::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Tiga Alasan Mengapa Manusia Butuh Agama

Rabu, 15 Mei 2019 11:15 Daerah

Bagikan

Tiga Alasan Mengapa Manusia Butuh Agama

Lumajang, NU Online
Manusia tidak bisa lepas dari agama. Sebab agamalah yang mengatur tata kelola kehidupan manusia,  hingga terjadi kedamaian dan ritme hidup sebagaimana mestinya. Menurut Ketua Pengurus Cabang LDNU Jember,  KH Mustain Billah, setidaknya ada tiga alasan mengapa manusia butuh agama (Islam). Pertama, manusia diciptakan oleh Allah dalam dua komponen, yaitu jasad dan ruh.

“Dua komponen itu harus ada dalam diri manusia. Kalau hanya salah satunya, itu bukun manusia namanya. Maka manusia secara utuh dan apa yang harus dilakukannya, agama sudah mengaturnya” urainya  saat memberikan tausiyah di masjid Agung KH Anas Mahfudz, Lumajang, Senin (13/5).

Kedua, manusia dicptan oleh Alah dalam bentuk yang paling sempruna. Karena manusia sudah sangat sempruna dari sisi bentuk fisiknya, maka tentu harus pandai bersyukur. Salah satu bentuk syukur  itu adalah beribadah kepada Allah.

“Untuk beribadah dengan baik dan benar, ada aturannya. Dan Islam sudah mengatur itu dengan sangat lengkap,” lanjutnya.

Ketiga, manusia diciptakan oleh Allah untuk menjadi khalifah (pemimpin). Semua manusia adalah khalifah, sesuai dengan tingkatannya. Untuk menjadi pemimpin yang baik, pasti butuh panduan. Maka Islam sudah menyiapkan panduannya secara detail, mulai dari bagaimana menjadi pemimpin dalam rumah tangga, hingga pemimpin negara.

“Islam sudah menyiapkan semuanya,” pungkas KH Mustain Billah. (Aryudi AR)