::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Alumni dan Santri Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Gelar Al-Tsaqafah Festival

Selasa, 12 Februari 2019 14:45 Daerah

Bagikan

Alumni dan Santri Pesantren Luhur Al-Tsaqafah Gelar Al-Tsaqafah Festival
Jakarta, NU Online
Ikatan Alumni Al-Tsaqafah (IKTAFA) dan Ikatan Pelajar Ma'had Ali Al-Tsaqafah (IPMAA) menggelar perhelatan akbar Al-Tsaqafah Festival dengan tema Brings Millenial to Golden Era.

Festival yang diselenggarakan pada 9-10 Februari 2019 di Pesantren Luhur Al-Tsaqafah ini bertujuan memperkenalkan Pesantren Al-Tsaqafah di Jabodetabek sebagai pesantren yang berasaskan Ahlus Sunnah Waljamah Al-Nahdhiyyah dan untuk menjalin kerja sama antara pesantren se-Jabodetabek. 

"Salah satu tujuan acara ini adalah untuk mempromosikan pondok pesantren ini, yang berasaskan Aswaja dan untuk menjalin kerja sama antar pondok pesantren serta sebagai media pembelajaran bagi santri dan alumni," kata Ketua Panitia Fatih Miftahul Huda, Sabtu (9/2).

Festival ini berisi tujuh macam cabang perlombaan, yakni Pidato, MQK, MHQ, Kaligrafi, Catur, Tenis Meja dan MIPA antarsekolah dan pesantren tingkat MTS/SMP se-Jabodetabek dan diikuti sekitar 200 peserta dari sekolah dan pesantren yang berada di Jabodetabek.

Selain perlombaan, panitia juga mengadakan bazar makanan dan pakaian serta menampilkan pameran foto, di antaranya pameran foto KH Said Aqil Siroj dan foto dokumenter kegiatan santri.

Perhelatan besar ini juga diwarnai penampilan atraksi seni bela diri Pagar Nusa, Hadroh, Tari Papua, Tari Saman, Seni Drama, Musikalisasi Puisi, dan lagu-lagu keislaman.

Acara ini dibuka secara resmi oleh Pimpinan Pesantren Luhur Al-Tsaqafah KH Idris Soleh dengan ditandai pelepasan balon ke udara.

Dalam sambutannya, Kiai Idris Soleh mengatakan, Pesantren Luhur Al-Tsaqafah selalu berkomitmen untuk mendukung setiap kegiatan yang bisa meningkatkan perkembangan santri dan alumni, baik dalam bidang organisasi maupun akademik. 

"Kami telah berkomitmen untuk mendorong dan terus mendukung perkembangan santri dan alumni dengan memberikan tanggung jawab kepada mereka untuk menyelenggarakan Tsaqafah Festival sebagai ajang pembelajaran,” kata Kiai Idris

Seluruh rangkaian kegiatan ini melibatkan santri, wali santri dan dewan guru. Rencananya, festival ini akan diadakan secara rutin oleh IKTAFA dan IPMAA setiap tahunnya sebagai rangkaian dari peringatan Hari Lahir Pesantren Luhur Al-Tsaqafah.

Di malam penutupan, santri dihibur dengan berbagai macam penampilan dan dilanjutkan dengan pembagian pemenang lomba dan secara resmi, Al-Tsaqafah Festival ditutup oleh Dewan Pengarah Acara Ahmad Nizar Idris. (Husni Sahal/Fathoni)