::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ratusan Banser Sidoarjo Dikerahkan Bantu Korban Angin Puting Beliung

Selasa, 05 Februari 2019 21:00 Daerah

Bagikan

Ratusan Banser Sidoarjo Dikerahkan Bantu Korban Angin Puting Beliung
Banser dan Denwatser Sidoarjo
Sidoarjo, NU Online
Bencana angin puting beliung yang terjadi di Kecamatan Buduran dan Sedati Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur, beberapa waktu lalu menggerakkan Pimpinan Cabang GP Ansor dan Banser Sidoarjo mengambil langkah cepat membantu para korban.

Memanfaatkan momen libur, mereka langsung turun ke lokasi guna membantu perbaikan dan mengevakuasi puing-puing bangunan yang porak poranda.

Dari pantauan NU Online di lokasi, tak hanya Banser laki-laki yang diturunkan ke lokasi bencana. Banser perempuan atau Detasemen Wanita Banser (Denwatser) juga semangat dan antusias membantu perbaikan. Mereka ikut menurunkan sejumlah genting dan mengangkat puing-puing bangunan menggunakan gerobak kecil.

Menurut Ketua GP Ansor Cabang Sidoarjo H. Rizza Ali Faizin, ada sekitar 120 lebih Banser yang bergerak ke daerah terdampak. Mereka bersama warga membantu memperbaiki fasilitas pendidikan, rumah ibadah, dan beberapa rumah warga.

“Kami sangat mengapresiasi langkah Ansor, Banser Kecamatan Buduran, Sedati, dan sekitarnya yang tanggap bencana dan langsung membantu warga di lokasi bencana. Ini salah satu wujud kepedulian Ansor, Banser, dan LAZISNU untuk masyarakat," katanya Rizza yang juga ikut berjibaku bersama anggota lainnya, Selasa (5/2).

Rizza menjelaskan, dari data yang diambil dari Satkoryon Banser Kecamatan Buduran dan Sedati, terdapat 8 fasilitas pendidikan dan tempat ibadah yang mengalami kerusakan. Oleh sebab itu, secara bergiliran Banser Sidoarjo akan membantu proses pembangunan hingga selesai.

"Seperti di MI Sawohan ini, kami terjunkan puluhan personil hari ini untuk memperbaiki atap sekolah yang rusak," jelasnya.

Perbaikan yang dilakukan Banser, sudah dimulai sejak Ahad (3/2) lalu. Untuk sementara, hingga hari ini pihaknya bersama LAZISNU Cabang Sidoarjo telah melakukan bedah rumah sebanyak 3 buah, merehab 7 rumah, dan 2 sekolah. Beberapa mushala dan TPQ yang terdampak juga telah menerima bantuan. (Moh Kholidun/Muhammad Faizin)