Senin, 03 Agustus 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Senin, 14/02/2011 08:01
Tripoli, NU Online
Masyarkat serta Mahasiswa Indonesia di Tripoli Libya memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW bersama Delegasi Muktamar Tasawuf pada Jum'at malam (11/1) di komplek Kedutaan Besar Republik Indonesai (KBRI) Tripoli.

Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur'an oleh Ahmad Soleh Amin, mahasiswa Kuliyah Dakwah Islamiyah. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Duta Besar Indonesia untuk Libya Drs Sanusi.
Senin, 14/02/2011 06:48
Jepara, NU Online
Pimpinan Cabang GP Ansor dan Fatayat kabupaten Jepara, baru-baru ini memberikan bantuan kemanusiaan untuk korban banjir bandang di desa Clering, kecamatan Donorojo. Bantuan yang diberikan berupa 400 paket sembako dan peralatan memasak. Selain itu, berupa peralatan berat untuk membersihkan sarana dan prasarana serta pemukiman penduduk dari sampah dan lumpur.

Ketua GP Ansor Jepara, H Ahmad Ja’far mengatakan untuk mencari bantuan pihaknya membuat posko tanggap bencana di Gedung NU, Jalan Pemuda No.51. “Kami mengumpulkan semua bantuan dari warga sesuai dengan keinginan masing-masing,” katanya. Di lokasi bencana, jelasnya juga dibuat posko bencana di rumah Jumanto, seorang warga.
Senin, 14/02/2011 03:35
Jakarta, NU Online
Tidak banyak orang yang mengenal nama Kiyai Hadji Soedirman Moentari. Sekilas, orang akan menyangka jika sosok tersebut adalah orang Indonesia. Namun, Soedirman Moentari adalah seorang warga asal Suriname keturunan Jawa, yang kini menjadi dosen sekaligus ulama terkemuka di Belanda dan negara asalnya, Suriname.

Kini, Soedirman juga sudah mendirikan dan mengelola pesantren Al-Qur'an dan agama Islam baik di Belanda (Den Haag dan Rotterdam) atau pun di Suriname. Walau pun banyak kendala dan keterbatasan yang dihadapinya, namun Soedirman tetap semangat dan optimis untuk menyebarkan syiar Islam di kedua negara berpenduduk mayoritas non-Muslim itu.
Ahad, 13/02/2011 21:29
Jember, NU Online
Rekomendasi Forum ulama se-Jawa dan Madura yang mengusulkan pembubaran Ahmadiyah dalam pertemuan di Pondok Pesantren Sidogiri, belum lama ini mendapat dukungan dari NU Jember. Pasalnya, ajaran Ahmadiyah dinilai sesat dan menyesatkan.

Menurut Sekretaris PCNU Jember  Misbahussalam, ajaran Ahmadiyah, khususnya soal pengakuan terhadap kerasulan Mirza Ghulam Ahmad, jelas-jelas bertentangan dengan ajaran Islam. “Prinsipnya tauhid adalah mengakui adanya Allah dan rasul-Nya. Kalau sudah  tidak percaya Nabi Muhammad atau mengakui adanya nabi lain, itu jelas sesat. Tidak usah dibahas,” kata Misbah di sela-sela rapat koordinasi pengurus NU Jember, Sabtu (12/2).
Ahad, 13/02/2011 19:04
Sumenep, NU Online
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sumenep mewanti-wanti masyarakat setempat untuk tidak main hakim sendiri, menyikapi aliran Ahmadiyah. Ketua MUI Sumenep mengaku menyesalkan sikap main hakim sendiri massa terhadap pengikut aliran Ahmadiyah.

"Saya berharap masyarakat itu menyampaikan pada kami, kalau misalnya menemukan ada aliran sesat. Jangan ditangani sendiri. Kita kan punya 'pakem' yang berwenang menyikapi aliran-aliran yang melenceng," pesan KH Syafraji, Sabtu (12/2). 
Ahad, 13/02/2011 17:38
KUNJUNGAN PBNU KE LIBYA
Tripoli, NU Online
Ketua Umum PBNU yang juga Wakil Sekjen World Tasawuf Office (WTO) untuk Zona Asia, KH Said Aqil Siradj, mempresentasikan makalahnya pada Jum'at sore kemarin (11/1) di hadapan para pesreta Muktamar Tasawuf Internasional ke-2 yang berlangsung di komplek kampus Kuliyah Dakwah Islamiyah Tripoli Libya.

Pada Muktamar yang digagas oleh World Islamic People Leadership (WIPL) ini dan juga diliput oleh 50 media masa dari Afrika, Asia, Eropa dan Amerika, Kang Said -begitu sapaan akrab beliau- mengangkat tema Tasawuf dan Tantangan Globalisasi (At-tasawuf wa Tahaddiyat Al-Aulamah).
Ahad, 13/02/2011 16:17
Pasuruan, NU Online
Wakil Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Musthofa Bisri atau Gus Mus berharap warga NU (Nahdliyin) tidak ikut-ikutan melakukan tindak kekerasan terhadap kelompok keagamaan yang dinyatakan sesat. Tindakan kekerasan, pengrusakan apalagi pembunuhan tidak pernah dianjurkan oleh para pendidi dan sesepuh NU.

“Kiai-kiai seperti Kiai Hasyim Asy’ari, Kiai Abdul Wahab Chasbullah, Kiai Bisri Syansuri dan Kiai Hamid sendiri bukan berarti tak tahu ada Ahmadiyah, tapi beliau-beliau tak pernah menyuruh menyerbu Ahmadiyah. Sesat tetap sesat tapi jangan disikat,” katanya.
Ahad, 13/02/2011 15:18
Lampung Tengah, NU Online
Seiring berjalannya waktu, tanpa terasa 29 Tahun sudah Majelis Wakil Cabang Lembaga Pendidikan Ma’arif Nahdlatul Ulama’ Kotagajah, Lampung Tengah berdiri. Dirikan pada tahun 1982, dengan para founding fathers antara lain adalah Kyai Aminan, Ustadz Salim Hadi Prayitno, Ustadz Marzuki BS dan lain-lain. Hingga hari ini MWC LP Ma’arif NU Kotagajah, Lampung Tengah, telah menaungi 2 madrasah yaitu MTs Ma’arif 02 Kotagajah dan MA Ma’arif 09 Kotagajah.
 
Sebagai salah satu bentuk pengabdian kepada masyarakat, MWC LP Ma’arif NU Kotagajah, maka pengurus sekaligus panitia hendak mengadakan Pengajian Akbar dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hari lahir (Harlah) MWC LP Ma’arif NU Kotagajah ke 29.
Ahad, 13/02/2011 15:09
Pasuruan, NU Online
Kementrian Pendidikan Nasional rencananya akan membentuk sebuah lembaga penyetaraan bagi para lulusan pondok pesantren salaf di Indonesia. Tujuannya agar keberadaan para santri mendapat pengakuan seperti lulusan sekolah formal pada umumnya.

Hal inilah yang telah diungkapkan oleh Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh saat menghadiri haul ke 29 almarhum KH Abdul Hamid di Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Purworejo, Kota Pasuruan, Sabtu (12/2).
Ahad, 13/02/2011 14:15
Pamekasan, NU Online
Penerapan baca tulis Al-Qur'an sebagai salah satu kriteria kenaikan kelas mendapat perhatian dari jajaran DPRD Pamekasan.

Wakil Ketua DPRD Khairul Kalam mengaku apresiatif dengan kebijakan Pemkab tersebut. Hanya, dirinya meminta penerapan baca tulis Al-Qur'an sebagai salah satu kriteria kenaikan kelas itu, harus ada unsur nilai-nilai keadilan.<
Ahad, 13/02/2011 13:10
Pasuruan, NU Online
Lebih dari seratus ribu warga menghadiri acara haul ke-29 almarhum KH Abd. Hamid dan Haul ke-20 Nyai Nafisah Hamid, yang digelar di pusat kota pasuruan. Mereka berasal dari daerah pasuruan dan sekitarnya, serta dari luar Jawa Timur seperti Semarang, Yogyakarta, Bandung, Jakarta, hingga dari Kalimantan, Sulawesi dan Bali.

Haul ini dihadiri Wakil Rais Aam PBNU KH Musthofa Bisri, Katib Aam PBNU KH Malik Madani, para kiai dan habaib dari berbagai daerah, Menteri Pendidikan Nasional M. Nuh, Anggota DPR RI Anas Urbaningrum, gubernur dan wagub Jawa Timur, walikota Pasuruan dan beberapa pemimpin daerah di Jawa Timur yang berlatarbelakang NU.
Ahad, 13/02/2011 12:20
Jakarta, NU Online
Pembentukan sebuah agama baru bukanlah keputusan politik. Termasuk soal Ahmadiyah apakah harus menjadi agama baru, menurut dia seharusnya itu tidak dipolitisasikan.

"Soal agama bukan keputusan politik, tidak boleh ada keputusan politik terhadap soal Ahmadiyah," kata Rais Syuriyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama KH Masdar Farid Mas`udi, Sabtu (12/2).
Ahad, 13/02/2011 11:42
Brebes, NU Online
Partai Islam mulai bergerilya mempersiapkan Pemilu 2014. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) menggelar serial silaturahim dengan para ulama di seluruh Indonesia.

"Siang ini ribuan kiai bertemu dengan Ketua Umum PPP Suryadharma Ali di Pesantren Al-Hikmah Benda Sirampog, Brebes, Jateng," ujar Wasekjen PPP, Arwani Thomafi, Ahad (13/2).
Ahad, 13/02/2011 10:22
Jepara, NU Online
Puluhan mahasiswa Institut Islam Nahdlatul Ulama (INISNU) Jepara yang tergabung dalam English Club of Tarbiyah (ETA) mengikuti English Holiday Program, Selasa-Senin (8-14/2) di gedung KBIH desa Sendang, kecamatan Kalinyamatan. Kegiatan yang dilaksanakan selama sepekan tersebut bertajuk “The Acceleration In Mastery of the World Language to Face the Globalization Era”.

Ketua English Club of Tarbiyah,Muhimmatun Nisa’ mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk memberikan pengalaman, utamanya kepada para anggota baru. “Semoga banyak pengalaman yang akan didapatkan dari kegiatan ini,” katanya kepada NU Online, Sabtu.

Menurutnya, selain m
Ahad, 13/02/2011 08:10
KRISIS MESIR
Jakarta, NU Online
Mesir membutuhkan perubahan sistem kenegaraan, bukan hanya perubahan tokoh pemimpin, kata mantan Ketua Umum PBNU Hasyim Muzadi pada Sabtu di Jakarta.

"Keadaan Mesir tergantung para koalisi dari oposisi dan majelis agung militer,dan hal itu akan menentukan harapan dunia Islam dan internasional supaya ada perubahan sistem, tidak hanya perubahan orang," demikian kata Hasyim.
Sabtu, 12/02/2011 21:28
HAUL KIAI HAMID PASURUAN
Pasuruan, NU Online
Ratusan hafizh menghatamkan Al-Qur'an di seratus tempat (majelis) yang berbeda di seputaran komplek Pondok Pesantren Salafiyah Pasuruan. Para penghafal Al-Qur'an ini berkelompok sebanyak lima orang dan hatam 30 juz dalam waktu semalam.

Ini adalah rangkaian kegiatan Haul ke-29 KH Hamid bin Abdullah bin Umar dan ke-20 Nyai Nafisah Hamid. Hataman Al-Qur'an ini diadakan pada Jum'at (11/2) malam, sementara acara inti diadakan pada Sabtu paginya.
Ubudiyah
Ahad, 19/07/2015 09:08
Di dalam agama Islam, seorang muslim yang memiliki kemampuan berupa materi harta, diwajibkan untuk membantu sesama muslim yang masih dalam kategori tidak...
Jumat, 10/07/2015 05:04
Setiap kita tidak mengerti kualitas puasa orang lain. Bahkan kita sendiri tidak tahu kalau ada orang lain mengaku berpuasa padahal hanya pengakuan dusta....
Syariah
Jumat, 10/07/2015 17:09
Bawaan puasa membuat tubuh terasa panas. Selain itu, perasaan gerah, panas, dan rasa tidak nyaman kadang memang dipengaruhi oleh cuaca yang panas. Untuk...
Selasa, 07/07/2015 00:29
Ibadah puasa tidak dimaksudkan untuk menghalangi aktivitas harian terlebih lagi aktivitas mencari nafkah dalam memenuhi kebutuhan hidup. Pasalnya, kegiatan...
Hikmah
Jumat, 17/07/2015 12:01
Ibrahim bin Adham suatu ketika sedang berjalan di tepi pantai. Tanpa sengaja, matanya melirik sepasang manusia berduaan dengan begitu mesranya. Terlintas di...
Jumat, 10/07/2015 07:01
Dikisahkan dalam kitab "Durrotun Nasihin" pada bab Lailatul Qadr . Suatu ketika Nabi Muhammad saw mendapat berita dari seorang yang tua dari kaum Israil,...
Taushiyah
Jumat, 24/07/2015 08:03
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa belas tahun lalu, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengadakan penelitian tentang 14 sistem budaya daerah di...
Senin, 20/07/2015 09:29
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Al-Qur'an yang telah diwahyukan dan diturunkan Allah Swt kepada RasulNya yang terakhir, ayat demi ayat selama 23 tahun, mempunyai...
Khotbah
Kamis, 16/07/2015 12:05
KHOTBAH IDUL FITRI II
Nabi Muhammad memerangi perilaku jahat, kelaliman, dan tindak kekerasan yang terjadi di dalam kehidupan masyarakat Arab saat itu dengan mengajak dan mendidik umat manusia supaya memiliki ilmu pengetahuan. Dengan ilmu pengetahuan, seseorang akan bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk.
Kamis, 16/07/2015 11:57
KHOTBAH IDUL FITRI I
Bagi umat Islam, momentum Idul Fitri adalah saat-saat penting untuk bersilaturahmi dan saling memaafkan. Seluruh kesalahan yang pernah dilakukan selama satu tahun, seolah ingin dilebur di hari Lebaran ini, minal a’idin wal-faizin. Meskipun secara bahasa tidak sesuai, tetapi ungkapan itu dalam masyarakat kita sering dimaknai "mohon maaf lahir dan batin".
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefAgustus 2015Next
MngSenSelRabKamJumSab
      1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031     
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::