::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

18 Dokter dan 9 Perawat NU Jatim Berangkat Tangani Korban Gempa Lombok

Kamis, 09 Agustus 2018 10:50 Nasional

Bagikan

18 Dokter dan 9 Perawat NU Jatim Berangkat Tangani Korban Gempa Lombok
Surabaya, NU Online
Tim Relawan Kemanusiaan NU Kamis (9/8) pagi ini diberangkatkan secara simbolis Ketua PWNU Jawa Timur KH Marzuki Mustamar ke lokasi musibah gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Mereka akan bergabung dengan relawan lain yang sudah lebih dulu membantu dan menangani korban, terutama di daerah terparah, Lombok Utara.

Sebanyak 18 dokter dan 9 perawat siap menjadi tenaga medis untuk para korban. Delapan dokter datang dari Perhimpunan Dokter NU (PDNU) Universitas Islam Malang (Unisma), tiga dokter dari FK Universitas NU Surabaya (Unusa), dua dokter dari Lembaga Kesehatan NU (LKNU) Kabupaten Nganjuk, dan lima dokter muda dari Keluarga Mahasiswa NU (KMNU) FK Universitas Airlangga (Unair). Sementara sembilan perawat yang akan membantu tim dokter berasal dari RSI Unisma (4 orang), RSI NU Lamongan (2 orang), serta LKNU Kabupaten Nganjuk (3 orang, 1 di antaranya adalah tenaga trauma healing). 

Selain itu, PWNU Jatim juga menurunkan 18 orang tim penanganan bencana dari Sosial Emergency Response (SER NU) dan Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim NU (LPBINU) Jatim untuk evakuasi korban dan penyediaan dapur umum di Posko yang akan dididirikan di lokasi bencana. Tim ini dipimpin Abdul Halim yang sekaligus sebagai Koorditor Lapangan (Korlap) Tim Relawan. 

Tim kemanusiaan  yang dibentuk PWNU Jatim dinisiasi bersama oleh berbagai elemen di NU seperti TV9 Peduli, NU Care-LAZISNU, SERNU, LPBINU, LKNU, Asosiasi Rumah Sakit NU (ARSINU), Perkumpulan Dokter (PDNU), beberapa perguruan Tinggi NU antara lain Unisma, Unusa, Universitas Islam Raden Rahmat Malang (Unira), serta Banser Cyber, Santricare dan sejumlah elemen lainnya. 

Tahap pertama ini, tim akan berada di lokasi dalam 1-2 minggu ke depan dan akan disusul dengan tim berikutnya sesuai kebutuhan di lokasi bencana, termasuk penanganan pascabencana (secondary disaster) yang sangat dibutuhkan para korban. 

Berikut Daftar Dokter Tim Kemanusiaan NU Jatim 

1. dr Iis Sugiarti (LKNU Nganjuk) 
2. dr Isbatul khoirot (LKNU Nganjuk) 
3.  dr Ganang (PDNU Malang) 
4. dr Nurlaili Agustina (PDNU/FK/RSI Unisma) 
5. dr Hardadi Airlangga SpPD (PDNU/FK/RSI Unisma)
6. dr Fathien Furaida (PDNU/FK/RSI Unisma)
7. dr Wahyudi K (PDNU/FK/RSI Unisma)
8. dr Tri Wahyu (PDNU/FK/RSI Unisma)
9. dr Reza (PDNU/FK/RSI Unisma)
10. dr M Henalsyah (PDNU/FK/RSI Unisma)
11. dr. M. Jazil Ainul Yaqin (KMNU FK Unair) 
12. dr. M. Sholikhuddin Nafi' (KMNU FK Unair)
13. dr. Wahyu Afif Mufida (KMNU FK Unair)
14. dr. Fahrun Nisa'i Fatimah (KMNU FK Unair)
15. dr. Khodijatur Rohimah (KMNU FK Unair)
16. dr. Hotimah (FK UNUSA) 
17. dr. Irmawan.(FK UNUSA) 
18. dr. Warda Elmaida (FK UNUSA).

(Red: Mahbib)