::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Habib Luthfi Pimpin Doa Nisfu Sya'ban di Kanzus Sholawat Pekalongan

Jumat, 19 April 2019 11:30 Daerah

Bagikan

Habib Luthfi Pimpin Doa Nisfu Sya'ban di Kanzus Sholawat Pekalongan
foto ilustrasi
Pekalongan, NU Online
Rais 'Aam Idarah Aliyah Jam'iyyah Ahlit Thariqah Al-Mu'tabarah An-Nahdliyah (JATMAN) Hbib Luthfi bin Yahya akan memimpin doa nisfu sya'ban 1440 Hijriyah di Kanzus Sholawat Kota Pekalongan Jawa Tengah.

Kegiatan yang akan dimulai dengan shalat maghrib berjama'ah itu dilaksanakan Sabtu (20/4). Selanjutnya, acara diisi dengan pembacaan surat Yasin dan doa nisfu sya'ban.

Ketua Pengelola Gedung Kanzus Sholawat Pekalongan Faizin Sapali mengatakan, kegiatan yang sudah rutin dilaksanakan setiap malam tanggal 15 Sya'ban selalu diikuti oleh ribuan jama'ah yang datang dari berbagai tempat di Pekalongan dan sekitarnya.

"Ini kegiatan yang sudah rutin digelar setiap malam 15 sya'ban, dan alhamdulillah Habib Luthfi bin Yahya berkenan hadir dan memimpin doa nisfu sya'ban" ujarnya.

Pihaknya juga mengimbau kepada jama'ah yang ikut hadir agar datang lebih awal, sehingga ketika acara dimulai jama'ah bisa mengikuti kegiatan degan khidmat. "Kegiatan ini terbuka untuk umum, silakan saja kepada masyarakat yang ingin ikut acara di Kanzus Sholawat ini," jelas Faizin.

Sya’ban berarti bulan penuh berkah dan kebaikan. Pada bulan ini Allah membuka pintu rahmat dan ampunan seluas-luasnya. Karenanya, dianjurkan untuk memperbanyak ibadah sunah seperti puasa sunah. 

Hal ini sebagaimana yang dicontohkan Nabi Muhammad SAW. Sebuah hadits mengatakan bahwa Nabi SAW lebih sering puasa sunah di bulan Sya’ban dibandingkan pada bulan lainnya, (HR Al-Bukhari).

Selain puasa, menghidupkan malam sya’ban juga sangat dianjurkan khususnya malam nisfu Sya’ban (pertengahan bulan Sya’ban). Maksud menghidupkan malam di sini ialah memperbanyak ibadah dan melakukan amalan baik pada malam nisfu Sya’ban. 

Sayyid Muhammad bin ‘Alawi Al-Maliki menegaskan bahwa terdapat banyak kemuliaan di malam nisfu Sya’ban; Allah SWT akan mengampuni dosa orang yang minta ampunan pada malam itu, mengasihi orang yang minta kasih, menjawab do’a orang yang meminta, melapangkan penderitaan orang susah, dan membebaskan sekelompok orang dari neraka.

Setidaknya terdapat tiga amalan yang dapat dilakukan pada malam nisfu sya’ban. Tiga amalan ini disarikan dari kitab Madza fi Sya’ban karya Sayyid Muhammad Alawi Al-Maliki. Pertama, memperbanyak doa. Kedua, membaca dua kalimat syahadat sebanyak-banyaknya. Dan Ketiga, memperbanyak istighfar. (Muiz