::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Gus Yahya: Humor Merupakan Persoalan Serius

Ahad, 06 Januari 2019 17:45 Nasional

Bagikan

Gus Yahya: Humor Merupakan Persoalan Serius
Jakarta, NU Online
Katib Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Yahya Cholil Staquf atau yang karib disapa dengan Gus Yahaya ini menyebut bahwa humor merupakan persoalan serius.

“Banyak orang lupa bahwa humor itu masalah serius, bukan main-main. Kalau sampean dagel harus dengan serius, jangan bercanda. Karena humor itu masalah serius,” kata Gus Yahya saat menjadi pembicara pada Tadarus Humor Gus Dur di Pesantren Mamba’ul Ma’arif Denanyar, Jombang, Jawa Timur, Ahad (6/1).

Gus Yahya mengemukakan bahwa peradaban melahirkan banyak produk, seperti politik, ekonomi, kesenian, dan budaya. Namun, baginya, humor menjadi produk peradaban yang paling fundamental.

“Dan yang paling fundamental dari produk peradaban itu humor,” jelas pria yang menjabat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) ini.

Menurut Gus Yahya, humor itu filsafat yang berdialog dengan realitas. Oleh karenanya, humor dikatakan logos abortus, yakni logika terbentur realitas, lalu patah.

“Jadi, pelawak-pelawak itu adalah filsuf-filsuf yang gagal karena tadinya mau filsafat membentur, patah, jadi dagelan, itu humor,” ucapnya.

Perlu diketahui, acara yang disiarkan langsung lewat Facebook Rabithah Maahid Islamiyah Jawa Timur ini dalam rangka memperingati Haul ke-9 Gus Dur. Selain menghadirkan Gus Yahya, acara ini juga mendatangkan Juru Baca Gus Dur, KH Hodri Ariev. (Husni Sahal/Abdullah Alawi)