::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Manfaatkan Tempat Wisata, GP Ansor Poncol Himpun Bantuan untuk Korban Pacitan

Rabu, 06 Desember 2017 23:03 Daerah

Bagikan

Manfaatkan Tempat Wisata, GP Ansor Poncol Himpun Bantuan untuk Korban Pacitan
Pacitan, NU Online
Banyak cara yang bisa dilakukan dalam mengumpulkan dana dan barang untuk korban bencana alam di Pacitan. Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Poncol, Magetan, menghimpun dana dengan memanfaatkan sejumlah destinasi wisata di kawasan setempat.

Menurut Ketua GP Ansor Poncol Habib Mustofa (Gus Toev), terkumpulnya sejumlah dana dan barang bahkan melebihi target. Banyaknya bantuan yang terhimpun tidak terlepas dari kejelian pengurus dalam memanfaatkan potensi. "Kebetulan di Kecamatan Poncol sendiri ada banyak destinasi wisata," katanya, Rabu (6/12) petang.

Menurut Gus Toev, untuk penggalangan dana selain dari sejumlah badan otonom di lingkungan Nahdlatul Ulama, juga memanfaatkan tempat wisata.

Ia menyatakan bahwa pihaknya juga bekerja sama dengan sejumlah elemen yaitu instansi pemerintah dan masyarakat sekitar. Bahkan dari yang diperkirakan sebelumnya, baik dana dan bantuan yang berhasil dihimpun melebihi target.

"Aksi sosial penggalangan dana dan bantuan ini bahkan melebihi target," katanya. Dari yang semula hanya ingin mengirimkan dua truk bahan makanan dan kebutuhan untuk para korban Pacitan, ternyata  setelah batas akhir sampai membutuhkan tiga truk, dua pick up dan satu mobil logistik, lanjutnya.

Kelebihan lain dari semangat menghimpun bantuan lantaran kebersamaan yang terjalin dengan baik. "Semangat kami semakin tinggi lantaran Ketua MWCNU Poncol dan sejumlah kepengurusan ranting juga terlibat aktif," ujar Satkoryon Banser Poncol Joni Hadi.

Sejumlah bantuan tersebut diserahkan secara simbolis kepada Camat Arjosari di pos penanggulangan bencana.  "Karena kawasan ini merupakan daerah yang terdampak cukup parah pada waktu musibah longsor dan banjir di Pacitan," jelas Gus Toev.

Usai menyerahkan bantuan di Arjosari, rombongan melanjutkan perjalanan ke Pondok Pesantren Tremas yang juga terkena dampak banjir. Saat itu rombongan diterima pimpinan pesantren sekaligus menyerahkan bantuan secara simbolis baik dalam bentuk dana dan logistik. "Kami juga melakukan bakti sosial di pesantren ini," katanya.

Usai itu, kegiatan diteruskan ziarah ke pesarean sesepuh Pondok Tremas serta makam Gunung Lembu yang kebetulan tidak terlalu jauh dari pondok. (Ibnu Nawawi/Alhafiz K)