Ahad, 30 Agustus 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 21/03/2011 13:03
Jakarta, NU Online
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) bekerjasama dengan Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menaengah (UKM) dan Menteri Kehutanman untuk meningkatkan pengembangan ekonomi kecil dan menengah di lingkungan Nahdlatul Ulama (NU). Penandatanganan tersebut akan langsung dipimpin oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siradj di Gedung PBNU Jl. Kramat Raya 164 Jakarta, Senin (21/3) siang ini.

Sebelum penandatangan, diawali dengan acara dialog ekonomi bertajuk ”Benarkah Ekonomi Indonesia Terpuruk?” bersama Wakil Ketua Umum PBNU KH As’ad Said Ali, pengamat ekonomi Dr Aviliani (Dewan Ekonomi Nasional), Dr Maksum Mahfudz (UGM), dan Franciscuc Welirang (Indofood Tbk).

Senin, 21/03/2011 12:14
Kairo, NU Online
Liga Arab hari Minggu mengecam serangan militer Barat terhadap Libya, sepekan setelah mereka mendesak PBB memberlakukan zona larangan terbang di negara Afrika Utara yang kaya minyak itu.

"Apa yang terjadi di Libya berbeda dari tujuan penerapan zona larangan terbang dan yang kami inginkan adalah perlindungan warga sipil dan bukan pemboman warga sipil lain," kata Sekretaris Jendral Liga Arab Amr Mussa kepada wartawan.
Senin, 21/03/2011 12:04
Bojonegoro, NU Online
Kecantikan yang hakiki dan ideal menurut Islam bersumber pada dimensi ilahiyyah, yakni bersumber dari hati. Selain itu, juga tingkat ketaqwaan kepada Allah SWT.

“Hal-hal yang berhubungan dengan kecantikan dan sesuai dengan syari’at Islam misalnya adalah, seseorang tidak mengubah bentuk,” kata pengurus P3A Bojonegoro, Ririn Muktamiroh dalam seminar kecantikan di Aula STAI Sunan Giri Ahad (20/3). Seminar digelar oleh PC. IPPNU Bojonegoro.
Senin, 21/03/2011 11:20
BATSUL MASAIL HIMASAL
Brebes, NU Online
Hermeneutika sebagai sebuah metode tafsir tengah digandrungi para intelektual muslim Indonesia. Seperti kelompok Jaringan Islam Liberal (JIL), Paramadina dan lain-lain. Mereka mengkaji berbagai teks, termasuk Al Quran yang berupa teks dipelajarinya dengan metode hermeneutika.

Guna memberikan pemahaman hukum tentang persoalan aktual berdasarkan fiqih, maka Himpunan alumni santri Lirboyo (Himasal) Kabupaten Brebes menggelar Batsul Masail tentang Hermeneutika di pesantren Hidayatul Mubtadi’ien Desa Dumeling Kec Wanasari Brebes Ahad (20/3).
Senin, 21/03/2011 10:13
Magelang, NU Online
Media komunitas NU Online wilayah Magelang menggelar acara pelatihan jurnalistik, di Pondok Pesantren Ushuluddin, Salaman, Kabupaten Magelang, Jumat-Sabtu (18-19/3).

Diikuti kader muda NU dari berbagai organisasi, yakni Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), IPNU-IPPNU, Banser, Fatayat dan GP Ansor.
Senin, 21/03/2011 10:01
Banyumas, NU Online
Pimpinan Anak Cabang (PAC) IPNU-IPPNU Kecamatan Jatilawang, Banyumas Jawa Tengah menggelar Workshop Kefasilitatoran di kawasan wisata Husada Kalibacin Rawalo, Ahad (20/3).

Kegiatan ini dimaksudkan agar tim kaderisasi dan fasilitator IPNU-IPPNU Kecamatan Jatilawang bisa memfasilitatori kegiatan pengkaderan seperti Makesta dan Lakmud ditingkatan PAC secara profesional. Karena akhir-akhir ini kegiatan pengakaderan sering dilencengkan yakni dimiliterkan. Justru perploncoan semacam ini sekarang tidak cocok lagi di zaman sekarang ini.
Senin, 21/03/2011 09:20
Surabaya, NU Online
Ribuan warga Nahdlatul Ulama (NU) atau Nahdliyin Kota Surabaya, Ahad (20/3) menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Taman Bungkul. Selain dihadiri puluhan ulama Surabaya, acara yang digelar Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya ini juga dihadiri Rais Am Idaroh Aliyah organisasi tarekat NU atau Jam'iyah Tariqah Mu'tabarah an-Nahdliyah, Habib Luthfi bin Yahya.

Sontak kehadiran ulama besar asal Pekalongan ini membuat kompleks Taman Bungkul dipadati sekitar 4 ribu warga nahdliyin. "Awalnya panitia penyelenggara hanya mengundang 1.000 Muslimat NU dan 1.000 warga NU lainnya. Tapi yang datang lebih dari itu. Sekitar 4 ribu warga nahdliyin yang datang," kata Ketua Tanfidziyah PCNU Kota Surabaya, Syaiful Chalim disela-sela acara, kemarin.
Senin, 21/03/2011 08:09
KONGRES PMII
Banjarmasin, NU Online
Pemilihan ketua umum Pengurus Besar Korps PMII Putri (PB KOPRI) akhirnya berujung pada terpilihnya Irma Muthoharoh dengan aklamasi pada Jum’at (18/3) lalu. Proses aklamasi sendiri terjadi setelah kader lainnya, Ella Nuryamah, gugur karena gagal melengkapi syarat menjadi ketua umum PB KOPRI.

Ella gugur karena karena tidak bisa membuktikan bahwa pernah mengikuti Pelatihan Kader Lanjut (PKL). Walaupun pada putaran pertama memperoleh 76 suara. Disusul kemudian oleh Irma 63 suara, Fatikhatul Khoiriyah 15 suara, dan Herwanita 13 suara. Hanya Ella dan Irma berhak maju ke putaran kedua, karena batas minimum masuk putaran kedua adalah 25 suara.
Senin, 21/03/2011 07:24
Bondowoso, NU Online
Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kabupaten Bondowoso diprotes keras Pimpinan Gerakan Pemuda Ansor. Ketua Ppinan Cabang (PC) GP Ansor Kabupaten Bondowoso, Miftahul Huda, SH menilai, Musrenbang tidak mengakomodir masukan dari Lembaga Swadaya Masyarakat.

”Dalam Buku Panduan Musrenbang disebutkan, pada pembukaan Musrenbang, salahsatu pesertanya adalah LSM, Perguruan Tinggi dan Organisasi Profesi dan semua yang disebutkan tadi mengikutinya, termasuk juga Ansor”, kata Miftah, Ahad (20/3).
Senin, 21/03/2011 07:02
Surakata, NU Online
Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siradj mengimbau warga NU (Nahdliyin) bergerak membendung faham-faham radikalisme yang berkembang pesat dan menjamur di Indonesia. Hal tersebut disampaikannya di hadapan jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama(PCNU) kota Surakarta. Jangan sampai adikalisme terus berkembang terutama di Kota Solo.

"Semua elemen NU harus jalan. mulai dari ibu-ibu dengan Muslimatnya. Pemuda dengan Ansornya, pemudi dengan Fatayatnya, Pelajar dengan IPNU dan IPPNU-nya. Sebab semuanya itu adalah organ dan untuk dapat hidup, semua organ harus berfungsi dan berjalan dengan baik," katanya di Surakata, Ahad (20/3) kemarin.
Ahad, 20/03/2011 18:19
Jakarta, NU Online
Koordinator Sekretariat Nasional Jaringan GUSDURian Alissa Wahid mendesak pemerintah dan seluruh perangkatnya bergerak cepat untuk menuntaskan teror bom dan tindakan anarkisme yang terjadi belakangan ini. 

Sebab, kelambatan dan kelemahan Pemerintah selama ini justru akan makin memperkuat penggunaan strategi kelompok-kelompok teror dan anarkkisme dalam merongrong Pancasila, UUD RI 1945. Bhinneka Tunggal Ika, dan kesatuan bangsa ini.
<
Ahad, 20/03/2011 17:16
Demak, NU Online
Hari Ahad 20 Maret 2011, Yamaha menyelenggarakan tablig akbar di lapangan Desa Gajah Kecamatan Gajah Kabupaten Demak. Acara yang dilaksanakan mulai pukul 08.00 sampai 23.00 terdiri dari berbagai jenis kegiatan, diantaranya adalah lomba mewarnai, fashion show busana muslim, azan, festival rebana tingkat kabupaten Demak.

Kegiatan ini sebagai ungkapan rasa syukur Yamaha atas apresiasi masyarakat Demak selama ini. Kegiatan sosial ini dihadiri oleh ratusan pengunjung dari berbagai daerah, bahkan ada pula yang datang dari luar kabupaten. Pagi tadi mereka berbondong-bondong mengantarkan putra-putrinya mengikuti lomba yang berhadiah sepeda motor. Di tengah terik matahari yang menyengat, mereka tetap semangat mengikuti perlombaan hingga usai.
Ahad, 20/03/2011 16:29
Jombang, NU Online
Teror bom yang dilakukan oleh orang yang tidak bertanggungjawab belakangn ini memang menimbulkan kepanikan di tengah masyarakat. Apalagi, yang menjadi sasaran sementara ini adalah kelompok-kelompok Islam moderat yang sevisi dengan mantan Ketua Umum PBNU KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Karena itu, Pesantren Tebuireng, Jombang Jatim bekerjasama dengan aparat kepolisian setempat untuk mengantisipasi teror bom tersebut.

"Kerjasama itu karena dalam sehari kita menerima kiriman 15 hingga 20 paket. Namun demikian, hingga saat ini belum ada paket yang mencurigakan. Kalau pun ada, kita sudah menjalin kerja sama dengan aparat kepolisian," kata Ketua Pengurus Ponpes Tebuireng, H Lukman Hakim di Jombang, Ahad (20/3).

Maklum lanjut Lukman Hakim, Ponpes Tebuireng kerap menerima kiriman paket dari berbagai pihak. Selain untuk pengurus pondok, kiriman paket tersebut juga ditujukan untuk para santri.

“Sebagai langkah antisipasi, ponpes di bawah kepemimpinan KH Salahuddin Wahid (Gus Solah) itu melakukan seleksi secara ketat. Misalnya dengan alamat dan nama pengirim paket harus jelas. kalau tidak, akan diperiksa secara intensif,” tambah Lukman.

Hal senada juga dikatakan oleh Zainul, Kepala Bagian Perpustakaan Ponpes Tebuireng. Menurutnya, pihak pondok kerap menerima kiriman buku dari sejumlah penulis. Namun lagi-lagi, pengiriman paket itu jelas pengirimnya. "Dan, hingga saat ini tidak ada paket yang mencurigakan sebagai bom," tegas Zainul.   

Sementara itu menurut anggota Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin maraknya aksi teror bom yang muncul bersamaan dengan mencuatnya sejumlah isu belakangan ini dicurigai hanya sebagai pengalihan isu.

"Karena dalam kenyataan kasus bom sontak membuat polarisasi isu lain yang sedang hangat seperti berita The Age dan Sydny Morning Herald yang menyodok istana," ujar tutur Aziz.

Apalagi, kata Azis, kedua media yang dipersoalkan Istana dengan tegas menyatakan enggan meminta maaf atas laporan yang dimuatnya. "Berarti kan kalau media tersebut kukuh, otomatis mereka yakin akan keakuratan dan kebenaran data yang disampaikan," tambah Aziz.(amf/jtm)
Ahad, 20/03/2011 16:07
Jepara, NU Online
Mulai tahun 2011 ini kelulusan siswa tidak hanya ditentukan oleh hasil nilai rapor, Ujian Sekolah (US) maupun Ujian Nasional (UN) melainkan akhlak atau moral siswa serta pengamalan agama dalam keseharian menjadi salah satu penentu kelulusan. Siswa bisa saja dikatakan tidak lulus jika dinilai akhlaknya tidak baik walaupun nilai semua ujiannya bagus.

"Kelulusan dari satuan pendidikan dirapatkan dewan guru dengan memperhatikan akhlakul karimah," kata Drs H Moh Zahid, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) kabupaten Jepara.
Ahad, 20/03/2011 15:35
Brebes, NU Online
Ada sebuah kisah menarik berupa pergaulan antara Kiai dan Pastur. Dua pemimpin agama ini akrab sekali. Suatu saat ketika pergi ke suatu desa terpencil, keduanya terpaksa harus menyeberang sungai. Tetapi Pastur itu kebetulan takut pada air sehingga Sang Kiai menawarkan untuk gendong.
   
Sesudah sampai di daratan, Sang Kiai berkata pada Pastur. “Wah hebat sekali, ternyata hari ini pastur sudah naik haji,” ujar Pastur kepada Kiai yang kebetulan sudah menunaikan ibadah haji itu.
Ahad, 20/03/2011 14:23
Sangatan, NU Online
Sholeh, 31 tahun, perajin kaligrafi di Teluk Lingga, Sangata, Kutai Timur, Kalimantan Timur, ingin meningkatkan usahanya. Namun, niatnya tersebut terkendala modal.

"Usaha kaligrafi di Kota Sangata, sangat cocok dan menjanjikan keuntungan, namun kendala saya permodalan," katanya.
Ubudiyah
Senin, 24/08/2015 23:03
Ketika sakit, mereka tidak hanya menderita secara jasmani. Tetapi secara rohani, orang yang menderita sakit juga cenderung rapuh. Dengan kemampuan dan...
Ahad, 19/07/2015 09:08
Di dalam agama Islam, seorang muslim yang memiliki kemampuan berupa materi harta, diwajibkan untuk membantu sesama muslim yang masih dalam kategori tidak...
Syariah
Jumat, 21/08/2015 18:02
Agama menaruh kewajiban nafkah istri dan anak di bahu seorang suami sebagai kepala keluarga. Meskipun pada praktiknya kadang yang menjadi “kepala...
Jumat, 10/07/2015 17:09
Bawaan puasa membuat tubuh terasa panas. Selain itu, perasaan gerah, panas, dan rasa tidak nyaman kadang memang dipengaruhi oleh cuaca yang panas. Untuk...
Hikmah
Kamis, 20/08/2015 12:00
Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam pernah bercerita tentang pertemuan seorang laki-laki dengan seekor anjing dalam sebuah tempat tak jauh dari...
Jumat, 17/07/2015 12:01
Ibrahim bin Adham suatu ketika sedang berjalan di tepi pantai. Tanpa sengaja, matanya melirik sepasang manusia berduaan dengan begitu mesranya. Terlintas di...
Taushiyah
Ahad, 16/08/2015 07:01
Oleh Abdurrahman Wahid --Pada dasarnya terdapat tiga jenis refleksi tentang apa yang dianggap sebagai karakteristik manusia Indonesia. Pada ujung yang satu...
Jumat, 14/08/2015 10:00
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Setiap institusi agama ataupun yang lain, memberikan kedudukan sangat penting bagi ilmu pengetahuan. Dalam Islam, ilmu pengetahuan...
Khotbah
Kamis, 16/07/2015 12:05
KHOTBAH IDUL FITRI II
Nabi Muhammad memerangi perilaku jahat, kelaliman, dan tindak kekerasan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat Arab saat itu dengan mengajak dan mendidik umat manusia supaya memiliki ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan, seseorang akan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.
Kamis, 16/07/2015 11:57
KHOTBAH IDUL FITRI I
Bagi umat Islam, momentum Idul Fitri adalah saat-saat penting untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan. Seluruh kesalahan yang pernah dilakukan selama satu tahun, seolah ingin dilebur di hari Lebaran ini, minal a’idin wal-faizin. Meskipun secara bahasa tidak sesuai, tetapi ungkapan itu dalam masyarakat kita sering dimaknai "mohon maaf lahir dan batin".
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefAgustus 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031     
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::