Jumat, 01 Agustus 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Rabu, 25/11/2009 09:29
Jepara, NU Online
Dalam rangka menggairahkan dunia tulis-menulis baik untuk anggota ditingkatan ranting maupun pengurus anak cabang, maka Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kalinyamatan menerbitkan Wacan, buletin yang rencananya akan diterbitkan rutin sebulan sekali.
   
Zulfiyana Amaliyah, ketua IPPNU Ancab Kalinyamatan menyatakan Wacan merupakan sebuah media yang diperuntukkan bagi pengurus anak cabang maupun anggota di ranting yang memiliki bakat dalam tulis-menulis ataupun yang berkeinginan untuk menekuni dunia jurnalistik.
Rabu, 25/11/2009 09:05
Makkah, NU Online
Menteri Agama Suryadharma Ali menilai, seluruh persiapan bagi pelaksanaan wukuf di Padang Arafah telah dilakukan dengan baik dan berharap prosesi puncak ibadah haji itu berjalan lancar.

"Saya sudah cek langsung dapur-dapur dan gudang penyimpanan logistik yang disiapkan oleh panitia." ujar Menag ketika meninjau persiapan wukuf di Padang Arafah bersama Ketua Komisi VIII DPR-RI Abdul Kadir Karding dan Amirul Haj Bahrul Hayat, Selasa (24/11) sore.
Rabu, 25/11/2009 08:03
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH A. Hasyim Muzadi berharap pengantinya pada periode mendatang mampu meneruskan agenda internasional NU. Menurutnya, calon ketua umum PBNU harus mampu mempromosikan pemikiran-pemikiran NU dan menunjukkan peran NU di kancah internasional.

”PBNU yang akan datang harus bisa melanjutkan agenda internasional NU. Ketua Umum PBNU harus bisa mempromosikan main set NU. Bahwa main set NU bisa dipakai dunia,” kata Hasyim kepada wartawan di Jakarta, Selasa (24/11).
Rabu, 25/11/2009 07:40
Jambi, NU Online
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Didin Hafidhuddin mengatakan, berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan sebuah perguruan tinggi, potensi zakat di Indonesia mencapai Rp 19,9 triliun. Angka ini berasal dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh Pusat Bahasa dan Budaya Universitas Islam Negeri Jakarta beberapa tahun lalu, katanya dalam acara rapat kerja (Raker), seminar dan sosialisasi zakat, Badan Amil Zakat Daerah (Bazda) Provinsi Jambi di Jambi, Selasa (24/11).

Jika dilihat potensi zakat yang dimiliki umat Islam, khususnya di Indonesia ini yang nilainya sangat fantastik maka hal itu bisa juga terdapat di Jambi. Kalau dari 2001 hingga akhir Oktober 2009 lalu Bazda Provinsi Jambi telah berhasil mengimpun zakat sebesar Rp 3,5 milyar, sesungguhnya potensi yang ada jauh lebih besar.
Rabu, 25/11/2009 05:48
SERPIHAN PEMIKIRAN KH ZAINUL ARIFIN (4)
KH Zainul Arifin (ZA) memberikan penjelasan mengenai latar belakang dan tujuan pendirian Hizbullah. Penjelasan tersebut disiarkan oleh kantor berita Domei dan dimuat di sejumlah koran, antara lain Tjahaja yang terbit di Bandung, 13/12/1944, h.2, berikut ini:

"Sesudah masuknya Balatentara Dai Nippon ke Indonesia ini, soal pemuda pun menjadi soal yang sangat penting, sehingga kemudian dibentuklah Seinendan. Pada masa itupun oleh kita sudah terpikir akan mendirikan suatu gerakan pemuda Islam. Tetapi rupanya dewasa itu, belum tiba saatnya
Rabu, 25/11/2009 04:12
Jakarta, NU Online
Presiden ke-4 RI KH Abdurrahman Wahid alias "Gus Dur" menghadiri acara haul ketiga almaghfurlah KH Ilyas bin H Kenan, pendiri Pesantren Yayasan Pendidikan Islam Al-Kenaniyah jln. Pulo Nangka Barat II Kayu Putih Jakarta Timur, Senin (23/11) malam.

Dalam acara yang dihadiri para ulama Betawi ini Gus Dur meminta masyarakat membacakan surat Al-Fatihah yang dihadiahkan pahalanya kepada para almarhum yang menjadi ‘pelindung’ kota Jakarta. Siapa lima orang ini?
Rabu, 25/11/2009 03:33
Illionis, NU Online
Islamofobia belum sepenuhnya hilang dari benak sebagian warga Barat. Kejadian yang menimpa Amal Abusumayah, Muslimah 28 tahun yang tinggal di Tinley Park, Illinois, ketika jilbabnya ditarik secara sengaja oleh Valerie Kenney, warga setempat, adalah salah satu buktinya.

Akibat perbuatannya itu, kini pelaku harus bersiap menjalani proses pengadilan pada 3 Desember mendatang, tuduhannya telah melakukan kekerasan karena kebencian. Dia terancam hukuman tiga tahun penjara serta denda 25 ribu dolar. Kejadiannya sendiri berlangsung tiga hari setelah peristiwa penembakan di Fort Hood, Texas, yang menewaskan 13 tentara Amerika pada Kamis (5/11) lalu.
Selasa, 24/11/2009 22:35
Brazilia, NU Online
Presiden Brasil, Luiz Inacio Lula da Silva, menyatakan dunia internasional harus merangkul Iran, bukan mengasingkannya. "Tidak ada untungnya mengisolasi Iran. Sangat penting untuk duduk bersama dengan Iran, berbicara dan mencoba membuat kesepakatan supaya situasi di Timur Tengah kembali normal," ujar Silva beberapa saat sebelum keduanya bertemu di Brasil.

Dalam siaran radio tersebut, Silva juga menyatakan dukungannya agar Iran melakukan negosiasi dengan negara-negara Barat tentang program nuklir mereka. "Saya mendukung anda untuk melanjutkan kesepakatan dengan negara-negara yang berkepentingan demi menemukan solusi terbaik bagi program nuklir Iran," ujar Silva.
Selasa, 24/11/2009 20:13
RAKERNAS LAKPESDAM NU
Malang, NU Online
Nahdlatul Ulama (NU) mampu bertahan dari segala situasi karena tiga hal. Pertama, NU mempunyai institusi sosial yang kokoh. Kedua, NU mempunyai akar yang kuat. Ketiga, mempunyai visi keindonesiaan yang jelas. Namun NU juga terus ditantang oleh perubahan zaman.

Demikian dikatakan PBNU H Ahmad Bagja pada kari Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-4 Lakpesdam di Malang Jawa Timur yang digelar pada 15-20 November 2009.
Selasa, 24/11/2009 19:30
Medan, NU Online
Pemerintah Arab Saudi menjanjikan kuota lebih besar bagi jemaah haji Indonesia, menyusul akan selesainya perluasan tempat thawaf di Masjidil Haram, kata anggota Komisi VIII DPR RI Iskan Qolba Lubis.

"Saudi berjanji menyediakan kuota lebih banyak jika kondisi Arafah dan Mina juga sudah siap, apalagi Kota Mina juga sudah menyiapkan trem cepat yang dapat mengangkut 800 ribu jamaah setiap empat jam dari tempat melontar di Mina menuju Mekah atau sebaliknya," ujarnya dalam siaran persnya di Medan, Selasa (24/11).
Selasa, 24/11/2009 18:18
Pariaman, NU Online
Pimpinan Pusat Muslimat NU (PP MNU) salurkan bantuan kepada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di wilayah korban gempa. Bantuan diberikan kepada PAUD Karya Bunda Ma’arif Desa Koto Marapak Kecamatan Pariaman Tengah dan PAUD Ma’arif Toboh Palabah Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Penyerahan berlangsung, Selasa (24/11), di PAUD Karya Bunda Ma’arif Desa Koto Marapak Pariaman.

Penyerahan dari PP Muslimat NU diwakili Sekretaris PW Muslimat NU Sumbar, Hj. Azimar kepada Ketua Pengelola  PAUD Karya Bunda Ma’arif Desa Koto Marapak Lely Murni dan Pengasuh PAUD Ma’arif Toboh Palabah Elfa Rahmi.
Selasa, 24/11/2009 17:19
Jember, NU Online
Banjir tiba-tiba menghantam. Masyarakat pun pada panik. Suara angin yang meggelegar disertai hujan lebat, membuat mereka kian ketakutan. Mereka semburat keluar rumah untuk menyelamatkan diri. Sebagian membawa perabotan rumah, sebagian membawa ternak seperti kambing dan sapi, dan sebagian yang lain membawa apa saja yang bisa diselamatkan dari terjangan bencana alam untuk bekal hidup.

Namun kekalutan mereka sedikit teratasi ketika puluhan relawan dengan sigapnya datang memberikan pertolongan. Itulah sekelumit gambaran simulasi rencana kontigensi yang dilakukan Community Based Disaster Risk Management Nahdlatul Ulama (CBDRMNU) Selasa siang (24/11). Acara tersebut sekaligus menjadi pamungkas serangkaian kegiatan out bond yang digelar selama 4 hari terakhir.
Selasa, 24/11/2009 16:26
Jepara, NU Online
Matapena (komunitas sastra pesantren) Yogyakarta bekerjasama dengan Madrasah Aliyah (MA) Walisongo Pecangaan Jepara, Ahad (22/11) kemarin menggelar Monitoring. Kegiatan tersebut merupakan serangkaian agenda yang sebelumnya juga diadakan road show dan workshop.

Road show merupakan sosialisasi yang dilakukan Matapena ke sekolah yang berbasis pesantren. Sementara, workshop agenda kupas tuntas tentang sastra khususnya penulisan cerpen. Adapun pemateri monitoring adalah Khilma Anis dan Pijer Sri Laswiji dari Matapena.
Selasa, 24/11/2009 16:26
Jakarta, NU Online
Mantan presiden RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur mengaku kecewa dengan sikap yang diambil oleh presiden SBY terkait dengan rekomendasi yang dikeluarkan oleh tim 8 menyangkut soal KPK.

“Saya kecewa, disitu tidak menyebut-nyebut soal kedaulatan hukum. Bagaimana kita bisa memberantas korupsi,” katanya di gedung PBNU, Selasa (24/11) dihadapan para mahasiswa yang menyatakan keprihatinannya soal masalah pemberantasan korupsi.
Selasa, 24/11/2009 15:28
JELANG MUKTAMAR
Pekalongan, NU Online
Sebagai gudangnya industri batik, Pekalongan tidak mau ketinggalan pada acara muktamar NU yang akan digelar di Kota Makasar, Maret mendatang. Warga Nahdliyin Pekalongan akan memamerkan motif terbaru batik NU yang didesain khusus untuk warga NU yang gemar memakai busana batik.

Potensi pasar batik khusus dengan motif lambang NU (Nahdliyyin) memang cukup menjanjikan. Pengurus Cabang NU Kota Pekalongan telah membuat desain khusus yang dapat menggambarkan keanekaragaman warga NU dari kalangan masyarakat paling bawah hingga atas yang semuanya menyatu dalam kebersamaan menjalankan ajaran ahlussunnah wal jama'ah.
Selasa, 24/11/2009 14:10
SERPIHAN PEMIKIRAN KH ZAINUL ARIFIN (3)
Mobilitas KH Zainul Arifin (ZA) tidak hanya di lingkungan NU. Ia juga melakukan roadshow yang tak mengenal lelah bagi kepentingan Masyumi. Misalnya pada 30-31 Juli 1944, dilangsungkan Musyawarah Ulama Jawa Barat yang dihadiri 600 ulama. ZA hadir untuk membuka acara tersebut sebagai perwakilan Pengurus Besar Masyumi.

Setelah menjelaskan bahwa acara di Jabar merupakan rangkaian pertemuan serupa di Jatim dan Jateng, yang juga dihadirinya, ia menyatakan bahwa maksud pertemuan itu adalah untuk mengadakan perhubungan dan persatuan ulama sebagai guru dan pemimpin yang mempunyai kedudukan istimewa di tengah-tengah masyarakat.
Ubudiyah
Kamis, 31/07/2014 10:11
Tidak diragukan lagi bahwasanya dalam syariat Islam, selain puasa wajib di bulan Ramadhan, kaum muslim pun diperintahkan untuk menjalankan ibadah puasa sunah...
Selasa, 29/07/2014 16:30
Inilah salah satu tradisi umat muslim Indonesia yang searah dengan sunnah Rasulullah saw, yaitu bersilaturrahim mengunjungi orang tua, famili, keluarga dan...
Syariah
Selasa, 29/07/2014 18:05
Berbeda dengan zikir yang bisa dilakukan kapan saja, zakat Fitrah memiliki waktu-waktunya sendiri. Artinya, zikir tanpa mengenal waktu tetap dinilai ibadah...
Ahad, 27/07/2014 07:08
Hukum shalat id, baik idul fitri maupun idul adha adalah sunnah muakkadah dan sangat dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah. Hukum ini berlaku untuk...
Hikmah
Rabu, 30/07/2014 17:19
Ramadhan dapat diibaratkan sebagai lahan yang subur untuk banyak menanam amal kebaikan. Kita diberi banyak kesempatan dan kemudahan untuk melaksanakan ibadah...
Rabu, 23/07/2014 11:01
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Pamekasan KH Abdul Ghoffar, suatu waktu berbincang dengan NU Online seputar seekor kijang yang memiliki...
Taushiyah
Senin, 28/07/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam terbitan perdana sebuah jurnal ilmiah bulanan Nahdlatul Ulama, yang diterbitkan pada 1928 dan bertahan sampai tahun 60-an,...
Senin, 28/07/2014 10:00
KH MUSTOFA BISRI
Nabi Muhammad SAW pernah ditanya istri Nabi, Aisyah, mengenai doa apa yang mesti dibaca saat Lailatul Qadar, Nabi Menjawab, “Allahumma innaka...
Khotbah
Jumat, 25/07/2014 21:00
KHOTBAH IDUL FITRI (1)
Takbir adalah membesarkan Allah dan mengecilkan selain Allah. Ketika kita berpuasa, Takbir kita cerminkan dengan mengecilkan pengaruh hawa nafsu dan mengagungkan kebesaran Allah didalam sanubari kita. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita mengecilkan seluruh pembicaraan manusia dan membesarkan kalam Allah. Ketika kita Tarawih dan Qiyamullail, kita kecilkan seluruh urusan dunia dan hanya membesarkan perintah Allah SWT. Mengapa kita harus bertakbir terus menerus?
Kamis, 24/07/2014 04:01
Rukun Islam itu ada lima hal. Membaca syahadat, mengerjakan shalat, membayar zakat, berpuasa dan menunaikan ibadah haji bagi yang mampu. Kelima rukun Islam tersebut bersifat positif (syatrul iktisab), kecuali puasa. Karena sesungguhnya perintah puasa adalah bersifat negative (syatrul ijtinab), yaitu perintah untuk meninggalkan sesuatu (makan, minum, menahan nafsu dan lain-lain). Artinya, apabila syahadat harus diucapkan, shalat harus dikerjakan, zakat harus ditunaikan, haji harus dilaksanakan, maka  puasa harus menahan segala hal yang membatalkannya.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefAgustus 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
     12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31      
::::Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak masyarakat menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah melalui LAZISNU. Rekening zakat: BCA 6340161473 MANDIRI 1230004838951. Infaq: BCA 6340161481 MANDIRI 1230004838977 :::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Transaksi pembelian di Toko NU Online untuk sementara ditutup per 24 Juli-13 Agustus 2014::::