Jumat, 25 April 2014
Language :
Find us on:
Terbaru
Selasa, 29/11/2011 10:58
Pidato H. As'ad Said Ali di Istambul
Assalamu’alaikum Warohmatullah Wabarokaatuh

Hadirin yang kami hormati,

Sebuah kehormatan bagi kami, karena diberi kesempatan untuk mengikuti pertemuan dalam rangka mempromosikan perdamaian di Afghanistan. Turki tepat mengadakan pertemuan ini karena Turki adalah negara yang mengembangkan moderasi Islam sebagai wujud dari nilai kerahmatan Islam. Tentunya kami sangat menghargai berbagai pihak yang melakukan inisiatif, demi terselenggaranya pertemuan ini. Mungkin kami diundang pada pertemuan ini, karena pada Juli yang lalu, kami Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) menyelenggarakan pertemuan dengan 20 ulama Afghanistan, untuk berbagi pandangan dan pengalaman tentang Islam moderat, serta merumuskan langkah-langkah demi terwujudnya perdamaian di Afghanistan. Karena kemampuan kami terbatas, maka kami memohon maaf, jika ulama-ulama yang diundang bersifat terbatas.
Rabu, 20/07/2011 19:44
PIDATO KETUA UMUM PBNU
Bismillahirrahmanirrahiem Alhamdulillah kita panjatkan ke hadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa. Salawat serta salam kita sampaikan kepada junjungan kita Nabi Besar Muhammad SAW,  yang membawa risalah Islam yang memberi petunjuk kepada kita sampai hari ini. Peringatan Hari Lahir NU ke-85  yang dirayakan hari ini, sebagai ungkapan rasa syukur ke hadirat Allah SWT. Sekaligus juga merupakan perwujudan dari perjuangan NU selama ini yang telah berhasil muwujudkan komunitas Islam yang taat beragama, memiliki kejujuran tinggi dan ketekunan luar biasa serta memiliki komitmen yang sangat tinggi terhadap bangsa bahkan umat manusia sedunia. Semuanya itu ditempuh dengan sukses karena menggunakan paradigmanya sendiri yaitu mabadi tawassuth, tawazun dan tasamuh, sehingga bisa menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis. Dengan sikap dan pengorbanannya semacam itu NU tidak pernah berbuat onar apalagi memberontak pada negara dan Pemerintah yang sah.
Jumat, 15/04/2011 15:19
BOM CIREBON
Peryataan Sikap
Pengurus Besar Nahdlatul Ulama
Berkenaan dengan Bom Bunuh Diri
Di Masjid Mapolresta Cirebon


Bismillahirrahmanirrahim,
Assalamu’alaikum wa rahmatullahi wa barakatuh


Seperti diketahui bersama bahwa pada hari ini, Jum’at, 15 April 2011 Jam 12.30 di Masjid komplek Polresta Cirebon telah terjadi ledakan bom yang diyakini merupakan bom bunuh diri yang memakan korban termasuk didalamnya Kapolresta Cirebon. Dengn ini Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyatakan sikap sebagai Berikut :
Ahad, 27/03/2011 14:05
RAPAT PLENO PBNU
Hadirin hadirat peserta rapat pleno dan undangan yang kami hormati,

Alhamdulillah, pada hari ini, kita dapat menghadiri rapat pleno PBNU. Rapat ini adalah amanat Anggaran Rumah Tangga (ART) organisasi pasal 87. Walaupun kali ini diadakan agak terlambat dari seharusnya, namun di masa mendatang, kita harapkan dapat berlangsung sesuai agenda organisasi.
Jumat, 18/02/2011 19:01
URAIAN MAULID NABI DI ISTANA NEGARA
Uraian Maulid Nabi di Istana Negara, 16 Februari 2011
Oleh: DR. KH Said Aqil Siroj MA

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Syukur Alhamdulillah pada malam ini kita bisa merayakan bersama-sama hari kelahiran tokoh besar pemimpin ummat Nabi Besar Muhammad SAW dalam suasana damai dan sejahtera. Walaupun beliau lahir dan tampil sebagai pemimpin dunia lima belas abad yang lampau, tetapi dampak dan jejak serta manfaatnya tetap bisa kita rasakan sampai hari ini. Hal itu tidak lain karena apa yang disampaikan Oleh Nabi Muhammad baik yang tertuang dalam Al Quran maupun Sunnah, tidak hanya berupa aturan-aturan yang abstrak, tetapi merupakan ajaran-ajaran yang konkret yang bisa diterjemahkan ke dalam perilaku sehari-hari, di mana beliau sendiri menjadi uswatun hasanah (teladan yang baik), bagi umatnya hingga hari ini. Keluhuran akhlak Nabi itu ditegaskan bahwa; “kaana khuluquhul qur’an, seluruh berperilaku Nabi adalah cerminan dari nilai-nilai luhur yang ada dalam Al Quran.
Rabu, 16/02/2011 17:45
Terkait dengan kekerasan atas nama agama yang terjadi di Pandeglang, Temanggung, dan Pasuruan, maka Syuriyah PBNU menyampaikan hal-hal sebagai berikut:

1. Menyatakan keprihatinan dan penyesalan yang mendalam atas kejadian-kejadian tersebut
 
2. Bahwa ajaran tentang kenabian Mirza Ghulam Ahmad yang dianut Ahmadiyah tidak sejalan dengan akidah ahlussunnah wal jama'ah
Selasa, 08/02/2011 18:25
Menanggapi berbagai tindak kekerasan yang dilakukan oleh sekelompok orang akhir-akhir ini, termasuk penyerangan terhadap jamaat Ahmadiyah yang menyebabkan tiga orang meninggal dan puluhan luka-luka, serta terbakarnya bangunan dan mobil di Pandeglang Banten, maupun penyerangan dan pembakaran terhadap 3 buah geraja dan satu sekolah di Temanggung Jawa Tengah, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama menyatakan:
Jumat, 14/01/2011 14:13
Oleh KH Said Aqil Siroj

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakaatuh


Gerakan Pemuda Ansor memiliki posisi penting dalam NU sejak awal kelahirnnya, tidak hanya berperan sebagai penyemaian kader-kader NU yang dinamis dan militan, tetapi juga sekaligus sebagai ujung tobak bagi perjuangan NU di semua sektor kehidupan.

Dalam situasi tantangan kebudayaan global dewasa ini NU diharapkan bisa tetap eksis, bahkan diharapkan dapat mewarnai kehidupan global dewasa ini  yang penuh persaingan dan pertikaian antara berbagai ideologi-ideologi yang ekstrem dan radikal yang mengancam ketenteraman dan kedamaian. Dilain pihak gaya hidup yang konsumtif dan penghamburan energi yang berlebihan tidak hanya membuat kerusakan lingkungan sehingga terjadi climate change (perubahan iklim) dan cuaca ekstrem dalam dekade terakhir ini, tetapi juga menga
Selasa, 07/12/2010 16:16
PERNYATAAN 12 ORMAS ISLAM
Pokok-Pokok Pikiran Bersama Tentang Masalah Pengiriman TKI Luar Negeri

1. Menjunjung tinggi martabat TKI di Luar Negeri. Pergantian tahun Islam hari ini, Selasa, 1 Muharam 1432 H/7 Desember 2010 untuk melakukan refleksi dan kita manfaatkan sebagai momentum untuk mendorong peningkatan martabat Tenaga Kerja Indonesia (TKI) atau biasa disebut “buruh migran”, khususnya di negara-negara Timur Tengah. Martabat bangsa ini juga dipertaruhkan pada kemampuan kita untuk melindungi martabat TKI di luar negeri.
Senin, 18/10/2010 15:12
DECLARATION
Jakarta, Indonesia - October 18, 2010

PREAMBLE

The world today stands on the threshold of a crucial moment in history. Humanity is face to face with a crisis of spirit. The new millennium has opened with the unnerving spectre of aggravating identity-based conflicts on grounds of nationality, ethnicity, religion and tribal affiliations at a time when the spirit of globalization is having a dramatic impact on all aspects of human life in every continent. These is an imperative need to clarify the shared principles and values that can form the basis of social cohesion.
Senin, 11/10/2010 13:58
Bismillahirrahmanirrahiem

Pertama, PBNU turut mendoakan agar jamaah haji asal Indonesia mendapatkan hajjan mabruro, wa sya’yan masykuuro, wa zanban maghfuuro, wa amalan sholihan maf’uula.

Kedua,
PBNU meminta agar jamaah haji asal Indonesia menjaga nama baik bangsa yang selama ini terkenal santun, berakhlak, menjaga lisan, langkah, perilaku, agar nama baik bangsa tetap terjaga.
Ahad, 03/10/2010 16:50
REKOMENDASI
Rekomendasi Konferensi Internasional
“Fungsi Haji dalam Penguatan Kerjasama dan Persatuan Umat Islam”.
Hotel Borobudur, 2-3 Oktober 2010


Salah satu misi utama Islam adalah untuk membebaskan manusia dari ketidakberdayaan. Ini adalah manifestasi dari nilai Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin. Oleh karena itu, setiap ibadah mengandung makna yang memiliki pengaruh baik pada tingkat individu atau sosial termasuk ibadah haji.

Oleh karena itu, kami, peserta konferensi internasional tentang fungsi haji dalam penguatan kerjasama dan persatuan umat Islam, yang berkumpul di Jakarta pada tanggal 2-3 Oktober 2010, setelah mendengarkan dan memperhatikan jalannya konferensi, kami merekomendasikan hal-hal sebagai berikut:
Kamis, 09/09/2010 18:00
Bismillahirrahmanirrahim

Puasa Ramadhan adalah sarana untuk mencapai ketakwaan dan merupakan kesempatan bagi umat Islam untuk mencapai jiwa yang fitri. Kesempatan ini hendaklah digunakan sebaik-baiknya untuk melaksanakan amal ibadah. Selanjutnya untuk menyongsong hadirnya Idul Fitri yang penuh berkah ini hendaklah warga NU:

1. Meningkatkan tali silaturrahim dengan mengunjungi sanak saudara, sahabat dan keluarga agar tercipta kehidupan rukun dan dan damai, sebagai sarana untuk menciptakan masyarakat kekeluargaan. Langkah ini penting untuk mengatasi semangat individualisme yang telah mengarah pada disintegrasi sosial.
Sabtu, 13/03/2010 11:04
REKOMENDASI
Hotel Majapahit, Surabaya, 5-7 Maret 2010

Lokakarya Nasional Pengembangan Rumah Sakit NU dalam Era Globalisasi dibuka oleh Ketua PWNU Jawa Timur, KH Ahmad Hasan Mutawakkil Alalloh, SH, MM dengan Pembicara kunci Ketua PBNU, KH DR A. Hasym Muzadi yang memberikan arahan bagi peserta. Pengarahan juga disampaikan oleh Prof DR. Ir. Mohammad Nuh, DEA, Menteri Pendidikan Nasional. Peserta lokakarya berjumlah 60 peserta berasal dari 22 Rumah sakit dan institusi pendidikan kesehatan di lingkungan NU di Jawa Timur dan Jawa Tengah serta Pengurus PWNU Jawa Timur dan Pengurus Pusat LPK-NU. Peserta Rumah Sakit terdiri dari para direktur rumah sakit dan ketua yayasan dan pengurus yayasan.
Jumat, 25/12/2009 16:56
Konferensi Persaudaraan Muslim Dunia yang diselenggarakan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Sabtu-Ahad 19-20 Desember 2009 di Hotel Sultan Jakarta telah berakhir. Konferensi ini ditutup dengan pembacaan rekomendasi yang diwakili oleh 5 orang peserta yakni Mufti Syiria Dr Abdul Fattah Bazzam, Sekjen World Council of Proximity of Islamic School of Thoughts Iran Ayatullah Muhammad Ali Tashkiri, Ketua Umum PBNU KH A. Hasyim Muzadi, Majelis Ulama Lebanon Syekh Ahmad Zein, dan Dirjen Bimas Islam Departemen Agama RI Prof Dr KH Nasaruddin Umar.
Kamis, 19/11/2009 20:31
Preliminary Chairman’s Summary and Recommendation

A. CONCLUSION

Contribution Made by CSOs to Support the Implementation of the Strategy

1. Civil Society Organizations (CSOs) in Southeast Asia have carried out programs and activities in a wide range of areas which have contributed to the implementation of the UN Global Counter Terrorism Strategy.

2. They have conducted studies on external and internal factors that cause acts of terrorism in the region, in order to better understand the context within which terrorism could emerge and spread. These studies serve as valuable inputs in designing a more comprehensive strategy of counter terrorism which could match regional and local needs.
Ubudiyah
Rabu, 23/04/2014 08:11
Di daerah pesisir pantai utara pulau Jawa terdapat puji-pujian yang sangat mengharuka. Apalagi jika dilagukan oleh suara orang tua, seolah mereka menghayati...
Sabtu, 19/04/2014 16:00
Diantara empat hukum dalam Islam, semuanya memiliki konsekwensi masing-masing kecuali mubah. Pahala diperuntukkan mereka yang menjalankan hukum wajib dan...
Syariah
Kamis, 24/04/2014 07:00
Dalam kitab  Bughyatul Mustarsyidin  karya Sayyid Abdurrahman bin Muhammad al-hadramy menyatakan bahwa ada tujuh hal yang dimakruhkan dalam shalat....
Ahad, 20/04/2014 05:00
Dalam hadits Bukhari, Abu Daud dan Al-Wadhihah sebuah cerita menyebutkan bahwa Ali bin Abi Thalib telah melamar seorang putri Abu Jahal bin Hisyam, lalu...
Hikmah
Jumat, 18/04/2014 05:01
Kisah tentang keteguhan seorang wanita yang bernama Masyitah dalam mempertahankan keimanannya ini begitu masyhur. Masyitah adalah seorang pelayan di kerajaan...
Jumat, 11/04/2014 16:01
Suatu ketika Nabi Musa as. mengadu kepada Allah, “Wahai Tuhan! Engkau ciptakan makhluk dan Kau berikan kenikmatan rizki. Kau (pula) yang menjadikan...
Taushiyah
Rabu, 23/04/2014 12:01
Oleh KH MA Sahal Mahfudh Hampir semua eksponen NU sibuk memasyarakatkan Khittah 26, pada masa antara pasca-Muktamar NU ke-27 sampai dengan Pemilu 1987....
Rabu, 16/04/2014 19:01
Oleh KH Abdurrahman Wahid Beberapa tahun yang lampau, seorang ulama dari Pakistan datang pada penulis di Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU)...
Khotbah
Kamis, 10/04/2014 13:04
"Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong seberat dzarroh (atom yang paling kecil)." Lantas ada seseorang yang berkata: Sesungguhnya ada laki-laki yang suka berpakaian indah dan bersandal bagus. Nabi saw bersabda: “sesungguhnya Allah itu Indah dan suka keindahan. Sombong adalah menentang kebenaran dan memandang rendah orang lain (al-Hadits).
Kamis, 27/03/2014 10:00
KHOTBAH JUMAT
Rasulullah Pernah bersabda "Satu waktu nanti akan tiba atas umatku penguasa seperti singa, para menterinya seperti serigala, dan hakim-hakimnya seperti anjing. Sementara itu umat kebanyakan bagaikan kambing. Bagaimana bisa kambing hidup diantara singa, serigala dan anjing?"
Space Iklan
225 x 180 Pixel
Space Iklan
625 x 100 Pixel
Buletin Jumat
Kamis, 10/04/2014 16:06
Edisi 118: Jum'at II April 2014
Pada Edisi 118 ini, tim redaksi buletin Nahdlatul Ulama menurunkan tema tentang tawadhu. Yaitu sifat rendah diri yang sekarang makin langka di...
Agenda
PrefApril 2014Next
MngSenSelRabKamJumSab
  12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930   
:::: Simak berbagai info NU Online melalui twitter. Follow @nu_online :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi@nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky@nu.or.id atau telepon 021-3914014 ::: Maaf transaksi pembelian via web toko.nu.or.id belum bisa beroperasi karena ada sistem yang perlu disempurnakan ::::