: UNU Jogja adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan sistem blok pada semua program studi daftar sekarang di www.pmb.unu-jogja.ac.id atau 0822 3344 9331 :: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Pesan Dubes Maftuh saat Hadiri Pembentukan IPNU dan IPPNU Arab Saudi

Selasa, 10 Juli 2018 10:30 Internasional

Bagikan

Pesan Dubes Maftuh saat Hadiri Pembentukan IPNU dan IPPNU Arab Saudi
Jeddah, NU Online
Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas pembentukan Pengurus Cabang Istimewa (PCI) IPNU dan IPPNU Arab Saudi. Ia berpesan kepada para pelajar NU untuk terus meningkatkan pengabdiannya.

“Kader IPNU dan IPPNU Arab Saudi harus menjadi generasi yang membanggakan, kreatif, dan inovatif, selalu bergerak laksana anak panah yang meluncur dari busurnya,” ujar Agus Maftuh saat dikonfirmasi NU Online lewat Ketua Umum PP IPPNU Puti Hasni, Senin (9/7) di Jeddah, Arab Saudi.

Dubes Maftuh tidak memungkiri tantangan mendakwahkan Islam Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah di berbagai belahan dunia tidak mudah. Namun pelajar di Arab Saudi sudah memulainya dengan membentuk IPNU dan IPPNU.

Ia juga berpesan agar pelajar NU tetap bersemangat dalam menggapai cita-cita yang tinggi, baik cita-cita individu maupun organisasi. “Kader IPNU dan IPPNU harus berjuang sekuat tenaga dalam meraih cita-cita setinggi mungkin,” ucapnya.

Ketua Umum Pimpinan Pusat IPPNU Puti Hasni mengukuhkan dan melantik langsung para pelajar yang menjadi pengurus Pimpinan Cabang Istimewa (PCI) IPNU dan IPPNU Arab Saudi di TPA An-Nashiriyyah, Jeddah, Arab Saudi, Senin (9/11) sore waktu setempat. 

Sebelum dikukuhkan, para pelajar putra dan putri NU tersebut terlebih dulu mengikuti pelatihan berupa Masa Kesetiaan Anggota (Makesta). Ada sekitar 100 pelajar dari rentang usia 12-27 tahun hadir dan mengikuti langsung proses kaderisasi berupa pembekalan materi-materi pokok Makesta. 

Materi yang disampaikan adalah ke-Aswaja-an dan ke-NU-an, ke-IPNU/IPPNU-an, keorganisasian, dan kepemimpinan. Pematerinya adalah KH Imron Masyhudi (Sekretaris PCINU Arab Saudi), Alfiyan (Sekretaris PCI GP Ansor Arab Saudi), dan Ainun Ni'mah (PP IPPNU). 

Para pelajar yang mengikuti Makesta dan pengukuhan IPNU dan IPPNU Arab Saudi berasal dari Sekolah Indonesia Mekkah (SIM), Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ), dan sejumlah pelajar dari Universitas Ummul Qura.

"Ini sejarah pertama bagi IPNU dan IPPNU membentuk PCI di Arab Saudi. Secara aturan organisasi pun telah diatur mekanisme pembentukannya. Harapan besarnya adalah IPNU dan IPPNU memberikan manfaat optimal bagi para pelajar Indonesia yang bermukim di Arab Saudi," ujar Puti.

Ke depan, Puti menargetkan akan membentuk IPPNU di sejumlah negara yang menjadi kantong-kantong masyarakat Indonesia di luar negeri. "Seperti di Malaysia, Hongkong, Korea Selatan, dan lainnya," kata Puti. 

Selain PCINU, PCI IPNU, dan PCI IPPNU, badan otonom NU di Arab Saudi yang telah eksis antara lain PCI GP Ansor dan PCI Muslimat NU. (Fathoni)