Innalillahi wa inna ilaihi rajiun, Hj Fatimah, ibunda Ketua PBNU H Imam Aziz, wafat Jumat (24/2) pukul 17.15 WIB di Pati, Jawa Tengah ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

300 Peserta dari Pesantren Se-Jepara Ikuti Musabaqah Qira’atul Kutub

Selasa, 14 April 2015 14:01 Daerah

Bagikan

300 Peserta dari Pesantren Se-Jepara Ikuti Musabaqah Qira’atul Kutub

Jepara, NU Online 
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara menyelenggarakan Musabaqah Qiroatul Kutub (MQK) bertempat di Pendopo Jepara, Sabtu (11/4) lalu. Kegiatan hasil kerjasama Bagian Kesra Setda Jepara dan Kemenag Jepara itu diikuti 300 peserta lebih dari pesantren se-Jepara.<> 

Lukito Sudi Asmara, Kabag Kesra Setda Jepara menerangkan, bahwa kegiatan ini sebagai wadah evaluasi dan kalkulasi keilmuan yaitu sejauh mana penyerapan dan pembelajaran kitab kuning sebagai referensi utama di pesantren.

Menurut Lukito, kelestarian dan tradisi pembelajaran kitab kuning sangat penting mengingat kitab salaf merupakan karya monumental ulama terdahulu. 

“Kegiatan ini menjadi wadah pembentukan kepribadian santri yang unggul, berkualitas dan berkarakter,” terangnya. 

Bupati Jepara, H Ahmad Marzuqi menambahkan kegiatan tersebut diharapkan dapat memberikan motivasi balajar santri. Kegiatan lanjutnya juga menjadi wahana aktualisasi diri dan menjalin silaturrahim antar santri dan kiai pesantren. 

Kegiatan yang berlangsung sehari dilaksanakan di delapan marhalah. Majelis I Marhalah Ula untuk Fikih dan Tarikh. Majelis II Marhalah Ula untuk Akhlak dan Nahwu. Majelis III Marhalah Wustho untuk Akhlak dan Balaghah. Majelis IV Marhalah Wustho untuk Tafsir dan Ushul Fiqih. 

Kemudian, Majelis V Marhalah Wustho untuk untuk Fikih dan Nahwu. Majelis VI Marhalah Ulya untuk Hadits dan Tafsir. Majelis VII Marhalah Ulya untuk Fikih dan Majelis VIII Marhalah Ulya untuk Nahwu dan Akhlak. (Syaiful Mustaqim/Fathoni)