::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Penelitian Harus Berorientasi Kemanfaatan Banyak Pihak

Jumat, 13 Juli 2018 08:45 Nasional

Bagikan

Penelitian Harus Berorientasi Kemanfaatan Banyak Pihak
Kepala Puslitbang Penda Balitbang Diklat Kemenag, Amsal Bakhtiar (Foto: Musthofa Asrori)
Tangerang, NU Online
Kepala Puslitbang Pendidikan Agama dan Keagamaan Balitbang Diklat Kemenag, Amsal Bakhtiar menegaskan penelitian harus berorientasi pada kemanfaatan seluas-luasnya bagi banyak pihak. 

“Hasil penelitian para peneliti Balitbang Diklat Kemenag harus bermanfaat baik bagi masyarakat umum maupun mitra kerja Kemenag,” kata Amsal pada Temu Peneliti Balitang Diklat Kemenag di Tangerang, Kamis (12/7) petang. 

(Baca: Peneliti Perlu Bangun Jaringan Internasional)
Oleh karena itu, Temu Peneliti juga sebagai ajang melakukan inovasi dan kreasi yang lebih baik untuk kegiatan penelitian yang akan datang. Inovasi dan kreasi yang dimaksud Amsal di antaranya terkait pemilihan tema, pembuatan judul dan hal lainnya. “Supaya hasil penelitian semakin terasa manfaatnya oleh masyarakat secara keseluruhan,” ujarnya.

(Baca: Temu Peneliti Balitbang Kemenag Tingkatkan Motivasi Penelitian)
Hal yang paling diharapkan dari Temu Peneliti, kata Amsal, adalah menghasilkan diskusi yang intensif terkait pengembangan penelitian. Untuk memotivasi itu hasil penelitian para peneliti yang masuk unggulan juga akan dipresentasikan.

Temu Peneliti Balitbang Diklat berlangsung 12-14 Juli 2017. Hadir sebagai pembicara antara lain peneliti dari Amerika, Ronal Lukens Bull; Deputi SDM Menpan RB; Kemendikbud; dan LIPI. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin diagendakan menjadi pembicara kunci pada kegiatan ini dan hadir Jumat (13/7) sore. (Kendi Setiawan)