::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

MAN 1 Pringsewu Gelar Pemilihan Duta Generasi Berencana

Sabtu, 02 Februari 2019 23:00 Daerah

Bagikan

MAN 1 Pringsewu Gelar Pemilihan Duta Generasi Berencana
Pemilihan Duta Generasi Berencana
Pringsewu, NU Online
Generasi muda memiliki peran penting dalam membentuk perwajahan peradaban kehidupan masa depan yang lebih baik. Sebagai upaya mewujudkan peradaban yang bermartabat, perlu pembinaan serius yang dilakukan kepada para pemuda kususnya para pelajar. Perencanaan hidup dan penguatan karakter menjadi hal penting untuk dipahami generasi muda saat ini.

Inilah yang mendorong Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Pringsewu, Lampung  menggelar kegiatan ajang Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) bekerjasama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pringsewu di aula Madrasah setempat, Sabtu (2/2).

“Program Genre merupakan program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda Indonesia. Program Genre juga merupakan wadah untuk mengembangkan karakter remaja untuk hidup sehat dan tidak terpengaruh dengan degradasi moral,” kata Pembina Pusat Informasi dan Konseling  Generasi Sehat Peduli Remaja (PIK GESPER) MAN 1 Pringsewu, Siti Aminah di sela-sela kegiatan.

Ajang Pemilihan Duta Genre Tahun 2019 ini jelasnya, merupakan salah satu program unggulan PIK GESPER MAN 1 Pringsewu yang selama ini mampu menghasilkan para siswa yang berkarakter dan mampu bersaing dan memenangi ajang serupa yang dilaksanakan diberbagai tempat dan tingkatan.

Eksistensi organisasi dan Kegiatan ini sangat diapresiasi oleh Kepala MAN 1 Pringsewu Nauval yang dalam sambutannya berharap duta yang terpilih ini akan menjadi model ideal serta dapat mempromosikan dan mengharumkan madrasah baik tingkat kabupaten maupun nasional.

Ia menilai generasi muda saat ini dibebani tanggung jawab besar. Tanggung jawab tersebut bukan hanya untuk kepentingan diri mereka sendiri, namun untuk keluarga dan bangsa. Dengan kegiatan ini ia berharap para duta akan dapat menjadi pioner untuk memerangi dampak negatif seperti seks bebas, kehamilan pranikah, aborsi, pernikahan dini, dan hal-hal negatif lainnya.

“Ajang ini harus menjadi batu loncatan pembentukan karakter pelajar yang sehat dan berkualitas,” tegasnya.

Menurut Ketua PIK GESPER, Fatwa, setelah melewati seleksi penilaian ketat berupa tes tertulus, wawancara, unjuk bakat serta presentasi mading Genre yang dilakukan oleh dewan juri dan panitia, para pemenang pun diumumkan dari sekian banyak peserta yang merupakan perwakilan tiap-tiap kelas ini.

“Para pemenang akan menjadi duta MAN 1 Pringsewu dalam ajang setupa tingkat Kabupaten Pringsewu yang akan digelar pada Maret 2019 mendatang,” kata Fatwa.

Adapun para pemenang  Pemilihan Duta Generasi Berencana (Genre) MAN 1 Pringsewu tahun 2019 golongan putra yakni: Juara 1 Bayu Anggara (XI MIA 4), Juara 2 Mahendra (X MIA 3), Juara 3 Idwin Ade Putra (X MIA 2). Sementara untuk Putri:  Juara 1 Nida Nuria (XI MIA 3), Juara 2 Shilatunis (XI MIA 2), dan Juara 3 Shinta Nurul Afriana (XI MIA 4). (Muhammad Faizin)