::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Grand Syekh Al-Azhar ke Paus Fransiskus: Selamat Natal

Selasa, 25 Desember 2018 09:00 Internasional

Bagikan

Grand Syekh Al-Azhar ke Paus Fransiskus: Selamat Natal
Foto: sharjah24
Kairo, NU Online
Grand Syekh Al-Azhar, Mesir, Ahmad Muhammad Ahmad al-Thayyeb mengucapkan ‘Selamat Natal’ kepada Paus Fransiskus dan seluruh umat Kristen di seluruh dunia. 

Grand Syekh al-Thayyeb juga menyampaikan selamat kepada Paus Fransiskus yang berulang tahun ke-82 pada 17 Desember. Dia mendoakan Paus Fransiskus agar terus mendapatkan kedamaian dan cinta.

Ucapan selamat tersebut disampaikan Grand Syekh al-Thayyeb kepada Paus Fransiskus melalui sambungan telepon pada pekan lalu, Selasa 18 Desember sebagaimana diberitakan Al-Masry Al-Yaum via egyptindependent.com.

Paus Fransiskus berterima kasih kepada Grand Syekh atas ucapan selamat tersebut. Rencananya, keduanya akan bertemu di Abu Dhabi pada Februari nanti untuk menghadiri acara International Interfaith Meeting on ‘Human Fraternity. 

Sebetulnya kedua tokoh agama ini sudah beberapa kali bertemu. Pada April 2017, Paus Fransiskus berkunjung ke Mesir atas undangan Grand Syekh al-Thayyeb untuk menghadiri konferensi perdamaian internasional yang diselenggarakan Al-Azhar. Keduanya berbicara di penutupan konferensi.

Dua bulan lalu, Grand Syekh al-Thayyeb berkunjung ke Vatikan. Ia bertemu dengan Paus Franciskus untuk menindaklanjuti upaya timbal balik pembangunan perdamaian sebagaimana yang dibahas selama konferensi perdamaian internasional.

Melalui sebuah video animasi, Lembaga Fatwa Mesir (Darul Ifta Mesir) menekankan bahwa Islam memegang prinsip untuk hidup bersama secara damai dengan umat agama lainnya. Darul Ifta juga menyerukan agar Muslim menjaga hubungan baik dengan non-Muslim, menerima hadiah dari mereka, dan memperlakukan mereka dengan rahmat dan belas kasihan seperti yang biasa dilakukan oleh Nabi Muhammad saw. 

Sebagaimana diketahui, Grand Syekh Al-Azhar setiap tahunnya menyampaikan ‘Selamat Natal’ kepada umat Kristiani. Bahkan, Grand Syekh al-Thayyeb tidak segan untuk bersilaturahim dengan para paus di gereja di Mesir menjelang puncak perayaan Natal. Misalnya, Grand Syekh al-Thayyeb berkunjung ke Katedral Gereja Koptik untuk bersilaturahim dengan Paus Tawadrous II, pimpinan tertinggi Koptik, pada 5 Januari 2016 silam atau dua hari menjelang acara puncak misa Koptik. (Red: Muchlishon)