Rabu, 23 Juli 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 17/11/2009 16:15
Malang, NU Online
Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-4 Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU di Kota Batu, Malang, akan dibuka Selasa (17/11) malam ini pada pukul 19.30 WIB. Rakernas secara resmi akan dibuka langsung oleh Ketua Umum PBNU KH Hasyim Muzadi.

Menurut Ketua Panitia Rakernas Mukhlisin Akhlis, acara pembukaan juga akan dihadiri Ketua PBNU KH Ahmad Bagdja, tokoh senior Lakpesdam H Abdullah Syarwani, utusan PWNU Jatim, dan pejabat Kota Batu, Malang. Acara pembukaan dilanjutkan dengan dialog antara KH Hasyim Muzadi dan para peserta Rakernas.
Selasa, 17/11/2009 15:39
Jakarta, NU Online
Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) yang dikelola oleh Yayasan Haji Muslimat NU merupakan salah satu kelompok yang sangat diminati oleh warga NU untuk menjadi pembimbing dalam menjalankan ibadah haji.

Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa menjelaskan, KBIH Muslimat NU memiliki daya tarik karena memberikan layanan lebih kepada calon haji. Seperti yang dilakukan oleh KBIH Muslimat NU Pasuruan dan Mojokerto, mereka menjanjikan jamaahnya untuk menyelenggarakan umrah selama 21 kali pada musim haji.
Selasa, 17/11/2009 14:44
Jember, NU Online
Walaupun pemilihan kepala daerah (Pilkada) merupakan proses politik yang  melibatkan seluruh elemen masyarakat dan menyangkut masa depan umat, namun Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Jember tidak menyinggung hal tersebut dalam agenda kerja lima tahun ke depan.

Menurut Ketua PCNU Jember, KH Abdullah Syamsul Arifin, Pilkada bukan wilayah kerja PCNU, tapi hanya proses politik yang melibatkan warga NU dan masyarakat Jember secara umum.
Selasa, 17/11/2009 13:39
Banjarmasin, NU Online
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan bersepakat mengatur alat pengeras suara dalam setiap ritual keagamaan. Langkah ini ditempuh untuk menciptakan harmonisasi di tengah masyarakat majemuk. Sebuah langkah progresif menyejukkan.

Ketua Komisi Fatwa MUI Provinsi Kalimantan Selatan Rusdiyansyah menyatakan, Senin (16/11), pengaturan alat pengeras suara di masjid dan musala belum menjadi fatwa dari MUI, namun hanya masih kesepakatan enam MUI di Kalimantan Selatan.
Selasa, 17/11/2009 12:45
Roma, NU Online
Pemimpin Libya Muammar Qaddafy menjadikan ajang konferensi pangan yang berlangsung di Roma, Italia, senagai momentum untuk menyebarkan ajaran Islam. Qaddafi mengundang 200 wanita kelas atas berkebangsaan Italia untuk hadir ke kediaman duta besar Libya di Italia, Hafed Gaddur untuk masuk Islam, Senin (16/11).

"Masuklah Islam. Yesus turun untuk Yahudi, bukan untuk Anda. Sedangkan Muhammad diutus untuk seluruh kehidupan manusia," ujar dia seperti ditulis situs kantor berita berbasis di Roma, Andkronos. Pernyataan Qaddafi ini juga dilaporkan oleh harian Italia, La Stampa.
Selasa, 17/11/2009 12:08
Batu, NU Online
Bantuan Operasional sekolah daerah (Bosda) untuk pondok Pesantren yang ada di Batu, sebesar Rp 1,7 miliar cair.

"Seharusnya bantuannya senilai Rp 3,4 miliar. Tapi baru cair setengahnya," kata kata Kepala Dinas Pendidikan Kota Batu, Mistin, Senin, (16/11).
Selasa, 17/11/2009 11:12
Surabaya, NU Online
Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Jawa Timur mengharamkan lomba jalan sehat berhadiah, jika para peserta lomba dipungut biaya pendaftaran.

"Jika peserta lomba jalan sehat dipungut biaya, selanjutnya biaya itu dijadikan hadiah bagi pemenang, maka hukumnya haram," kata Wakil Ketua MUI Jatim KH Abdurahman Navis di Surabaya, Senin (16/11).
Selasa, 17/11/2009 10:21
Tegal, NU Online
Dalam seumur hidup, umat Islam hanya diwajibkan beribadah haji cukup sekali. Hanya saja, kerinduan beribadah ke Kota Mekah itu selalu terngiang. Sehingga bagi orang yang sudah menunaikan ibadah haji, selalu berkeinginan kembali memenuhi panggilan-Nya ke tanah suci.

Namun, alangkah indahnya niatan untuk beribadah haji beberapa kali, ditangguhkan saja. Mengingat pemberlakuan kuota yang selalu terpenuhi. Bila dipaksakan, maka akan menunda warga lainnya yang belum pernah berangkat haji.
Selasa, 17/11/2009 09:58
Tegal, NU Online
Kepemimpinan adalah seni, maka dalam memutar roda organisasi untuk mencapai tujuan organisasi harus dengan cara-cara ala seniman. Indah, mempesona, menggigit namun tidak membuat sakit. Artinya, perlu mengutamakan prinsip kedewasaan dan kematangan.

“Tidak baik kalau seorang pemimpin gampang marah apalagi 'mutungi ' (ngambek, red),” Wakil Ketua Tanfidz PCNU Kabuaten Tegal H. Ahmad Was’ari S.Pd pada saat membuka Up grading PAC IPNU–IPPNU Adiwerna, di SMK NU 01 Adiwerna Kabupaten Tegal Ahad (15 /11).
Selasa, 17/11/2009 09:27
Pandeglang, NU Online
Yang namanya menulis pasti semua orang bisa tak terkecuali para santri, Santri harus mengasah kemampuan menulis. Sebab dengan menulis para santri dapat menyebarkan ide-ide besarnya kepada masyarakat.

“Mari kita giatkan menulis. Sebab dengan menulis kita dapat berbuat mengabarkan sesuatu yang baru kepada masyarakat,” ujar Direktur Kulliatul Muallimin Pesantren Daar El Falaah Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, KH Syarif saat membuka “Pelatihan  Jurnalistik tingkat Dasar untuk Santri,” di aula pesantren, Senin kemarin.
Selasa, 17/11/2009 09:17
London, NU Online
Republik Indonesia yang berpenduduk lebih dari 200 juta jiwa dengan mayoritas Muslim, telah berhasil menunjukkan kepada dunia bahwa Islam, demokrasi, modernitas, serta pluralitas dapat berkembang bersama dengan baik. hal ini menunjukkan bahwa Islam bukan hanya dapat tumbuh dan berkembang dengan baik di Timur Tengah saja. Islam juga memiliki kejayaan di luar negeri-negeri Arab.

Demikian dinyatakan Mantan Menteri Luar Negeri Hassan Wirajuda saat mengikuti konferensi mengenai 'US and the Muslim World', yang diadakan di Ditchley Park, Oxfordshire, Inggris. Kehadiran Hasan Wirajuda bersama pelaksana Direktur Diplomasi Publik Deplu Dr Pribadi Sutiono di Kerajaan Inggris adalah atas undangan Oxford Centre for Islamic Studies (OCIS), Oxford University.
Selasa, 17/11/2009 08:16
Jakarta, NU Online
Dalam rangka mencetak kader-kader handal di dunia tulis menulis, Pesantren Ciganjur menyelenggarakan pelatihan jurnalistik, Senin (16/11). Secara spesifik, pelatihan ini bertujuan untuk memperlancar proses regenerasi dalam pengelolaan media informasi yang dikelola oleh Pesantren Ciganjur, yakni website dan jurnal pemikiran.

Pelatihan ini, selain diikuti oleh para santri yang bermukim di pesantren Ciganjur, juga diikuti oleh para mahasisiwa dari beberapa kampus di Jakarta, seperti Univesitas islam negeri (UIN) Syarif Hidayatullah), Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur'an (PTIQ), Islamic College for Advanced Studies (ICAS) Paramadina dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Islam dan Arab (LIPIA). Pelatihan Jurnalistik ini dipandu oleh Syaifullah Amin dari NU Online.
Selasa, 17/11/2009 07:20
Jakarta, NU Online
Pelatihan Calon Dai Transmigran yang diselenggarakan oleh Pengurus Pusat lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (PP LDNU) sejak 9 November di Pondok Pesantren As-Shiddiqiyah Jakarta ditutup, Senin (16/11). Penutupan secara resmi dilakukan oleh Direktur fasilitas Pemindahan Transmigran, HM. Irsyad.  

Dalam Sambutan penutupan mewakili PP LDNU, salah satu pengurus LDNU Ustadz Masruhin menyatakan, para dai diharapkan dapat menjadi teladan yang baik bagi seluruh warga transmigran lainnya. Para dai diharapkan dapat turut terlibat dalam peningkatan sumberdaya masyarakat trnasmigran di daerahnya masing-masing.
Selasa, 17/11/2009 05:31
Jakarta, NU Online
Sidang itsbat atau penetapan tanggal 1 Dzulhijjah 1430 H baru diadakan Rabu (18/11) pagi besok pukul 10.00 WIB di kantor Departemen Agama Jakarta. Pada penentuan awal Syawal sidang itsbat diadakan malam hari setelah pelaksanaan rukyatul hilal. Sementara rukyat untuk bulan Dzulhijjah ini diadakan pada Selasa (17/11) petang.

Ketua Lajnah Falakiyah PBNU, KH Ghazalie Masroeri menyatakan, sidang itsbat mestinya diadakan sesaat setelah pelaksanaan rukyatul hilal agar masyarakat dapat segera memperoleh ketetapan awal bulan Dzulhijjah.
Senin, 16/11/2009 18:54
Surabaya, NU Online
Calon walikota Fandi Utomo (FU) terus meningkatkan pendekatan ke masyarakat, setelah road show ke beberapa komunitas masyarakat, kali ini Fandi Utomo berencana menyumbangkan satu unit mobil kesehatan untuk Fatayat NU Surabaya.

Saat dikonfirmasi, Fandi Utomo mengatakan bahwa mobil kesehatan tersebut dapat dimanfaatkan Fatayat untuk memberikan pelayanan kepada anggota dan masyarakat berkait dengan kesehatan.
Senin, 16/11/2009 18:03
Padangpariaman, NU Online
Ruang belajar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Az-zahrah Ma’arif-Muslimat Nahdlatul Ulama di Korong Ambung Kapur Nagari Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padang Pariaman, yang runtuh akibat gempa kini mulai dibangun kembali.

Wali Korong Ambung Kapur, Nagari Sungai Sariak, Kecamatan VII Koto Kabupaten Padang Pariaman, H Ismael mengatakan, 99 parsen rumah penduduk dan sarana umum, seperti sekolah, rumah ibadah dan perkantoran, pasca gempa 30 September 2009 lalu, hancur total, dari 427 rumah penduduk, hanya yang bersisa dan merupakan rusak sedang 4 buah.
Ubudiyah
Ahad, 20/07/2014 16:00
LAILATUL QADAR 3 (Habis)
Ada empat hal yang dirahasiakan oleh Allah swt. pertama ridhanya Allah dalam ibadah. Kedua murkanya Allah dalam maksyiat. Ketiga walinya Allah dan Keempat...
Sabtu, 19/07/2014 16:00
LAILATUL QADAR 2
Demikian Allah swt merahasiakan malam lailatul qadar dari umat manusia. Hanya orang-orang istimewa yang bisa memahami malam istimewa. Termasuk orang...
Syariah
Rabu, 23/07/2014 09:47
Fungsi dan Hakikat Zakat Yang dimaksud dengan zakat di sini bukanlah zakat fitrah yang berhubungan dengan ibadah puasa Ramdhan. Tetapi zakat kekayaan (...
Selasa, 22/07/2014 09:00
Zakat fitrah berbeda dengan zakat harta benda. Karena zakat fitrah merupakan satu rangkaian yang tidak terpisahkan dengan ibadah puasa Ramadhan. Bila ibadah...
Hikmah
Sabtu, 05/07/2014 08:02
Melakukan kebaikan, hendaknya didasarkan pada niat yang baik pula. Seperti halnya dengan puasa yang kita laksanakan sekarang, kita niatkan untuk mencari...
Jumat, 27/06/2014 10:39
Pada suatu hari Nabi Sulaiman a.s. duduk di pinggir danau. Sejurus kemudian, ia melihat seekor semut membawa sebiji gandum. Nabi Sulaiman a.s. terus...
Taushiyah
Rabu, 16/07/2014 09:11
Oleh KH Abdurrahman Wahid Penulis diundang oleh UNESCO ke Paris, pada Mei 2003, untuk menyampaikan pidato pembukaan ( keynote address ) dalam sebuah...
Kamis, 10/07/2014 18:58
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakaatuh بسم لله، الحمد لله، والصّلاة والسّلام على سيّدنا...
Khotbah
Jumat, 18/07/2014 03:01
KHOTBAH JUMAT
Marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat dan karunia-Nya yang senantiasa dilimpahkan kepada kita. Kiranya, dengan bersyukur itu dapat menambah kepatuhan dan ketaqwaan kita kepada Allah. Yakni menggunakan nikmat itu untuk melaksanakan semua perintah-Nya, dan untuk menjauhi segala larangan-Nya.
Rabu, 09/07/2014 13:01
KHOTBAH JUM'AT
Puji syukur kehadirat Allah SWT karena kita masih diberi kesempatan untuk menjalankan ibadah yang sangat mulia, yakni puasa di bulan suci Ramadhan. Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama memanfaatkan bulan Ramadahan 1435 H ini dengan melatih diri serta berpacu memperbanyak amal ibadah agar kita senantiasa mendapatkan barokah dan ampunan.
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefJuli 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
::::Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) mengajak masyarakat menyalurkan zakat, infaq dan shadaqah melalui LAZISNU. Rekening zakat: BCA 6340161473 MANDIRI 1230004838951. Infaq: BCA 6340161481 MANDIRI 1230004838977 :::Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Transaksi pembelian di Toko NU Online bisa dilakukan via SMS (083807382750) atau PIN BBM (742CE570) ::::