::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Dinilai Berhasil, Dunia Apresiasi Pelaksanaan Pemilu Indonesia 2019

Jumat, 19 April 2019 20:00 Internasional

Bagikan

Dinilai Berhasil, Dunia Apresiasi Pelaksanaan Pemilu Indonesia 2019
Jakarta, NU Online
Pemilu Indonesia 2019 yang digelar pada Rabu 17 April berjalan dengan aman, tertib, dan tidak ada gejolak yang berarti. Meski Pemilu Indonesia 2019 menjadi pemilu yang terbesar ketiga di dunia -setelah India dan Amerika Serikat- karena melibatkan 192,83 juta pemilih, namun nyatanya pelaksanaannya berjalan dengan damai dan lancar.

Atas ‘pencapaian’ itu, banyak pihak yang memberikan ucapan selamat dan memuji pelaksanaan Pemilu Indonesia 2019. Diantaranya adalah Amerika Serikat (AS). Juru bicara Departemen Luar Negeri AS Morgan Ortagus menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya pemilu serentak 2019 untuk pertama kalinya di Indonesia.

“Kami mengucapkan selamat kepada rakyat Indonesia atas terselenggaranya pemilihan presiden dan legislatif secara serentak untuk pertama kalinya pada tanggal 17 April,” kata Ortagus, dikutip Antara, Jumat (19/4).

Duta Besar (Dubes) Kanada untuk Indonesia Peter MacArthur memuji pelaksanaan Pemilu Indonesia 2019. Menurut MacArthur, Pemilu Indonesia 2019 bisa menjadi inspirasi dunia karena tingkat partisipasinya yang tinggi, di samping pelaksanannya yang berjalan lancar dan damai. Dilaporkan kalau tingkat partisipasi Pemilu 2019 mencapai 81 persen, atau naik 6 persen dibandingkan 2014 lalu dengan angkat 75 persen.

“Selamat Indonesia! Partisipasi pemilih lebih tinggi dibanding 75 persen pada lima tahun lalu. Kanada melihat pemilu hari ini sebagai cerminan demokrasi dan menjadi inspirasi bagi dunia," kicau Peter dalam bahasa Inggris di akun Twitter-nya @AmbMacArthur, Rabu (17/4) lalu.

Hal yang sama juga dilakukan Dubes Australia untuk Indonesia Gary Quinlan. Dengan menggunakan bahasa Indonesia, Quinlan mengucapkan selamat atas pelaksanaan Pemilu Indonesia 2019 di akun Twitternya @DubesAustralia, Rabu (17/4). Menurutnya, Pemilu Indonesia merupakan ‘pemilu yang paling kompleks’ dan pemilihan nasional terbesar. Kendati demikian, Quinlan menilai Pemilu Indonesia 2019 berjalan sukses dan damai.

“Selamat kepada pemerintah dan rakyat Indonesia untuk pemilihan umum yang sukses dan damai hari ini - pemilihan nasional terbesar dan paling kompleks dalam satu hari yang pernah diadakan di mana saja,” tulisnya..

Senada dengan itu, Organisasi Kerjasama Islam (OKI) mengucapkan selamat kepada rakyat dan pemerintah Indonesia karena telah sukses menyelenggarakan pemilu yang damai dan terbuka. Menurut Sekretaris Jenderal OKI Yousef Al-Othaimeen, keberhasilan Pemilu 2019 menunjukkan kedewasaan dan rasa tanggung jawab yang besar rakyat dan pemerintah Indonesia,.

“OKI sepenuhnya yakin bahwa keberhasilan Pemilu 2019 akan berkontribusi lebih lanjut untuk memperkuat praktik dan kelembagaan demokratis demi pembangunan dan kemakmuran negara dan rakyatnya," kata OKI dalam pernyataannya, dikutip dari situs resminya oic-oci.org, Jumat (19/4). (Red: Muchlishon)