::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Kiai Manan: Allah Ciptakan Manusia agar Bangun Peradaban

Rabu, 23 Mei 2018 17:15 Nasional

Bagikan

Kiai Manan: Allah Ciptakan Manusia agar Bangun Peradaban
Jakarta, NU Online
Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Abdul Manan Ghani mengatakan, Allah menciptakan manusia sebagai mahluk yang mulia dan sempurna dibanding mahluk lainnya agar membangun peradaban. 

"Menerima amanat (agar) membangun peradaban," kata Kiai Manan saat mengisi Kultum di Masjid An-Nahdlah Gedung PBNU, Jakarta Pusat, Selasa (22/5).

Kesempurnaan manusia karena diberikan akal dan syahwat (keinginan-keinginan) oleh Allah. Hal itu menjadi perangkat bagi manusia untuk membangun peradaban. "Kalau tidak ada akal maka tidak bisa membangun peradaban," katanya. 

Begitu juga syahwat. Menurut Kiai kelahiran Cirebon, Jawa Barat itu, gedung-gedung yang tinggi dan megah merupakan wujud dari syahwat yang ada pada diri manusia. 

"Kalau tidak ada syahwat, maka tidak ada gedung tinggi-tinggi. Karena memang manusia diciptakan untuk memakmurkan bumi," ucapnya. 

Namun, untuk menjaga manusia dari status kemuliaannya, membangun peradaban, dan tidak keluar dari jalur yang benar, maka Allah menurunkan wahyu. 

"Supaya (manusia) adil, supaya baik, supaya tidak saling membunuh, supaya tidak saling menyogok, supaya tidak saling menganiaya," jelasnya. (Husni Sahal/Fathoni)