::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) :::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id :::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Komunitas Republik Kapsul Bantu Warga Terdampak Bencana Wonogiri

Ahad, 31 Desember 2017 05:20 Daerah

Bagikan

Komunitas Republik Kapsul Bantu Warga Terdampak Bencana Wonogiri
Semarang, NU Online
Bencana alam di Wonogiri yang terjadi sudah hampir sebulan lalu, masih terus mendapatkan perhatian masyarakat, salah satunya Komunitas Republik Kapsul. Komunitas yang terbentuk atas dasar kesamaan hobi bermain dalam aplikasi Bigo Live ini menyumbangkan uang sebesar Rp3.250.000.

Icha, salah satu member komunitas tersebut menjelaskan sumbangan kepada korban bencana seperti di Wonogiri, dan sejumlah wilayah di Indonesia lainnya memang rutin diberikan sebagai wujud kepedulian komunitas atas kesulitan yang dihadapi warga terdampak.

Menurutnya, perkumpulan orang seperti dalam komunitasnya ini sebisa mungkin harus membawa manfaat kepada orang lain. Sesuai dengan nama kamunitas, kapsul, diharapkan memberikan manfaat kesembuhan kepada orang sakit, maka mereka juga tergerak untuk menjadi kapsul-kapaul lain yang memberi manfaat atas sakit yang dihadapi saudara sesama karena bencana.

"Iya, sayang saja kalau kita sekedar kumpul-kumpul. Biar keberadaan kita juga punya andil (manfaat. red) dalam kehidupan orang lain," ujar Icha ditemani dua member yang lain, Kristin dan Hinin, ketika menyerahkan uang sumbangan di Kantor NU Care-LAZISNU Jawa Tengah, Jl Dr Cipto 180, Semarang, Kamis (28/12).

Icha menambahkan sumbangan tidak hanya untuk warga terdampak bencana di Wonogiri saja, karena komunitas mereka juga menyumbang kepada warga terdampak bencana di Pacitan dan Bali. 

"Ini yang untuk Jawa Tengah dititipkan ke kita untuk disalurkan, karena teman-teman yang di Jakarta belum sempat datang ke Semarang," imbuh Icha yang asli Semarang.

Manager Program NU Care-LAZISNU Jawa Tengah, Dewi Nafisa mengatakan dengan adanya sumbangan dari Komunitas Republik Kapsul, pihaknya berterimakasih dan berencana untuk sesegera mungkin menyalurkannya kepada warga terdampak bencana di Wonogiri.

"Sumbangan ini akan kita kumpulkan bersama dengan sumbangan yang lain dan segera mungkin kita kirim agar bisa cepat bermanfaat," katanya.

Menurutnya, bantuan pascabencana seperti ini akan sangat bermanfaat utamanya untuk kebutuhan recovery seperti pembangunan sarana umum, masjid dan sekolah yang rusak. (Riza/Kendi Setiawan)