::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Gus Muwafiq: Tak Ada yang Membuat Bangsa Indonesia Inferior

Jumat, 15 Maret 2019 17:30 Nasional

Bagikan

Gus Muwafiq: Tak Ada yang Membuat Bangsa Indonesia Inferior
Jakarta, NU Online
Indonesia merupakan negara yang amat kaya. Kekayaannya meliputi berbagai macam hal, dari flora, fauna, bahasa, suku, budaya, hingga energi dan logam dalam bumi.

"Gak ada yang membuat kita inferior," tegas KH Ahmad Muwafiq yang langsung disambut gemuruh tepuk tangan, saat mengisi Tausiyah Kebangsaan di Auditorium Harun Nasution, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Ciputat, Tangerang Selatan, Banten, Jumat (15/3).

Kiai yang akrab disapa Gus Muwafiq itu mencontohkan bahwa logam paling kuat bisa diolah oleh masyarakat Indonesia dengan suhu 15 ribu derajat. Sementara, katanya, reaktor Jerman hanya berkekuatan tujuh ribu derajat.

Hal itu terbukti dengan adanya senjata hingga alat musik gamelan yang dibuat dengan logam, sedang bangsa lain belum memilikinya.

Dai kondang asal Yogyakarta itu juga mengungkapkan bahwa bangsa Indonesia mampu mengusir bangsa Mongolia di saat Eropa takluk olehnya. "Mongolia kalah di Nusantara dihajar pasukan Kertanegara," ujarnya.

Hampir semua hal yang dimiliki bangsa lain, kata Gus Muwafiq, Indonesia juga memilikinya. Karenanya, ia tidak melihat adanya kekurangan bangsa Indonesia. "Cuma membangkitkan semangat ini yang berat," ucapnya.

Tausiyah kebangsaan ini digelar oleh Gerakan Pramuka Gugus Depan Jakarta Selatan 07-075/07-076 UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (Syakir NF/Abdullah Alawi)