: UNU Jogja adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan sistem blok pada semua program studi daftar sekarang di www.pmb.unu-jogja.ac.id atau 0822 3344 9331 :: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Tiga Rahasia Sukses Menurut Kiai Haris Shodaqoh

Senin, 09 Juli 2018 07:45 Daerah

Bagikan

Tiga Rahasia Sukses Menurut Kiai Haris Shodaqoh
KH Haris Shodaqoh
Semarang, NU Online
Ahad (8/7) pagi kemarin, para jamaah memenuhi halaman Pondok Pesantren Al-Itqon, Gugen, Semarang, Jawa Tengah. Hari itu adalah Ahad kedua aktifnya kembali pengajian rutin setelah lebaran Idul Fitri 1439 Hijriah.

Pengajian ini rutin digelar lesehan di halaman masjid, Pondok Pesantren dan di sekeliling kompleks pondok. Para jamaah datang dari berbagai daerah seperti Semarang, Kendal, Demak, Purwodadi dan sekitarnya berduyun-duyun menghadiri pengajian ini. Model pengajian ini masih bersistem tradisional.

Usai subuh, pengajian mengupas kitab Al-Ibriz karya KH Bisri Mustofa. Setelahnya dikaji kitab Al-Hikam karya Ibnu Attho'illah. Kajian kedua kitab ini diampu oleh KH Haris Shodaqoh. Ia adalah pengasuh Pondok Pesantren Al-Itqon, yang juga tercatat sebagai Mutasyar PWNU Jawa Tengah. 

Dibacakan oleh Kiai Haris ayat-ayat Al-Qur'an terlebih dahulu dan maknanya, baru dilanjutkan tafsir berikut penjelasannya. Setelah itu pengajian diakhiri dengan rangkaian bacaan istighotsah yang disusun sendiri urutan redaksinya oleh Kiai Haris. 





Pagi itu, ketika menjelaskan Surat Ali-Imron ayat 146, Kiai Haris menyisipkan petuah rahasia sukses seseorang. Menurut Kiai Haris ada tiga hal yang harus dilalui dan dilakukan oleh seseorang jika ingin sukses. Ketiganya adalah  sabar saat difitnah, suka bersedekah, dan melaksanakan shalat dhuha. 

(Baca: KH Abbas Maruf, Kiai Pekerja Keras dari Cisempur)
“Ketiga hal tersebut jika dilalui dengan tulus dan tawakal pasti dunia akhirat akan suskses,” ungkap Kiai Haris. 

Ditambahkan olehnya, agar selalu berdoa bahwa kesuksesan semata-mata untuk ibadah dan demi memuliakan orang tua.

“Mohon kepada Allah agar diberikan kemampuan untuk memuliakan orang tua. Insyaallah Gusti Allah akan mengabulkan dengan kadar kesuksesan sesuai kemampuan dan kebutuhan hambanya,” pesan Kiai Haris. (Muhammad Khozin/Kendi Setiawan)