::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

PBNU: Islam Ajarkan Akidah dan Akhlak

Selasa, 10 April 2018 20:45 Nasional

Bagikan

PBNU: Islam Ajarkan Akidah dan Akhlak
Jakarta, NU Online
Islam itu agama yang mengajarkan akidah dan akhlak. Kalau ajaran Budha hanya menitikfokuskan pada persoalan akhlak, Islam tidak demikian. Islam jelas akidahnya. Yaitu mengakui keberadaan Allah Yang Maha Esa dan Rasulullah sebagai utusan-Nya. 

Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj saat menerima kunjungan dari Pengurus Wilayah (PW) NU Kalimantan Selatan di Gedung PBNU lantai 5, Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat, Selasa (10/4).

"Budha itu mengajarkan soal cinta kasih, jangan menyakiti sesama, bahkan membunuh hewan saja tidak boleh. Tapi, Islam mengajarkan bagaimana berakidah. Tidak boleh mempersekutukan Allah," katanya. 

Namun, Kiai Said justru menyayangkan umat Islam kekinian yang berlebihan dalam beragama. Yakni, sekelompok orang yang mempertahankan akidah tapi justru menabrak ajaran akhlak.

"Sekarang ini banyak yang begitu, teriak Allahu Akbar, mengampanyekan akidah bahwa Allah itu Esa, tapi sembari mengkafirkan orang lain yang tidak sepaham. Nah, orang NU adalah umat Islam yang memegang prinsip akidah dan akhlak," pungkas Pengasuh Pondok Pesantren Ats-Tsaqafah di depan rombongan PWNU Kalimantan Selatan. (Aru Elgete/Muiz)