Ahad, 29 Maret 2015
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 24/08/2010 21:36
Jakarta, NU Online
Menyusul ancaman hukuman mati bagi 177 WNI di Malaysia, maka menjadi kewajiban bersama untuk membantu mereka agar mendapat keringanan hukuman. Karena itu DPR akan coba melakukan diplomasi DPR dan mendesak pemerintah cepat merespon kasus tersebut.

DPR RI berencana pada Oktober  mendatang akan ke parlemen Malaysia. Menteri terkait yaitu Kemenakertrans, Kemenlu dan Kedubes RI di Malaysia juga harus berupaya menangani masalah ini sebelum hukuman dijatuhkan.
Selasa, 24/08/2010 20:15
Kuningan, NU Online
Pemberangkatan jemaah calon haji pada musim haji 2010 di Kabupaten Kuningan Jawa Barat, setidaknya menyebabkan sebanyak 2.109 jemaah calon haji (Calhaj) terancam masuk waiting list (daftar tunggu), akibat jumlah kuota yang diterima Kuningan tahun ini sebanyak 870. Sedangkan yang sudah mendaftarkan ke Kantor Kementrian Agama dan menabung BPIH (Biaya Perjalanan Ibadah Haji) di beberapa bank yang ditunjuk, mencapai 2.979 orang sehingga pendaftar untuk pemberangkatan tahun 2013 pun sudah terisi 369 orang calhaj.

Kepala Urusan Haji dan Umroh pada Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kuningan, H Ahmad Fauzi, menyebutkan, pihaknya kini tengah mengajukan kepada pemerintah melalui Gubernur Jabar agar kuota haji untuk Kuningan bisa ditambah mengingat jumlah calhaj yang masuk waiting list cukup besar.
Selasa, 24/08/2010 19:24
Jakarta, NU Online
Wakil Ketua PBNU As’ad Said Ali meminta Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) tidak terjebak pada aliran sekularisme dan radikalisme yang saat ini berkembang di Indonesia mengingat negara ini didirikan atas dasar Pancasila.

Hal ini disampaikan pada acara Silaturrahmi Kemerdekaan dan Buka Puasa Bersama yang diselenggarakan di Jakarta, Selasa (24/8).
Selasa, 24/08/2010 18:37
Rabat, NU Online
Setelah beramah tamah dengan masyarakat Indonesia di Maroko yang bertempat di Wisma Duta, Senin (23/8), Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil beserta Rombongan diterima Menteri Wakaf dan KeIslaman Maroko Dr Ahmed Toufik di kantornya.
 
Turut dalam rombongan tersebut anatra lain Ketua PBNU KH Dr Marsudi Syuhud, Direktur Pusat Kerjasama Timur Tengah PBNU Dr Ahmad Ridha, Duta Besar RI untuk Kerajaan Maroko Tosari Widjaya, Pejabat Pensosbud KBRI Rabat Rahmat Azhari dan Sekretaris Pribadi Duta Besar Husnul Amal. Demikian dilaporkan kontributor NU Online di Maroko Arwani Syaerozi.
Selasa, 24/08/2010 17:14
Tulungagung, NU Online
Gerbong penolakan terhadap Ranperda Izin Tempat Berjualan Minuman Beralkohol atau Ranperda Miras, makin panjang. Kali ini dilakukan pelajar Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Tulungagung.

Ratusan siswa sekolah di Desa Biji, Kecamatan Boyolangu itu menggelar istighotsah. Doa bersama dilakukan di halaman Masjid Baitul Amin pukul 07.30. Doa dipimpin Kepala MAN 2 Tulungagung, Khoirul Huda.
Selasa, 24/08/2010 16:16
Jakarta, NU Online
Partai Persatuan Pembangunan (PPP) belum memiliki kandidat yang akan dijagokan pada Pilpres 2014. Saat ini PPP lebih fokus pada konsolidasi internal saja.

"Saat ini kita ingin fokus pada konsolidasi internal yang sedang berjalan dan kita belum tertarik untuk membicarakan suksesi di 2014," ujar Wasekjen PPP M Romahurmuzy di Jakarta, Selasa (24/8).
Selasa, 24/08/2010 15:22
Dubai, NU Online
Penerbitan sukuk global diperkirakan akan mencapai 30 miliar dolar AS hingga akhir tahun ini. Kuwait Finance House (KFH) melaporkan, hal tersebut karena didorong oleh pulihnya aktivitas perekonomian global dan melejitnya popularitas produk keuangan syariah.

KFH dalam laporannya mengungkapkan prospek jangka panjang bagi pasar sukuk diperkirakan akan tetap kuat seiring dengan semakin dikenalnya produk keuangan syariah. Lantas, ada pula dukungan pemerintah bagi industri keuangan syariah, kebutuhan pembiayaan dan investasi yang besar di kawasan Teluk dan Asia, serta keinginan penerbit sukuk untuk menangkap minat investor dari umat muslim di Timur Tengah dan Asia.
Selasa, 24/08/2010 14:44
Sragen, NU Online
Tak banyak berbeda dibandingkan suasana masjid lain saat Ramadhan, setiap siang di bulan Ramadhan banyak umat Islam yang merebahkan tubuhnya di pelataran Masjid Kauman, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, berlindung dari panasnya hawa di kabupaten tersebut.

Tak hanya warga di sekitar masjid yang berada di sebelah selatan kawasan Pendopo Kabupaten Sragen tersebut, tak sedikit umat Islam yang berasal dari luar Sragen beribadah sembari beristirahat.
Selasa, 24/08/2010 13:38
Jakarta, NU Online
Pengurus Pusat Jam’iyyatul Qurra’ wal Huffazh (JQH) Nahdlatul Ulama akan menyelenggarakan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Antar Pondok Pesantren VII dan MTQ Internasional I antar lembaga-lembaga Al-Qur’an di Pontianak Kalimantan Timur pada Oktober 2011 mendatang.

Khusus untuk persiapan MTQ Internasional I, PP JQH NU akan mengadakan studi banding ke Mesir pada saat diberlangsungkannya MTQ Internasional di sana, pada 29 Agustus hingga 5 September 2010 mendatang.
Selasa, 24/08/2010 12:28
Pekalongan, NU Online
Ribuan warga Nahdlatul Ulama (Nahdliyin) dan umat Islam di Kota Pekalongan, Batang dan Pemalang tadi malam, Senin (23/8) mengikuti kegiatan shalat tasbih dan shalat hajat yang digelar Pengurus Daerah Jama'ah Al Khidmah Kota Pekalongan.

Acara yang ditempatkan di Masjid Al Jami' Kauman Pekalongan dimulai usai shalat taraweh dengan rangkaian acara diawali dengan sambutan dari Pengurus Yayasan Masjid Al Jami' Kauman, Pengurus Cabang NU Kota Pekalongan, Pengurus Pusat Jama'ah Al Khidmah. Kemudian istghotsah, khotmil qur'an, tahlil, mauidhah hasanah dan baru diakhiri dengan shalat tasbih dan hajat.
Selasa, 24/08/2010 11:23
Ramallah, NU Online
Pemerintah Otonomi Nasional Palestina (PNA), Senin, mengutuk keputusan Israel untuk membongkar dua masjid yang baru dibangun di Tepi Barat Sungai Jordan, dengan dalih kedua tempat ibadah itu "dibangun tanpa izin".

Menteri Urusan Agama Mahmoud Al-Bahash mengatakan kepada radio Voice of Palestina bahwa keputusan Israel untuk membongkar dua masjid di dea Burin, dekat Nablus, dan al-Jalazoon di dekat Ramallah adalah provokatif dan tidak sah.
Selasa, 24/08/2010 10:21
Surabaya, NU Online
Konsul Jenderal Amerika Serikat (Konjen AS) di Surabaya, Kristen F. Bauer, menyatakan bahwa penggagas Hari Pembakaran Al Quran Internasional pada 11 September 2010 hanya sekelompok kecil dari Florida, AS.

"Saya sangat sedih dengan adanya rencana yang mencoba menyakiti atau menyerang satu kelompok, karena hal itu merusak toleransi yang selama ini dikembangkan di negara kami," katanya di Surabaya, Senin malam.
Selasa, 24/08/2010 10:14
Jakarta, NU Online
Santri Pondok Pesantren Ciganjur, Jakarta Selatan, bersama komunitas muda lintas agama LPP Kabar Baik melakukan kunjungan ke GKI Bapos Taman Yasmin Bogor, Ahad (22/8) kemarin. Kunjungan ini merupakan bentuk dukungan terhadap gereja Taman Yasmin yang hingga saat ini masih disegel pemerintah Kota Bogor.

Sekretaris PGI Pdt. Gomar Gultom menyatakan kegembiraan atas dukungan yang diberikan teman-teman lintas agama kepada PGI Taman Yasmin "dengan memberikan dukungan pada jamaah GKI maka secara otomatis mereka juga berusaha memelihara kerukunan dan kesatuan bangsa indonesia," katanya.
Selasa, 24/08/2010 09:13
Jakarta, NU Online
Komisi Pemberantasan Korupsi memiliki wacana untuk mengusulkan kepada pemerintah agar memperketat persyaratan pemberian remisi kepada koruptor.

"Ini masih dalam wacana, yaitu memberikan usulan kepada Kementerian Hukum dan HAM untuk memperketat persyaratan peroleh remisi," kata Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Johan Budi di Jakarta, Senin.
Selasa, 24/08/2010 08:01
Rembang, NU Online
Bisnis penukaran uang yang mengambil keuntungan dalam jumlah tertentu yang mulai bermunculan di daerah menjelang Lebaran dapat dikategorikan sebagai bisnis haram. Jika terjadi penukaran uang yang tidak senilai, maka bisnis ini termasuk kategori riba.

Demikian dinyatakan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Rembang, Jawa Tengah, Zaenudin Ja`far di Rembang, Senin (23/8). "Penukaran uang diperkenankan apabila memiliki nilai yang sama. Misalnya, saya tukar uang pecah Rp. 100.000, maka uang pecahan yang saya terima juga harus senilai Rp. 100.000," kata
Selasa, 24/08/2010 06:40
Riyadh, NU Online
Arab Saudi menggulirkan ide untuk membangun saluran resmi TV dan radio yang akan khusus membahas fatwa ulama. Dalam siarannya, hanya fatwa-fatwa dari ulama terakreditasi dan kredibel untuk mengeluarkan fatwa yang akan menjadi materi siaran.

Saluran ini nantinya juga akan menjalin link dengan lembaga fatwa kredibel lainnya dari luar Saudi. Mereka juga membuka hotline dengan siapapun penontonnya dari seluruh dunia.
Ubudiyah
Ahad, 22/03/2015 22:05
Bagi pekerja kantoran atau pelajar, Senin menjadi hari menjenuhkan. Senin merupakan hari mereka mengawali aktivitas setelah libur. Senin pagi yang padat...
Kamis, 19/03/2015 13:00
Ini seperti orang yang sedang sakit, berkonsultasi kepada dokter tentang penyakitnya, kemudian setelah diberi petunjuk dan arahan dari dokter malah...
Syariah
Jumat, 27/03/2015 01:04
Dua pekan sebelum hari raya Idul Adha, pasar hewan dadakan bermunculan di tepi jalan raya. Sepekan menjelang hari H, pasar hewan itu makin ramai baik oleh...
Jumat, 20/03/2015 06:00
Mengenai hal ini ada keterangan lanjutan yang berhubungan dengan  musallam alaih  yaitu pihak yang diberi salam. Apabila yang diberi salam adalah...
Hikmah
Jumat, 27/03/2015 16:03
Pada masa Malik bin Dinar, hidup seorang pemuda. Dahulu pemuda tersebut, seorang penyembah api. Namun setelah ia mendapat hidayah untuk masuk Islam, ia pun...
Selasa, 24/03/2015 12:01
Istilah “bahlul” rasanya cukup akrab di telinga kita. Kata tersebut biasa digunakan untuk menyebut orang yang bodoh, tolol, atau sejenisnya....
Taushiyah
Kamis, 26/03/2015 07:12
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Dalam mengatasi kemiskinan, dakwah setidaknya bisa ditempuh melalui dua jalan. Pertama, memberi motivasi kepada kaum muslimin yang...
Kamis, 12/03/2015 13:10
Oleh Abdurrahman Wahid Selama ini orang menganggap bahwa Marxisme-Leninisme atau lebih mudahnya komunisme, berada dalam hubungan diametral dengan Islam....
Khotbah
Kamis, 19/03/2015 11:00
KHOTBAH JUMAT
Bahkan dalam kitab Qomi’uth Thughyan diceritakan, Ada orang yang berlumur dosa, namun kemudian Allah melebur dosa-dosanya. Baginda Nabi bertanya kepada malaikat Jibril “sebab apa gerangan Allah mengampuni dosa-dosa orang itu?” Jibril menjawab karena ia menyenangkan putranya dengan ia memberikan buah tangan ketika pulang dari bepergian 
Kamis, 05/03/2015 12:53
KHOTBAH JUMAT
Imam Syafi'i berkata bahwa bentuk jahiliyah pada masa pra Islam ada dua, pertama mereka yang mengaku punya kitab (ahlul kitab) namun mereka telah mengubah sebagian besar hukum-hukumnya, serta mencampurkan kebernaran dengan kepalsuan. Kedua, adalah orang-orang yang mengingkari Allah. Dengan tangannya sendiri dibuatnya batu dan kayu menjadi patung lalu disembahnya.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::