Ahad, 01 Februari 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Jumat, 11/06/2010 18:03
Jakarta, NU Online
Ketua PBNU Imam Aziz menyatakan salah satu amanat Muktamar ke-32 NU adalah pengembangan dan memperkokoh ajaran aswaja mengingat belakangan ini banyak sekali serangan dari kelompok lain.

Agar ajaran aswaja ini menarik, ia menegaskan, cara penyampaian dakwah ajaran aswaja perlu kemasan yang pas dan menarik, terutama bagi generasi muda agar tidak menoleh pada ajaran lain yang juga disampaikan dengan bagus dan banyak dimunculkan di TV sehingga bisa-bisa secara tidak sadar generasi muda NU pindah haluan.
Jumat, 11/06/2010 17:10
Jember, NU Online
Sejak Rabu (9/6) kemarin hingga Ahad besok, untuk kedua kalinya, Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI) NU Jember yang merupakan personifikasi dari CBDRMNU, menyelenggarakan kegiatan aksi implementasi Pengurangan Risiko Bencana (PRB) di lima kecamatan rawan banjir.

Lima kecamatan tersebut adalah Panti, Silo, Patrang, Sumbersari dan Pakusari. Kegiatan tersebut melibatkan 100 relawan yang tergabung dalam Santri Siaga Bencana (SSB) di masing-masing kecamatan.
Jumat, 11/06/2010 16:14
Jakarta, NU Online
AD/ART baru NU yang merubah nama Ansor menjadi Ansor NU menimbulkan masalah baru, khususnya menyangkut penggantian papan nama, stempel, kop surat dan lainnya.

“Ini membutuhkan biaya sangat besar, ngak mungkin bisa ganti dalam sekejab, kecuali PBNU menyediakan dana untuk itu,” kata wakil sekjen PBNU Haryanto Aghie kepada NU Online, Jum’at.
Jumat, 11/06/2010 15:09
Jakarta, NU Online
Acara serah terima jabatan Pengurus Pusat Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PP Lakpesdam) pada Selasa (8/6) lalu mengambil tema “Menuju Seabad NU”. Besarnya pontensi dan beragamnya SDM NU seharusnya menjadikan NU mampu memberikan kontribusi yang besar bagi bangsa Indonesia, paling tidak pada peringatan seabad NU beberapa tahun mendatang.

Kontribusi itu dapat dilakukan dengan menunjukan perhatian serius NU pada persoalan nasional maupun persoalan global, dari persoalan Lapindo sampai kekerasan Israel dan krisis di Thailand.
Jumat, 11/06/2010 14:32
London, NU Online
Hari ini, Jumat (11/6) di Oxford, Inggris barat, digelar shalat Jumat dengan khotib dan imam seorang penulis perempuan asal Kanada, Raheel Raza.

Penyelenggara shalat Jumat ini, Dr Taj Hargey dari Pusat Pendidikan Muslim di Oxford mengatakan tidak ada larangan bagi wanita untuk menjadi imam shalat dengan jemaah laki-laki dan perempuan. "Al Quran juga tidak melarang wanita menjadi imam shalat. Quran sangat memuji sosok wanita seperti Maryam, ibu Nabi Isa," kata Hargey seperti di lansir BBC.
Jumat, 11/06/2010 13:35
Puluhan santri dari Pondok Pesantren Lirboyo, Ploso, dan Pacul Gowang, Jombang, terpilih mengemban tugas mulia. Menjadi dai di daerah transmigran. Program baru Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) ini disambut antusias.

Tak terlihat kekhawatiran di wajahnya. Meski, dalam waktu dekat dia harus berangkat melakukan syiar Islam ke luar Jawa. Ketenangan Ibnu siang itu bukannya tanpa alasan. Pemuda bertubuh kurus itu adalah santri asal Lampung. Sehingga, tugas yang didapat dari pesantren itu ibarat pulang kampung. "Seperti pulang kampung," ujar Ibnu Mardian, 27, santri Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo mengomentari rencana keberangkatannya ke Lampung untuk menjadi dai di daerah transmigran itu.
Jumat, 11/06/2010 11:33
Cilacap, NU Online
Majelis Pemusyaratan Rakyat bekerja sama dengan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyosialisasikan empat pilar negara bagi para nahdliyin di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

"Cilacap merupakan kabupaten pertama yang menjadi tempat digelarnya `Roadshow Kebangsaan: Sosialisasi 4 (Empat) Pilar Negara di Lingkungan Nahdlatul Ulama Se-Indonesia`," kata Wakil Ketua MPR, Lukman Hakim Saifuddin, di Cilacap, Kamis.
Jumat, 11/06/2010 10:20
ISLAH PARPOL BERBASIS NU (16)
Surabaya, NU Online
Ketua Komite Islah (PKB Ancol, PKB Parung dan PKNU) Jatim Hasan Aminuddin menegaskan, pihaknya menjamin upaya islah tidak akan mencederai kepentingan siapapun.

"Seluruh anggota DPR RI, DPRD provinsi dan kabupaten/kota, termasuk pejabat pemerintah yang berasal dari PKB maupun PKNU tidak akan diberhentikan, direcall atau diresufle karena menyepakati islah," kata Hasan di kantor PWNU Jatim, Kamis (10/6/2010) petang.
Jumat, 11/06/2010 09:18
ISLAH PARPOL BERBASIS NU (15)
Surabaya, NU Online
Deklarator Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) KH Muchith Muzadi memimpikan partai-partai politik berbasis warga NU (nahdliyah) bersatu.

"Saya bermimpi suatu saat nanti, partai-partai NU bisa bersatu lagi. Meskipun nanti saya sudah tidak ada, islah partai-partai NU akan terwujud," katanya saat memberikan taushiyah dalam Deklarasi Komite Islah di kantor PWNU Jawa Timur Surabaya, Kamis (10/6).
Jumat, 11/06/2010 08:34
Jakarta, NU Online
Pengurus Pusat Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (PP Lakpesdam) NU periode 2010-2015 yang telah dilantik akan melanjutkan program pengkaderan dan pengembangan Sumber Daya manusia (SDM) warga Nahdliyin.

“Dalam baju program apa pun, semua yang telah dilakukan Lakpesdam adalah implementasi atas mandat pengembangan kader dan SDM warga Nahdliyyin yang telah diamanahkan oleh PBNU,” kata Direktur PP Lakpesdam NU Lilis Nurul Husna yang pada periode ini menjabat Sekretaris PP Lakpesdam.
Jumat, 11/06/2010 05:12
Bengkulu, NU Online
Kafilah Provinsi Papua Barat melaju ke final lomba cabang khottil Quran golongan hiasan mushaf atau kaligrafi pada Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-23 di Bengkulu.

"Papua Barat dan delapan provinsi lainnya masuk ke babak final," kata Ketua Dewan Hakim cabang khottil Quran Didin Sirajudin di lokasi lomba Gedung Pemuda dan Olahraga, Kamis.
Kamis, 10/06/2010 18:49
Jakarta, NU Online
Perbankan syariah per April 2010 mencatat peningkatan Rp 2 triliun dari bulan sebelumnya. Kenaikan tersebut meningkat dua kali lipat dari rata-rata peningkatan aset perbankan syariah per bulannya yang sekitar Rp 1 triliun.

Berdasar data Statistik Perbankan Syariah Bank Indonesia,per April 2010, aset perbankan syariah tercatat sebesar Rp 70 triliun. Sementara pada Maret, aset bank syariah Rp 68 triliun. Menurut Kepala Divisi Riset dan Manajemen Proyek Karim Business Consulting, Alfi Wijaya, selain dua bank syariah baru (Bank Victoria Syariah dan BCA Syariah) muncul pada April, peningkatan aset terjadi karena bank syariah yang sudah ada melakukan ekspansi.
Kamis, 10/06/2010 17:35
Bengkulu, NU Online
Kafilah dari Provinsi Papua meraih juara pertama untuk lomba cabang Fahmil Quran atau cerdas cermat Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke-23 di Provinsi Bengkulu. Tiga peserta Fahmil Quran Papua tersebut berhasil mengungguli kafilah Jawa Barat dan Banten dalam babak final yang digelar di arena lomba Balai Buntar, Kamis (10/6).

Ketua Kafilah Provinsi Papua Jamaludin Iribaram mengatakan kafilah Papua mengukir sejarah baru dalam ajang MTQN Bengkulu dengan meraih juara pertama cabang bergengsi tersebut. "Kami bangga dan bersyukur dengan prestasi yang diraih santri Papua kelahiran Merauke ini karena kami belum pernah mendapat juara pertama dalam MTQN," katanya usai lomba.
Kamis, 10/06/2010 16:37
AD/ART NU
Jakarta, NU Online
Muktamar ke-32 NU yang berlangsung di Makassar akhir Maret 2010 lalu menghasilkan perubahan AD/ART yang baru, termasuk didalamnya penambahan badan otonom, lajnah dan perubahan lembaga NU sesuai dengan visi barunya.

Lembaga yang mengalami perubahan nama diantaranya adalah Lembaga Pelayanan Kesehatan (LPK-NU) menjadi Lembaga Kesehatan (LK-NU), Lazis NU menjadi LAZ-NU), Lembaga Takmir Masjid Indonesia (LTMI) menjadi (LTM-NU).
Kamis, 10/06/2010 15:28
Jakarta, NU Online
Kementerian Agama meluruskan persepsi yang muncul di kalangan anggota Komisi VIII terkait dengan aturan sewa pesawat haji yang dibayarkan oleh jamaah haji sebanyak empat trip merupakan kebijakan dari Pemerintah Kerajaan Arab Saudi.

"Ya itulah selalu katanya, padahal sudah dijawab resmi oleh Menteri Perhubungan ada aturannya seperti itu bukan hanya Indonesia. Inilah ketika dialog tidak mengklarifikasi lagi, makanya saya belum yakin Dubes Arab Saudi mengatakan itu, sejak menjadi pegawai haji dari tahun 80-an kita tidak pernah minta, memang itu aturan semua negara," kata Sekretaris Ditjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Abdul Ghafur Djawahir usai rapat dengan Panja BPIH Komisi VIII, di gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu (9/6).
Kamis, 10/06/2010 14:09
Jombang, NU Online
Ketua umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar menolak dengan tegas rencana pemberian dana Rp 15 miliar yang akan diberikan kepada anggota DPR RI setiap dapil. Menurut Muhaimin, jika dana itu dikucurkan maka akan terjadi kekacauan antara posisi legislatif dan eksekutif. Dengan begitu, muncul tumpang-tindih tugas fungsi pokok anggota DPR RI, yakni legislasi, penganggaran dan pengawasan.

"Jika anggota dewan mengelola anggran, lantas siapa yang mengawasi. Jadi kami atas nama PKB menolak rencana digulirkannya dana aspirasi Rp 15 miliar," kata Muhaimin Iskandar ketika bersilaturahmi di kediaman KH Dimyati Romli (Gus Dim) di Pondok pesantren Darul Ulum Jombang, Rabu (9/6).
Ubudiyah
Ahad, 01/02/2015 07:16
Di antara tradisi yang masih hidup di tengah masyarakat sehubungan dengan kelahiran seorang anak adalah menanam ari-ari (masyimah) bayi di depan atau di...
Kamis, 29/01/2015 20:06
Pemain sepak bola yang membobol gawang lawan, macam-macam tingkahnya. Kalau tidak melepas kaos atau menunjuk-tunjuk entah ke arah mana sambil berlari-larian,...
Syariah
Jumat, 30/01/2015 07:10
Hingga kini perkara bid’ah masih saja diperselisihkan. Baik dalam teori maupun praktiknya. Sebagian orang menganggap bid’ah sebagai sesuatu yang...
Rabu, 28/01/2015 00:03
Betul kalau orang wafat melepaskan segalanya. Memang bukan ia sendiri yang menanggalkannya. Tetapi pihak keluarga perlu mencopot segala yang melekat pada...
Hikmah
Jumat, 30/01/2015 13:00
Jika Rasulullah SAW pernah mengumumkan ada sepuluh sahabat yang dijanjikan bakal masuk surga, maka nama Abdurrahman bin ‘Auf termasuk di dalamnya. Nabi...
Selasa, 06/01/2015 03:15
Suatu hari seorang kaya raya memanggil budaknya. Ia membutuhkan sesuatu. Perutnya berbunyi. Alarm di mana tubuh si orang kaya ini membutuhkan pasokan...
Taushiyah
Jumat, 30/01/2015 08:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Dakwah dalam arti bahasa berarti mengajak, me nyeru, memanggil. Berangkat dan pengeritian bahasa itu, lalu dihubungkan dengan nash...
Sabtu, 17/01/2015 12:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Dalam sebuah konfrensi internasional, penulis diminta memaparkan pandangannya mengenai terorisme yang tengah terjadi, seperti...
Khotbah
Kamis, 22/01/2015 17:00
KHOTBAH JUMAT
“Sesungguhnya surga itu dikepung oleh segala kemakruhan (hal yang dinistakan agama) sedangkan neraka dikelilingi oleh syahawat (hal-hal yang menyenangkan manusia)” dan dalam haditsnya yang lain “ingatlah bahwa surga adalah sesuatu yang sulit di raih bagai berada di tempat yang tinggi. Sedangkan neraka adalah sesuatu yang mudah  bagai berada di tanah yang rendah”
Jumat, 19/12/2014 06:18
KHOTBAH JUMAT
Hidup dengan sempurna adalah dambaan setiap muslim. Hidup dalam keseimbangan antara kepentingan dunia dan akhirat. Ada empat hal yang dapat menjadikan seseorang tetap sehat jasmani dan bugar ruhai. Keempat hal itu adalah لَا تَثِقَنَّ بِامرَأَة عَلَى كُلِّ حَال, لَا تَغْتَرَنَّ بِاْلمَالِ عَلَى كُلِّ حَال,  لَاتَحْمِلْ مَعِدَّتَكَ مَالَاتُطِيْقُهُ, لَاتَجْمَعْ مِنَ الْعِلْمِ مَا لَايَنْفَعُكَ sebagaimana keterangan berikut:
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::