::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

MUTIARA RAMADHAN

Sudahkah Puasa Membuat Kita Bertakwa?

Sabtu, 19 Mei 2018 17:15 Quote Islami

Bagikan

Sudahkah Puasa Membuat Kita Bertakwa?
Firman Allah:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ

Artinya: “Wahai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa.” (QS al-Baqarah: 183)

Diwajibkannya berpuasa bagi kita, kaum beriman, adalah agar menjadi hamba yang bertakwa. Agar kita menjalani setiap perintah Allah dan menjauhi larangannya. Agar kita baik perilaku, ucapan ataupun tulisannya. Agar kita tak saja baik kepada Tuhan tapi juga kepada para makhluk-Nya.

Bila pertama kali kita berpuasa Ramadhan secra penuh pada saat usia sepuluh tahun, dan katakanlah kini kita berusia empat puluh atau lima pulug tahun, maka artinya kita telah berpuasa tiga puluh atau lima puluh kali.

Sudahkah puasa kita yang berpuluh kali itu mewujudkan diri kita sebagai hamba yang bertakwa yang berperilaku demikian?

Bila sudah, alhamdulillah. Bila belum, butuh berapa puluh kali puasa lagi untuk menjadi bertakwa?

Selamat ber-Ramadhan, mabrûk lakum insyâ Allâh.

(Yazid Muttaqin)