::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Ma’arif NU Ajak Siswa Sumbang Seribu Rupiah untuk Bantu Lombok

Rabu, 08 Agustus 2018 08:00 Nasional

Bagikan

Ma’arif NU Ajak Siswa Sumbang Seribu Rupiah untuk Bantu Lombok
Reruntuhan rumah akibat gempa Lombok (foto: LAZISNU)
Jakarta, NU Online
Ketua LP Ma’arif NU, H Arifin Junaidi mengatakan LP Ma’arif telah menginstruksikan kepada seluruh sekolah di lingkungan Ma’arif NU di Indonesia agar para siswanya menyumbang minimal seribu rupiah bagi warga terdampak gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Dari sembilan juta siswa di sekolah Ma’arif, kalau separonya saja yang menyumbang (akan terkumpul) empat setengah miliar,” kata Arifin di Gedung PBNU Kramat Raya Jakarta Pusat, Selasa (7/8).

Ia menyebutkan dana yang nantinya terkumpul akan disalurkan melalui LAZISNU. Selain itu LP Ma’arif juga akan membangun sekolah darurat di Lombok. Arifin menegaskan LP Ma’arif memiliki sumber daya yang berpengalaman dan biasa menangani permasalahan serupa.

“Di Aceh (pascagempa Aceh) dulu kita membuat sekolah darurat,” katanya.

Baca: NU Care NTB Turun ke Lokasi Gempa Lombok Barat

Baca: Penanganan Pascagempa Lombok Terkendala Minimnya Alat Berat


Ia menjelaskan sekolah darurat lebih berfungsi sebagai pusat traumatik, bukan tempat dan proses belajar mengajar. Pusat traumatik difungsikan untuk mengembalikan mental anak-anak akibat gempa di Lombok.

"Jadi kita tidak mengadakan pembelajaran. Tetapi bagaimana mengembalikan mental anak-anak korban bencana itu," ujarnya.

Dengan penyediaan pusat traumatik, diharapkan anak-anak terdampak gempa kembali siap menghadapi pembelajaran. (Kendi Setiawan)