::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Warga Amerika Imigran Indonesia Ini Nyatakan Masuk Islam di PBNU

Senin, 26 Februari 2018 15:45 Nasional

Bagikan

Warga Amerika Imigran Indonesia Ini Nyatakan Masuk Islam di PBNU
Jakarta, NU Online
Seorang warga negara Amerika Russel Qu menyatakan diri memeluk agama Islam di hadapan sejumlah pengurus harian PBNU di Jalan Kramat Raya Nomor 164, Senin (26/2) sore. Imigran asal Indonesia ini membaca dua kalimat syahadat yang dibimbing oleh Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj.

“Mudah-mudahan bapak mendapat petunjuk langsung dari Allah,” kata Kiai Said.

Kiai Said menerangkan prinsip pokok dalam agama Islam. Kepada Russel, Kiai Said menyebut teologi, ritual, dan moral.

Russel adalah warga negara Amerika asal Jakarta. Sejak tahun 1989 ia tinggal di Amerika. Hampir 30 tahun ia tinggal di Amerika.

Ketika ditanya oleh Kiai Said perihal agama sebelumnya, Russel menyatakan bahwa ia tidak beragama. “Saya seorang agnostik,” kata Russel.

Agnostik dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah orang yang berpandangan bahwa kebenaran tertinggi (misal Tuhan) tidak dapat diketahui dan mungkin tidak akan dapat diketahui.

Kepada NU Online, pensiunan salah satu bank di Amerika ini menyatakan bahwa belakangan terakhir ia terbesit untuk memeluk agama Islam.

“Entah kenapa saya terpikir begitu saja untuk masuk Islam. Di samping itu, saya punya banyak sahabat di Yogyakarta yang beragama Muslim. Saya pelajari bahwa mereka menunjukkan etika dalam bergaul dan menyikapi sesuatu,” kata Russel kepada NU Online di lift PBNU.

Di akhir pertemuan, Kiai Said menghadiahkan buku petunjuk shalat, satu mushaf Al-Quran, dan beberapa buku terkait Ahlussunah wal Jamaah.

Tampak hadir Bendahara Umum PBNU H Bina Suhendra, Ketua PBNU H Robikin Emhas, dan Waskjen PBNU H Andi Najmi.

Kini ia tinggal bersama keluarganya di Amerika. “Tanggal 5 nanti akan kembali lagi ke Amerika,” kata H Andi Najmi. (Alhafiz K)