::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::  Kuliah Plus Ngaji? Ke UNSIQ Wonosobo aja, -Memadukan mutiara luhur tradisi pesantren dan keunggulan Universitas Modern- Kunjungi http//:pmb.unsiq.ac.id. 081391983830 (Latu Menur Cahyadi)::: 

Pergunu Depok Tingkatkan Kualitas Akhlak Sosial, Bumikan Kearifan Lokal

Sabtu, 14 Juli 2018 08:30 Daerah

Bagikan

Pergunu Depok Tingkatkan Kualitas Akhlak Sosial, Bumikan Kearifan Lokal
Silaturahim Pergunu Depok
Depok, NU Online
Umat Islam harus senantiasa bersyukur kepada Allah swt dan berusaha menghidupkan tradisi menyebarkan salam dan berakhlakul karimah.

Hal itu disampaikan Ustadz Ismail Muhammad pada silaturahim Persatuan Guru Nahdlatul Ulama (Pergunu) Depok, Rabu (11/7).

"Tradisi mengucapkan salam, sambung Ustadz Ismail, seakan-akan sudah luntur. "Lihat saja fakta yang terjadi di tengah masyarakat, khususnya di kalangan  anak-anak zaman milenial. Setiap bertemu orang atau sesamanya hanya menyebut nama, tanpa dimulai dengan kalimat mulia," lugas Kang Ismail, sapaan akrabnya.

Padahal, kata Kang Ismail, Allah swt berfirman dalam QS Annisa ayat 86, "Apabila kamu diberi penghormatan dengan sesuatu penghormatan, maka balaslah penghormatan itu dengan yang lebih baik dari padanya, atau balaslah penghormatan itu (dengan yang serupa. Sesungguhnya Allah memperhitungkan segala sesuatu."

Kang Ismail melanjutkan, Imam Nawawi menyatakan bahwa salam merupakan nama dari nama-nama Allah swt. "Maka sebarkanlah salam tersebut. Salam disertai senyuman akan membuat hati tenteram dan orang lain merasakan kedamaian," ujarnya.  

Pada silaturahim yang berlangsung di kediaman Ustadz Ahmad Fathoni, di Limo, Kota Depok, Jawa Barat ini, Sekretaris Pergunu Kota Depok, Ustadz Heru Hermanto menyampaikan Pergunu Kota Depok hadir untuk mewadahi para guru Nahdliyin, agar keberadaaan guru NU yang tersebar di kota Depok bisa lebih mempersolid gerakannya, khususnya di bawah panji Nahdlatul Ulama. 

"Ketika kita solid maka segala daya untuk mencipta peningkatan kualitas guru dan mencerdaskan peserta didik dapat direalisasikan dengan mudah dan sempurna," ujarnya. (Abdul Hadi Hasan/Kendi Setiawan)