::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Keliling Kampung, Ansor Pandeglang Berkomitmen Jaga Aswaja

Jumat, 12 April 2019 21:30 Daerah

Bagikan

Keliling Kampung, Ansor Pandeglang Berkomitmen Jaga Aswaja
Pengajian Ansor Pandeglang di Masjid Nurul Hidayah.
Pandeglang, NU Online
Sejak Senin (7/4) lalu Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pandeglang melakukan pengajian di sejumlah wilayah di Pandeglang, Banten. Kegiatan yang digagas para pengurus Ansor Kabupaten Pandeglang tersebut dilaksanakan dalam rangka Haul Syekh Abdul Qodir Jaelani dan Peringatan Isra' Mi’raj yang akan mencapai puncaknya Sabtu (12/4) besok.

Ketua Cabang GP Ansor Kabupaten Pandeglang, Lukmanul Hakim, mengatakan pengajian dipusatkan di masjid-masjid, majelis taklim, dan pondok pesantren. Di antara lokasi pengajian adalah Masjid Nurul Hidayah di Ciawi Kecamatan Patia, Masjid Daarussalamah Kecamatan Cikedal, Masjid Baitusyukur Kecamatan Panimbang.

Masjid lainnya, Hiayatul Ikhsan Kecamatan Sobang, Masjid Al-Mu’min Kecamatan Cikeusik, Majlis Nurul Falah Kecamatan Picung, Masjid Al-Furqon Kecamatan Munjul, Masjid Riyadhush Sholihin Kecamatan Cibaliung, Masjid Al-Fatah Kecamatan Cibitung dan Pondok Pesantren Kecamatan Labuan.  

Lukmanul Hakim menambahkan kegiatan diselenggarakan untuk menguatkan nilai-nilai tabaruk yang diajarkan Ahlussunnah wal Jama'ah. Menurutnya, tabaruk atau ngalap berkah merupakan salah satu bentuk praktik tawasul yang diperintahkan di dalam Al-Quran Surat Al-Maidah ayat 35.

"Pandangan kami tabaruk adalah salah satu doa kepada Allah agar cita-cita mulia kami untuk agama, bangsa, dan negara bisa diwujudkan. Dan doa ini, insyallah akan lebih mudah jika dilakukan secara bersama-sama apalagi dengan para kiai sepuh di masyarakat," kata Lukman saat dikonfirmasi, Jumat (12/3) siang.

Rangkaian kegiatan diisi juga dengan kegiatan sosialisasi Ansor di masyarakat. Sebab, kata dia, di era kini Ansor menjadi organisasi yang kerap disudutkan oleh sebagian kelompok. Ia ingin membuktikan bahwa cita-cita Ansor adalah untuk kebaikan masyarakat, agama, dan negara melalui penjagaan haluan yakni akidah Ahlussunah wal Jama'ah.

"Termasuk menjadi wadah bagi para pemuda untuk belajar, mengabdi dan berjuang atas nama hubbul wathan minal iman," tegasnya.

Untuk itu, Lukman, berharap ada komitmen kuat dari masyarakat untuk sama sama menjaga Indonesia dari ancaman global.

Pihaknya juga berdoa agar Pemilu 2019 berjalan dengan aman, damai, dan lancar, serta dapat terlaksana dengan riang gembira. (Abdul Rahman Ahdori/Kendi Setiawan)