Jumat, 24 Oktober 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Sabtu, 13/02/2010 01:53
Moskow, NU Online
Para pemimpin Muslim di Rusia telah menyerukan umat Islam untuk memboikot perayaan hari Saint Valentine, dan menyatakan bahwa perayaan tersebut merupakan "ajaran permisif universal, amoralitas dan nihilisme.

Sebuah dewan pimpinan Muslim di kawasan Nizhny Novgorod Rusia, Rabu mengeluarkan pernyataan yang menyerukan sebuah "larangan" merayakan Hari Valentine, yang semakin populer di Rusia meskipun bukan merupakan hari libur resmi.
Jumat, 12/02/2010 22:32
Madinah, NU Online
Menikah sangat muda, dianiaya, dan kini Afrah, istri belia asal Madinah, Arab Saudi menggugat cerai suaminya yang berusia 37 tahun lebih tua darinya. Beruntung, hakim di pengadilan berpihak padanya dan mengabulkan gugatan cerainya, hal yang ditabukan di negara itu.

Tak hanya tuntutan perceraiannya yang dikabulkan, ia juga menerima kompensasi 1.200 Real (sekitar Rp 3 juta) dan 600 Real untuk setiap pemukulan yang pernah dilakukan mantan suaminya. Putusan pengadilan didasarkan pada bukti otentik berupa visum dokter.
Jumat, 12/02/2010 20:49
Banda Aceh, NU Online
Kalangan ulama mengimbau masyarakat terutama umat Islam di Provinsi Aceh agar tidak merayakan hari "valentine" karena bukan merupakan budaya bangsa Indonesia. Demikian dinyatakan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Tgk Faisal Ali.

"Saya mengimbau umat Islam khususnya generasi muda Aceh untuk tidak merayakan hari valentine karena itu bukan budaya kita dan jelas bertentangan dengan aqidah yang kita anut. Karena setiap Muslim menjalankan aktifitas sehari-harinya berdasarkan ajaran Islam," katanya di Banda Aceh, Jum'at (12/2).
Jumat, 12/02/2010 19:06
RUU PERKAWINAN
Jakarta, NU Online
Upaya pemerintah untuk memberi perlindungan yang lebih maksimal kepada warga negara dalam aspek keluarga kini diupayakan melalui draf Rancangan Undang-Undang tentang Hukum Materiil Peradilan Agama Bidang Perkawinan yang masuk dalam daftar Program Legislasi Nasional (Prolegnas) tahun 2010.

Terdapat beberapa aspek penting mengenai kehidupan perkawinan yang diatur, diantaranya larangan melakukan perkawinan siri, perkawinan mut’ah, perkawinan kedua, ketiga, dan keempat, serta perceraian yang tanpa dilakukan di muka pengadilan, melakukan perzinahan dan menolak bertanggung jawab, serta menikahkan atau menjadi wali nikah padahal sebetulnya tidak berhak.
Jumat, 12/02/2010 18:03
JELANG MUKTAMAR
Surabaya, NU Online
Rais Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim KH Miftachul Akhyar menyatakan, para kiai di Jatim tidak menginginkan PBNU dipimpin oleh orang-orang yang menyepelehkan persoalan akidah atau ihwal keimanan dalam agama Islam. Tidak hanya untuk menjadi ketua umum, para kiai juga menginginkan mereka tidak masuk dalam jajaran PBNU.

“Penolakan ini sudah lama menjadi kesepakatan ulama di Jawa Timur. Kita ingin PBNU dibersihkan dari orang-orang liberal yang meremehkan agama, yang ngentengno (menyepelekan) akidah,” kata Kiai Miftah terkait pernyataan PWNU Jatim yang menolak kandidat ketua umum PBNU yang proliberal dalam Muktamar ke-32 di Makassar, Maret mendatang.
Jumat, 12/02/2010 17:14
BAHTSUL MASAIL
Jakarta, NU Online
NU memandang bahwa penyerapan hukum Islam dalam hukum nasional adalah suatu keniscayaan, karena sebagian besar masyarakat Indonesia beragama Islam. Namun bagi NU, penyerapan hukum Islam dalam hukum nasional tetap harus sejalan dengan semangat Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Demikian dalam draft materi Bahtsul Masail Diniyah Qonuniyah yang akan dibahas dalam Muktamar ke-32 NU di Makassar. Pembahasan ini terdapat dalam tema besar “Qawaidut Taqnin NU” atau tata aturan penetapan perundang-undangan menurut NU yang merupakan satu dari 11 masalah yang akan dibahas dalam Komisi Qonuniyah ini.
Jumat, 12/02/2010 16:23
UU PENODAAN AGAMA
Jakarta, NU Online
Pengurus Pusat lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (PP LDNU) mendukung sepenuhnya upaya pihak-pihak yang menolak pengajuan uji materi UU No. 1 Tahun 1965 tentang Penyalahgunaan dan/atau Penodaan Agama. PP LDNU Beranggapan bahwa pola hidup masyarakat akan berantakan jika UU mengenai penodaan agama tadi dicabut.

"LDNU beserta seluruh jajaran pengurusnya hingga tingkat terbawah, mendukung sepenuhnya segala upaya untuk menolak gugatan beberapa LSM yang mengajukan uji materi UU No. 1 Tahun 1965 tersebut," terang Ketua PP LDNU KH AN. Nuril Huda dalam perbincangannya dengan NU Online di Jakarta, Jum'at (12/2).
Jumat, 12/02/2010 15:18
Bojonegoro, NU Online
Ada yang berbeda dengan perayaan imlek tahun ini di Bojonegoro. Biasanya, malam puncak Imlek selalu ditandai dengan pesta kembang api.

Tetapi, tahun ini hampir tidak ada pesta kembang api, karena umat Tri Dharma di Bojonegoro sepakat untuk mengenang dan menghormati Alm KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur yang baru saja diperingati 40 hari meninggalnya.
Jumat, 12/02/2010 14:08
Palembang, NU Online
Senam aerobik hendaknya dilakukan secara sopan dengan pakaian yang digunakan pesenam tidak meransang hawa nafsu, demikian Ketua Majelis Ulama (MUI) Sumatra Selatan KHM Sodikun di Palembang, Jumat.

Dia mengatakan, selama ini pakaian senam aerobik tidak sesuai dengan budaya Islam sehingga iperlu dibenahi, sementara gerakan senamnya sendiri kerap menimbulkan pikiran kurang bagus.
Jumat, 12/02/2010 13:04
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) merespon positif rencana kunjungan Presiden Barack Obama ke Indonesia sebagai negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

Ketua PBNU H Ahmad Bagdja berharap kunjungan Obama membawa berdampak positif bagi hubungan Islam dan Barat, terutama terkait kebijakan negaranya soal penyelesaian konflik di Timur Tengah.
Jumat, 12/02/2010 12:12
Jakarta, NU Online
LSM Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) menolak liberalisasi importasi dan peredaran minuman keras (Miras) dan mendesak pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY)-Boediono segera merevisi atau mencabut Permendag No 43 tahun 2009 tentang pengadaan, pengedaran, penjualan, pengawasan dan pengendalian minuman beralkohol yang akan meliberalisasi importasi dan perdagangan Miras di Indonesia, karena kebijakan itu akan merusak moral dan masa depan bangsa.

"Untuk itu, kami menolak upaya liberalisasi importasi dan perdagangan Miras di Indonesia dengan memanfaatkan momentum ACFTA. Permendag itu dapat menciderai perasaan kaum muslimin di Indonesia, serta akan merusak moral bangsa dan masa depan generasi muda," kata Presiden LIRA HM Jusuf Rizal dalam keterangan persnya di Jakarta, Kamis.
Jumat, 12/02/2010 11:10
Kuala Lumpur, NU Online
Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad mengakui Indonesia bisa menjadi negara besar ke-7 di dunia tergantung pendekatan pemerintah terhadap rakyatnya.

"Itu karena Indonesia telah ditopang dengan kekayaan sumber alam, jumlah rakyat yang besar dan berpendidikan. Tinggal bagaimana pendekatan pemerintah terhadap rakyatnya," katanya di Kuala Lumpur, Kamis (11/2).
Jumat, 12/02/2010 10:17
Nashville, NU Online
Teror sebagian warga Amerika terhadap umat Islam masih berlanjut. Setidaknya hal ini dibuktikan dengan aksi vandalisme di salah satu masjid di Nashville, Texas, Amerika Serikat (AS). Kemarin, jendela masjid tersebut dipenuhi coretan yang antara lain bertuliskan 'Muslims Go Home'

Polisi setempat menyatakan bahwa aksi vandalisme di masjid Al Farooq itu merupakan bentuk kebencian. Salaad Nur, mengungkapkan bahwa pelaku vandalisme itu tak hanya mencorat-coret masjid. Kata dia, pelaku juga meninggalkan secarik pesan yang berisi eskpresi kebencian dan ancaman.
Jumat, 12/02/2010 09:01
Teheran, NU Online
Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad menyerang Presiden Amerika Serikat Barack Obama pada Kamis, dengan mengatakan jika timpalannya itu telah kehilangan peluang dan melayani kepentingan Israel.

"Sayangnya, harapan untuk perubahan (pada kebijakan AS) adalah sebuah proses perubahan cepat menuju keputusasaan," katanya seperti dikutip AFP.
Jumat, 12/02/2010 08:31
Sumenep, NU Online
Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sumenep, Madura, Jawa Timur mengharamkan perayaan Hari Kasih Sayang ("Valentine Day") yang lazim dilakukan kaum muda sekarang.

"Kegiatan tersebut lebih mengarah pada hura-hura yang sifatnya kurang bermanfaat dan sebagian sudah mengarah pada perbuatan maksiat. Kegiatan seperti itu sudah layak diharamkan. Kami mengimbau kaum muda Islam jangan merayakannya," kata Ketua PCNU Sumenep, K.H. Abdullah Cholil di Sumenep, Kamis (11/2).
Jumat, 12/02/2010 07:43
Pamekasan, NU Online
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pamekasan, Madura, Jawa Timur, mengimbau umat Islam tidak merayakan hari Valentine, yang selama ini biasa dirayakan oleh sebagian warga di wilayah tersebut.

Larangan perayaan hari Valentine ini disampaikan Ketua MUI Cabang Pamekasan, KH Lailurrahman, Kamis (11/2), menyusul banyaknya penyalahgunaan tentang perayaan hari Valentine oleh kaum remaja dan pemuda."Di samping itu, hari Valentine bukan tradisi umat Islam," katanya
Ubudiyah
Kamis, 23/10/2014 11:03
Jumat besok bertepatan dengan tanggal 24 Oktober 2014 adalah hari terakhir bulan Dzul Hijjah, sekligus juga hari penutup tahun 1435 H. Melangkah-sambut tahun...
Rabu, 22/10/2014 06:00
Dalam berbagai literatur fiqih dan buku-buku tuntunan shalat banyak ditemukan amalan dan do’a-do’a keseharian. Dari yang bersifat umum hingga...
Syariah
Selasa, 21/10/2014 13:00
Pada umumnya orang memahami bahwa shalat tahajjud dan shalat hajat adalah dua shalat berbeda yang biasa dilakukan pada malam hari. Sehingga seseorang yang...
Rabu, 08/10/2014 15:05
Apa hubungan gerhana bulan ( khusuf ) dan keadilan sosial? Gerhana merupakan peristiwa alam, salah satu bentuk kuasa Allah. Tetapi Rasulullah SAW sendiri...
Hikmah
Ahad, 19/10/2014 11:24
Dirinya sungguh tak menyangka bakal sembuh dengan cara istimewa. Semula orang laki-laki ini sehari-hari diliputi gelap karena kondisi matanya yang sama...
Jumat, 26/09/2014 10:04
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW.
Taushiyah
Senin, 20/10/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam perjalanan ke gedung TVRI saat subuh awal Februari 2003, penulis mendengar siaran sebuah radio swasta Jakarta yang...
Sabtu, 11/10/2014 10:01
Keseimbangan dan kelestarian lingkungan hidup -bahkan seluruh aspek kehidupan manusia- merupakan kunci kesejahteraan. Stabilitas hidup memerlukan...
Khotbah
Kamis, 23/10/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Barang siapa di pagi hari telah mengadukan kesulitannya kepada sesama (mahkluk/manusia), maka ia telah mengadukan Tuhannya. Dan barang siapa merasa  sedih dengan kondisi duniawinya di waktu pagi, maka dia telah membenci Tuhannya. Dan barang siapa merendahkan diri di hadapan orang kaya karena hartanya sungguh telah lenyap dua pertiga agamanya.    
Sabtu, 04/10/2014 09:08
KHOTBAH IDUL ADHA
Pada hari dan bulan ini umat Islam dari seluruh penjuru dunia disyariatkan menjalankan 2 ibadah disamping ibadah yang rutin dilaksanakan setiap hari. Pertama ibadah haji dan, kedua ibadah kurban. Ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu. Yang kedua, ibadah kurban. Ibadah ini berhukum sunnah ‘ain bagi individu dan sunnah kifayah bagi anggota keluarga.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefOktober 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::