Sabtu, 25 Oktober 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Sabtu, 13/02/2010 17:22
UU PENODAAN AGAMA
Jakarta, NU Online
Menteri Agama Suryadharma Ali optimis Mahkamah Konstitusi akan menolak permohonan uji materi UU No 5 tahun 1965 tentang penodaan atau penistaan agama. Demikian dinyatakan Suryadharma usai di Jakarta, Sabtu (13/2).

Menurut Suryadharma, kalau sampai permohonan uji materi UU No 5 tahun 1965 dikabulkan maka akan mengundang bahaya yang lebih besar. Sebab UU ini adalah sebagai UU yang menjamin kebebasan beragama tetapi bukan kebebasan beragama tanpa batas.
Sabtu, 13/02/2010 16:20
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng Jombang KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah) berharap warga Nahdliyin dapat meningkat taraf hidupnya. Menurut Gus Sholah, upaya peningkatan taraf hidup ini juga dapat dibantu melalui upaya-upaya legal yang dulakukan oleh struktur pengurus Nahdlatul Ulama.

Demikian dinyatakan oleh Gus Sholah dalam perbincangan dengan  NU Online di jakarta baru-baru ini. Apabila terpilih menjadi Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul ulama (PBNU) Gus Sholah siap mengupayakan segala cara melalui jalur struktural untuk meningkatkan taraf hidup warga Nahdliyin.
Sabtu, 13/02/2010 15:05
Surabaya, NU Online
Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Prof Dr Moh Mahfud MD, menjamin lembaga yang dipimpinnya akan mengkaji Undang-undang (UU) Nomor 1/PNPS/1965 tentang penodaan agama secara serius.

"Percayakan kepada kami, kami tidak akan serampangan membahas undang-undang ini, dan oleh karena itu kami mengundang 60 ahli pada setiap hari Rabu untuk mengkaji undang-undang tersebut, sejak Februari hingga April 2010," katanya di Surabaya, Sabtu (13/2).
Sabtu, 13/02/2010 14:12
JELANG MUKTAMAR
Jakarta, NU Online
Pengurus Pusat lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (PP LDNU) akan menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) yang diikuti oleh seluruh perwakilan Pengurus Cabang LDNU se Indonesia. Demikian dinyatakan oleh Ketua PP LDNU KH AN. Nuril Huda kepada NU Online di Jakarta, Jum'at (12/2).

Menurut Nuril Huda, Rakernas yang akan dilangsungkan pada tanggal 2-5 Maret 2009 di Jakarta ini mengagendakan untuk membahas pelurusan tentang pemahaman pluralisme yang salah kaprah di masyarakat.
Sabtu, 13/02/2010 13:18
Jakarta, NU Online
Sekitar 240 santri Pondok Pesantren Bahrul Ulum, Tasik Malaya, Jawa Barat, diajak menjelajah jagat oleh Lajnah Falakiyah PBNU saat mereka bersilaturrahim ke kantor PBNU, Jl Kramat Raya Jakarta Pusat, Sabtu (13/2).

Tentunya bukan penjelajahan dalam arti yang sebenarnya, tapi apa yang dipaparkan dan ditampilkan oleh Lajnah Falakiyah melalui layar full screen itu seakan-akan membawa seluruh santri menjelajah jagat raya. Pertama-tama, santri berada di pesantren mereka di Tasik, lalu terbang keluar pulau Jawa, lebih jauh ke atas bumi sampai keluar Tata Surya, dan kini mereka berada diantara galaksi-galaksi di ruang angkasa yang tak terhingga.
Sabtu, 13/02/2010 12:22
Magelang, NU Online
Patung Buddha berwajah Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Studio Mendut Magelang, karya pematung Cipto Purnomo yang menimbulkan kontroversi, akhirnya ditutup dengan ranting-ranting kayu. Kini, di depan patung tersebut dipasang beberapa tulisan, yaitu "Patung ditutup untuk umum", dan "Menunggu usulan bijak patung ini sebaikknya dibagaimanakan?"

Selain itu juga terdapat tulisan lain, "Akan menyerahkan pertimbangan kepada pihak yang kompeten", "Mohon maaf kepada yang tidak berkenan atas kelemahan kami", "Demi pembelajaran kami yang warga dusun gunung yang sangat butuh pencerahan (manusia jauh lebih penting dari patung)".
Sabtu, 13/02/2010 11:10
Jambi, NU Online
Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) H Muhammad Jusuf Kalla (JK) dalam kunjunganya di Jambi, mengingatkan agar PMI tidak memperjualbelikan darah.

"PMI itu tidak jualan darah, yang ada hanya pengganti biaya. Bagi masyarakat yang tidak mampu, pemerintah akan menanggung biayanya melalui Jaminan Kesehatan Masyarakat (Jamkesmas). Kalau yang mampu tetap harus bayar biaya pengganti," katanya, Jum'at (12/2).
Sabtu, 13/02/2010 10:15
ISLAH PKB
Jakarta, NU Online
Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar menegaskan, pihaknya terbuka untuk rekonsiliasi atau islah dengan PKB kubu Gus Dur. Bahkan, rekonsiliasi itu kini tengah berjalan. "Kita terbuka dan mengajak, bahkan setiap malam tim dari Gus Dur bertemu di rumah saya. Ya sambil jalan," katanya di Jakarta, Jum'at (12/1).

Menurut Muhaimin, proses islah ini sebaiknya berjalan alami dan tidak perlu dipaksakan untuk segera diwujudkan. "Kita jalani saja, alamiah lebih enak," kata Muhaimin.
Sabtu, 13/02/2010 09:02
Jakarta, NU Online
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, menghadiri acara zikir bersama di Lapangan Silang Monas, Jakarta, di tengah hujan gerimis, Sabtu pagi (13/2). DZikir yang bertema "Berzikir untuk Indonesiaku" itu diadakan oleh Majelis Dzikir SBY Nurussalam, Majelis Dzikir Nurul Musthofa dan Forum Habib Nasional.

Bersama Presiden turut hadir antara lain Ibu negara Ani Yudhoyono, Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, Menteri Pendidikan Nasional M.Nuh, Menko Polhukan Djoko Suyanto, Mensesneg Sudi Silalahi, Menko Perekonomian Hatta Rajasa dan Menko Kesra Agung Laksono.
Sabtu, 13/02/2010 07:23
UU PENODAAN AGAMA
Jakarta, NU Online
Menteri Agama, Suryadharma Ali, kembali berharap agar Mahkamah Konstitusi tak mengabulkan gugatan uji materiil terhadap UU no 1/PNPS/1965. Jika gugatan itu dikabulkan, Suryadharma khawatir atas kondisi kebersamaan umat.

"Jelas, jika itu dikabulkan akan membahayakan negara. Karenanya kami yakin, Mahkamah Konstitusi tidak akan mengabulkan gugatan tersebut," tegas Menag usai membuka seminar bertajuk 'Evaluasi Penyelenggaraan Haji dalam Perspektif Media Massa di Jakarta', Jum'at (12/2).
Sabtu, 13/02/2010 06:07
Kediri, NU Online
Pondok Pesantren Lirboyo Kediri melarang keras seluruh santri dan remaja muslim di Kediri untuk merayakan hari kasih sayang (valentine) yang jatuh pada 14 Februari mendatang. Demikian dinyatakan Ketua I Ponpes Lirboyo KH Agus Ibrahim Hafidz. Menurutnya, selain valentine bukan budaya Islam, kegiatan kasih sayang tersebut sarat dengan prilaku asusila yang bertentangan dengan nilai agama.
 
"Pada intinya kita tidak perlu ikut-ikutan merayakanya. Apalagi jika yang melakukan adalah remaja yang belum menikah," ujarnya kepada wartawan di kediri, Jum'at (12/2).
Sabtu, 13/02/2010 05:20
Jakarta, NU Online
Ketua DPP PKB Muhaimin Iskandar mencoba mengikuti keteladanan Gus Dur yang menjaga pluralisme, dengan melakukan silaturahim dengan etnis tionghoa menjelang imlek.

"Kita akan meneruskan perjuangan Gus Dur, maka PKB akan tetap berada di garis terdepan untuk menjaga pluralisme dan kebhinnekaan Indonesia," ujar Ketua Umum DPP PKB, Muhaimin Iskandar dalam acara Silaturahmi dan Refleksi Imlek 2561, bersama sejumlah tokoh Tionghoa dan organisasi pejuang anti diskriminasi, di Jakarta, Jum'at (12/2).
Sabtu, 13/02/2010 03:27
Brebes, NU Online
Tidak seperti hari-hari biasanya, malam itu puluhan anggota Kepolisian Sektor (Polsek) Brebes memakai baju koko dan berpeci. Mereka berbaur dengan masyarakat. Usut punya usut ternyata mereka akan memanjatkan doa bersama.

“Malam ini, sengaja kami gelar pembacaan tahlil dan yasin,” ucap Kapolsek Brebes AKP Suhartini usai menggelar doa bersama di Markas Kepolisian Sektor (Mapolsek) Jalan Veteran Brebes Kamis malam (11/2).
Sabtu, 13/02/2010 03:12
Paris, NU Online
Arsitek utama larangan burka di Prancis terpaksa harus menyangkal klaim bahwa ia akan memeluk Islam karena menikahi pacarnya yang seorang wanita Muslim. Eric Besson, Menteri Imigrasi Prancis yang berusia 51 tahun itu, telah mengakui hubungannya dengan Yasmine Tordjman, seorang mahasiswi seni Paris yang berusia kurang dari setengah usianya.

Namun konservatif garis keras itu mengancam akan mengambil tindakan hukum terhadap sebuah website yang menyebutkan bahwa pasangan yang telah memiliki rumah bersama itu kemungkinan akan menikah, yang menurut hukum Islam mengharuskan ia untuk pindah agama.
Sabtu, 13/02/2010 01:53
Moskow, NU Online
Para pemimpin Muslim di Rusia telah menyerukan umat Islam untuk memboikot perayaan hari Saint Valentine, dan menyatakan bahwa perayaan tersebut merupakan "ajaran permisif universal, amoralitas dan nihilisme.

Sebuah dewan pimpinan Muslim di kawasan Nizhny Novgorod Rusia, Rabu mengeluarkan pernyataan yang menyerukan sebuah "larangan" merayakan Hari Valentine, yang semakin populer di Rusia meskipun bukan merupakan hari libur resmi.
Jumat, 12/02/2010 22:32
Madinah, NU Online
Menikah sangat muda, dianiaya, dan kini Afrah, istri belia asal Madinah, Arab Saudi menggugat cerai suaminya yang berusia 37 tahun lebih tua darinya. Beruntung, hakim di pengadilan berpihak padanya dan mengabulkan gugatan cerainya, hal yang ditabukan di negara itu.

Tak hanya tuntutan perceraiannya yang dikabulkan, ia juga menerima kompensasi 1.200 Real (sekitar Rp 3 juta) dan 600 Real untuk setiap pemukulan yang pernah dilakukan mantan suaminya. Putusan pengadilan didasarkan pada bukti otentik berupa visum dokter.
Ubudiyah
Kamis, 23/10/2014 11:03
Jumat besok bertepatan dengan tanggal 24 Oktober 2014 adalah hari terakhir bulan Dzul Hijjah, sekligus juga hari penutup tahun 1435 H. Melangkah-sambut tahun...
Rabu, 22/10/2014 06:00
Dalam berbagai literatur fiqih dan buku-buku tuntunan shalat banyak ditemukan amalan dan do’a-do’a keseharian. Dari yang bersifat umum hingga...
Syariah
Selasa, 21/10/2014 13:00
Pada umumnya orang memahami bahwa shalat tahajjud dan shalat hajat adalah dua shalat berbeda yang biasa dilakukan pada malam hari. Sehingga seseorang yang...
Rabu, 08/10/2014 15:05
Apa hubungan gerhana bulan ( khusuf ) dan keadilan sosial? Gerhana merupakan peristiwa alam, salah satu bentuk kuasa Allah. Tetapi Rasulullah SAW sendiri...
Hikmah
Ahad, 19/10/2014 11:24
Dirinya sungguh tak menyangka bakal sembuh dengan cara istimewa. Semula orang laki-laki ini sehari-hari diliputi gelap karena kondisi matanya yang sama...
Jumat, 26/09/2014 10:04
Islam mengajarkan kepada umatnya untuk menghormati yang lebih tua dan menyayangi yang lebih muda, sebagaimana dalam sabda Nabi Muhammad SAW.
Taushiyah
Jumat, 24/10/2014 20:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Adalah fenomena baru dan masih menimbulkan berbagai pertanyaan, jika masalah perpajakan dikaitkan dengan peranan kiai atau ulama....
Senin, 20/10/2014 12:02
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam perjalanan ke gedung TVRI saat subuh awal Februari 2003, penulis mendengar siaran sebuah radio swasta Jakarta yang...
Khotbah
Kamis, 23/10/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Barang siapa di pagi hari telah mengadukan kesulitannya kepada sesama (mahkluk/manusia), maka ia telah mengadukan Tuhannya. Dan barang siapa merasa  sedih dengan kondisi duniawinya di waktu pagi, maka dia telah membenci Tuhannya. Dan barang siapa merendahkan diri di hadapan orang kaya karena hartanya sungguh telah lenyap dua pertiga agamanya.    
Sabtu, 04/10/2014 09:08
KHOTBAH IDUL ADHA
Pada hari dan bulan ini umat Islam dari seluruh penjuru dunia disyariatkan menjalankan 2 ibadah disamping ibadah yang rutin dilaksanakan setiap hari. Pertama ibadah haji dan, kedua ibadah kurban. Ibadah haji hukumnya wajib bagi yang mampu. Yang kedua, ibadah kurban. Ibadah ini berhukum sunnah ‘ain bagi individu dan sunnah kifayah bagi anggota keluarga.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Space Iklan
305 x 140 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefOktober 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
   1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031 
:::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::