::: NU: Kepastian awal Ramadhan akan diikhbarkan pada 15 Mei 2018 petang hari ::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Warga Berdesakan Sambut Jenazah Ki Enthus Susmono

Selasa, 15 Mei 2018 11:25 Nasional

Bagikan

Warga Berdesakan Sambut Jenazah Ki Enthus Susmono
Jenazah Ki Enthus dishalatkan (Istimewa)
Tegal, NU Online
Kepergian dalang kondang kharismatik Ki Enthus Susmono menyisakan kesedihan bagi masyarakat, terutama warga Kabupaten Tegal, Jawa Tengah. Masyarakat dari berbagai kalangan berbondong-bondong dan berdesakan menyambut keranda jenazah Ki Enthus usah mendapat penghormatan terakhir di Pendopo Kabupaten Tegal, Selasa (15/5).

Ki Enthus yang berstatus sebagai Bupati Tegal nonaktif sebab menyalonkan kembali di Pilkada serentak 2018 itu meningga dunia pada Senin (14/5/2018) sekitar pukul 19.15 WIB di RSUD dr Seoselo Slawi, Tegal. Keluar dari pendopo, jenazah dalang nyentrik itu diangkat oleh beberapa personel Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Tegal.



Pengamanan di sekitar lokasi dilakukan oleh Polisi dengan bantuan ratusan Anggota Banser Tegal. Bahkan, sebelum jenazah dibawa dari kediamannya menuju pendopo, yang mengangkat keranda ialah para personel Banser. Para anggota Banser juga mengangkat jenazah Ki Enthus hingga ke tempat peristirahatan terkahir.

“Banser kehilangan sosok yang riang dan mudah bergaul. Ki Enthus telah berjasa mengangkat kembali semangat para anggota Banser,” ujar Komandan Banser Margasari, Tegal Ahmad Basori di lokasi takziah.

H Enthus Susmono dimakamkan Selasa (15/5) pagi di kompleks rumah duka Sanggar Satria Laras di Desa Bengle, Kecamatan Talang, Kabupaten Tegal. Rencana awal jenazah akan dimakamkan di  pemakaman keluarga di Desa Dampyak, Kecamatan Kramat, Tegal.



Rencana pemakaman tersebut diungkapkan istri almarhum, Nurlela di rumah duka Desa Bengle, Senin (14/5)‎ malam. "Rencana awal jenazah akan dimakamkan di TPU Dampyak Kramat. Namun, dari  hasil musyawarah keluarga pemakaman jenazah disepakati di kompleks rumah duka Desa Bengle," katanya.



Sekitar pukul 08.15 WIB pagi tadi, jenazah almarhum diberangkatkan dari rumah duka ke Pendopo Amangkurat untuk disemayamkan dan mendapat penghormatan terakhir dari sejumlah pejabat dan tokoh masyarakat.

‎Selanjutnya dari pendopo, jenazah almarhum akan dibawa ke Masjid Agung Slawi, Kabupaten Tegal untuk dishalatkan. Sebelum jenazah diberangkatkan ke pendopo, masyarakat masih berdatangan ke rumah duka untuk mendoakan almarhum Ki Enthus‎. (Nurkhasan/Fathoni)