Jumat, 31 Oktober 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 22/02/2010 09:11
BAHTSUL MASAIL
Jakarta, NU Online
Masalah khitan perempuan juga akan dibahas dalam seminar ulama dan bahtsul masail di Pondok Pesantren Al-Aziziyah Denanyar, Jombang, Sabtu (27/2) mendatang.

Seminar dan bahtsul masil ini juga mengundang Menteri Agama RI Suryadharma Ali, Menteri Sosial Salim Segaff Al-Jufri, Wakil Kepala BIN As’ad Said Ali, perwakilan PBNU, PWNU, MUI dan beberapa guru besar perguruan tinggi Islam.
Senin, 22/02/2010 08:26
Jakarta, NU Online
Pimpinan Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) menyatakan, tidak perlu melakukan rekonsiliasi atau islah dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Ketua Dewan Syura PKNU KH Abdurrahman Chudlori (Mbah Dur) di Jakarta, Ahad menyatakan, islah dilakukan jika ada dua pihak atau lebih terlibat konflik, sementara di antara PKNU dan PKB tidak ada konflik.
Senin, 22/02/2010 07:28
PILKADA
Malang, NU Online
Rais Syuriyah MWCNU kecamatan Poncokusumo, Malang, KH Masykur Hafidz mengaku gerah dengan sejumlah pernyataan politisi di sejumlah media massa terkait rencana pencalonan pengurus NU sebagai bakal calon wakil bupati Malang. Bahkan beberapa politisi mengatakan NU akan dijual. Ia menganggap, pernyataan itu sebagai gerakan black campaign.

"Pernyataan itu kan menjurus pada salah satu kader NU yang akan dicalonkan, jangan melakukan kampanye hitam begitulah, itu kan tergolong pembunuhan karakter,” tandas Masykur di Malang, Ahad (21/2).
Senin, 22/02/2010 06:38
Hadramaut, NU Online
Rektor Universitas Al Ahgaff Yaman, Prof Habib Abdullah Muhammad Baharun yang baru saja melakukan kunjungan ke Indonesia selama satu bulan lebih pada awal tahun 2010 ini menyambut baik kehadiran organisasi sosial-keagamaan Nahdlatul Ulama (NU) di negeri Saba’.

Hal ini disampaikannya terkait pelaksanaan sidang pleno Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Yaman yang digelar untuk pertama kalinya dalam periode kepengurusan tahun 2010 M ini, pada Jum'at (19/2) kemarin.
Senin, 22/02/2010 06:33
Brebes, NU Online
Sebagai organisasi kader, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) diminta lanjutkan perjuangan Nahdlatul Ulama. Pasalnya, IPNU-IPPNU sebagai kecambahnya NU.

Bila kecambah-kecambah tak tahan terhadap berbagai terpaan situasi alam, maka sulit untuk tumbuh menjadi pohon kehidupan NU. Untuk itu IPNU harus membekali diri dengan berbagai disiplin ilmu, sesuai dengan bakat dan kemampuan masing anggota.
Senin, 22/02/2010 03:43
Jakarta, NU Online
Warga Tionghoa di Jakarta secara khusus mendoakan Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) dalam peringatan Tahun Baru Imlek 2561 di Jakarta Convention Centre, Sabtu sore (20/2) kemarin. Gus Dur dianggap berjasa kepada masyarakat Tionghoa.

Dalam doa yang dipanjatkan Hanny Kilapong dengan diawali kidung Wei De Dong Tian, mereka mendoakan KH Abdurrahman Wahid agar mendapat tempat layak di sisi Tuhan Yang Maha Esa.
Ahad, 21/02/2010 20:10
JELANG MUKTAMAR
Pekalongan, NU Online
Usai bersilaturahim ke sejumlah pondok pesantren di Jawa Tengah dan Jawa Barat, termasuk ke Pesantren Kempek Cirebon, KH Sholahudin Wahid atau Gus Solah menemui Habib Muhammad Luthfi di kediamannya Pekalongan, Sabtu (20/2) tadi malam.

Gus Sholah semakin mantap untuk maju menggantikan KH Hasyim Muzadi lima tahun mendatang menjadi Ketua Umum Pengurus Besar NU melalui Muktamar NU pada Maret mendatang di Makassar.
Ahad, 21/02/2010 19:00
Al-Quds, NU Online
Lembaga Hak Asasi Manusia (HAM) Baitussalam  di wilayah Entitas Zionis menyebutkan, militer Zionis terungkap telah menangkap seorang bocah Palestina dari Silwan, wilayah Al-Quds terjajah. Mereka menangkapi para remaja Palestina yang berumur antara 12 tahun hingga 15 tahun.

Dalam laporan yang dirilis Sabtu (20/2), lembaga ini menyebutkan, pemeriksaan dilakukan dengan sangat berat, seperti menutup mata mereka dalam waktu yang lama. Bersamaan dengan itu, mereka juga terus mendapatkan ancaman dan intimidasi. Hal ini jelas-jelas menyalahi konvensi perang dunia yang mewajibkan pihak-pihak berperang untuk melindungi anak-anak dan perempuan.
Ahad, 21/02/2010 17:39
Jakarta, NU Online
Belajar dari kegagalan pemilu 2009 lalu, Ketua Umum DPP PKB A. Muhaimin Iskandar menyatakan, partai yang dipimpinnya terus berikhtiar membesarkan partai berbasis warga NU ini. Salah satu cara yang ditempuh adalah merajut kekuatan politik NU.

“Ikhtiar tentunya akan berhasil hanya dengan saling menerima, saling memahami dan tidak ada pemaksaan satu dengan yang lain,” katanya di sela Rapat Kerja Departemen DPP PKB, Sabtu (20/2).
Ahad, 21/02/2010 16:49
Jakarta, NU Online
Posisi ulama saat ini dianggap sudah menjadi satu indikator agar rakyat bertindak mengikuti saran para ulama tersebut. Karenanya, Road Safety Association (RSA) meminta agar Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan fatwa haram bersepeda motor tanpa helm.

"RSA meminta bantuan ke MUI agar turut mengajak para ulama menyebarluaskan keselamatan berkendara, termasuk bersepeda motor yang aman," ujar Ketua Umum RSA, Rio Octaviano, usai bertemu Sekretaris Jenderal MUI Ichwan Syam, di Jakarta, baru-baru ini.
Ahad, 21/02/2010 15:10
RUU PERKAWINAN
Jakarta, NU Online
Ketidaksinkronan antara DPR dan Menteri Agama Suryadharma Ali soal RUU Nikah Siri membuat publik bingung. Untuk membahas masalah ini, Senin (22/2) besok, jajaran Kementerian Agama (Kemenag) akan melakukan rapat.

"Kita saat ini lagi konsentrasi untuk mendalami masalah ini. Besok kita akan melakukan pertemuan," kata Dirjen Bimas Islam Nazaruddin Umar di Jakarta, Ahad(21/2).
Ahad, 21/02/2010 13:57
Amsterdam, NU Online
Masjid Polder di Amsterdam terancam harus gulung tikar karena kekurangan dana. Masjid ini dikenal sebagai pusat kegiatan bagi kelompok Islam liberal di negara tersebut. Untuk bisa bertahan, dalam waktu dua minggu ini pengelola masjid harus mendapatkan uang 50 ribu Euro (sekitar Rp 650 juta), untuk membayar tunggakan sewa gedung.

Masjid Polder dibuka satu setengah tahun yang lalu. Beda dengan masjid-masjid di Belanda mereka membolehkan wanita dan pria sholat berjamaah dalam satu ruangan. Selain itu, Bahasa Belanda dipakai sebagai bahasa pengantar. Saat ini di Belanda, kebanyakan masjid menggunakan Bahasa Arab atau Maroko.
Ahad, 21/02/2010 12:01
Lamongan, NU Online
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) H Ahmad Bagdja menegaskan kesiapannya untuk maju sebagai calon Ketua Umum PBNU menggantikan KH Hasyim Muzadi pada Muktamar ke-32 NU, di Makassar, 22-27 Maret mendatang. Bagdja yang sudah 25 tahun menjadi pengurus PBNU merasa sangat paham dengan problem yang dihadapi NU saat ini.

“Saya sudah 25 di NU, masa kepengurusan Gus Dur selama 15 tahun, pada periode terakhir sebagai Sekjen mendampingi Gus Dur. Sedang pada masa Pak Hasyim ini 10 tahun dengan jabatan Ketua. Jadi, kalau para kiai banyak meminta saya untuk menjadi Ketua Umum, tentu saya harus siap,” kata Bagdja di sela acara pembukaan Festival Hadrah Nusantara dalam rangka pra Muktamar NU, di Pesantren Tarbiyatut Tholabah Lamongan, Sabtu (20/2).
Ahad, 21/02/2010 10:28
Jakarta, NU Online
Ketua Komisi VIII DPR RI Abdul Kadir Karding mengaku heran, isu mengenai aturan baru tentang nikah siri yang menjadi bagian dari draft yang diajukan pemerintah untuk Rancangan Undang Undang tentang Hukum Materiil Peradilan Agama bidang Perkawinan bisa muncul ke permukaan dan mendapat sambutan dari masyarakat luas.

Padahal RUU Materiil Peradilan Agama bidang Perkawinan belum tentu dibahas dalam tahun anggaran 2010. ”Kalupun masuk Prolegnas (Program Legislasi Nasional, red) itu masuk nomer urut ke sekian dan belum tentu bisa dibahas tahun ini,” katanya kepada NU Online.
Ahad, 21/02/2010 09:18
Jakarta, NU Online
Ketua Umum DPP PKB A. Muhaimin Iskandar menyatakan dirinya berharap berbagai elemen politik NU bisa bergabung dengan PKB untuk memenangkan pemilu mendatang.

Ia mengaku telah menjalin komunikasi dengan beberapa kiai sepuh pendiri Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU). Dia berharap PKNU bisa bergabung dengan PKB, dan sebagai kompensasinya dia akan menampung beberapa pentolan PKNU dalam struktur kepengurusan DPP PKB.
Ahad, 21/02/2010 07:44
RUU PERKAWINAN
Jakarta, NU Online
Ketua PWNU Jatim KH Mutawakkil menyatakan jerat pidana terhadap pelaku nikah siri bertentangan dengan syariah.  Dan sesuai syariah Islam, persyaratan nikah itu harus ada wali, ijab kabul, mas kawin dan saksi, tanpa ada ketentuan dicatatkan di instansi pemerintah.

"Syarat ini dibenarkan semua mazhab dalam Islam, mulai mazhab Imam Syafi`i, Hanafi sampai Hambali," kata Mutawakkil.
Ubudiyah
Selasa, 28/10/2014 14:00
Keutamaan bulan Muharram tidaklah perlu disangsikan lagi. Namun keutamaan itu harus diisi dengan berbagai amalan-amalan yang berbobot, sehingga keutamaan itu...
Kamis, 23/10/2014 11:03
Jumat besok bertepatan dengan tanggal 24 Oktober 2014 adalah hari terakhir bulan Dzul Hijjah, sekligus juga hari penutup tahun 1435 H. Melangkah-sambut tahun...
Syariah
Selasa, 21/10/2014 13:00
Pada umumnya orang memahami bahwa shalat tahajjud dan shalat hajat adalah dua shalat berbeda yang biasa dilakukan pada malam hari. Sehingga seseorang yang...
Rabu, 08/10/2014 15:05
Apa hubungan gerhana bulan ( khusuf ) dan keadilan sosial? Gerhana merupakan peristiwa alam, salah satu bentuk kuasa Allah. Tetapi Rasulullah SAW sendiri...
Hikmah
Ahad, 19/10/2014 11:24
Dirinya sungguh tak menyangka bakal sembuh dengan cara istimewa. Semula orang laki-laki ini sehari-hari diliputi gelap karena kondisi matanya yang sama...
Jumat, 26/09/2014 10:04
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW.
Taushiyah
Jumat, 24/10/2014 20:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Adalah fenomena baru dan masih menimbulkan berbagai pertanyaan, jika masalah perpajakan dikaitkan dengan peranan kiai atau ulama....
Senin, 20/10/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam perjalanan ke gedung TVRI saat subuh awal Februari 2003, penulis mendengar siaran sebuah radio swasta Jakarta yang...
Khotbah
Kamis, 30/10/2014 14:00
KHOTBAH JUMAT
Dalam salah satu taushiyahnya Sayyidul Auliya Syaikh Abdul Qadir al-Jailani pernah membagi jenis manusia dalam empat bagian besar. pertama; mereka yang hati dan lisannya mati. Kedua, mereka yang mati hatinya namun lisannya bercerita. ketiga mereka yang kelu lidahnya, tetapi hayat hatinya. dan terakhir mereka yang berilmu dan berkarya sesuai ilmunya. 
Kamis, 23/10/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Barang siapa di pagi hari telah mengadukan kesulitannya kepada sesama (mahkluk/manusia), maka ia telah mengadukan Tuhannya. Dan barang siapa merasa  sedih dengan kondisi duniawinya di waktu pagi, maka dia telah membenci Tuhannya. Dan barang siapa merendahkan diri di hadapan orang kaya karena hartanya sungguh telah lenyap dua pertiga agamanya.    
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefOktober 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::