::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Atur, Sisihkan dan Investasikan!

Selasa, 06 Maret 2018 14:00 Ngobrolin Duit

Bagikan

Atur, Sisihkan dan Investasikan!
Setiap orang menghadapi beragam kendala saat ingin mengelola keuangannya, seperti terlilit utang, gaya hidup yang berlebihan atau penghasilan yang pas-pasan. Lalu bagaimana cara mengelola keuangan pribadi kita?

Terlepas dari kendala yang dihadapi, ada tiga aturan dasar dalam pengelolaan keuangan pribadi

- Pengeluaran harus lebih kecil dari pendapatan (Janganlah “Besar pasak daripada tiang”).
- Fokus untuk jangka panjang dan masa depan (Jangan “Gimana nanti” tapi “Nanti gimana”).
- Berusaha agar uang yang kita sisihkan dapat bertambah, tanpa meninggalkan prinsip-prinsip amanah.

1. Jangan besar pasak daripada tiang

Aturan pertama menjadi langkah yang paling sulit untuk dilalui, meloloskan diri dari jerat pengeluaran tak terkendali. Kita hanya akan berkutat dengan utang jika pengeluaran selalu lebih besar dari penghasilan, pun kita hanya akan menjalani rutinitas “terima kasih” jika penghasilan sama dengan pengeluaran. Untuk lolos dari jebakan ini, kita harus disiplin! Caranya sisihkan 5-10% dari penghasilan rutin kita untuk kebutuhan di masa depan, setelah itu sisanya boleh digunakan untuk memenuhi kebutuhan atau keinginan yang lain.

2. Fokus ke depan

Aturan kedua adalah bagaimana kita menjaga fokus dari keuangan kita, karena walaupun kita sudah berhasil melalui langkah awal tadi, dalam perjalanannya kita berhadapan dengan godaan yang mampu merusak fokus jangka panjang dan masa depan. Seperti tawaran ganti handphone dengan cicilan 0% atau tawaran lain yang sebelumnya tidak ada dalam fokus keuangan kita. Jadi harus tetap stay focus.

3. Buat uang Anda ikut berkeringat

Aturan ketiga merupakan langkah paling penting, setelah lolos dari jeratan pengeluaran dan fokus pada tujuan keuangan, langkah selanjutnya adalah memilih tempat yang pas, supaya jerih payah kita mengelola pengeluaran tidak sia-sia. Saran para ahli pilihlah investasi , alternatifnya banyak antara lain emas, properti, pasar modal atau reksa dana syariah. Pastikan pilihan investasi kita tetap amanah lalu sesuaikan dengan tujuan keuangan, kemampuan keuangan yang kita miliki, kesanggupan kita menerima keuntungan dan kerugian (profil risiko), dan yang pasti harus aman (Terdaftar dan diawasi lembaga resmi seperti OJK) supaya kita bisa berinvestasi dengan nyaman.

Dengan menerapkan aturan ini, insyaallah kondisi keuangan kita akan membaik, selanjutnya mari kita pertahankan!