penyebab menurunnya jumlah santri di beberapa pesantren salaf yang tidak membuka sekolah formal.

Kepala Kantor Kementerian Agama Mustain mengatakan, jumlah santri di pesantren salaf memang cenderung menurun. Orang tua santri berpikiran kalau anaknya sudah lulus dari pondok nanti, mereka tak akan bisa bekerja bekerja jika tidak memegang ijaah pendidikan formal.
Sabtu, 16/10/2010 06:35
GLOBAL PEACE FESTIVAL
Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menyatakan Indonesia merupakan sebuah wujud keberagaman yang menyatukan semua suku, bangsa, agama dan berbagai keragaman lain yang semuanya sepakat bergabung dalam Indonesia.

"Bukan Indonesia jika tanpa Islam, Katolik, Budha, Hindu, Protestan, Konghucu. Bukan Indonesia jika tanpa keturunan Jawa, Sumatra, Kalimantan, Papua, keturunan China, keturunan Arab dan lainnya," katanya ketika memberikan sambutan dalam acrajamuan  bagi peserta Global Peace Conference yang diselenggarakan di Balaikota DKI Jakarta, Jum'at (/) malam.
Jumat, 15/10/2010 20:24
SERBA-SERBI TANAH SUCI
Makkah, NU Online Lain ladang lain belalang, lain padang lain ilalang. Bagi Masyarakat Indonesia yang terbiasa menyiapkan uang amal jariyah tatkala melaksanakan  ibadah sholat jum'at di tanah Air harus siap kecewa. Pasalnya  uang riyal yang sudah disiapkan, terpaksa masuk dalam kantong lagi. Pemerintah Arab Saudi menerbitkan peraturan yang melarang beredarnya kotak amal di dalam masjid-masjid Arab Saudi khususnya Mekah dan Madinah.
Tentu hal ini sangat kontras dengan atmosfir masjid di tanah air. Kotak amal tersebar di berbagai sudut masjid. Selain digilir per shaf, kotak amal juga diletakkan di lokasi-lokais strategis, seperti pintu keluar. Belum lagi termasuk amplop surat amal yang  diberikan oleh panitia pembangunan masjid atau yayasan yatim
Jumat, 15/10/2010 18:31
Jakarta, NU Online
Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj menegaskan, Nahdlatul Ulama menolak upaya penggulingan pemerintah di tengah jalan karena Indonesia menganut prinsip presidensial dengan masa jabatan presiden selama lima tahun.

Hal ini disampaikannya dalam pertemuan dengan Wakil Presiden RI Boediono di Istana Wapres, Jum’at (15/10).
Jumat, 15/10/2010 17:40
LIPUTAN HAJI
Madinah, NU Online Impian setiap muslim untuk berkunjung ke Kabah yang agung. Di Masjidil Haram inilah berada multazam, tempat doa-doa dikabulkan. Dan Effendi Hasibuan meski sudah lanjut usia tetap sabar memendam asa untuk naik haji agar bisa melihat Ka'bah dengan mata kepalanya sendiri.   Effendi menabung bertahun-tahun untuk bisa bersama istrinya menunaikan rukun Islam yang kelima, naik haji bila mampu. Sepanjang usianya yang mencapai 68 tahun, pria asal Labuhan Batu Medan ini belum pernah pergi ke mana pun. Tempat terjauh yang pernah didatanginya baru Medan. Meski demikian ia tidak takut ke Arab yang jauh dari tanah air demi berdoa di Ka'bah.
Jumat, 15/10/2010 16:26
LIPUTAN HAJI
Madinah, NU Online Tidak satu jengkal pun sudut Masjid Nabawi yang sepi. Semua terisi penuh oleh jamaah haji. Ratusan ribu jamaah dari berbagai penjuru dunia memadati masjid mulia ini untuk mendirikan sholat Arbain. Hari ini, Jum'at (15/10), sejak Subuh tadi pukul 04.00 hingga saat ini, menjelang Sholat Jum'at waktu Arab Saudi (dengan selisih empat jam lebih lambat dibanding waktu Jakarta /WIB), jamaah terus mengalir memenuhi ruangan dalam hingga halaman Masjid.   Hingga Jumat ini, jamaah haji Indonesia  yang masuk Madinah sudah berjumlah sekitar 14 ribu orang. Belum lagi ditambah jamaah dari negara lain. Tahun ini diperkirakan jumlah jamaah haji yang datang akan sangat banyak melebihi tahun lalu. Hal itu terjadi karena hampir setiap negara mendapatkan tambahan kuota haji.
Jumat, 15/10/2010 15:33
DISKUSI KAMISAN (3)
Jakarta, NU Online
Direktur Pendidikan Tinggi Islam Kementrian Agama, Prof Dr Muhammad Machasin. mengakui saat ini sulit menjawab adanya kajian Islam yang serius dan berkelanjutan di Indonesia. Yang banyak dilakukan adalah pengajian di majelis taklim atau madrasah yang membuat orang faham, ngerti dan bisa mengamalkan.

“Kalau pengajian dalam pengertian membahasan topik keislaman secara serius dengan mengikuti kaidah pencarian data, analisis dan penyimpulan yang bener, ini masih langka. Indikatornya, tak muncul karya ilmiah seperti itu, kecuali untuk disertasi dan thesis,” katanya dalam diskusi Kamisan NU Online, (14/10).
Jumat, 15/10/2010 14:23
DISKUSI KAMISAN (2)
Jakarta, NU Online
Salah satu sebab mengapa kajian Islam di Indonesia semakin miskin adalah para pengkaji Islam mulai masuk ke perguruan tinggi yang merupakan hasil migrasi dari para para pengkaji Islam yang dulu banyak di komunitas yang independen.

Para pengkaji tersebut mulai masuk dalam cangkang akademik dengan struktur pengetahuan yang disediakan perguruan tingi yang memiliki logika berbeda. Homo akademikus berbeda dengan orang yang ada di luar perguruan tinggi. Kajian Islam menjadi satu spesialisasi pada struktur yang lebih stabil.
Jumat, 15/10/2010 13:11
DISKUSI KAMISAN (1)
Jakarta, NU Online
Studi atau kajian Islam setelah reformasi mengalami pergeseran serius yang sampai sekarang belum dipetakan. Walaupun banyak forum regular yang muncul yang mengkaji Islam di Indonesia tetapi belum memunculkan pemikiran keislaman. Ada satu gap antara kajian keislaman dan hasilnya, antara kajian dan realita publik.

Satu hal yang merosot belakangan ini adalah tidak adanya ikon pemikiran keislaman seperti Gus Dur atau Cak Nur (Nurcholis Masjid) atau Natsir. Natsir, meskipun agak ‘kanan’, tetapi banyak mempengaruhi aspek tertentu kehidupan umat Islam di kelom
Jumat, 15/10/2010 11:17
GLOBAL PEACE FESTIVAL
Jakarta, NU Online
Salah satu rangkaian dari pelaksanaan Global Peace Festival adalah Global Peace Leadership Conference yang merupakan konferensi internasional yang akan melibatkan para pakar internasional dan para pemuda.

Pembukaan yang akan dilaksanakan pada Sabtu, pukul 09.00 WIB akan dibuka oleh Wakil Presiden RI Boediono bertempat di Hotel Grand Melia Jakarta. Konfensi akan dilaksanakan pada 15-18 Oktober.
Jumat, 15/10/2010 10:09
Cibinong, NU Online
Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia Cabang Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menyambut positif dan menyampaikan apresiasi terhadap program pengembangan jalan poros tengah timur atau poros Jonggol yang digagas Pemkab Bogor.

Ketua Umum PMII Cabang Kabupaten Bogor Komaruddin Wahid, di Cibinong, Jumat (15/10/2010) mengatakan, gagasan pengembangan jalan poros Jonggol merupakan terobosan sangat positif yang bisa menimbulkan banyak dampak bagi kemajuan pembangunan Bogor ke depan.
Jumat, 15/10/2010 09:35
Gresik, NU Online
Iwan Fals belakangan rajin berkunjung ke pesantren-pesantren untuk melakukan perjalanan spiritual, dakwah, dan musik religi bersama dengan Sastro Al Ngatawi yang juga ketua Lesbumi NU.

Salah satunya ke pesantren yang baru saja dikunjungi adalah pesantren Bumi Aswaja pimpinan Ustadz Irsyadul Ibad di Desa Wonokerto Kecamatan Dukun di Gresik. Selanjutnya, ia menggelar konser religi dengan group musik Ki Ageng Ganjur di Alun-alun Sidayu, Kabupaten Gresik, Jatim, Rabu malam.
Jumat, 15/10/2010 08:41
Jeddah, NU Online
Direktur Pelayanan Haji, Zainal Abidin Supi, mengakui pihaknya memberikan teguran kepada Saudi Arabian Airlines.

Teguran diberikan terkait keterlambatan penerbangan jemaah haji keloter 5 embarkasi Jakarta Bekasi SV 5305 selama 14 jam. Teguran lewat surat yang dikirimkan Direktur Pelayanan, Haji Zainal Abidin Supi, kepada Country Manager Indonesia, Saudi Arabian Airlines, tertanggal Rabu (13/10), katanya.
Ubudiyah
Sabtu, 18/04/2015 06:06
Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam...
Kamis, 16/04/2015 05:58
Orang mati tidak mungkin bisa kembali lagi. Sebagaimana tidak mungkinnya orang mati menambah amal sebagai revisi atas amal yang telah diperbuatnya selama...
Syariah
Jumat, 01/05/2015 04:01
Ikan dalam keadaan hidup-hidup maupun bangkainya, dihukumkan halal. Bagi yang hobi, ikan bisa diolah dengan pelbagai macam cara dan aneka bumbu. Ikan bisa...
Senin, 20/04/2015 20:03
Pada prinsipnya puasa sunah dianjurkan untuk dilaksanakan sebanyak mungkin mengingat puasa sarat keutamaan lahir dan batin. Karenanya agama Islam tidak akan...
Hikmah
Jumat, 17/04/2015 09:01
Jasad Syekh Abu Bakr Asy-Syibli memang terkubur dalam tanah sejak tahun 946 silam. Tapi nasihat santri Imam Junaid al-Baghdadi ini seakan terus mengalir...
Jumat, 10/04/2015 09:01
Menyayangi anak adalah sifat dan naluri yang dimiliki setiap orang tua. Tetapi, kasih sayang semacam apakah yang paling hakiki? Apakah dengan memanjakannya...
Taushiyah
Selasa, 28/04/2015 09:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Saat membaca kembali makalah-makalah yang dikirimkan kepada sejumlah penerbitan, disampaikan dalam sekian buah seminar dan...
Senin, 13/04/2015 07:05
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun terakhir ini kita saksikan pergulatan yang hebat di kalangan berbagai kelompok Islam di Tanah Air. Banyak muncul...
Khotbah
Kamis, 09/04/2015 10:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam membangun pola hidup sederhana ( إقامة المجتمع المقتصد - Iqamatul mujtama’ al-muqtashid) baik sederhana dalam pola berpikir, dalam tindakan dan tingkah laku. Sesungguhnya kehidupan yang sederhana diawali dari tindakan yang sederhana. Tindakan yang sederhana diawali dari ucapan yang sederhana, dan ucapan yang sederhana bersumber dari pola pikir yang sederhana. Dan pola pikir sederhana adalah memikirkan sesuatu yang bermanfaat, dan menjauhkan diri dari sesuatu yang dinilai tidak perlu.   
Kamis, 19/03/2015 11:00
KHOTBAH JUMAT
Bahkan dalam kitab Qomi’uth Thughyan diceritakan, Ada orang yang berlumur dosa, namun kemudian Allah melebur dosa-dosanya. Baginda Nabi bertanya kepada malaikat Jibril “sebab apa gerangan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?” Jibril menjawab karena ia menyenangkan putranya dengan ia memberikan buah tangan ketika pulang dari bepergian 
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefMei 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::