::: NU menyelenggarakan rukyat awal Ramadhan 1438 H pada Jumat, 26 Mei 2017 di berbagai daerah di Indonesia  ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Fatayat NU Dumeling Buka Penyuluhan Rutin untuk Ibu Hamil

Selasa, 19 Januari 2016 00:02 Daerah

Bagikan

Fatayat NU Dumeling Buka Penyuluhan Rutin untuk Ibu Hamil
Brebes, NU Online
Pimpinan Ranting (PR) Fatayat NU Desa Dumeling Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes ikut menjaga kesehatan ibu hamil. Langkah yang ditempuh antara lain dengan mengadakan sosialisasi tentang kesehatan Ibu Hamil pada setiap pertemuan mingguan di desa setempat.

“Kami tidak ingin kesehatan ibu hamil terganggu, akibat tidak mengetahui sisi kesehatan yang harus dijaga,” ujar Ketua Fatayat NU Dumeling Arifatul Makiyah di sela penyuluhan bagi ibu hamil di kantor sekretariat Fatayat NU setempat, Ahad (17/1).

Ia menyatakan prihatin atas sering terjadinya kematian bayi dan ibu melahirkan. Di samping itu, masyarakat Brebes terkhusus desa Dumeling merupakan warga Fatayat. “Fatayat itu sendiri, terdiri dari ibu-ibu muda yang masih memiliki kesempatan untuk melahirkan,” terangnya.

Jangan sampai, lanjutnya, anggota Fatayat tidak mengetahui tentang kesehatan ibu hamil. Dengan hidup sehat, kaum ibu tentu akan melahirkan keturunan yang cerdas, sehat, berkualitas dan tidak stunting. “Pengetahuan tentang kesehatan ibu hamil perlu dimiliki seluruh warga Fatayat dan harus bertekad kuat melaksanakannya,” tutur Arifah.

Selain penyuhan Ibu hamil, Fatayat Dumeling juga sering mengadakan kegiatan penyuluhan pelbagai tema antara lain tentang Keluarga Berencana, Stunting, kesehatan secara umum.

Penyuluhan diikuti 70 anggota Fatayat se-Desa Dumeling, dengan pembicara dr Qonitatun Nahdliyah dari RSUD Gunung Jati Cirebon. Dengan seksama mereka mendengarkan dan berinteraksi nara sumber.

Dalam penyuluhannya, Qonitatun menjelaskan tentang pentingnya menjaga kesehatan ibu hamil. Hal-hal yang perlu dilakukan antara lain menjaga pola makanan yang berimbang.

Banyak hal yang bisa dilakukan oleh ibu muda untuk selalu menjaga kehamilannya. Terutama untuk ibu hamil muda dengan usia di bawah tiga bulan. Berikut ini berbagai cara yang bisa dilakukan oleh ibu hamil untuk menjaga kehamilannya, antara lain pertama, konsultasi dengan dokter kandungan secara rutin. Selain pemeriksaan rutin setiap bulannya, ibu hamil dengan kondisi tertentu harus lebih rutin dalam memeriksakan kandungannya.

Kedua, pola makan juga harus benar-benar dijaga saat trimester pertama. Ibu hamil harus memerhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam perutnya. Hal itu dikarenakan makanan yang dimakan ibu hamil tidak untuk dirinya sendiri melainkan untuk janinnya juga.

Ketiga, gaya hidup sehat sangat diperlukan bagi semua ibu yang sedang hamil dan tidak hanya hamil muda. Hindari bahaya merokok saat hamil, hindari asap rokok, jauhi alkohol dan hindari obat-obatan terlarang (narkotika).

Keempat, ibu hamil juga perlu beristirahat yang cukup. Istirahat yang paling baik adalah tidur dan itu adalah kunci kesehatan kandungan ibu serta janin di dalamnya.  (Wasdiun/Alhafiz K)