::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Menag Dukung UNU Surakarta Buka Program Doktor

Sabtu, 27 Februari 2016 21:29 Nasional

Bagikan

Menag Dukung UNU Surakarta Buka Program Doktor
Surakarta, NU Online
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menegaskan Kementerian Agama mendukung penuh keinginan Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Surakarta untuk membuka program doktoral  (S3).

“Kemenag mendukung penuh program S3 di Universitas Nahdlatul Ulama,” demikian penegasan Menag saat memberikan Orasi Ilmiah pada Rapat Senat Terbuka Dalam Rangka Wisuda ke XVIII Program Sarjana dan Magister di UNU Surakarta, Sabtu (27/02) sebagaimana dikutip dari laman kemenag.go.id.

Penegasan ini merespon permintaan Rektor UNU Mufrod Teguh Mulyo bahwa UNU sedang memproses perizinan membuka Program Doktor Prodi Pendidikan Agama Islam. Menurut Mufrod, proposal sudah dipresentasikan di hadapan tim Direktorat Pendidikan Tinggi Islam dan sudah divisitasi tim ahli pada Desember 2015. 

“Saat ini tinggal menunggu Surat Keputusan Dirjen Pendidikan Islam,” terang Mufrod.

“Pascasarjana UNU sudah memiliki alumni magister PAI sebanyak 686. Tidak berlebihan jika membuka program doktoral PAI,” tambahnya.

Di hadapan civitas akademikai UNU, Menag menyambut baik keinginan UNU untuk mengembangkan program S3. Menurut Menag, prosesnya sedang ditindaklanjuti karena setidaknya ada dua hal yang harus dicermati.

Kedua hal itu, menurut Menag, terkait dengan keberadaan profesor ahli di bidang PAI yang mengajar di UNU Surakarta. Hal kedua, terkait dengan kelengkapan infrastruktur akademik seperti koleksi buku dan perpustakaan.

“Prinsipnya, Kemenag mendukung dibukanya program S3 di UNU,” tandasnya. Red: Mukafi Niam