::: Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un... Sekretaris Jenderal PBNU periode 1999-2004 H. Muhyiddin Arubusman meninggal dunia di Rumah Sakit Tebet, Jakarta pada Senin malam (10/4)::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Fakultas Tarbiyah IAINJ Paiton Gelar Seminar Smart Parenting

Selasa, 21 Maret 2017 07:04 Daerah

Bagikan

Fakultas Tarbiyah IAINJ Paiton Gelar Seminar Smart Parenting
Probolinggo, NU Online
Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Nurul Jadid (IAINJ) Paiton Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Himpunan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Probolinggo menggelar seminar Smart Parenting, Ahad (19/3).

Seminar yang digelar di aula Kampus IAINJ Paiton ini mengambil tema Kerja sama Rumah-Sekolah dalam Membangun Anak Cerdas Berkarakter Islam. Kegiatan ini diawali dengan penandatanganan (teken) nota kesepahaman dalam bentuk Memorandum of Understanding (MoU) antara Himpaudi dan IAINJ Paiton. Selanjutnya dilakukan pembacaan istighotsah dan pembacaan Surat Al-Mulk oleh Dosen IAINJ PIAUD Siti Nur Tamami.

Kegiatan ini diikuti oleh 700 orang peserta terdiri dari pengelola PAUD se-Kabupaten Probolinggo dan mahasiswa Program Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah IAINJ Paiton.

Seminar ini dihadiri oleh Rektor IAINJ Paiton KH Abdul Hamid Wahid, Ketua Forum PAUD Kabupaten Probolinggo Hj Nunung Timbul Prihanjoko didampingi Ketua Pokja II TP PKK Kabupaten Probolinggo Hj Amalia Tutug dan Kepala Dispendik Kabupaten Probolinggo Dewi Korina.

Dekan IAINJ KH Hasan Baharun menyampaikan bahwa pendidikan PAUD merupakan awal pendidikan dan pembelajaran bagi anak, sehingga perlu mendapatkan perhatian serius. “Maka dari itu gurunya harus dibekali kompetensi dan skil agar mampu melahirkan peserta didik yang memiliki pengetahuan dan karakter Islami,” katanya.

Hal senada juga disampaikan oleh Rektor IAINJ Paiton KH Abdul Hamid Wahid. Menurutnya, perguruan tinggi bisa diperoleh melalui tri dharmanya. Yakni, pengabdian masyarakat, menjadikan IAINJ sebagai tempat yang benar-benar mampu menjawab tuntutan dan kebutuhan masyarakat.

“Kerja sama ini merupakan langkah awal untuk mencapai peningkatan mutu pendidik PAUD. Kami harap ada fasilitas-fasilitas pendukung dari pemerintah untuk para pendidik PAUD seperti beasiswa pendidikan maupun bantuan pendidikan lainnya agar mereka bisa untuk meningkatkan kapasitasnya sebagai tenaga pendidik anak usia dini,” katanya.

Sementara Ketua Himpaudi Kabupaten Probolinggo Khoirul Bariyyah menuturkan bahwa  kedepannya Himpaudi akan memperluas kerjasama-kerjasama di dunia pendidikan dalam rangka penyaluran minat dan bakat serta peningkatan SDM pengurus Himpaudi dan para pendidik PAUD Kabupaten Probolinggo.

“Seminar semacam ini akan lebih sering kami adakan, sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan  mutu pendidik dalam rangka peningkatan kualitas pendidikan PAUD di Kabupaten Probolinggo,” ungkapnya.

Sedangkan Hj. Nunung Timbul Prihanjoko mengharapkan agar seminar ini dapat bermanfaat dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) para pendidik dan pengelola PAUD di Kabupaten Pobolinggo. Sehingga nantinya akan sangat berdampak kepada meningkatnya IPK Kabupaten Probolinggo. (Syamsul Akbar/Alhafiz K)