NU: IDUL FITHRI 1439 H MENUNGGU HASIL RUKYAH KAMIS 14 JUNI 2018::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Rais Syuriyah Balikpapan Minta Nahdliyin Jaga Tiga Ukhwah Ini

Senin, 19 Februari 2018 20:45 Daerah

Bagikan

Rais Syuriyah Balikpapan Minta Nahdliyin Jaga Tiga Ukhwah Ini
Balikpapan, NU Online 
Majelis Wakil Cabang Nadlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Balikpapan Selatan mengadakan kegiatan Lailatul Ijtima di Masjid Madinatul Iman Islamic Centre Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (19/2). 

Rais Syuriyah PCNU Balikpapan KH Abbas Al-Fas bertaushiyah pada kesempatan itu. Ia meminta kepada pengurus NU di semua tingkatan yang ada di Balikpapan agar tetap komitmen menjaga nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal-Jama’ah. 

Ia juga menekankan pentingnya ukhuwah islamiyah, ukhuwah insaniyah dan ukhuwah wathaniyah. Tiga hal tersebut, menurutnya, rentan retak dikarenakan berita-berita yang belum jelas sumber dan kebenarannya (hoaks). 

“Ukhuwah islamiyah, ukhuwah insaniyah, dan ukhuwah wathaniyah harus tetap dijaga, di zaman milenial ini rentan terjadinya keretakan yang mengancam kebersamaan, baik secara islamiyyah, insaniyah ataupun wathaniyah. Karenanya dalam mendapatkan informasi, baik di dunia nyata ataupun di media maya, harus jelas kebenaran dan sumbernya baru bisa dipercaya,” ungkapnya.

Ketua MWCNU Balikpapan Selatan Ustadz Mifftahul Ulum dalam sambutannya menyampaikan bahwa lailatul ijtima tersebut adalah rangkaian kegiatan rutin bulanan yang diadakan dimasjid-masjid yang ada di Kecamatan Balikpapan Selatan.  

“Lailatul ijtima merupakan kegiatan rutin bulan yang didakan di masjid-masjid yang di balikpapan selatan,” ujarnya.

Sementara itu, grup hadrah modern binaan MWC NU Balikpapan Selatan yakni Cahaya Bintang Sembilan, ikut memeriahkan kegiatan tersebut dengan pembawaan syair-syair khas NU seperti Padang Bulan, Ya Lal Wathan dan lainya. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, pengurus MWCNU, pengurus Ranting, Pengurus Anak Ranting NU se-Kota Balikpapan serta lembaga, lajnah dan badan otonom (banom) NU se-Kota Balikpapan dari semua tingkatan. Selain itu, hadir pula dari unsur pemerintahan Camat Kecamatan Balikpapan Selatan diwakili Lurah Kelurahan Gunung Bahagia dan sekitar 500 jamaah lainnya. (Asep Ismail/Abdullah Alawi)