::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Mahasiswa Pascasarjana NU UGM Diskusikan Energi Terbarukan

Jumat, 02 Desember 2016 08:00 Daerah

Bagikan

Mahasiswa Pascasarjana NU UGM Diskusikan Energi Terbarukan
Yogyakarta, NU Online
Forum Silaturahmi Mahasiswa Pascasarjana NU Universitas Gadjah Mada melakukan diskusi kamisan perdana di PKM Centre UGM, Yogyakarta. Forum ini perdana dilakukan setelah dideklarasikannya forum silaturahmi ini.

Diskusi yang berlangsung Kamis (1/12) ini mengusung tema “Pengelolaan Sumber Daya Alam Berbasis Energi Terbarukan dan Komunitas” yang disampaikan Ahmad Rahma Wardhana, mahasiswa Magister Teknologi untuk Pengembangan Berkelanjutan. Ia merupakan praktisi energi yang aktif pada Pusat Studi Energi UGM dan Lakpesdam PBNU.

Ahmad menyampaikan pentingnya pengelolaan sumber daya alam berbasis energi terbarukan dan komunitas. Menurutnya, kebutuhan energi di Indonesia terus meningkat seiring dengan perkembangan ekonomi dan populasi.

“Peningkatan populasi ini berkisar 24,11 persen, dari sekitar 205 juta jiwa pada tahun 2005 menjadi 255 juta jiwa pda 2015. Pada kurun waktu yang sama, pola energi Indonesia juga memiliki tren yang sama. Suplai energi meningkat 83,33 persen dari 726.687 SBM (2000) ke 1.332.242 SBM (2015), sedangkan konsumsi energi meningkat 63,18 persen dari 508.883 SBM (2000) menjadi 830.420 SBM (2015). Adanya peningkatan ini tentu harus diseimbangi dengan suplai energi, salah satunya yaitu melalui energi terbarukan,” ungkapnya.

Dalam pandangannya, peranan energi terbarukan ini sangat penting karena energi ini tersedia secara alami dan berkelanjutan. Penggunaan energi terbarukan bisa menjadi solusi tepat untuk mengatasi pola pertumbuhan manusia dan listrik 40 tahun terakhir, di mana manusia bertambah dari 4 miliar menjadi 7 miliar dan listrik tumbuh 250  persen.

Pada pembukaan acara, Muhammad Abdul Kholiq selaku koordinator menyampaikan bahwa forum ini merupakan bentuk sialturahmi antarmahasiswa pascasarjana UGM yang memiliki latar belakang NU. Forum ini, katanya, juga dapat dijadikan wadah untuk diskusi keilmuan dan pengembangan antar bidang ilmu. Diharapkan, diskusi digelar secara istiqamah dengan topic-topik pembahasan yang lebih menarik. (Etha/Mahbib)