::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Penguatan Ideologi Keagamaan dan Kebangsaan Penting bagi NU

Senin, 07 Mei 2018 18:00 Daerah

Bagikan

Penguatan Ideologi Keagamaan dan Kebangsaan Penting bagi NU
Rais MWCNU jatinegara Kabupaten Tegal KH Tasripin Salim
Tegal, NU Online
Rais Majlis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Jatinegara Kabupaten Tegal, Jawa Tengah KH Tasripin Salim mengemukakan, Nahdlatul Ulama (NU) adalah organisasi besar di bumi nusantara ini. Maka pantas apabila NU punya tugas berat dalam penguatan Ideologi, yakni penguatan ideologi keagamaan dan kebangsaan. 

"Dua program penguatan ideologi ini menjadi sangat penting dalam mempertahankan predikat NU sebagai organisasi terbesar Islam Nusantara ini," ujar Kiai Tasripin di acara Harlah Ansor dan Fatayat NU di Jatinegara, Kabupaten Tegal, Sabtu (5/5) kemarin.

Oleh sebab itu, kata Kiai Tasripin, 95 tahun usia NU mengantarkan bagaimana dibutuhkan langkah-langkah nyata dalam penguatan ideologi dimaksud agar ke-khasan NU tidak hilang. 

"Hal ini penting sekali, mengingat perkembangan pemikiran jam’iyyah dan jama’ah NU sudah mulai cepat akibat arus globalisasi," ungkapnya.

Menurut Pengasuh Ponpes Al-Adalah Padasari Kabupaten Tegal itu, modal utama penguatan ideologi ini bertumpu pada kekuatan nasehat para kyai / syuriyah / mustasyar dengan mengawal dasar-dasar ke-NU-an.

Sedangkan Pemuda Ansor dan banom banom NU lainnya melaksanakan perintah kyai dan menyatu dengan jama’ah NU.

"Kesan NU struktural dan kultural yang selama ini didengungkan tidak akan ada lagi sepanjang pengurus NU mau dan benar-benar rajin turun ke basis. NU bukan organisasi yang cukup dioperasikan dari meja kantor, tapi NU harus dekat dengan jama’ahnya," pungkasnya. (Nurkhasan/Muiz)