Selasa, 02 September 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 28/12/2009 13:51
Bogor, NU Online
Umat Islam di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, mengisi 10 Muharram atau lebih dikenal dengan sebutan ‘Asyuro yang jatuh pada Ahad, dengan menyelenggarakan berbagai kegiatan bernuansa keagamaan.

Dalam perbincangan dengan NU Online di Bogor, Ahad, Ahmad dari DKM Al-Barokah, Kampung Bojongsempu, RW 06, Desa Cilebut Barat, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Bogor, mengatakan, warga setempat memeriahkan 10 Muharram dengan memberikan santunan kepada anak yatim.
Senin, 28/12/2009 11:59
Jakarta, NU Online
Ketika Barack Obama dilantik sebagai presiden AS pada awal tahun ini, harapan bertaburan di sejumlah penjuru dunia bahwa pemimpin baru itu akan bisa mengakhiri atau setidaknya meredakan konflik mematikan di sejumlah negara seperti Afghanistan dan Irak.

Sorak-sorai pun berkumandang riuh ketika Obama diambil sumpahnya sebagai Presiden ke-44 AS pada 20 Januari di Capitol Hill, Washington DC.
Senin, 28/12/2009 10:54
Makassar, NU Online
Membuat bubur syura pada 10 Muharram menjadi tradisi masyarakat penganut Agama Islam di Sulawesi Selatan (Sulsel).

"Tradisi ini sudah dijalani turun-temurun untuk memperingati perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam menyebarkan siar Islam," kata salah seorang warga Kelurahan Kalukuang, Kecamatan Tallo, Kota Makassar H Haniah, Ahad.
Senin, 28/12/2009 10:29
Tegal, NU Online
Pada tanggal 10 Murarram, merupakan hari yang berpihak bagi anak yatim dan yatim piatu. Malah banyak yang mengatakan bagaimana kalau 10 Muharram itu dijadikan sebagai hari Anak yatim? Pasalnya, memuliakan anak yatim dan yatim piatu merupkan sebuah kewajiban bagi kita sebagai kaum Muslimin.

“Memang ada syariatnya, kita diperintahkan untuk memberikan kasih sayang terhadap anak yatim dan yatim piatu,” ujar Ketua Tanfidziyah NU Ranting Slarang Lor Kec. Dukuhwaru Kabupaten Tegal Kiai Abdul Kholil saat memberikan sambutan Santunan Yatim Piatu di masjid jami Baitul Muslimin desa setempat Sabtu malam (26/12) sebagaimana dilaporkan Kontributor NU Online Abdul Muiz.
Senin, 28/12/2009 09:47
Pekalongan, NU Online
Maraknya penggunaan narkoba dikalangan anak muda bahkan telah merambah ke area sekolah membuat prihatin kita semua, oleh karena itu, kader-kader IPNU IPPNU harus mampu membentengi diri sekaligus menjadi pelopor untuk tidak dekat dengan narkoba apalagi memakainya.

Demikian dikatakan Ketua Pengurus Cabang NU Kota Pekalongan H. Ahmad Rofiq, BA pada saat memberikan pengarahan dihadapan 100 peserta Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Ahlussunnah wal jama'ah (Aswaja) Ahad (27/12) di Auditorium SMA Hasyim Asy'ari setempat.
Senin, 28/12/2009 08:49
Jakarta, NU Online
Departemen Agama (Depag) memandang perlu adanya pembenahan dan perbaikan terhadap tayangan-tayangan infotainment. Untuk itu Depag meminta agar pihak media memperhatikan aspek edukasi dan hiburan, tidak semata-mata mengejar keuntungan. Ini ditegaskan Dirjen Bimas Islam Depag, Prof Dr Nasaruddin Umar di Jakarta, Ahad (27/12).

Lebih lanjut dikatakan Nasaruddin, yang juga katib aam PBNU ini, bahwa tayangan infotainment yang bagus dan mengandung unsur edukasi serta informasi yang baik, sudah seharusnya dilanjutkan dan ditingkatkan.
Senin, 28/12/2009 07:24
Jakarta, NU Online
Dibuatnya referendum larangan pembangunan menara azan oleh pemerintah Swiss sejak dua bulan lalu memancing opini negatif dari berbagai pihak, termasuk dari organisasi-organisasi masyarakat Islam yang ada di Indonesia.

Berbagai ormas Islam menyesalkan adanya referendum pelarangan pembangunan menara masjid di Swiss. Agama atau kepercayaan merupakan bagian dari hak asasi manusia yang tidak boleh diganggu ataupun dilarang oleh pihak lain. Oleh karena itu, lambang-lambang keagamaan pun bukan merupakan obyek yang patut dijadikan sasaran referendum.
Ahad, 27/12/2009 20:27
Bengkulu, NU Online
Dewan juri Mushabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional di Provinsi Bengkulu pada 2010 akan menggunakan perangkat canggih untuk menilai kafilah yang berlomba. Sistem ini dapat menjamin keakuratan penilaian dikeluarkan dewan juri.

"Dengan perangkat ini dewan juri akan berhati-hati dalam memberikan nilai bagi peserta berlomba," kata Kepala Biro Kesra Pemprov Bengkulu H Syaifullah, Sabtu (26/12).
Ahad, 27/12/2009 19:27
Surabaya, NU Online
DPW PKB Jatim menggelar doa bersama untuk kesehatan Gus Dur dirawat di RSCM Jakarta. Doa bersama tersebut dihadiri oleh dewan Tanfids dan Syuro.

Mereka adalah KH Mas Nidom Talah, KH Mas Said Ali, KH Abdus Salam Mujib (sekretaris PKB Jatim), Mujana (anggota DPRD Jatim).
Ahad, 27/12/2009 18:20
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pucuk Pimpinan Muslimat Nahdlatul Ulama, Khofifah Indar Parawansa, menegaskan muatan tayangan infotainment memang harus dibatasi. Sebab, ada area-area tertentu yang tidak pantas diberitakan, yaitu gosip dan privasi orang.

"Ada area-area pada tayangan infotainment yang kemudian hukumnya menjadi haram. Yaitu area-area privasi yang kemudian pada akhirnya mennjadi ghibah, rumors bahkan fitnah," tegas Khofifah di Jakarta, Sabtu (26/12).
Ahad, 27/12/2009 17:36
Tangerang, NU Online
Menyambut tahun Baru Hijriyah 1431, NU Ranting Binong, DKM Roudhotussolihin dan PERMABI (Persaudaraan Masyarakat Betawi) Kelurahan Binong Kec. Curug Kab. Tangerang bekerjasama menyelenggarakan Santunan Yatim /Dhu’afa dan Tabligh Akbar denga tema “Sedekah dan Zakat sarana mensejahterakan ummat” pada hari Ahad, 27 Desember 2009.

Even dan kegiatan bersama kali ini  membawa dampak dan berkah dengan terlihatnya kebersamaan dan solidaritas antar beberapa lembaga dan ormas sosial keagamaan yang ada di Kelurahan Binong, Curug Tangerang karena tiga unsur lembaga yang terlibat membaur dan bekerja bersama mulai dari persiapan, penggalangan dana serta hingga pada pelaksanaan acara, ujar Mukhlisin selaku sekretaris Panitia dari unsur NU.
Ahad, 27/12/2009 16:51
Yogyakarta, NU Online
Pengurus-pengurus Masjid di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) perlu menjaring networking (jejaring) kerjasama untuk membumikan gerakan dakwah. Para pengurus Masjid perlu menerapkan manajemen kerja yang baik dalam menjalankan program-program kerja di masjid. Sehingga Masjid-masjid dapat tumbuh sebagai pusat kegiatan umat.

Demikian dinyatakan Walikota Yogyakarta Herry Zudianto dalam Seminar dan Lokakarya bertajuk "Optimalisasi Pengelolaan Masjid, Membina Masyarakat Madani Beriman dan Bertaqwa Menuju DI Yogyakarta Serambi Madinah" di Yogyakarta, beberapa waktu lalu.
Ahad, 27/12/2009 16:22
Brebes, NU Online
Dede Kurniawan dinobatkan sebagai Ketua Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Brebes untuk periode 2009-2010 menggantikan Afifudin El Jufri. Dia memperoleh suara 20 sehingga mengungguli rivalnya Sholikhin AP dengan 11 suara dan Ahmad Jauhari Amin 1 suara dalam Konferensi Cabang (Konfercab) III PMII Kabupaten Brebes Sabtu Malam (26/12).

Ketua Terpilih, dalam programnya antara lain ingin meningkatkan intelektual kader PMII. Antara lain melalui penyelenggaraan diskusi dan debat publik. “Untuk tampil ke muka, kader PMII harus memiliki intelektual yang tinggi selain kadar keimanan dan ketakwaan yang membaja,” jelasnya.
Ahad, 27/12/2009 16:00
Padang, NU Online
Propinsi Sumatera Barat sejak lama sudah menyiapkan diri menjadi pilar-pilar Indonesia. Sejarah pendidikan Indonesia dimulai di beberapa titik. Salah satu titik tersebut berada di Sumatera Barat.

Ketua Pimpinan Pusat Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama (PP LPMNU) Dr HM Thoyib IM, mengungkapkan hal itu pada Rapat Kerja Pendidikan LP Ma’arif NU Wilayah Propinsi Sumatera Barat, Sabtu (26/12/2009) di aula PW NU Sumbar, Padang.
Ahad, 27/12/2009 15:16
Samarinda, NU Online
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Samarinda menolak pemutaran film dengan judul 'Suter Kramas' yang rencananya akan ditayangkan secara serentak di berbagai daerah menjelang pergantian tahun, yakni 31 Desember 2009.

"Kami menolak pemutaran film Suster Kramas yang akan diputar di Samarinda," kata Ketua MUI Samarinda KH Zaini Naim di Samarinda, Sabtu (26/12).
Ahad, 27/12/2009 14:44
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Hasyim Muzadi mengatakan, hukum haram atau tidaknya tayangan infotainment ditentukan oleh isi atau kontennya.

"Infotainment sebagai kerangka program acara dinilai menurut isinya, karena yang bisa dihukumi adalah isi atau kontennya. Kalau isinya gosip, adu domba, mengaduk-aduk ketenteraman keluarga, pasti dilarang agama," kata Hasyim di Jakarta, Ahad.
Ubudiyah
Kamis, 28/08/2014 07:00
Pada dasarnya Adzan dan iqamat adalah dua hal yang hanya disunnahkan untuk dikumandangkan dalam rangka menyambut shalat lima waktu. Meskipun shalt idul...
Selasa, 26/08/2014 07:00
Pada dasarnya mengangkat tangan ketika berdo’a dan dan mengusap wajah sesudahnya bukanlah sekedar tradisi yang tanpa dasa. Keduanya merupakan sunnah...
Syariah
Rabu, 27/08/2014 12:33
Dalam konteks fiqih, ejakulasi dini biasa disebut dengan istilah ‘idzyauth atau juga adzwath yaitu orang yang air maninya keluar lebih dahulu...
Senin, 25/08/2014 16:00
Seorang istri sebagaimana diterangkan dalam surat Al-Baqarah 223 berlaku sebagai lahan yang boleh ditanami apapun oleh sang suami. Meski demikian, Islam juga...
Hikmah
Selasa, 02/09/2014 13:01
Kisah menarik, ketika Rasulullah SAW mendapati 70 orang tawanan, beliau tak langsung memutuskan perihal apa yang akan dilakukan kepada para tawanan itu. Nabi...
Jumat, 29/08/2014 11:05
Pada suatu malam Khalifah Umar bin Khattab melakukan “blusukan” dengan ditemani ajudannya. Di tengah-tengah blusukan itu, Umar pun merasakan...
Taushiyah
Sabtu, 30/08/2014 11:02
Oleh Abdurrahman Wahid Beberapa hari yang lalu penulis artikel ini kedatangan seorang tamu. Ia adalah Mohamed Cherif Ferjani yang mengajar di Universitas...
Selasa, 26/08/2014 20:00
KH MA Sahal Mahfudh Sains ( science ) dalam tulisan ini diartikan sebagai ilmu pengetahuan dalam cakupan yang luas. Bukan dalam batasan satu nilai atau...
Khotbah
Jumat, 22/08/2014 05:24
KHOtBAH JUMAT
Marilah di sisa bulan Syawal yang ada ini, kita giatkan diri kita dan keluarga kita untuk saling bersilaturrahim dengan sanak famili, saudara jauh dan saudara dekat. Walaupun liburan telah usai, tidak berarti kewajiban bersilaturrahim telah usai juga. Karena pada hakikatnya anjuran bersilaturrahim itu tidak terbatas pada waktu tertentu.
Jumat, 25/07/2014 21:00
KHOTBAH IDUL FITRI (1)
Takbir adalah membesarkan Allah dan mengecilkan selain Allah. Ketika kita berpuasa, Takbir kita cerminkan dengan mengecilkan pengaruh hawa nafsu dan mengagungkan kebesaran Allah didalam sanubari kita. Ketika kita membaca Al-Qur’an, kita mengecilkan seluruh pembicaraan manusia dan membesarkan kalam Allah. Ketika kita Tarawih dan Qiyamullail, kita kecilkan seluruh urusan dunia dan hanya membesarkan perintah Allah SWT. Mengapa kita harus bertakbir terus menerus?
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefSeptember 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930    
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::