Senin, 22 September 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 11/01/2010 14:44
Jakarta, NU Online
Dewasa ini makin perlu adanya forum diskusi dikalangan pelajar, santri dan mahasiswa dalam membicarakan hal baru yang  bergejolak di bangsa baik budaya, sosial, politik, kesehatan sebagai upaya memperkaya diri dalam mengakses pengetahuannya. Hal tersebut sangat penting untuk bisa dijadikan media latihan untuk membudayakan menulis dan menganalisis melalui forum-forum ilmiah.

Hal demikian juga menjadi tujuan dari penyelenggaraan Youth Discussion Club (YDC) PP IPPNU (Pimpinan Pusat Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) yang dilaksanakan setiap hari Jum’at sebulan sekali. YDC PP IPPNU telah dilaunchingkan pada Jum’at 11 Desember lalu di Musholla PBNU sekaigus dibuka oleh Sekretaris Jenderal PBNU Endang Turmudzi.
Senin, 11/01/2010 13:32
Palembang, NU Online
Tayangan di televisi yang cenderung banyak mengandung unsur fitnah hendaknya dilarang, karena akan berdampak memecah belah kerukunan rumah tangga dan masyarakat.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatra Selatan (Sumsel) KHM Sodikun ketika dihubungi di Palembang, Ahad membenarkan bahwa tayangan yang sering disiarkan di layar televisi selama ini dinilai sebagian kurang mendidik bahkan mengandung unsur fitnah.
Senin, 11/01/2010 12:34
Rembang, NU Online
KH A. Musthofa Bisri (Gus Mus) yang juga salah seorang penggagas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mendukung penyatuan kembali PKB atau islah yang dipelopori oleh beberapa pentolan PKB dan para tokoh NU. “Setiap ada upaya perbaikan dan untuk kepentingan bersama, saya perlu dukung,” katanya singkat.

Namun hingga saat ini format islah dua kubu PKB belum jelas. Gus Mus sendiri meski mendukung bersatunya kembali berbagai elemen dan simpatisan PKB, mengaku tidak terlibat langsung dalam proses itu.
Senin, 11/01/2010 11:42
Temanggung, NU Online
Bupati Hasyim Afandi secara tegas menyatakan, Pemkab sepenuhnya mendukung keinginan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Temanggung untuk mengusulkan almarhum Gus Dur ditetapkan sebagai pahlawan nasional. Pemkab akan mengeluarkan rekomendasi untuk memperkuat usulan dari PCNU tersebut.

"Silakan PCNU mengusulkan, Pemkab akan menyetujui dan mendukungnya, serta merekomendasikan guna memperkuatnya," kata Bupati, usai menghadiri acara Istiqotsah dan Tahlil Akbar untuk Pahlawan Bangsa yang digelar keluarga besar NU Temanggung, di Pendapa Pengayoman, Sabtu malam (9/1) seperti dikutip Suaramerdeka.
Senin, 11/01/2010 10:31
Medan, NU Online
Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, tahun 1431 Hijriyah adalah tahun persaudaraan dan kesantunan bagi bangsa Indonesia.

"Mengapa ini perlu dicanangkan, karena persaudaraan merupakan perintah agama dan santun merupakan visi Nabi Muhammad SAW dalam mengembangkan ajaran Islam. Tanpa kesantunan, persaudaraan dan akhlak yang mulia, bangsa ini tidak bisa melakukan perubahan," katanya di Medan, Ahad (10/1).
Senin, 11/01/2010 09:24
Bogor, NU Online
Wafatnya Presiden Republik Indonesia ke-4, KH Abdurrahman Wahid terus memberikan isnpirasi. Sejumlah aktivis muda NU di Bogor berkumpul sepakat untuk mendirikan Madrasah Aliyah (MA) yang diberi nama “Abdurrahman Wahid”.

Demikian kesimpulan rapat kerja para aktivis yang difasilitasi Elsas Foundation Jakarta, Ahad (10/1) kemarin di Villa Kampoeng, Bogor, Jawa Barat.

“MA Abdurra
Senin, 11/01/2010 08:41
Jakarta, NU Online
Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar meminta para kader PKB untuk meneruskan perjuangan yang telah dirintis oleh KH Abdurrahman Wahid. Menurutnya, sudah banyak yang dilakukan Gus Dur untuk bangsa Indonesia.

"Kita mewajibkan kader PKB untuk selalu meneladani Gus Dur," katanya usai berziarah ke makam Gus Dur di Pondok pesantren Tebuireng, Jombang, Ahad (10/1). Muhaimin didampingi Wakil Sekjen PKB Helmi Faisal Zaini, Ketua DPW PKB Jawa Timur Imam Nahrowi, serta Ketua DPC PKB Jombang Abdul Halim Iskandar.
Senin, 11/01/2010 07:28
Kudus, NU Online
Kader Gerakan Pemuda (GP) Ansor NU diminta tidak boleh hanya bangga memiliki tokoh sebesar KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur), namun harus mengikuti jejak Guru Bangsa itu atas perjuangan dan cita-citanya. Terutama  pemikirannya yang telah mampu mendobrak kebekuan pemahaman idiologi perjuangan menuju intelektualitas Aswaja.

Permintaan ini disampaikan Pengurus MWC NU Kecamatan Jati KH Ahmad Sudardi saat memberikan taushiyah dalam acara Pelantikan dan Raker Anak Cabang GP. Ansor Kecamatan Jati Kudus periode 2009-2012 di Gedung Balai Desa Getas Pejaten, Ahad (10/1).
Ahad, 10/01/2010 20:30
Depok, NU Online
Rieke Diah Pitaloka merasa kehilangan atas wafatnya Gus Dur akhir Desember 2009. Sebagai orang yang mengagumi Gus Dur, ia lalu membuat lagu Cinta Ini Menemani.

"Waktu itu sekitar pukul 18.00 Gus Dur meninggal, dan semua kehilangan termasuk saya. Lantas saya bikin sesuatu, belum pernah mengungkapkan rasa kekaguman, saya menulis karya lagunya itu," ungkapnya saat ditemui di kediamannya di kawasan Depok, Jawa Barat, Sabtu (9/1).
Ahad, 10/01/2010 19:24
Jember, NU Online
PCNU Jember benar-benar serius untuk terlibat langsung dalam Pilkada Juli mendatang. Buktinya, Ahad (10/1), segenap pengurus NU Jember, menggelar rapat untuk membahas mekanisme perekrutan calon yang akan dimunculkan dalam Pilkada nanti. Rapat tersebut dihadiri oleh 30 pengurus harian NU, dan  dipimpin langsung oleh Ketua PCNU Jember, KH. Abdullah Syamsul Arifin,

Hasilnya, PCNU Jember akan menggelar konvensi untuk menentukan jago yang akan diusung. Konvensi tersebut akan dilaksanakan tiap-tiap MWC dengan melibatkan selurah ranting masing-masing.
Ahad, 10/01/2010 18:23
Depok, NU Online
Sebanyak 6000 pohon dari jenis belimbing dewa  dan alpukat di tanam secara simbolik oleh GP ansor Depokkegiatan tersebut kerjasama antara Kedutaan Besar Australia.

Rencananya akan dibagikan juga pupuk organik sebanyak 20 ribu kg kepada masyarakat di enam kecamatan Kota Depok (Cimanggis, Pancoran Mas, Sawangan, Beji, Sukmajaya, Limo) oleh PAC GP Ansor yang ada. Setelah penanaman akan ada pengawasan dan pemeliharaan dengan bekerjasama dengan IPB. Duta, Sawangan,Depok, Ahad (10/1).
Ahad, 10/01/2010 17:40
KONFERWIL NU DKI
Jakarta, NU Online
Mustasyar PBNU KH Mustofa Bisri mengemukakan tradisi warga NU suka dipimpin oleh para pejabat saat ini sudah saatnya untuk mulai dihindari dan digantikan oleh orang yang sepenuhnya mampu mengurus NU, bukan hanya sebagai sambilan.

Hal ini dikatakan menanggapi terpilihnya kembali Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dalam konferensi wilayah NU DKI yang berlangsung di Asrama Haji Pondok Gede Jakarta, Sabtu malam (9/1).
Ahad, 10/01/2010 17:30
Tegal, NU Online
Setelah kurang lebih 2,5 bulan pengurus NU Desa Slaranglor Kecamatan Dukuhwaru Kab. Tegal membangun Gedung TPQ (Taman Pendidikan al Qur’an), pada Kamis (7/1) akhirnya gedung tersebut dapat diresmikan.

Ketua Panitia Sulistiono dalam laporannya mengatakan, pembangunan 3 ruang kelas dan 1 ruang guru tersebut menelan baiaya kurang lebih 100 juta yang semuanya merupakan swadaya masyarakat.
Ahad, 10/01/2010 17:22
Tegal, NU Online
Belum 15 hari KH Abdurahman Wahid atau Gus Dur meninggal dunia, banyak yang merasa kehilangan terutama Nahdliyin yang begitu dekat dengan bapak pluralisme tersebut, namun kedekatan Gus Dur tidak saja dirasakan oleh  warga NU, cucu pendiri NU tersebut juga dekat dengan warga Tionghoa.

"Terus terang selain orang NU yang merasa paling kehilangan, mungkin warga kamilah yang merasa begitu kehilangan,” ujarnya salah seorang warga Tionghoa bernama Shintawati kepada NU Online, yang ditemui di rumahnya Jln. Ahmad Yani nomor 12 Slawi Kulon Kabupaten Tegal, Sabtu (9/1) kemarin.
Ahad, 10/01/2010 16:50
Brebes, NU Online
Di era kini, hidup di daerah perkotaan kian hari makin didera hiruk pikuk dan dinamika kehidupan yang padat. Sehingga intensitas sosialisasi antar warga sangat minim. Maka sangat tepat ketika dibangun Mushola. Pasal, selain sebagai tempat ibadah juga berfungsi menjalin ukhuwah Islamiyah maupun interaksi sosial antar warga.

“Fungsi masjid dan mushola pada zaman Nabi Muhammad SAW, tidak hanya untuk ritual ibadah sholat saja. Tapi juga digunakan untuk musyawarah dalam mencari solusi atas segala persoalan yang mengemuka,” ujar Ketua Panitia Pembangunan Mushola Al Ikhlas Perumahan Kota Baru Kelurahan Brebes Ahad (10/1).
Ahad, 10/01/2010 16:27
Surabaya, NU Online
Yayasan Albayyinat melalui Ketua Bidang Organisasinya Habib Achmad Zein Alkaf meluncurkan karya buku fenomenal ke-14 berjudul "Export Revolusi Syiah ke Indonesia".

Buku ini pada edisi pertama peluncurannya dicetak sebanyak 5 ribu eksemplar. Saat peluncurannya kemarin juga dihadiri ulama besar dari Yaman bernama Habib Umar Bin Hafidz.
Ubudiyah
Jumat, 19/09/2014 16:00
Setelah melaksanakan haji dan pulang ke rumahnya, Jama’ah haji biasanya mengadakan tasyakuran yang disebt walimatul naqi’ah yaitu walimah yang...
Kamis, 11/09/2014 19:03
Doa menempati kedudukan penting dalam keseharian umat Islam. Sejak bangun tidur hingga ketemu tidur lagi. Misalnya, sebelum dan sesudah makan ada doanya....
Syariah
Sabtu, 20/09/2014 07:00
Diantara hal yang dilarang dalam Ihram bagi wanita adalah menutup wajah dan memakai kaos tangan. Jika keduanya dilanggar dengan disengaja tanpa ada alasan...
Rabu, 10/09/2014 07:00
Ibadah haji memerlukan biaya, sarana transportasi dan kesiapan fisik. Haji adalah ibdah fisik ( al-ibadah al-badaniyah ) sekaligus harta ( al-ibadah...
Hikmah
Jumat, 19/09/2014 13:00
Berikut ini adalah cerita tentang dua orang dengan kondisi yang kontras: seorang laki-laki kaya raya dan perempuan papa. Dalam keseharian pun, keduanya...
Jumat, 05/09/2014 09:45
Siapa yang tidak kenal dengan sosok khalifah ke-5, Umar bin Abdul Aziz yang terkenal dengan sikap adil dan zuhud. Keramat seputar keadilannya ini terekam...
Taushiyah
Kamis, 18/09/2014 11:04
KH MA Sahal Mahfudh --Isu krisis ulama fiqih sering membuat kita berpikir, meski hal itu hanya sebagai sinyalemen. Di satu pihak, sinyalemen itu sebagai...
Kamis, 11/09/2014 11:03
Oleh Abdurrahman Wahid Kenyataan politik di bawah kolonialisme Belanda menyadarkan aktivis gerakan Islam dan gerakan nasionalis sebelum masa kemerdekaan....
Khotbah
Jumat, 05/09/2014 07:06
KHOTBAH JUMAT
Dalam konteks kondisi iman yang selalu fluktuatif, maka ketiga treatmen ini sangatlah bermanfaat untuk selalu diingat. Pertama, merasa takut kepada Allah swt secara lahir maupun bathin. Kedua, hidup dengan sederhana. Dan ketiga, tetap berlaku adil baik dalam keadaan longgar maupun dalam kondisi emosi.
Jumat, 22/08/2014 05:24
KHOtBAH JUMAT
Marilah di sisa bulan Syawal yang ada ini, kita giatkan diri kita dan keluarga kita untuk saling bersilaturrahim dengan sanak famili, saudara jauh dan saudara dekat. Walaupun liburan telah usai, tidak berarti kewajiban bersilaturrahim telah usai juga. Karena pada hakikatnya anjuran bersilaturrahim itu tidak terbatas pada waktu tertentu.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefSeptember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::