::: Simak berbagai info NU Online melalui media sosial Twitter (@nu_online), Facebook (www.facebook.com/situsresminu), Instagram (@nuonline_id) ::: Kritik, saran, informasi atau artikel dapat dikirimkan kepada kami melalui email redaksi[@]nu.or.id ::: Info pemasangan iklan, hubungi email rizky[@]nu.or.id atau telepon 021-3914014 :::

Mahasiswa PPL Unwaha Diharap Belajar Profesionalisme Guru Selama PPL

Senin, 03 September 2018 12:30 Daerah

Bagikan

Mahasiswa PPL Unwaha Diharap Belajar Profesionalisme Guru Selama PPL
Jombang, NU Online
Madrasah Aliyah Unggullan KH Abdul Wahab Hasbullah (MAU-WH) Bahrul Ulum Tambakberas Jombang menerima mahasiswa Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dari Universitas KH Abdul Wahab Hasbullah (Unwaha) Jombang. Dalam PPL ini mahasiswa diharapkan mampu menerapkan sejumlah teori kompetensi guru dalam proses belajar-mengajar.

"PPL bertujuan agar terbentuknya pribadi calon pendidik yang memiliki seperangkat pengetahuan, keterampilan, nilai, dan sikap yang cakap dan tepat dalam penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran," ungkap dosen pembimbing lapangan Aufia Aisa dalam acara penyerahan mahasiswa PPL di Jombang, Senin (3/9).

Tujuan lain dari PPL yaitu mahasiswa mampu menerapkan empat kompetensi guru dalam mengajar yang meliputi kemampuan pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian untuk jadi guru berkualitas. 

"Di zaman sekarang guru dituntut profesional dalam bidangnya. Seorang guru harus update informasi terbaru tentang cara menyampaikan materi yang enak dan mudah dipahami. Semua ini bisa dilakukan bila gurunya malukan penelitian di kelas," pungkasnya. 

Dalam acara penyerahan, para mahasiswa disambut oleh kepala madrasah Faizun. Faizun berharap para mahasiswa dapat memperoleh pengalaman baru yang berkesan dan berharga dari MAU-WH. "Sehingga kelak saat mengajar dan membagi kan ilmunya secara resmi di instansi pendidikan tidak lagi bingung menggarap silabus, Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan evaluasi pembelajaran," ujar Faizun.

Terdapat 17 mahasiswa dan mahasiswi dari Prodi Pendidikan Bahasa Arab, Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Matematika, Pedidikan Bahasa Inggris dan Pendidikan Fisika yang akan mengikuti PPL di MAU-WH. PPL ini akan dilaksanakan sejak tanggal 3 September hingga 13 Oktober 2018. Selama itu pula, para mahasiswa akan berlatih menjadi guru profesional. (Syarif Abdurrahman/Ahmad Rozali)