:::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Daerah Minta SARBUMUSI NU Perkuat Advokasi Buruh

Sabtu, 24 September 2016 01:02 Nasional

Bagikan

Daerah Minta SARBUMUSI NU Perkuat Advokasi Buruh

Jakarta, NU Online
Dewan Pimpinan Wilayah Jawa Barat Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Nahdlatul Ulama Wari Maulana meminta pengurus Dewan Pimpinan Pusat Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Nahdlatul Ulama yang dilantik di PBNU Jumat (23/9) untuk memperkuat pembelaan kepada buruh-buruh yang bersengketa dengan perusahaan.  

Tahun ini di Jawa Barat, katanya, yang ditangani Sarbumusi ada lima kasus. Namun, hanya satu yang bisa diselesaikan, sementara yang lainnya belum.  

“Sarbumusi agar lebih memperkuat tim pembelaan buruh supaya perusahan tidak seenaknya melakukan pemutusan kerja sepihak. Perlu memperkuat pembelaan,” katanya yang turut hadir dalam pengukuhan tersebut.  

Sementara DPC Sarbumusi Kabupaten Bekas Abdul Jalil meminta DPP Konfederasai Sarbumusi untuk berusaha keras mensosialisikan tingkat basis. “Nama Sarbumusi udah diakui ILO, itu susah. Serikat-serikat pekerja yang ada sekarang saja belum masuk. Ini kesempatan yang besar sekali untuk Sarbumusi mensosialisaskannya,” jelasnya yang juga turut hadir di pengukuhan.

Ia setuju dengan apa yang dikatakan Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj bahwa Sarbumusi ke depan harus berjuang untuk mengangkat harkat dan martabat buruh sebagai manusia dengan jalan marhamah.

Presiden Konfederasi Sarikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Nahdlatul Ulama Syaiful Bahri Anshori mengakui bahwa saat ini persoalan buruh sangat banyak. Pengalaman di lapangan, Sarbumusi telah melakukan advokasi buruh di Jember, Sidoarjo, Jakarta, dan Riau. (Abdullah Alawi)