::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Hari Ini, NU Jatim Kirim Bantuan untuk Korban di Lombok

Kamis, 09 Agustus 2018 14:15 Daerah

Bagikan

Hari Ini, NU Jatim Kirim Bantuan untuk Korban di Lombok
Suasana pemberangkatan bantuan di depan PWNU Jatim.
Surabaya, NU Online
Gempa bumi yang tejadi di Lombok Nusa Tenggara Barat beberapa waktu lalu mengakibatkan kerusakan fisik serta menelan korban jiwa. Hal tersebut  merupakan duka bagi kita semua, duka bagi bangsa Indonesia. Sampai saat ini kekhawatiran munculnya gempa susulan masih dirasakan oleh warga sekitar. 

Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur menggerakkan berbagai elemen yang ada untuk secara cepat membantu warga di Lombok yang terkena musibah. “Mereka bahu-membahu berusaha sekuat tenaga memberikan yang terbaik bagi saudara-saudara di Lombok yang tertimpa musibah,” kata H Misbahul Munir, Ketua PWNU Jatim Peduli, Kamis (9/8).

“Relawan tim kemanusiaan NU Jatim hari ini diberangkatkan ke lokasi musibah gempa bumi di Lombok bergabung dengan relawan lain yang sudah lebih dulu membantu dan menangani korban, terutama di daerah terparah, Lombok Utara,” ungkap kata H Misbah.

Menurutnya, berdasar data, maka yang diberangkatkan pada hari ini adalah  satu tim teknis lapangan. “Mereka nantinya akan bertugas membuat dapur umum dan rescue, juga satu tim kesehatan yang terdiri dokter, paramedis dan tim assassement,” katanya. Ada juga kendaraan ambulance, termasuk truk mengangkut kebutuhan pokok untuk beras, mie, air minum, selimut, terpal, juga pakaian.

Menurutnya, ada 20 orang tim relawan yang diberangkatkan. Di antaranya ada dari SER NU, LPBI Jatim untuk evakuasi korban dan penyediaan dapur umum di Posko yang dididirikan di lokasi bencana. Tim ini dipimpin Abdul Halim yang sekaligus sebagai koorditor lapangan atau korlap tim relawan. 

“Ini tahap pertama, tim akan berada di lokasi dalam satu hingga dua minggu ke depan dan akan disusul dengan tim berikutnya sesuai kebutuhan di lokasi bencana,” ungkapnya. Termasuk penanganan usai bencana atau secondary disaster yang sangat dibutuhkan para korban, lanjutnya. 

KH Marzuqi Mustamar selaku Ketua PWNU Jatim memberangkatkan tim kemanusiaan dan bantuan yang nantinya diserahkan kepada para korban. Beberapa hari sebelumnya, PWNU Jawa Timur telah mengirimkan tim assasement ke Lombok untuk mengidentifikasi situasi, kondisi dan kebutuhan masyarakat di sana. 

PWNU Jawa Timur berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan sumbangan berupa uang dan barang yang diperuntukkan bagi bantuan kemanusiaan di Lombok. “Bagi pihak-pihak (khususnya warga NU Jawa Timur) yang akan turut serta dalam aksi bersama ini diharapkan berkoordinasi dengan tim PWNU Jawa Timur yang sudah ada, baik di Surabaya dan di Lombok,” pungkasnya.

Sejumlah lembaga yang terlibat pada aksi ini adalah Lembaga Amil Zakat Infak dan Sadaqah NU (LAZISNU) bersama kepengurusan di tingkat kota dan kabupaten. Social Emergency Respon (SER) NU, LPBINU, Lembaga Kesehatan NU Jatim, TV9 Peduli, Arsinu, Perhimpunan Dokter NU (PDNU), Santri Care, Universitas Islam Malang, Universitas NU Surabaya, KMNU Fakultas Kedokteran Unair, Universitas Raden Rahmat Malang, Banser Cyber dan elemen lain. (Rof Maulana/Ibnu Nawawi)