::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

NU Lampung Ajak Masyarakat Jaga Kondusivitas dan Sabar Terima Hasil Pemilu

Jumat, 19 April 2019 13:00 Daerah

Bagikan

NU Lampung Ajak Masyarakat Jaga Kondusivitas dan Sabar Terima Hasil Pemilu
Koordinasi Tokoh Agama dan Stakeholders di Lampung
Bandarlampung, NU Online
Pemungutan suara pada pesta demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) telah usai dihelat. Masyarakat antusias menyalurkan aspirasi untuk masa depan Indonesia yang lebih hebat. Banyak pilihan yang harus dicoblos dengan cermat. Pilihan ini akan menentukan nasib bangsa untuk terus bergerak membangun bangsa dengan cepat.

Pasca pencoblosan, kondusivitas suasana harus terus dijaga oleh seluruh elemen bangsa. Jangan sampai karena beda pilihan membuat persatuan dan kesatuan bangsa menjadi taruhannya. Semua pihak harus menahan diri dan sabar menanti keputusan hasil dari pihak penyelenggara.

"Setidaknya untuk menjaga suasana menjadi kondusif dan kembali damai, kita minta semua pihak tetap sabar dan menyerahkan perhitungan resmi kepada KPU," kata Ketua PWNU Lampung Prof Muhammad Mukri melalui keterangan tertulis kepada NU Online, Jumat (19/4).

Jika ada perselisihan di antara para peserta pemilu, maka lebih arif dan bijak menempuh jalur hukum, sebab negara kita adalah negara hukum.

"Supremasi hukum harus dikedepankan dan di atas segalanya. Siapa pun pemenangnya pada akhirnya, itulah hasil pilihan rakyat atau hasil demokrasi yang kita anut," jelas Rektor UIN Raden Intan Lampung ini.

Untuk menjaga kondusivitas pasca Pemilu ini, PWNU Lampung terus proaktif mendengungkan kedamaian dengan mengajak seluruh elemen masyarakat bersatu. Langkah nyata telah dilakukan PWNU Lampung melalui koordinasi dengan elemen lintas sektoral setelah rampungnya tahap pemungutan suara Pemilu 2019.

Koordinasi telah dilakukan pada Kamis (18/4) di Siger Lounge Polda Lampung yang dihadiri oleh Wakapolda, Irwasda, Karo Ops Wadir Binmas, Danlanal Lampung, Danrem 043 Gatam, Danbrigib 4 Piyabung, Danlanut, Ketua FKUB, Ketua PWNU, MUI, Ketua PW Muhamadiyah FKPP Lampung dan rekan-rekan dari media cetak dan elektronik.

Dalam pertemuan tersebut Wakapolda Lampung Teddy Minahasa menyatakan bahwa selaku penanggung jawab keamanan Pemilu di Lampung, pihaknya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada tokoh agama, tokoh masyarakat, stake holders, dan semua rekan-rekan jurnalis yang telah bekerjasama membuat situasi kondusif.

Secara umum menurut Teddy, situasi Kamtibmas di wilayah Provinsi Lampung masih aman dan kondusif. Ia berharap rekan-rekan media mampu menjadi perekat untuk kesatuan hususnya di dunia maya.

"Para pemuka agama diharapkan dapat menyentuh dan mengkondisikan agar masyarakat tetap aman, damai dan kondusif dalam proses pelaksaan pemilu 2019 hingga selesai," ajaknya. (Muhammad Faizin)