::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Doa Menyambut Keluarga yang Pulang Mudik

Ahad, 10 Juni 2018 01:12 Doa

Bagikan

Doa Menyambut Keluarga yang Pulang Mudik
(Foto: pratidintime.com)
Akhir Ramadhan atau momentum Idul Fitri digunakan sebagai kesempatan untuk menengok kampung halaman, mengunjungi keluarga di tanah kelahiran, atau disebut mudik. Dalam menyongsong mereka yang pulang mudik, keluarga yang mendiami kampung halaman dianjurkan untuk menyambut mereka dengan kegembiraan dan menunjukkan wajah ceria.

Mereka dianjurkan mendoakan anggota keluarga yang baru saja menginjakkan kaki di kampung halamannya. Lafal doa ini menjadi alternatif untuk menyambut anggota keluarga yang pulang mudik.

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي سَلَّمَكَ

Alhamdulilâhil ladzî sallamaka

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan keselamatan kepadamu.” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 195).

Imam An-Nawawi menyebutkan lafal doa lain yang bisa dibaca ketika menyambut anggota keluarga yang mudik.

الحَمْدُ لِلهِ الَّذِي جَمَعَ الشَمْلَ بِكَ

Alhamdulilâhil ladzî jama‘as syamla bika

Artinya, “Segala puji bagi Allah yang telah memberikan kesempatan pertemuan kepadamu,” (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Adzkar, [Damaskus: Darul Mallah, 1971 M/1391 H], halaman 195).

Sebenarnya tidak ada lafal doa yang baku. Doa lain yang semakna dengan dua lafal ini boleh dibaca untuk menyambut mereka yang mudik.

Doa penyambutan juga tidak mesti berbahasa Arab. Lafal doa penyambutan ini bisa diganti dengan bahasa yang dipahami oleh masyarakat setempat. Wallahu a‘lam. (Alhafiz K)