Senin, 22 Desember 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Rabu, 21/04/2010 18:33
HARI BUMI
Jepara, NU Online
Dalam rangka memeringati Earth Day (Hari Bumi) yang jatuh setiap 22 April, Sekolah Menengah Atas (SMA) Walisongo Pecangaan Jepara Ahad (18/4) lalu menggelar Aksi Turun ke Jalan. Kegiatan yang diprakarsai oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) berupa pembagian bibit Mahoni, penyebaran leaflet (selebaran) serta orasi dan aksi teaterikal.

Aksi yang dimulai pukul 12.30 hingga 15.00 wib tersebut diawali dengan pemberangkatan peserta dari komplek sekolah setempat. Kemudian long-march menuju Bundaran Pecangaan. Ratusan bibit mahoni serta leaflet (selebaran) dibagikan kepada para pejalan kaki, pengendara motor dan mobil.
Rabu, 21/04/2010 17:46
Jakarta, NU Online
Ada yang berbeda dengan penampilan politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Rabu (21/4 ) hari ini. Tak seperti biasa, Lily mengenakan pakaian kebaya berwarna kuning emas. Perempuan kelahiran Jombang, 4 Maret 1948, ini mengatakan, pakaiannya hari ini khusus dipersiapkannya untuk memperingati Hari Kartini yang jatuh tepat hari ini.

"Hari ini teman-teman DPR mengimbau agar mengenakan pakaian nasional," kata Lily saat ditemui di kompleks Gedung DPR, Jakarta, hari ini. Saat ditemui, Lily tengah bersiap-siap akan menemani rekannya di Tim 9, Misbakhun, yang bakal memenuhi panggilan Mabes Polri untuk menjalani pemeriksaan sebagai saksi atas perkara tindak pidana perbankan yang dilakukan pemilik Bank Century, Robert Tantular.
Rabu, 21/04/2010 16:29
Jakarta, NU Online
Wakil Ketua Lembaga Bahtsul masail PBNU KH Arwani Faishal menekankan pentingnya penyaluran langsung dana zakat kepada para mustahiq atau pihak-pihak yang berhak menerima zakat, terutama kalangan fakir miskin. Jangan sampai isu pendayagunaan zakat justru menafikan hak mustahiq zakat itu sendiri.

Hal tersebut disampaikannya dalam rapat dengar pendapat tentang RUU Pengelolaan Zakat dengan Komisi VIII DPR di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Rabu (21/4).
Rabu, 21/04/2010 15:49
UU PENODAAN AGAMA
Jakarta, NU Online
Ketua Komisi VIII DPR Abdul Kadir Karding mengungkapkan komisinya akan menyempurnakan UU Penodaan Agama secara substantif. Sebab UU ini masih banyak ditafsiri secara beragam.

"UU ini perlu dilakukan penyempurnaan. Kami sedang mengkaji apakah perlu dibuatkan peraturan pemerintah atau perlu kita revisi atau bahkan perlu kita ajukan perubahan," kata Karding kepada wartawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu (21/4).
Rabu, 21/04/2010 14:33
Kuala Lumpur, NU Online
Politisi dari Barisan Nasional yang menjadi anggota parlemen, Bung Mokhtar Radin, duduk di kursi pesakitan di Pengadilan Syariah Gombak Timur. Ia ketahuan menikah kedua kalinya di bawah tangan dengan Zizie Ezette A Samad tanpa persetujuan istri pertama dan pengadilan.

Bung dan  Zizie menikah pada 16 Desember tahun lalu di Taman Melati, Gombak Timur. Begitu perkawinan mereka terendus aparat, keduanya ditangkap dan mengaku bersalah untuk menikah tanpa persetujuan dari pihak terkait. Pasangan ini dibebaskan dengan jaminan masing-masing sebesar 500 ringgit Malaysia.
Rabu, 21/04/2010 13:00
SKANDAL CENTURY
Jakarta, NU Online
Tak ingin ketinggalan dengan fraksi lainnya, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah menyerahkan nama-nama yang direkomendasikan sebagai tim pengawas Bank Century. Dua nama baru muncul dengan alasan kompetensi.

"Sudah diserahkan kemarin, ada dua nama yaitu Nur Yasin dan Imam Nahrowi," ujar Ketua Fraksi PKB Marwan Jafar di Jakarta, Rabu (21/4).
Rabu, 21/04/2010 11:41
Strasbourg, NU Online
Masjid Madni di Bradford, Inggris Utara mengalahkan 50 nimonator lainnya dalam pemilihan "Menara Masjid Paling Indah se-Eropa". Demikian parlemen Eropa mengumumkannya, Selasa (20/4).

Pemilihan ini dihajat oleh COJEP Internasional, sebuah organisasi amal yang didirikan kaum muda di Prancis bekerja sama dengan OSCE dan Dewan Eropa. Yuri dalam pemilihan ini terdiri dari berbagai kalangan interrasial dan etnik serta independen. Termasuk dalam barisan dewan yuri adalah seorang rabi Yahudi, teolog Protestan asal Swiss, dan seorang pendeta Anglikan.
Rabu, 21/04/2010 10:27
Padang, NU Online
Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumatera Barat bidang dakwah, Duski Samad menyatakan, umat Islam bersyukur Mahkamah Konstitusi memutuskan tetap memberlakukan UU Nomor 1/PNPS/1965 tentang penodaan atau penistaan agama.

"Hasil putusan MK yang menolak pengujian materi UU tersebut pantas disyukuri umat Islam. Artinya negara melalui MK masih memberikan perhatian dan perlindungan dalam kemerdekaan beragama," kata Duski di Padang, Selasa.
Rabu, 21/04/2010 09:22
Jakarta, NU Online
Pengelola pelabuhan Tanjung Priok, PT Pelindo II, akan segera merenovasi lahan sekitar makam Habib Hasan bin Muhammad Al Haddad atau Mbah Priok, lahan yang sekitar sepekan lalu disengketakan dan memicu bentrokan berdarah antara Satpol PP dengan warga.

"Renovasi dilakukan agar kawasan itu sesuai standar pelabuhan internasional," kata Direktur Utama Pelindo II, RJ Lino, saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR di Gedung MPR/DPR/DPD di Jakarta, Selasa.
Rabu, 21/04/2010 08:28
Jakarta, NU Online
Diberlakukannya Undang-Undang (UU) AS tentang pelarangan rokok kretek yang beredar di Amerika Serikat (AS) membuat Indonesia bisa mengalami kerugian sebesar USD220 juta per tahun.

Hitungan ini berdasarkan jumlah ekspor rokok kretek Indonesia ke AS. Selain itu, multiflier effect yang didapat akibat pelarangan ini adalah pengangguran, karena rokok merupakan industri yang banyak menyerap tenaga kerja.
Rabu, 21/04/2010 07:05
Palembang, NU Online
Musabaqah Tilwatil Quran (MTQ) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2010, dimulai. Acara yang dilangsungkan di Muara Beliti, Kabupaten Musi Rawas, 353 km dari Palembang ini dibuka  oleh Sekretaris Wilayah Daerah (Sekwilda) Provinsi Sumsel, Musyrif Suwardi.
 
Menurut Thontowi Permana, Humas Pemerintah Provinsi Sumsel, MTQ yang diikuti peserta dari 15 kabupaten dan kota di Sumsel tersebut akan berlangsung 19 – 25 April 2010. Rencananya pembukaan MTQ akan dibuka langsung Gubernur Sumsel Alex Noerdin.
Rabu, 21/04/2010 05:55
Jakarta, NU Online
Anggota Komisi VIII DPR, Muhammad Baghowi, menyatakan ongkos naik haji (ONH) tahun ini sebetulnya bisa turun Rp 5 juta menjadi sekitar Rp 30 juta per jamaah. Alasannya, harga bahan bakar pesawat, avtur, saat ini relatif lebih murah dibandingkan tahun lalu dan 2008.

Selain itu, pemerintah juga bisa menggunakan dana optimalisasi dari penempatan dana setoran haji yang ditempatkan di bank untuk menekan biaya ONH. ‘’ONH tahun ini harus turun. Idealnya total biaya turun Rp 5 juta dari tahun lalu jadi sekitar Rp 30 juta,’’ cetusnya usai menghadiri rapat dengar pendapat di Gedung DPR, Jakarta, Selasa, (20/4).
Rabu, 21/04/2010 02:52
London, NU Online
Keharmonisan antaumat beragama di West Sussex, Inggris, terus diuji. Kali ini, masjid kebanggan mereka, Masjid Langley Green di Crawley, dilempar kepala babi. Lemparan itu luput mengarah ke pintu depan masjid dan menggelinding ke lapangan parkir.

Beruntung, kali ini laporan mereka ditindaklanjuti dengan cepat oleh polisi setempat. Di hari yang sama, mereka menangkap pelakunya, yang ditengarai sebagai pria muda berusia 20-an tahun. Namun beberapa hari kemudian mereka dibebaskan dengan jaminan hingga Mei 2010.
Selasa, 20/04/2010 20:48
New York, NU Online
Sebanyak 189 penandatangan Perjanjian Non-Proliferasi Nuklir (NPT) 1970 akan bertemu di markas besar PBB, di New York, 3-28 Mei, untuk menghadiri konferensi yang membahas kesulitan perjanjian dalam mempertahankan kerpercayaan.

Pada pertemuan 1995, negara-negara anggota secara serentak menyokong satu resolusi yang mendukung gagasan 'Timur Tengah sebagai kawasan bebas senjata nuklir di samping senjata-senjata perusak massal lainnya.'
Selasa, 20/04/2010 17:35
Kepanjen, NU Online
Calon bupati independen Martiani "Tyas" Setyaningtyas telah menentukan pasangannya untuk maju dalam pemilihan bupati (pilbup) 2010. Istri Bupati Sujud Pribadi ini memilih Bibit Suprapto yang tak lain adalah mantan ketua PCNU Kabupaten Malang 1996-1998. Dalam bidang politik, Bibit dikenal sebagai Ketua Dewan Syuro PKNU Kabupaten Malang 2008-2010.

Pilihan Tyas menggandeng Bibit sudah final. Usai penentuan nama, tim memberitahukan langsung kepada Bibit. Setelah melakukan pembicaraan di kediaman Bibit di Sidoluhur, Dilem, Kepanjen, salah seorang pendiri PKB Kabupaten Malang ini menandatangani surat pernyataan kesanggupan.
Selasa, 20/04/2010 16:27
Gianyar, NU Online
Pemerintah akan melibatkan pesantren dalam mengatasi anak-anak jalanan. Selain kerja sama dengan pesantren, pemerintah melalui program terpadu anak harapan juga melakukan kerja sama dengan lembaga pendidikan berasrama.

Keduanya lembaga itu dinilai mampu menampung anak marjinal melalui penyelenggaraan pendidikan secara terpadu. Demikian disampaikan Menteri Sosial, Salim Segaf Aljufri, sebelum melakukan pembahasan isu mengenai keadilan untuk semua dalam rapat kerja pemerintah pusat, daerah, dan pemangku kepentingan di Istana Kepresidenan Tampaksiring, Selasa (20/4).
Ubudiyah
Ahad, 21/12/2014 06:00
Hadits ini bukanlah sembarang hadits, hadits ini adalah hadits yang mengandung do’a yang pernah diajarkan oleh Rasulullah saw kepada istri beliau,...
Jumat, 19/12/2014 16:00
Seringkali terselib pertanyaan di dalam hati mengenai bidadari yang disiapkan oleh Allah swt untuk muslim yang taat beribadah ketika di surga nantinya....
Syariah
Senin, 22/12/2014 07:00
Di dalam kitab fiqih ada keterangan yang menyatakan bahwa seorang perempuan memiliki hak yang sama dalam hal penyembelihan. Seorang perempuan dibenarkan...
Jumat, 05/12/2014 07:00
Bulu adalah rambut pendek dan lembut yang tumbuh pada tubuh manusia selain di kepala, jika rambut itu tumbuh di atas kepala disembut dengan rambut....
Hikmah
Senin, 15/12/2014 09:01
Suatu hari, sahabat Muadz bin Jabal r.a. shalat Isya berjamaah bersama kaumnya. Di tempat tersebut ia menjadi imam. Sewaktu masih berlangsung jamaah shalat...
Jumat, 05/12/2014 14:01
Ini adalah sepenggal kisah keteladanan Rasulullah Muhammad SAW yang dikutip dari Abbas Mahmud Aqqad.  Suatu ketika di persinggahan suatu perjalanan Nabi...
Taushiyah
Senin, 17/11/2014 11:01
Pendidikan pada dasarnya adalah usaha sadar yang membentuk watak dan perilaku secara sistematis, terencana dan terarah. Sedangkan sosial, secara ensiklopedis...
Sabtu, 01/11/2014 10:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Bagi umat Islam, ijtihad adalah suatu kebutuhan dasar, bukan saja ketika Nabi sudah tiada, tapi bahkan ketika Nabi masih hidup....
Khotbah
Jumat, 19/12/2014 06:18
KHOTBAH JUMAT
Hidup dengan sempurna adalah dambaan setiap muslim. Hidup dalam keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat. Ada empat hal yang dapat menjadikan seseorang tetap sehat jasmani dan bugar ruhai. Keempat hal itu adalah لَا تَثِقَنَّ بِامرَأَة عَلَى كُلِّ حَال, لَا تَغْتَرَنَّ بِاْلمَالِ عَلَى كُلِّ حَال,  لَاتَحْمِلْ مَعِدَّتَكَ مَالَاتُطِيْقُهُ, لَاتَجْمَعْ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَايَنْفَعُكَ sebagaimana keterangan berikut:
Kamis, 27/11/2014 16:00
KHOTBAH JUMAT
Sahabat Ali Karramallahu Wajhah pernah berkata “andaikan tidak ada lima keburukan di dunia ini, tentunya manusia menjadi orang saleh semua. Kelima keburukan itu adalah 1) merasa senang dengan kebodohan. 2) tamak dengan dunia. 3) bakhil dengan kelebihan harta. 4) beramal disertai riya’ dan 5) selalu merasa bangga diri di atas yang lainnya”
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefDesember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::