: UNU Jogja adalah perguruan tinggi pertama di Indonesia yang menerapkan sistem blok pada semua program studi daftar sekarang di www.pmb.unu-jogja.ac.id atau 0822 3344 9331 :: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Beri Motivasi Mahasiswa, Unusida Hadirkan Juara Inobel Nasional

Jumat, 13 Juli 2018 00:00 Daerah

Bagikan

Beri Motivasi Mahasiswa, Unusida Hadirkan Juara Inobel Nasional
Juara 1 nasional inobel, Fithriyah Mulyasari hadir di Unusida
Sidoarjo, NU Online
Juara 1 lomba inovasi pembelajaran (Inobel) bagi guru SD tingkat nasional Fithriyah Mulyasari didatangkan ke Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida) oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Rabu (11/7). 

Ketua pelaksana PLP Muawinatul Laili menjelaskan, Fithriyah Mulyasari diundang untuk memotivasi mahasiswa membuat inovasi pembelajaran yang akan melaksanakan Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) pada akhir bulan ini. "Fithriyah kami undang supaya berbagi pengalaman dalam membuat inovasi pembelajaran," katanya kepada NU Online, Kamis (12/7).

Ia berharap Fithriyah juga memberikan kiat-kiat untuk ikut lomba inobel. Selain itu, pengalamannya sangat membantu untuk menyelesaikan masalah-masalah yang muncul dalam proses pembelajaran di kelas.

Dalam paparannya, Fithriyah menjelaskan tentang bagaimana seharusnya menjadi guru di zaman milenial. Sebelum praktek mengajar, mahasiswa harus memahami lingkungan dan kondisi sekolah.  "Meski PLP di 1 kecamatan, kondisi sekolah di desa tidak semua sama," jelasnya.

Guru zaman now, lanjut Fithriyah, adalah guru yang banyak inovasi. Selain itu, harus rajin membuat karya tulis. "Jangan jadi guru yang nyuruh muridnya menulis tapi dia sendiri ndak punya karya tulis," ujarnya.

"Memahami kondisi sekolah sangat membantu menentukan pendekatan dan membuat strategi pembelajaran. Contohnya, perbedaan mencolok antar sekolah biasanya terletak pada perangkat IT, sari sana para peserta PLP bisa menyesuaikan saat membuat strategi pembelajarannya," ujarnya. 

Fithriyah Mulyasari merupakan salah satu guru berprestasi Sidoarjo tahun 2016 yang terkenal dengan karyanya berjudul Petualangan Kotaku. Karyanya tersebut merupakan strategi pembelajaran untuk mengenalkan anak-anak kelas 5 SD mengetahui kosakata baku. (Moh Kholidun/Muiz)