::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Masalah Pelestarian Lingkungan Bagian dari Pendidikan Islam

Senin, 16 April 2018 06:04 Quote Islami

Bagikan

Masalah Pelestarian Lingkungan Bagian dari Pendidikan Islam
"Tantangan seperti pengentasan kemiskinan, pelestarian lingkungan hidup dan sebagainya,
adalah respon yang tak kalah bermanfaatnya bagi pendidikan Islam, yang perlu kita renungkan secara mendalam."

(Abdurrahman Wahid, “Pendidikan Islam Harus Beragam” dalam Kedaulatan Rakyat, 21 Desember 2002)


KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur tampak tengah memperluas makna dan lingkup perhatian pendidikan Islam yang umumnya sekadar dipahami sebagai belajar "ilmu-ilmu keislaman". Ketika disebut "ilmu keislaman" maka yang terbayang tak jauh-jauh dari berbagai disiplin fiqih, teologi, akhlak dalam pengertian sangat terbatas.

Ketum PBNU tahun 1984-1999 ini mengingatkan bahwa pendidikan Islam juga perlu memperhatikan hal-hal diluar makna sempit itu, dan menegaskan bahwa kepedulian kita pada berbagai krisis di sekitar, seperti kemiskinan dan kerusakan lingkungan, sebagai bagian dari cakupan pendidikan Islam.