Rabu, 04 Maret 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Kamis, 22/07/2010 13:40
Jakarta, NU Online
Setelah melewati pembahasan bersama DPR, pemerintah segera menuangkan besaran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) dalam bentuk Peraturan Presiden (Perpres). Menteri Agama, Suryadharma Ali, melaporkan hasil pembahasan BPIH kepada Presiden di kantor Presiden, Jakarta, hari ini (Kamis,22/7).

"Berikutnya adalah terbitnya Perpres, hari ini akan kami ajukan," kata Menag. Menurutnya, DPR sudah menyetujui besaran BPIH sebesar 3.342 dolar AS minus Rp 100 ribu, sedangkan tahun sebelumnya 3.400-an dolar AS plus Rp 100 ribu. Angka Rp 100 ribu merupakan asuransi jiwa yang pada tahun ini tidak akan dibebankan pada jamaah.
Kamis, 22/07/2010 12:44
Jakarta, NU Online
Penyakit Tuberculosis atau lebih dikenal dengan sebut TB di Indonesia masih menjadi persoalan bagi sebagian masyarakat. Upaya mencegahan dan pengobatannya terus dilakukan secara bersama-sama, termasuk melibatkan komunitas NU.

Keterlibatan NU dalam penanganan TB ini sudah berlangsung sejak tahun 2004 dengan menggarap komunitas NU, khususnya yang berbasis di pesantren. Sebanyak 25 pesantren yang berada di lima propinsi telah mendapat pelatihan dan penyuluhan mengenai penyakit ini.
Kamis, 22/07/2010 11:53
Jakarta, NU Online
Rabu malam, DPP PKB menggelar acara syukuran pindah kantor baru di Jl Raden Saleh Jakarta Pusat, hanya berjarak sekitar 500 meter dari gedung PBNU, boleh dikata PKB kini semakin “merapat” ke PBNU.

Sebelumnya, PKNU yang juga mengambil basis konstituen warga NU juga membangun kantor di Jl Kramat 4, hanya sekitar 750 meter dengan gedung PBNU. Kantor Gerakan Pemuda Ka'bah, undorbow PPP malah hanya berloka
Kamis, 22/07/2010 10:58
Kendari, NU Online
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Sulawesi Tenggara (Kanwil Kemenag Sultra), Abdul Muis D., mengatakan umat Islam di daerah ini, tidak perlu perlu bingung dengan perubahan arah kiblat.

Ia di Kendari, Kamis, mengatakan, yang paling penting dalam salat ialah menggadapkan diri ke kiblat, bukan mengarah kiblat. 'Sewaktu mau salat, kita berniat menghadap ke Ka'bah, dan niat menentukan semuanya, jadi tidak ada masalah," katanya.
Kamis, 22/07/2010 10:45
Tegal, NU Online
Himpunan Daiyah dan Majlis Ta’lim (HDMT) Muslimat Nahdlatul ‘Ulama Kabupaten,  Selasa (20/7) gelar pelatihan Daiyah tingkat dasar yang dipusatkan di Gedung PCNU Kabupaten Tegal Pelatihan tersebut  diikuti  oleh  70 peserta yang merupakan perwakilan dari 19 Pengurus Pimpinan Anak Cabang Muslimat NU se kabupaten Tegal, yang  terdiri dari 19 ketua PAC, 19 Kordinator Departemen Da’wah, dan 18 daiyah
.
Penanggungjawab kegiatan Pelatihan Daiyah yang juga ketua Pengurus Cabang Muslimat NU Kabupaten Tegal Dra. Hj. Umi Azizah kepada NU Online menuturkan fokus kegiatannya diarahkan  peningkatan kualitas Daiyah dan majlis ta’lim.
Kamis, 22/07/2010 09:43
Jakarta, NU Online
Sekjen DPP PKB versi Muktamar II Semarang, Zannuba Arifah Chafsoh atau Yenny menegaskan jika Ketua Umum Dewan Syuro DPP PKB KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tidak perlu pujian-pujian dalam bentuk buku. Sebab, yang dibutuhkan adalah diakuinya Gus Dur sebagai Ketua Umum Dewan Syuro DPP PKB yang selama ini diabaikan oleh A. Muhaimin Iskandar

“Tanpa pengakuan resmi Gus Dur sebagai Ketua Umum Dewan Syuro DPP PKB berarti pengingkaran sekaligus pengkhianatan terhadap Gus Dur. Kalau itu diakui oleh Muhaimin Iskandar dkk, maka PKB Kalibata terbuka untuk islah,” tandas Yenny dalam membuka acara '12 Tahun PKB Pro Gus Dur' di Kantor DPP PKB Kalibata Timur I No.12 Jakarta Selatan, Rabu (21/7).
Kamis, 22/07/2010 08:37
Jakarta, NU Online
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar optimistis partainya memperoleh peningkatan suara yang signifikan pada Pemilu 2014, bahkan bisa menduduki urutan pertama karena masalah yang melanda partai itu sudah diselesaikan.

"Saya optimis menjadi nomor satu pada Pemilu 2014," kata Muhaimin saat memberikan pidato politik pada pembukaan Mukernas PKB di Jakarta, Rabu.
Kamis, 22/07/2010 06:11
Jakarta, NU Online
Setelah pembahasan cukup alot dan terjadi tarik menarik antara Komisi VIII DPR RI dan Kemenang RI, pada rapat kerja Rabu (21/7) akhirnya BPIH (Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji) ditetapkan  sebesar US$ 3.342 yang berarti turun 80 dolar dari tahun 2009 yang sebesar 3.422 dolar.

"Komisi VIII menyetujui pemaparan yang disampaikan oleh Menteri Agama untuk komponen direct cost BPIH sebesar 3.342 dolar AS. Komisi VIII akan membahas lebih lanjut untuk komponen indirect cost BPIH yang disampaikan oleh Kemenag,"kata pimpinan Komisi VIII Radityo Gambiro ketika membacakan keputusan ini dengan jajaran Kemenag RI.
Kamis, 22/07/2010 03:03
Jakarta, NU Online
Sekitar 300 foto tradisional muslim China akan ditampilkan pada Pameran dan Pertunjukan Kebudayaan Islam Tiongkok 23-25 Juli, di Balai Kartini, Jakarta, menandai 60 tahun hubungan diplomatik RI-China.

Kegiatan yang mengusung tema Perdamaian, Persahabatan, Kerjasama dan Kemajuan tersebut mendapat dukungan dari Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesian (MUI) dan Organisasi Massa (Ormas) Islam.
Rabu, 21/07/2010 20:08
Tanahdatar, NU Online
Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama Ihsan A Tuanku Bagindo bersama 456 orang jamaahnya melakukan ziarah bersama ke makam ulama Syekh Uwai 56 Malalo Jaluma Koto Tuo. Rombongan yang berangkat Rabu (21/7) dengan menggunakan 15 bus.

Ketua PCNU Tanahdatar Ihsan A. Tuanku Bagindo kepada Kontributor NU Online Bagindo Armaidi Tanjung di Padang, Rabu (21/7), mengatakan, kegiatan ziarah ke makam ulama ini sudah rutin dilaksanakan. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan penghormatan kepada ulama yang sudah wafat.
Rabu, 21/07/2010 19:48
JELANG RAMADHAN
Jakarta, NU Online
Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta menjamin tidak akan ada aksi sweeping tempat hiburan malam selama bulan Ramadhan berlangsung. Hal ini dimaksudkan untuk menjaga keamanan dan kenyamanan yang sudah terbangun selama ini.

Untuk itu, melalui tim terpadu yang terdiri dari unsur Satpol PP DKI Jakarta, Kepolisian Polda Metro Jaya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Perhimpunan Pengusaha Rekreasi dan Hiburan Umum Jakarta (PPRHUJ), sejumlah lembaga swadaya masyarakat (LSM), serta organisasi massa kedaerahan sepakat tidak akan ada aksi sweeping tempat hiburan malam selama bulan Ramadhan.
Rabu, 21/07/2010 19:23
Madiun, NU Online
Kondisi kiblat sebagian masjid di Madiun melenceng sebesar 24 derajat dari arah yang sebenarnya. Hal tersebut terungkap setelah pihak kementrian agama departeman agama kota setempat melakukan pengukuran di sejumalah masjid yang ada di wilayah kota keripik ini.

Kepala Seksi urusan agaman Islam kementrian agama departemen agama kota Madiun, Masruki, mengatakan saat ini pihaknya sudah melakukan pemeriksaan terhadap 28 masjid yang ada di wilayah kerjanya.
Rabu, 21/07/2010 18:27
PEMIKIRAN DAN PERJUANGAN GUS DUR
Jakarta, NU Online
Gus Dur memang kontraversial, apa yang dikatakan seringkali menimbulkan polemik dikalangan masyarakat. Situasi ini telah menunjukkan keberadaan dan sikap Gus Dur penting untuk ditanggapi, baik atas dukungan dari mereka yang mencintai atau kritikan dari mereka yang membenci.

Rais Syuriyah PBNU KH Masdar F Mas’udi berpendapat Gus Dur adalah Somebody, tak ada orang yang bersikap netral terhadap Gus Dur, semua orang memperhitungkan keberadaannya.
Rabu, 21/07/2010 17:36
Jakarta, NU Online
Majelis Ulama Indonesia, setelah melakukan kajian dan mendengar penjelasan ahli, menetapkan fatwa bahwa kopi luwak yang keluar bersama kotoran luwak setelah dimakan, hukumnya halal sepanjang telah disucikan.

Demikian penjelasan Ketua MUI Bidang Fatwa KH Makruf Amin di Kantor MUI Jakarta, Selasa (20/7). “Kopi luwak itu adalah biji kopi yang ditelan luwak kemudian dikeluarkan kembali melalui kotoran, jadi mutanajjis atau terkena najis. Halal dikonsumsi setelah disucikan”, demikian jelas Makruf Amin.
Rabu, 21/07/2010 16:43
Jakarta, NU Online
Ketua Majelis Ulama (MUI) Indonesia Amidhan mengatakan, pelatihan ESQ (latihan membangun kecerdasan emosi dan spiritual) yang dilakukan Ary Ginanjar Agustian itu tidak ada masalah. "Tidak ada persoalan dengan ESQ, karena yang dilakukan ternyata banyak memberi manfaat bagi kemajuan umat," katanya setelah menghadiri jumpa pers pameran kebudayaan muslim Cina di Kementerian Agama di Jakarta, Selasa (20/7).

Namun, Amidhan mengakui ada anggotanya yakni H Amin Djamaluddin yang menyebut pelatihan tersebut tak sepenuhnya sesuai dengan tuntutan Islam. "Kami sudah meminta keterangan dari H Amin Djamaluddin dan akhirnya diketahui bahwa Amin hanya meminta halaman tentang Asmaul Husna dalam buku `Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ` yang ditulis oleh Ary Ginanjar dikoreksi," katanya.
Rabu, 21/07/2010 15:32
Jakarta, NU Online
Kementerian Kesehatan segera menarik vaksin yang kini beredar dan menghentikan pemakaiannya. Kebijakan ini menyusul fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengenai dua merek vaksin meningitis yang dinyatakan halal.

"Kita akan membuat surat hari ini juga, supaya pemberian vaksin yang lama dihentikan dan diganti dengan vaksin yang dinyatakan halal oleh MUI," kata Menteri Kesehatan, Endang Rahayu Sedyaningsih, di Jakarta, Rabu (21/7).
Ubudiyah
Selasa, 24/02/2015 19:10
Pagi dan sore merupakan waktu di mana warga bumi sibuk. Pagi ialah waktu matahari mengintip. Lazimnya orang-orang mengawali aktivitas. Sementara sore kawanan...
Senin, 09/02/2015 06:00
Ketika hari telah larut malam dan kantuk mulai menyerang seorang pasti ingin segera menyerahkan diri kepada kasur dan ranjang. Akan tetapi bagi seorang...
Syariah
Sabtu, 21/02/2015 01:10
Allah SWT suka betul terhadap mereka yang mau mendekatkan diri ( taqarrub ) kepada-Nya. Kalau sudah suka, Allah SWT tidak segan menganugerahkan apa saja...
Jumat, 20/02/2015 07:00
Ngidam adalah fenomena psikologis yang terjadi pada perempuan yang sedang mengandung. Ngidam bagi ibu hamil adalah sesuatu yang luar biasa. Keinginan itu...
Hikmah
Jumat, 27/02/2015 13:02
Seorang bijak bestari suatu kali memanggil anak-anaknya. Pada saat mendekati ajalnya itu ia seperti hendak memberi pesan bermakna kepada mereka untuk yang...
Selasa, 10/02/2015 14:01
Dalam kitab Nashâihul ‘Ibâd , Syaikh Nawawi al-Bantani mengungkap kisah seorang pencuri kain kafan dan seorang hakim dalam sebuah negara....
Taushiyah
Rabu, 11/02/2015 11:15
Oleh KH Abdurrahman Wahid Judul diatas diilhami oleh sabda Nabi Muhammad SAW: “ Sebaik-baik persoalan adalah yang berada ditengah “ (...
Jumat, 30/01/2015 08:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Dakwah dalam arti bahasa berarti mengajak, me nyeru, memanggil. Berangkat dan pengeritian bahasa itu, lalu dihubungkan dengan nash...
Khotbah
Kamis, 05/02/2015 13:30
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah saw pernah bersabda bahwasannya jika Allah swt mencintai seseorang maka Ia akan mengujinya. kalau orang itu sabar, maka Allah swt akan menjadikannya orang mulia (mujtaba). Dan jika ia ridha (rela) maka Allah swt akan menjadikannya sebagai orang pilihan yang istimewa (musthafa).
Kamis, 22/01/2015 17:00
KHOTBAH JUMAT
“Sesungguhnya surga itu dikepung oleh segala kemakruhan (hal yang dinistakan agama) sedangkan neraka dikelilingi oleh syahawat (hal-hal yang menyenangkan manusia)” dan dalam haditsnya yang lain “ingatlah bahwa surga adalah sesuatu yang sulit di raih bagai berada di tempat yang tinggi. Sedangkan neraka adalah sesuatu yang mudah  bagai berada di tanah yang rendah”
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefMaret 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031    
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::