Rabu, 23 April 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Kamis, 09/10/2008 18:49
Semarang, NU Online
Wayang kulit sebagai salah satu dari berbagai akar budaya seni tradisional Indonesia, pada masa lampau, terutama di Jawa, ikut berperan penting terhadap perkembangan agama Islam di negeri ini.

Agama Islam berkembang ke berbagai pelosok dunia termasuk di Indonesia. Kedatangan agama Islam ke negeri ini telah melewati beberapa negara di dunia sudah barang tentu memiliki adat, kebiasaan dan kebudayaan sendiri yang sedikit banyak telah memengaruhi perkembangan agama Islam yang masuk ke Indonesia.
Kamis, 09/10/2008 18:04
Brebes, NU Online
Bagi pelajar Nahdlatul Ulama (NU) di Brebes, Jawa Tengah, seremonial halalbihalal (maaf-memaafkan saat Lebaran) barangkali sangat sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apalagi jika dilakukan sekedar kumpul-kumpul.

Mereka lebih memanfaatkan momentum halalbihalal yang masih dalam suasana Idul Fitri itu dengan bincang-bincang tentang masalah keremajaan terkini, terutama seputar fenomena pergaulan bebas.
Kamis, 09/10/2008 17:58
Kairo, NU Online
Dua kelompok bertikai di Palestina, Harakat al-Muqawwamatul Islamiyyah (Hamas) dan Fatah, direncanakan akan melakukan perundingan di Kairo, Mesir, akhir bulan ini. Sebuah sumber Palestina menyatakan hal itu, Rabu (8/10) kemarin.

Kantor berita Mesir, MENA, memberitakan perundingan-perundingan yang akan ditengahi Mesir itu akan membentuk satu pemerintah persatuan yang diperkirakan akan diselenggarakan pada 25 Oktober.
Kamis, 09/10/2008 16:11
Jakarta, NU Online
Pengamat Ekonomi yang juga mantan Menteri Koordinator Perekonomian, Rizal Ramli, mengeritik kebijakan pemerintah dalam menghadapi krisis ekonomi global. Menurut dia, semua instruksi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyikapi perkembangan ekonomi, tidak ada satu pun bersifat "kebijakan" pasti.

"Betul-betul menyedihkan. Semua (instruksi itu) bersifat anjuran dan imbauan semata. Seperti: ‘Ayo kita kerja lebih bagus, lebih kompak, yok. Jangan mikir diri sendiri, dong. Ayo pertahankan angka pertumbuhan, tingkatkan sinergi dan kemitraan, ya. Kepentingan masyarakat nomor satu.’ Lho, apa ini," tandasnya, di Jakarta, Kamis (9/10).
Kamis, 09/10/2008 15:36
Pekalongan, NU Online
Anda tahu lopis? Penganan yang terbuat dari beras ketan ditambah parutan kelapa itu cukup populer di kalangan masyarakat Jawa. Jika Anda menyukainya, masyarakat Kota Pekalongan, Jawa Tengah, telah membuatkan dua lopis khusus untuk Anda.

Dikatakan khusus karena berat dan ukurannya tidak seperti lazimnya lopis. Lopis pertama karya masyarakat Krapyak Kidul beratnya 689 kilogram dan tinggi 152 sentimeter, serta lingkaran 248 sentimeter.
Kamis, 09/10/2008 12:47
Jakarta, NU Online
Ketupat identik sebagai hidangan spesial Lebaran, diperkirakan tradisi ini  berasal dari saat Islam masuk ke tanah Jawa. Masyarakat Jawa mempercayai Sunan Kalijaga yang pertama kali memperkenalkan ketupat.

Kata “ketupat” atau “kupat” berasal dari kata bahasa Jawa “ngaku lepat” yang berarti “mengakui kesalahan”. Sehingga dengan ketupat sesama muslim diharapkan mengakui kesalahan dan saling memaafkan serta melupakan kesalahan dengan cara memakan ketupat tersebut.
Kamis, 09/10/2008 11:17
Kudus, NU Online
Bupati Kudus Muthofa Wardoyo menetapkan perayaan syawalan kirab seribu ketupat, di Desa Colo, Kecamatan Dawe, Kudus, Jawa Tengah, sebagai tradisi yang akan digelar setiap tahun.

"Kepemimpinan bupati boleh berakhir, tetapi saya meminta tradisi perayaan ini akan tetap terus berjalan," tegas Bupati Kudus, Musthofa Wardoyo, di Kudus, Kamis.
Kamis, 09/10/2008 09:14
Magelang, NU Online
Partai Kebangkitan Nasional Ulama (PKNU) menilai, duet kepemimpinan nasional antara Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) hingga saat ini masih kuat. Selain, itu keduanya masih bisa diharapkan memimpin negeri ini untuk periode mendatang.

"Meskipun tidak bagus banget, namun masih bisa diharapkan. Sebab, duet SBY-JK itu lumayan dan kelihatannya masih agak kuat, sementara ini belum ada tokoh-tokoh yang muncul, yang kelihatan dua itu, entah nanti kalau ada tokoh lain muncul," kata Ketua Dewan Syura DPP PKNU, KH Abdurrahman Chudlori, di Magelang, Jawa Tengah, Rabu (8/10) kemarin.
Kamis, 09/10/2008 08:07
Jepara, NU Online
Warga Nahdlatul Ulama di Kecamatan Kalinyamatan, Jepara, Jawa Tengah, Rabu (08/10) pagi kemarin, menggelar parade Kupat-Lepet. Acara bertajuk "Konser Pesta Syawalan 2008" itu sangat dinantikan masyarakat Kalinyamatan dan sekitarnya.

Dalam tradisi Jawa, Bodo Kupat—orang Jawa menyebut Lebaran Ketupat, merupakan hari raya bagi orang Islam yang menunaikan puasa sunah Syawal selama 6 hari. Hari raya itulah yang populer dengan sebutan Bodo Kupat.
Kamis, 09/10/2008 06:15
Jepara, NU Online
Ada yang menarik dari halalbihalal yang digelar Smart Institute Jepara pada Senin (06/10) lalu. Silaturrahim penulis yang dipusatkan di griya Smart Institute, Jalan Kauman II Nomor 45 itu, berjalan dengan lancar dan sukses.

Direktur Smart Institute, Syaiful Mustaqim, menyatakan pertemuan yang digelar, masih dalam suasana Idul Fitri itu merupakan agenda pemetaan kerja pasca-Lebaran.
Kamis, 09/10/2008 05:21
Jakarta, NU Online
Fraksi Kebangkitan Bangsa (FKB) DPR RI menilai, jika terjadi penyimpangan terhadap penyelenggaraan ibadah haji, tak perlu dipolitisasi. Jika sudah ada bukti dan data terjadinya penyimpangan, langsung saja diungkapkan.

"Kalau masalah hukum sebaiknya dibawa ke hukum. Terlalu melelahkan jika hal ini sampai dipolitisasi, apalagi ini sudah dekat Pemilu," kata Anggota Komisi VIII DPR RI dari FKB, Badriyah Fayumi, di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (8/10).
Kamis, 09/10/2008 04:37
Pati, NU Online
Ramainya wacana kepemimpinan kaum muda merupakan angin segar bagi regenerasi figur pemimpin bangsa. Namun jika tak dibingkai dengan persiapan matang, kreatifitas kepemimpinan dan strategi informasi yang utuh, kaum muda hanya menjadi benalu peradaban. Strategi informasi mutlak harus dimiliki oleh generasi muda. “Kalau kaum muda tak memahami arus pengelolaan informasi, jangan harap dapat bersaing dan survive. Di era global ini, pemegang informasi memiliki peran dan posisi strategis,&
Rabu, 08/10/2008 17:22
Balikpapan, NU Online
Departemen Agama Kota Balikpapan akan membekukan 12 kelompok bimbingan ibadah haji (KBIH) di kota Balikpapan pada bulan Desember 2008, di antaranya KBIH Arrahman, Hidayatullah dan Assijiliyah.

Kepala Kantor Departmen Agama Balikpapan Muhammad Kusasi mengatakan, pembekuan ini merupakan buntut dari buruknya pelayanan yang didapat para jamaah haji di tanah suci karena tidak sesuai dengan yang dijanjikan masing-masing KBIH.
Rabu, 08/10/2008 16:16
HALAL BIHALAL IKSABA
Brebes, NU Online
"Sebagai santri maupun alumni pesantren, jangan sampai melupakan kehidupan di pesantren, apalagi sampai meninggalkannya," pesan KH Nuridin saat menyampaikan hikmah halal bi halal yang diselenggarakan Ikatan Santri dan Alumni Santri Salafiyah Barat (Iksaba) di Desa Sigambir Brebes Jateng Senin (6/10).

Sebagai penerus para kiai, Santri harus menerapkan kehidupan pesantren jangan malah terseret pada kehidupan di luar pesantren. Sebab, bisa berakibat fatal kalau sudah ternodai pergaulan diluar pesantren. 'Ibarat luka, ada belang yang membekas. Maka pertahankanlah, utamanya dalam aqidah dan akhlak,” ucapnya.
Rabu, 08/10/2008 14:17
Warsawa, NU Online
Secara kasat mata, Islam tidak menonjol di Polandia. Maklum, negeri ini berpenduduk mayoritas Katolik. Umat Nasrani di negeri asal mendiang Paus Johannes Paulus II itu mencapai 95 persen dari hampir 40 juta penduduk.

Namun Islam telah berada di Polandia sejak 600 tahun silam dan memiliki tempat dalam sejarah panjang di negeri yang pernah hilang 123 tahun dari peta politik Eropa itu.
Rabu, 08/10/2008 13:53
Kediri, NU Online
Ketua Umum Dewan Tanfidz DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Muhaimin Iskandar, mengaku belum menyetujui permintaan Ketua Dewan Syura DPP PKB, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, terkait pemecatan fungsionaris partai itu.

"Sebenarnya, masalah ini ditangani Lukman Edy (Sekretaris Jenderal DPP PKB), tapi belum final," katanya di Kediri, Jatim, Rabu (8/10).
Ubudiyah
Rabu, 23/04/2014 08:11
Di daerah pesisir pantai utara pulau Jawa terdapat puji-pujian yang sangat mengharuka. Apalagi jika dilagukan oleh suara orang tua, seolah mereka menghayati...
Sabtu, 19/04/2014 16:00
Diantara empat hukum dalam Islam, semuanya memiliki konsekwensi masing-masing kecuali mubah. Pahala diperuntukkan mereka yang menjalankan hukum wajib dan...
Syariah
Ahad, 20/04/2014 05:00
Dalam hadits Bukhari, Abu Daud dan Al-Wadhihah sebuah cerita menyebutkan bahwa Ali bin Abi Thalib telah melamar seorang putri Abu Jahal bin Hisyam, lalu...
Rabu, 16/04/2014 07:00
Klangenan adalah bahasa jawa asal kata kangen. Klangenan dapat diartikan dengan sesuatu yang bisa menjadikan seseorang merasa kangen kepadanya. Klangenan...
Hikmah
Jumat, 18/04/2014 05:01
Kisah tentang keteguhan seorang wanita yang bernama Masyitah dalam mempertahankan keimanannya ini begitu masyhur. Masyitah adalah seorang pelayan di kerajaan...
Jumat, 11/04/2014 16:01
Suatu ketika Nabi Musa as. mengadu kepada Allah, “Wahai Tuhan! Engkau ciptakan makhluk dan Kau berikan kenikmatan rizki. Kau (pula) yang menjadikan...
Taushiyah
Rabu, 23/04/2014 12:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Hampir semua eksponen NU sibuk memasyarakatkan Khittah 26, pada masa antara pasca-Muktamar NU ke-27 sampai dengan Pemilu 1987....
Rabu, 16/04/2014 19:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun yang lampau, seorang ulama dari Pakistan datang pada penulis di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)...
Khotbah
Kamis, 10/04/2014 13:04
"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong seberat dzarroh (atom yang paling kecil)." Lantas ada seseorang yang berkata: Sesungguhnya ada laki-laki yang suka berpakaian indah dan bersandal bagus. Nabi saw bersabda: “sesungguhnya Allah itu Indah dan suka keindahan. Sombong adalah menentang kebenaran dan memandang rendah orang lain (al-Hadits).
Kamis, 27/03/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah Pernah bersabda "Satu waktu nanti akan tiba atas umatku penguasa seperti singa, para menterinya seperti serigala, dan hakim-hakimnya seperti anjing. Sementara itu umat kebanyakan bagaikan kambing. Bagaimana bisa kambing hidup diantara singa, serigala dan anjing?"
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Space Iklan
305 x 100 Pixel
Agenda
PrefApril 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Maaf transaksi pembelian via web toko.nu.or.id belum bisa beroperasi karena ada sistem yang perlu disempurnakan ::::